BerandaBlog
9 Desain Teras Rumah Cantik Anti Mainstream!

9 Desain Teras Rumah Cantik Anti Mainstream!

Bagikan
9 Desain Teras Rumah Cantik Anti Mainstream!
Jun 23, 2022

Penggunaan teras dalam dunia arsitektur sudah ada sejak ribuan tahun silam dan bisa ditemukan pada gaya arsitektur hampir di seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia. Teras merupakan ruang setengah terbuka yang menjadi batas entrance dari sebuah bangunan depan dan bangunan utama. Ada yang menjadikan teras sebagai pelengkap, tapi ada pula yang menjadikan teras sebagai fungsi lain.

Sederhananya, teras rumah bisa dikatakan wajah dari sebuah rumah. Umumnya, fungsi teras lebih mirip seperti tempat atau ruang untuk menyambut tamu. Kini, sudah banyak orang yang menggabungkan teras dengan taman sehingga nyaman untuk dijadikan tempat bersantai.

Supaya hunianmu tampak menarik jika dilihat dari depan, kamu dapat mengkreasikan model teras agar terlihat cantik dan menarik, lho! Banyak cara yang bisa kamu lakukan, seperti menambahkan dekorasi atau memberikan sentuhan furnitur berkualitas yang dapat kamu sesuaikan dengan seleramu.

Lantas, desain teras rumah cantik seperti apa yang cocok untuk hunianmu? Yuk, simak berikut ini!

1. Teras Rumah Cantik dan Mewah

Teras rumah cantik dan mewah bisa dipadukan dengan karpet dan tanaman hijau.
Teras rumah cantik dan mewah bisa dipadukan dengan karpet dan tanaman hijau.

Untuk inspirasi hunian idaman sekeluarga, teras cantik, elegan, dan mewah hadir dengan lantai kayu berwarna gelap dan dilengkapi dengan sofa letter L berwarna hijau terusi. Meskipun tampil modern, ada sentuhan natural berasal dari hiasan rotan di dinding yang dipadukan dengan tanaman hijau. Lantai kayu tersebut bisa diberikan alas karpet agar teras tampak elegan, terasa lebih hangat, dan nyaman.

2. Teras Rumah Cantik Minimalis

Berikan sentuhan warna netral seperti hitam dan cream untuk teras rumah cantik minimalis milikmu.
Berikan sentuhan warna netral seperti hitam dan cream untuk teras rumah cantik minimalis milikmu.

Teras rumah minimalis dan elegan akan mengundang decak kagum ketika orang melihatnya. Dari segi penataan dan warna yang diberikan, inspirasi teras ini sangat mengikuti prinsip-prinsip minimalis. Dari segi tone warna, sentuhan kombinasi warna yang diberikan furnitur untuk teras sederhana ini berwarna minimalis, seperti warna cokelat muda, krem, hitam, dan abu-abu tua. Sementara itu, aransemennya juga simetris dengan furnitur berupa sofa yang mengelilinginya di tengah teras. Penataan ini tentunya tidak akan menghalangimu dan penghuni rumah ketika berada di teras tersebut.

3. Teras Rumah Cantik dan Unik

Desain teras rumah cantik dan unik dapat dikombinasikan dengan warna-warna shabby chic.
Desain teras rumah cantik dan unik dapat dikombinasikan dengan warna-warna shabby chic.

Apakah kamu menginginkan teras rumah yang cantik, imut-imut, dan menyenangkan untuk dilihat? Nah, kamu bisa menggunakan model teras rumah shabby chic. Desain teras ini selalu menarik perhatian kalangan ibu-ibu muda.

Biasanya, gaya dekorasi ini digunakan untuk mempercantik interior hunian. Namun ternyata, bagian teras pun bisa kamu berikan sentuhan shabby chic ini. Kamu bisa menambahkan furnitur dan dekorasi dengan warna-warna pastel seperti putih, baby blue, baby pink, warna mint, dan warna-warna lembut lainnya. Ini bisa kamu tuangkan ke elemen pendukung teras rumahmu seperti pada bantal dekorasinya.

4. Teras Rumah Cantik dengan Batu Alam

Teras rumah cantik dengan batu alam memberi kesan modern.
Teras rumah cantik dengan batu alam memberi kesan modern.

Bahan bangunan dari batu biasanya untuk membuat meja, lantai, atau dapur. Namun, ternyata bahan bangunan batu khususnya batu alam bisa dijadikan bahan untuk membuat teras rumah yang cantik dan tampak modern.

Batu alam yang mempunyai bentuk besar dapat digunakan untuk perabot seperti meja dan kursi.  Pilihlah bentuk batu alam yang tidak terlalu tinggi dan tidak licin sehingga batu tersebut nyaman untuk diduduki ketika ada orang bertamu di rumahmu.

Untuk dekorasi teras batu alam, kamu dapat menambahkan icon natural seperti air terjun buatan berukuran mini di sebelah teras atau menambahkan kolam berukuran kecil yang di dalamnya diletakkan batuan alam. Dengan begitu teras rumahmu kali ini akan sangat terlihat elegan dan menarik untuk disinggahi.

5. Teras Rumah Cantik Sederhana

Perpaduan warna putih dan abu-abu pada teras membuat hunian terkesan lapang.
Perpaduan warna putih dan abu-abu pada teras membuat hunian terkesan lapang.

Desain teras satu ini memiliki tampilan yang sederhana tapi masih terlihat nyaman dan asri. Memiliki letak yang dekat dengan banyak tumbuhan hijau membuat suasana sejuk  terlihat pada hunian di atas. Kamu bisa mengombinasikan warna putih dan abu-abu sehingga memberikan kesan lapang pada hunian. Untuk furnitur yang akan diletakkan di teras, kamu bisa menambahkan kursi panjang dengan warna netral agar teras terlihat elegan.

6. Teras Rumah Cantik Sederhana di Kampung

Teras rumah cantik dan sederhana di kampung identik dengan banyak tanaman hijau di halaman rumah.
Teras rumah cantik dan sederhana di kampung identik dengan banyak tanaman hijau di halaman rumah.

Desain teras rumah cantik ini memiliki tampilan yang sederhana tapi terlihat sangat nyaman dan asri. Halaman rumah yang terdapat banyak pohon atau tanaman hijau membuat suasana menjadi sejuk.

Kamu bisa menggunakan warna putih pada cat tembok terasmu agar memberikan kesan lapang pada hunianmu. Kombinasikan pula lampu berwarna kuning agar memberikan kesan hangat saat malam hari. Kamu pun dapat menambahkan kursi dan meja panjang yang terbuat dari kayu berwarna gelap untuk melengkapi perabot teras rumahmu.

7. Teras Rumah Cantik Gaya Retro

Teras rumah cantik gaya retro memadukan warna-warna cerah.
Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami
Teras rumah cantik gaya retro memadukan warna-warna cerah.

Teras cantik selanjutnya adalah teras dengan desain retro. Teras bergaya retro ini mengusung warna-warna cerah dan paduan barang retro. Misalnya, kamu bisa meletakkan kursi dan meja berdesain retro seperti gambar di atas dengan sentuhan warna cerah, seperti warna kuning, biru, hijau, dan merah. Kamu pun dapat menambah furnitur retro seperti container box yang berwarna cerah sehingga memberikan daya tarik tersendiri ketika orang melihat teras rumahmu.

8. Teras Rumah Cantik Rustic

Teras rumah cantik rustic menampilkan kesan homey.
Teras rumah cantik rustic menampilkan kesan homey.

Model teras rumah cantik satu ini bisa kamu jadikan pilihan ketika kamu ingin menampilkan kesan rumah yang “homey” dan klasik. Kamu bisa menambahkan furnitur atau hiasan dengan nuansa rustic. Biasanya desain teras berdesain rustic memiliki teras terbuka atau semi outdoor.

Untuk menambah kesan rustic pada teras,  tambahkan kursi dan meja rotan yang nyaman agar tamu betah untuk berlama-lama singgah di rumahmu. Dengan tampilan furnitur dan desain seperti ini, model teras rumah rumahmu akan tampak eksentrik, kan?

9. Teras Rumah Cantik Bungalow

Inspirasi teras rumah cantik bungalow berasal dari cottage pedesaan.
Inspirasi teras rumah cantik bungalow berasal dari cottage pedesaan.

Model teras rumah cantik selanjutnya terinspirasi dari cottage yang berada di dekat pantai. Kamu bisa menerapkan desain teras rumah cantik bungalow dengan memberikan halaman yang lapang dilapisi rumput hijau yang asri.

Pilihlah kursi gantung untuk mempercantik terasmu. Teras dengan model seperti ini merupakan tempat yang pas untuk beristirahat dan membaca sambil menikmati kopi atau teh di pagi hari.

Tips Menciptakan Teras Rumah Menjadi Cantik

Menciptakan teras rumah yang cantik adalah keinginan setiap pemilih rumah, termasuk kamu juga, kan? Oleh karena itu, berikut ini terdapat beberapa tips untuk membuat teras terlihat cantik, nyaman, dan menarik.

1. Ciptakan Suasana Asri di Teras Rumah

Suasana yang asri sangat penting untuk kamu hadirkan di teras rumahmu agar rumah terasa nyaman. Suasana yang asri membuatmu dapat dengan mudah melepas penat dan mengumpulkan energi baru setelah lelah bekerja.

Untuk membuat teras rumahmu terasa asri, hal yang paling mudah untuk kamu lakukan adalah dengan menempatkan banyak tanaman hias. Tanaman hias bisa ditempatkan di pot ataupun digantung. Jika kamu memiliki ruangan yang terbatas, tanaman hijau kecil atau bunga yang ditaruh di vas bisa dijadikan pilihan untuk sekadar memberikan efek natural dan pemanis pada teras rumahmu.

2. Selektif dalam Pemilihan Perabot

Memilih barang perabot luar rumah untuk teras rumahmu merupakan hal yang krusial dalam dekorasi teras rumah. Tentu saja kamu harus lebih selektif dan berhati-hati dalam memilihnya dengan cara mencari sumber inspirasi terlebih dahulu sebelum menentukan dan membeli perabot yang akan kamu tempatkan di teras rumah. Inspirasi ini bisa kamu dapatkan dari berbagai sosial media seperti Instagram dan Pinterest.

Perlu diingat bahwa perabot yang terbuat dari material kayu banyak dipakai orang agar teras rumah terkesan hangat dan lebih santai.

3. Tempatkanlah Hiasan Dinding sebagai Aksen

Apabila kamu memiliki teras rumah yang cukup luas, sebaiknya tempatkanlah hiasan dinding sebagai aksen di teras rumahmu. Hiasan dinding seperti karangan bunga yang bisa kamu tempelkan di dinding bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang menginginkan suasana teras yang fresh. Hiasan dinding ini bisa memberikan kesan alami dan membuat suasana terasmu terasa lebih nyaman ketika kamu dan anggota keluarga bersantai di sana.

4. Gunakanlah Warna yang Natural sebagai Tema Teras Rumah

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan untuk membuat teras rumah terkesan cantik dan alami adalah dengan menggunakan warna yang natural sebagai tema teras rumah.

Cat tembok warna natural seperti warna putih merupakan pilihan yang tepat. Penggunaan cat teras rumah warna terang dan netral akan memberikan kesan nyaman, lapang, dan teras mudah untuk didekorasi.

5. Pilihlah Pencahayaan yang Cukup

Cahaya yang cukup tidak selalu untuk ruangan di dalam rumah saja. Namun, pencahayaan ini akan diperlukan di teras rumahmu agar dekorasi teras terlihat cantik.

Teras rumah perlu diberi pencahayaan yang cukup agar pada malam hari tetap terlihat lebih luas dan memberikan kesan hangat. Oleh karena itu, pilihlah lampu berwarna kuning dan kamu dapat memilih bentuknya sesuai dengan desain terasmu, ya.

Kesimpulan

Nah, itulah kesembilan desain teras rumah cantik anti mainstream yang bisa kamu jadikan inspirasi. Pada dasarnya desain teras rumah bisa kamu kreasikan sedemikian rupa baik hanya sebagai pelengkap maupun ruang untuk beraktivitas.

Untuk pengaplikasian perabot dan tanaman pada teras harus disesuaikan dengan model rumahmu. Hal yang perlu kamu ingat bahwa kamu harus memilih perabot-perabot yang memiliki daya tahan ekstra dan cocok untuk kondisi outdoor, ya.

Apapun gaya teras yang kamu inginkan, termasuk teras minimalis hingga mewah, selalu ada cara mewujudkannya tanpa harus membutuhkan area luas. Kini, ada Kanggo, aplikasi tukang bangunan yang menghubungkan kebutuhan bangunanmu dengan para tukang profesional dengan berbagai keahlian. Untuk menemukan berbagai tips dan inspirasi seputar hunianmu, kamu bisa membacanya di sini.

Dengan dukungan mitra tukang yang profesional dan berkualitas, Kanggo berkomitmen akan membantu segala kebutuhan perbaikan hunian milikmu. Segera download aplikasi Kanggo via App Store ataupun Google Play Store.

So, segala kebutuhan perbaikan bangunanmu ada di #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami