BerandaBlog
Tampilan Eksterior Cantik dengan Taman Minimalis Depan Rumah

Tampilan Eksterior Cantik dengan Taman Minimalis Depan Rumah

Bagikan
Tampilan Eksterior Cantik dengan Taman Minimalis Depan Rumah
Jul 7, 2022

Halaman depan rumah merupakan bagian pertama yang dilihat orang sangat mengunjungi tempat tinggalmu. Maka dari itu, tak ada salahnya mempercantik eksterior hunian dengan membuat taman minimalis depan rumah.

Taman minimalis depan rumah hadir dengan mengusung konsep ‘less is more’. Karena itu, taman minimalis banyak mengandalkan tanaman-tanaman yang pertumbuhannya lambat agar tidak menyaingi bangunan utama.

Di taman pada umumnya, ada kontrol dan pembatasan yang ketat untuk menjaga keindahan taman. Namun, pada taman dengan konsep minimalis, pemilihan tanaman hanya dibatasi oleh tuntutan untuk tampil proporsional dengan rumah serta elemen eksterior lainnya.

Berbagai jenis tanaman bisa kamu gunakan untuk menghias taman minimalis depan rumah, tanpa menghalangi fasad.

Pohon atau tanaman-tanaman kecil merupakan pilihan tepat jika kamu ingin menonjolkan bentuk linier dinding rumah atau driveway. Sebagai contoh, kamu bisa membangun jalan setapak menuju pintu masuk yang dihiasi tanaman semak di sisinya untuk mempertegas dan memberikan kesan indah pada jalan setapak tersebut.

Mari lihat beberapa inspirasi taman minimalis depan rumah lainnya di bawah ini!

Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit

Perpaduan rumput hias dengan tanaman berbunga kecil bisa dipilih untuk membuat taman minimalis di lahan yang sempit.
Perpaduan rumput hias dengan tanaman berbunga kecil bisa dipilih untuk membuat taman minimalis di lahan yang sempit.

Tinggal di perumahan dengan area halaman depan yang sempit bukanlah halangan untuk memiliki taman yang cantik. Faktanya, kamu tetap bisa membuat taman depan rumah minimalis di lahan sempit.

Di lahan terbatas, kamu bisa menanam rumput hias di sebagian besar area, misalnya rumput jepang, rumput swiss, atau rumput babat. Pilihlah jenis rumput sesuai dengan preferensimu!

Rumput jepang berbentuk runcing, kurus, dan tipis. Keunggulan jenis rumput yang satu ini ialah rumput ini tumbuh dengan rapat, rapi, dan tumbuh dengan lambat sehingga tak perlu sering dipangkas. Sayangnya, rumput jepang terasa menusuk jika diduduki.

Bila kamu menginginkan rumput dengan permukaan yang halus, rumput swiss merupakan jawabannya. Rumput swiss adalah jenis rumput yang memiliki tekstur paling halus.

Namun, kamu perlu melakukan perawatan ekstra untuk jenis rumput yang satu ini. Kamu perlu memangkasnya minimal sebulan sekali, memberikan pupuk, serta memastikan rumput menerima cahaya yang memadai.

Berikutnya, kamu juga bisa memilih rumput babat yang lazim digunakan untuk melapisi lapangan golf. Helaian rumput ini cukup kecil dan pendek. Sebagai informasi, rumput ini tumbuh sangat cepat sehingga perlu dipangkas paling tidak setiap dua minggu sekali.

Lalu, kamu bisa mengombinasikan rumput pilihanmu dengan tanaman semak. Untuk memberikan focal point serta agar jalur jalan setapak terlihat rapi, kamu bisa menambahkan tanaman hias yang berbunga kecil dengan warna-warna pastel. Dijamin taman depan rumah minimalis di lahan sempit milikmu akan tetap terlihat cantik.

Baca juga: 9 Desain Teras Rumah Cantik Anti Mainstream! | Kanggo Apps – #TukangReadyToGo 

Taman Depan Rumah Minimalis Modern

Buatlah area taman yang didominasi rumput dan jalan setapak dari beton untuk menciptakan kesan modern.
Buatlah area taman yang didominasi rumput dan jalan setapak dari beton untuk menciptakan kesan modern.

Seperti yang sudah diketahui, bangunan dengan gaya arsitektur modern hadir dengan garis-garis yang tegas dan ornamen minimal. Gaya modern mengoptimalkan fungsi dan mengurangi bentuk-bentuk yang tidak perlu dari sebuah bangunan. Karena itu, taman depan rumah minimalis modern pun perlu selaras dengan gaya tersebut.

Halaman depan yang dibuat taman dengan gaya minimalis modern akan membantu membingkai rumah dan memberikan sambutan awal bagi setiap orang yang datang.

Kombinasi rumput lembut seperti rumput babat yang biasa digunakan di lapangan golf dengan jalan setapak yang terbuat dari beton merupakan pilihan sempurna untuk taman depan rumah minimalis modern.

Baca juga: Teras Rumah Minimalis: Mempercantik Desain Hunian Kamu! | Kanggo Apps – #TukangReadyToGo 

Jalan setapak yang terbuat dari beton sebagai jalur masuk berfungsi untuk mendukung bentuk geometri rumah dan membentuk pola geometris di halaman. Jalan setapak juga akan menarik pandangan mata pada lanskap taman.

Dalam taman depan rumah minimalis modern, keberadaan jalur masuk berupa jalan setapak ini termasuk elemen geometri penting. Jalan setapak ini dapat dibuat dengan desain dan material untuk mempertegas struktur, proporsi, serta menciptakan keseimbangan di area taman.

Selain beton, kamu juga bisa mempertimbangkan paving block atau batu kerikil sebagai jalur masuk. Jangan lupa, tempatkan vegetasi atau tanaman yang tumbuh rendah di sepanjang jalan setapak tersebut.

Taman Minimalis Depan Rumah Type 36

Di depan rumah type 36 pun kamu masih bisa membuat taman minimalis yang indah.
Di depan rumah type 36 pun kamu masih bisa membuat taman minimalis yang indah.

Sumber: www.home-designing.com

  

Rumah type 36 adalah rumah dengan luas bangunan sebesar 36 meter persegi. Hunian tipe ini umumnya dibangun di atas lahan seluas 60 meter persegi atau 72 meter persegi. Maka dari itu, bagian halaman yang tersisa biasanya terbatas.

Nah, untuk taman minimalis depan rumah type 36, kamu bisa mempertimbangkan pemanfaatan tanaman rambat. String of pearl atau sukulen tasbih dapat menjadi salah satu tanaman rambat pilihan.

Sesuai namanya, tanaman ini tumbuh merambat dengan sukulen seperti manik-manik yang menjuntai. Berhubung tergolong tanaman sukulen, string of pearl tidak membutuhkan banyak air.

Dengan demikian, tanaman rambat yang satu ini relatif mudah untuk dirawat. Sungguh pilihan tepat untuk menghias taman minimalis depan rumah type 36.

Selain itu, kamu juga bisa membuat area kecil yang rapat ke dinding sebagai tempat untuk menyimpan pot untuk jenis tanaman lainnya.

Jadi, saat tanaman dalam pot tumbuh, latarnya adalah tanaman-tanaman rambat. Dengan begitu, taman minimalis depan rumahmu akan tampak penuh walaupun sebenarnya hanya berada di atas lahan mungil.

Taman Minimalis Depan Rumah dengan Lahan Sangat Terbatas

Hindari penggunaan tanaman tinggi jika lahan taman di depan rumahmu sangat terbatas.
Hindari penggunaan tanaman tinggi jika lahan taman di depan rumahmu sangat terbatas.

Bagaimana jika lahan di depan rumahmu sangat terbatas dan kamu tetap ingin memiliki taman? Kamu bisa mengisi taman minimalis depan rumah dengan rumput halus.

Agar terkesan unik, tetapi tidak membuat area halaman terlihat penuh, kamu dapat memvariasikan area rumput dengan jalan setapak dari beton atau bata. Paving block  juga dapat menjadi pilihan material untuk jalur jalan setapak ini.

Jadi, area rumput dan jalan setapak tersebut akan membentuk motif stripe line. Namun, tentu kamu juga bebas mengeksplorasi pattern lainnya selain garis-garis lurus. Sebagai catatan, upayakan kamu memilih pola garis simetris bila ingin memberikan kesan lega pada area taman.

Baca juga: 13+ Pagar Rumah Sederhana Tapi Cantik dan Bikin Iri Tetangga | Kanggo Apps 

Apakah di lahan sangat terbatas kamu tidak bisa menempatkan tanaman? Tentu saja bisa. Hanya saja, kamu perlu memilihnya dengan sangat cermat. Hindari penempatan tanaman tinggi di lahan yang sempit karena akan membuat area taman depan rumahmu terlihat makin sempit.

Sebaliknya, kamu bisa memanfaatkan tanaman-tanaman yang tumbuhnya tidak terlalu tinggi. Selain itu, jenis tanaman-tanaman kaktus dengan tinggi sedang juga dapat kamu pertimbangkan.

Di samping tidak mendominasi, kaktus juga relatif mudah untuk dirawat. Kamu tidak perlu menyiramnya terlalu sering dan pas sekali diletakkan di halaman depan karena jenis tanaman ini membutuhkan banyak sinar matahari.

Taman Minimalis Depan Rumah Ada Kolam Ikan

Menghadirkan kolam ikan di tengah taman minimalis depan rumah adalah sebuah ide cemerlang untuk membuat halaman depan makin terasa hidup.
Menghadirkan kolam ikan di tengah taman minimalis depan rumah adalah sebuah ide cemerlang untuk membuat halaman depan makin terasa hidup.

Sumber: www.home-designing.com 

Apabila kamu ingin membuat halaman rumah tampak lebih hidup, kamu dapat membuat taman minimalis depan rumah yang ada kolam ikan.

Tentunya, ada banyak model kolam ikan yang dapat kamu terapkan, mulai dari kolam ikan dengan model leveling, kolam ikan kaca, hingga kolam ikan dengan model tebing.

Namun, secara khusus kami merekomendasikan taman minimalis depan rumah dengan kolam ikan berbentuk persegi dan dilengkapi dengan air mancur kecil di bagian tengahnya.

Tidak lupa, pasanglah lampu sorot di dasar kolam supaya kolam ikan tersebut makin terlihat cantik pada malam hari.

Di sekeliling kolam, kamu dapat membuat pathway dari beton yang dibatasi rumput hias. Lalu, di bagian sudut taman, kamu bisa tempatkan tanaman-tanaman hias atau tanaman semak.

Sebagai pelengkap, letakkan kursi taman berseberangan dengan area tersebut. Jadi, kamu bisa bersantai pada pagi atau sore hari sambil memandang taman yang hijau serta mendengarkan suara kecipak air kolam. Menyenangkan, bukan?

Apakah kamu tertarik membuat taman minimalis depan rumah, tetapi bingung harus mulai dari mana? Tidak perlu khawatir sebab ada tim Kanggo yang siap membantumu.

Kanggo adalah platform solusi layanan perbaikan bangunan terbaik. Dengan tim profesional, Kanggo siap memperbaiki atau merenovasi area tempat tinggalmu sehingga menjadi lebih nyaman dan estetik.

Dengan tagline #tukangreadytogo, tim Kanggo benar-benar siap mewujudkan taman minimalis depan rumah yang kamu idamkan. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi Kanggo sekarang di Android atau iOS dan miliki taman depan rumah yang cantik!

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami