BerandaBlog
5 Jenis Pagar Roster Minimalis, Fasad Rumah Makin Estetik!

5 Jenis Pagar Roster Minimalis, Fasad Rumah Makin Estetik!

Bagikan
5 Jenis Pagar Roster Minimalis, Fasad Rumah Makin Estetik!
Okt 18, 2022

Kini, sudah banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan roster untuk hunian mereka karena bentuknya yang kekinian. Jika kamu ingin mengaplikasikan pagar roster minimalis di rumahmu, kamu juga perlu mengetahui harga dan ukuran roster apabila hendak menggunakan pagar roster di rumahmu. Dengan demikian, kamu bisa menghitung jumlah roster yang dibutuhkan.

Roster sering juga disebut dinding berlubang dan biasanya terbuat dari batako, GRC, bata merah, dan lain sebagainya. Fungsi utamanya adalah untuk memperlancar sirkulasi udara dan pencahayaan sinar matahari yang masuk ke dalam rumah.

Dalam perkembangannya, roster tidak hanya digunakan untuk bagian interior saja sebagai sekat antar ruangan atau dinding ruangan, tapi juga bisa digunakan untuk bagian eksterior hunian misalnya sebagai pagar rumah.

Untuk memudahkanmu mengenal dan mengetahui roster, yuk, intip di artikel ini beberapa jenis pagar roster minimalis yang cocok digunakan untuk rumah impianmu!

Pagar Roster Batako

Pagar roster minimalis batako sering digunakan pada hunian bergaya urban atau industrial.

Sumber: Nimvo

Jenis roster dari batako mudah ditemukan di pasaran dengan harga terjangkau sehingga cocok digunakan oleh kamu yang memiliki anggaran terbatas. Warna abu-abu batako yang menyerupai beton akan memberikan kesan minimalis dan unik pada pagar rumahmu.

Penggunaan roster dari batako ini bisa untuk bagian interior dan eksterior hunian sehingga akan menonjolkan kesan dingin dan unfinished pada hunian bergaya urban atau industrial milikmu.

Baca juga: 9 Desain Teras Rumah Cantik Anti Mainstream!

Pagar Roster Minimalis dari GRC

Sumber: Centsational Style

Glassfibre Reinforced Concrete (GRC) merupakan pagar roster modern yang bisa dibentuk dalam berbagai motif dan pola karena produksinya menggunakan mesin. Kelebihan dari roster GRC yakni memiliki karakter kokoh, ringan dan tahan lama. Selain itu, kelebihan lain dari roster GRC ini antara lain harganya yang murah, tahan air serta api, mudah diaplikasikan, anti rayap, dan anti lapuk.

Kini telah banyak penyedia pagar roster modern dari GRC yang menerima pesanan custom sehingga kamu bisa membuat desain yang unik untuk pagar rumahmu.

Baca juga: Cek Model Pagar Rumah Tembok Simpel dan Elegan di Sini

Pagar Roster Bata Merah

Pagar roster minimalis batu merah tampilannya sangat eksotis.

Sumber: Dezeen

Tak hanya roster dari batako, bata merah pun menjadi favorit banyak orang untuk dijadikan roster. Memiliki tampilan yang sangat eksotis, pagar roster dari bata merah telah digunakan sejak lama oleh masyarakat Indonesia.

Tentunya, desain pagar roster dari bata merah menawarkan keunikan tersendiri yaitu dapat memberikan kesan hangat sekaligus mewah. Kamu juga bisa memadukan pagar roster minimalis bata merah dengan material kayu agar hunian tampak jauh lebih menawan.

Agar tampilan outdoor di rumah kamu makin terlihat berkelas, kamu juga bisa menambahkan indirect lamp di taman minimalis depan rumah. Lampu taman ini memiliki tampilan sederhana tapi mewah dan pastinya siap menyempurnakan eksterior rumah bergaya minimalis dan industrial milikmu.

Sayangnya, terdapat kekurangan dari dinding roster dari batu merah ini yakni warna merah atau cokelatnya cenderung lebih cepat pudar karena tak bisa dilapisi dengan cat.

Baca juga: 5 Tampilan Menawan Rumah Impian Sederhana dan Elegan

Roster Beton

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Sumber: Doanhnhanplus

Roster dari beton memiliki kesan minimalis dari berbagai sisinya. Pagar roster rumah minimalis ini sering diminati oleh semua orang karena dapat menambah estetika atau aspek hunian lainnya.

Pagar roster beton minimalis dinilai lebih kokoh, awet, dan tahan lama. Selain itu, roster beton untuk pagar ini juga memiliki banyak motif dan varian yang bisa kamu pilih.

Roster dari beton ini juga dapat dicat sesuai dengan warna yang kamu inginkan, lho! Jika warna cat sudah pudar, kamu dapat melakukan pengecatan ulang agar pagar rumahmu terlihat menarik kembali.

Roster Kayu

Sumber: Homesfeed

Pagar roster dari kayu sangat pas diaplikasikan bila kamu ingin menciptakan gaya tradisional pada hunian. Roster jenis ini juga diminati karena selain desainnya yang menarik juga bisa memberikan kehangatan dan kesejukan alami.

Sayangnya, salah satu kelemahan pagar roster kayu adalah rentan terjadi pelapukan akibat cuaca atau rayap kayu. Karena itu, pilihlah kayu jati sebagai bahan dasar pagar roster hunianmu, sebab kayu jenis tersebut dinilai lebih kuat dan tahan lama dari jenis kayu lainnya.

Baca juga: 8 Inspirasi Model Rumah Sederhana Tapi Indah dan Minimalis

Keunggulan dan Kekurangan Pagar Roster

Sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan pagar roster pada rumah tinggal milikmu, kenali dulu beberapa keunggulan dan kekurangannya berikut ini, ya!

Keunggulan dari pagar roster, antara lain:

  • Pagar roster bisa menjadi ventilasi udara yang baik pada rumah karena memiliki bentuk yang penuh dengan rongga sehingga mempermudah sirkulasi udara, sekaligus membuat udara dalam rumah menjadi lebih sejuk.
  • Rongga pada pagar roster membuat cahaya matahari menjadi lebih mudah masuk ke dalam rumah sehingga membuat area depan rumah lebih terang dengan cahaya alami.
  • Roster memiliki tampilan yang cantik dan bisa memberikan sentuhan estetika yang menarik pada rumah atau bangunan.
  • Harga roster sangat terjangkau sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan budget yang besar untuk membeli pagar jenis ini.

Kekurangan dari pagar roster, antara lain:

  • Penggunaan pagar roster berongga akan membuat kondisi suhu di dalam rumah menjadi dingin dan bisa membuat penghuni di dalam rumah merasa kurang nyaman.
  • Rongga yang besar pada pagar roster membuat serangga seperti nyamuk dan lalat menjadi lebih mudah masuk ke dalam rumah. Untuk menanggulanginya, kamu perlu memasang kawat serangga pada pagar.
  • Karena tidak memiliki sistem penguncian, proses pemasangan roster lebih rumit dan membutuhkan seseorang yang ahli untuk memasangnya. Kamu harus siap untuk mengeluarkan budget lebih untuk biaya pemasangan.

Pagar roster minimalis bisa sekaligus menjadi secondary skin hunian milikmu. Selain berfungsi sebagai pelindung dan penunjang rasa aman bagi rumahmu, pagar roster juga menghasilkan visual bayangan yang atraktif berkat permainan pola unik pada rongganya. Fasad rumah modern milikmu juga terasa lebih ekspresif dengan keindahan bangunan yang unik dan mampu menambah nilai estetika dari konsep rumah minimalismu.

Pentingnya Punya Pagar Roster

Dari beberapa ide pagar roster minimalis di atas, mana yang paling kamu suka? Jika kamu sudah menentukan model pagar yang ingin kamu pakai, jangan lupa untuk menyesuaikannya kembali dengan kondisi, kebutuhan rumahmu, dan budget yang kamu punya, ya! Karena pagar roster itu sangat penting ada di rumahmu.

Pemilihan konsep dan material pagar roster yang tepat akan menghasilkan tampilan hunian yang sesuai dengan konsep dari hunian itu sendiri.

Selanjutnya, jika kamu membutuhkan tukang terlatih dan profesional untuk membangun atau memperbaiki pagar rumahmu, kamu bisa menghubungi Kanggo dan biarkan mereka menangani pengerjaan bangunan rumah kamu. Kanggo juga memiliki banyak layanan home improvement yang kamu butuhkan.

Jika kamu kebingungan untuk menghubungi Kanggo, jangan khawatir. Unduh aplikasinya melalui App Store atau PlayStore.

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami