BerandaBlog
5 Tampilan Menawan Rumah Impian Sederhana dan Elegan

5 Tampilan Menawan Rumah Impian Sederhana dan Elegan

Bagikan
5 Tampilan Menawan Rumah Impian Sederhana dan Elegan
Jul 14, 2022

Punya rumah impian sederhana untuk keluarga yang nyaman dan cantik pasti adalah idaman setiap orang. Tidak heran kalau banyak orang yang suka mencari inspirasi desain rumah yang paling sesuai dengan selera mereka. Rumah impian sederhana ini sangat bervariasi bagi tiap individu, tapi prioritas utama adalah ruang yang cukup untuk memberikan kenyamanan dan sebuah tempat berkumpul keluarga.

Sebenarnya sah-sah saja untuk membayangkan rumah impian saat sedang tidak sengaja melihat deretan gambar rumah impian sederhana tapi mewah tersebut. Karena siapa tahu gambar-gambar rumah impian sederhana tapi mewah tersebut bisa menjadi inspirasimu saat hendak membangun rumah di masa depan.

Yuk, simak beberapa inspirasi desain rumah impian sederhana untuk ditinggali bersama keluarga dengan berbagai gaya!

Rumah Impian Sederhana tapi Elegan

Hunian tampak elegan karena memiliki halaman yang luas.
Hunian tampak elegan karena memiliki halaman yang luas.

Rumah yang memiliki halaman yang luas merupakan sebuah keistimewaan tersendiri. Bagaimana tidak? Kamu bisa memiliki space untuk bersantai yang luas, tempat parkir yang memuat banyak kendaraan, serta bisa memiliki arena untuk bermain bagi anak. Selain itu hunianmu juga tampak elegan karena memiliki halaman yang luas.

Bagi kamu yang memiliki ukuran tanah yang luas, lebih baik sisakan untuk membuat halaman, ya. Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dengan halaman ini adalah rumah menjadi lebih tenang karena cukup berjarak dari jalan raya.

Rumah Impian Sederhana tapi Mewah

Rumah impian minimalis tapi mewah ini memiliki jendela besar agar sirkulasi udaranya baik.
Rumah impian minimalis tapi mewah ini memiliki jendela besar agar sirkulasi udaranya baik.

Desain rumah impian sederhana selanjutnya adalah rumah yang terdiri dari dua lantai dan tidak begitu penuh dan padat tapi mewah. Penambahan pohon serta tanaman di samping rumah menjadikan aura hunian lebih nyaman. Terdapat pula jendela besar yang membuat sirkulasi udara menjadi baik. Jendela ini pun membuat sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah sehingga rumah terkesan hangat.

Rumah Impian Sederhana dari Kayu

Rumah impian sederhana dari kayu terkesan hangat dan nyaman dihuni.
Rumah impian sederhana dari kayu terkesan hangat dan nyaman dihuni.

Rumah impian satu ini mengusung konsep minimalis dan natural. Bahan material utama dalam membangun rumah ini adalah kayu. Untuk aksen minimalisnya, desain rumah impian sederhana dari kayu memadukan warna cokelat dan hitam sehingga rumah terlihat hangat dan nyaman. Adanya jendela dan pintu besar pada rumah ini membuat sirkulasi udaranya sangat baik.

Rumah Impian Sederhana Warna Biru

Warna biru pada fasad model rumah sederhana memberikan kesan minimalis.
Warna biru pada fasad model rumah sederhana memberikan kesan minimalis.

Sumber: aprylann.com

Fasad adalah wajah yang mencerminkan rumahmu. Oleh karena itu kamu tidak boleh sembarang menerapkan fasad pada rumah yang kamu bangun. Jika kamu berencana untuk menerapkan warna biru pada hunian, kamu bisa mengaplikasikan warna biru pada fasad model minimalis. Selain dapat mempercantik rumah sederhanamu, fasad minimalis juga memberi kesan sederhana dan simpel.

Rumah Idaman 2 Lantai Sederhana

Atap flat roof yang digunakan pada desain ini membuat rumah 2 lantai minimalis terlihat elegan.
Atap flat roof yang digunakan pada desain ini membuat rumah 2 lantai minimalis terlihat elegan.

Sumber: interiordesign.id

Rumah idaman 2 lantai sederhana bergaya minimalis modern berukuran kecil ini cocok dihuni oleh keluarga baru dengan 2 orang anak. Model atap flat roof seperti di atas menambah aksen rumah yang unik dan estetis. Kombinasi warna cat tembok eksterior berwarna cream dan teralis besi warna hitam bagian jendela dan pintu membuat rumah idaman sederhana 2 lantai minimalis ini terlihat elegan dan mewah.

Tips Membangun Rumah Impian Sederhana

Dalam membangun rumah sendiri dari nol, terdapat beberapa hal penting yang perlu disiapkan secara matang. Berikut ini tips membangun rumah impian sederhana yang bisa kamu lakukan, antara lain:

1. Menemukan Lokasi yang Ideal

Sebelum masuk ke tahap memilih desain dan membangun rumah, tentu yang harus kamu lakukan adalah menemukan lokasi hunian yang ideal. Dalam hal ini, terdapat beberapa pertimbangan yang perlu kamu pikirkan, seperti jarak rumah ke tempat kerja, kelengkapan fasilitas dan infrastruktur di sekitarnya, rawan akan bencana alam atau tidak, dan lain sebagainya. Pemilihan lokasi hunian yang tepat juga akan menguntungkan terkait investasi rumah di kemudian hari.

2. Menentukan Tipe Rumah Sesuai Kebutuhan dan Budget

Rancangan biaya merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh kamu lewati, lho!

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami
Mulailah dari perencanaan ukuran tanah dan bangunan, kesesuaian desain rumah yang kamu inginkan, serta waktu pembangunan rumah yang tepat.

Ketahuilah dahulu tipe rumah yang ingin kamu bangun. Tipe rumah terdiri dari luas tanah dan luas bangunan yang alangkah baiknya disesuaikan dengan budget dan kebutuhanmu.

Misalnya, untuk luas tanah 60 m² berarti kamu harus menyediakan budget sebesar Rp180 juta. Jika tidak memungkinkan, kamu bisa mengatur tata letak ruangan di dalamnya atau mengurangi luasnya. Semuanya bisa kamu atur sendiri, sesuai dengan budget dan kebutuhanmu.

Setelah itu, kamu bisa menentukan bentuk rumah dan denah yang kamu inginkan, misalnya rumah dengan dua lantai atau satu lantai.

Hal yang perlu diingat bahwa dalam menentukan anggaran pembangunan rumah harus secara rinci dan jelas. Semuanya harus dicatat di dalam sebuah tabel khusus. Sebab, rencana anggaran yang kamu buat akan menjadi acuan dan panduan dalam membangun rumah dari awal sampai akhir.

3. Survei Harga Material Bahan Bangunan

Walaupun bukan kamu sendiri yang membangun, enggak ada salahnya, kok, untuk melakukan survei terhadap harga material dan bahan bangunan yang dibutuhkan.

Bandingkanlah toko bangunan satu dengan yang lain karena mereka mempunyai harga yang bervariasi dan sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Pasalnya, biaya bahan bangunan inilah yang sering kali menjadi sumber bengkaknya budget dalam membuat rumah secara tiba-tiba.

4. Pilihlah Bahan Bangunan dengan Harga Ekonomis dan Berkualitas

Memilih bahan bangunan yang berkualitas bukan berarti harus mahal — harga mahal juga belum tentu berkualitas. Kini sudah banyak bahan material lokal yang kualitasnya hampir sama dengan produk impor, bahkan lebih bagus, lho!

Namun, keputusan tetap ada di tangan kamu, kok!

Oleh karena itu, kamu harus mulai mencari tahu jalan terbaik untuk membeli bahan bangunan yang harganya ekonomis dan tetap berkualitas. Entah lokal ataupun impor, itu bukan masalah besar, sih! Yang penting, semua masuk ke dalam budget-mu.

5. Tentukan Desain Rumah yang Minimalis

Hal yang perlu kamu pertimbangkan selanjutnya adalah desain rumah impian sederhana yang hemat budget.

Desain rumah yang bisa kamu pilih adalah desain rumah minimalis yang tentunya memiliki beberapa kelebihan, yakni:

  • Mengurangi biaya untuk membeli bahan bangunan karena tidak membutuhkan banyak ruangan;
  • Ruangan multifungsi, misalnya ruang tamu bisa dijadikan ruang keluarga, atau ruang makan;
  • Tidak memerlukan jasa arsitek untuk mendesain rumah karena desain rumah minimalis sudah banyak tersedia di internet;
  • Tidak perlu membeli banyak furnitur untuk mengisi ruangan di rumah.

6. Gunakan Jasa Tukang Bangunan

Kamu perlu memikirkan jasa tukang untuk membangun rumah idamanmu dan waktu pengerjaan pembangunan.

Carilah tahu tukang bangunan yang dapat dipercaya. Sistem kerja tukang bangunan ada dua jenis, yaitu dengan sistem harian dan borongan. Jika dilihat dari biayanya, sistem borongan seakan dirasa lebih low budget daripada sistem harian. Namun, karena sistem borongan dibayar langsung sekaligus, terkadang mereka sering kali terburu-buru mengerjakan sampai tidak memperhatikan kualitas bangunannya. Sebaliknya dengan sistem harian, kamu bisa mengontrol kualitas kerja lebih baik dan memungkinkan membangun secara bertumbuh atau berkelanjutan disesuaikan dengan budget yang ada dan terkumpul.

7. Pilihlah Furnitur dan Dekorasi dengan Harga Terjangkau

Penggunaan furnitur dan dekorasi rumah sering kali memakan uang yang jumlahnya banyak. Hal tersebut dapat kamu hindari dengan menentukan satu konsep hunian yang ingin kamu gunakan dalam penataan rumahmu.

Kamu juga bisa memilih barang-barang multifungsi sehingga dapat mengurangi jumlah barang yang harus dibeli.

Kesimpulan

Bagaimana, nih? Semakin tertarik untuk membangun rumah impian sederhana?

Jika kamu ingin mewujudkan rumah impian sederhana dengan budget yang terbatas, kamu bisa mempercayakan kepada jasa tukang bangunan seperti Kanggo. Nantinya, Kanggo yang akan menghubungkan kebutuhan renovasi hunian atau bangunan milikmu dengan para tukang profesional.

Kanggo memiliki berbagai layanan kebutuhan pertukangan, seperti jasa pasang keramik, jasa perbaikan kamar mandi, jasa pasang plafon, jasa instalasi listrik, hingga perbaikan atap tersedia di sini.

Kamu pun bisa bertanya lebih lengkap terkait home improvement kepada customer service Kanggo yang melayani 24 jam.

Untuk memudahkan aksesnya, Kanggo pun sudah menyediakan aplikasi yang bisa kamu download via App Store dan Google Play Store.

Yuk, download aplikasi Kanggo sekarang dan nikmati kepuasan pelayanannya untuk hunian yang lebih menarik!

#TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami