BerandaBlog
8 Inspirasi Model Rumah Sederhana Tapi Indah dan Minimalis

8 Inspirasi Model Rumah Sederhana Tapi Indah dan Minimalis

Bagikan
8 Inspirasi Model Rumah Sederhana Tapi Indah dan Minimalis
Jun 20, 2022

Membangun rumah merupakan impian bagi banyak orang, apalagi untuk kamu yang sudah berkeluarga. Rumah tidak hanya sebagai tempat bernaung tetapi juga membuat nyaman penghuninya jika rumah tersebut memiliki desain yang indah dan menawan. Memang membangun rumah yang sesuai dengan kebutuhan tidaklah semudah yang dibayangkan, apalagi jika memiliki keterbatasan pendanaan. Oleh karena itu, bagi sebagian orang yang memiliki dana terbatas, mereka akan memilih model rumah sederhana tapi indah.

Bagi kamu yang sedang mencari inspirasi untuk membangun rumah, kini kamu tak perlu khawatir dengan hunian berkonsep sederhana. Saat ini sudah banyak referensi model rumah sederhana yang bisa kamu tiru. Pastinya referensi model hunian ini akan berbeda dan nyaman untuk ditinggali bersama keluarga atau orang tersayang. Selain itu, rumah sederhana juga minim akan perawatan sehingga kamu bisa menekan cost pengeluaran bulananmu.

Sebelum memilih atau membeli model rumah, jangan lupa untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan keluarga atau pasanganmu, ya. Perhitungkan juga jumlah anggota keluarga yang akan tinggal di dalam hunian tersebut sehingga efektivitas penataan interior bisa kamu sesuaikan.

Yuk, langsung saja intip model rumah sederhana tapi indah dan minimalis yang bisa kamu jadikan referensi untuk membangun atau mencari tempat tinggal!

Inspirasi Model Rumah Indah Terbaru

Desain arsitektur rumah selalu mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu, bukan? Kini sudah banyak variasi model rumah sederhana yang bisa dicontoh, mulai dari model rumah yang mengedepankan kesan minimalis hingga klasik.

Inilah delapan model rumah sederhana tapi indah terbaru yang terlihat menawan dan nyaman untuk ditinggali.

1. Model Rumah Indah Lantai 2 Elegan

Model rumah sederhana tapi indah lantai 2 elegan fungsi ruangannya lebih optimal.
Model rumah sederhana tapi indah lantai 2 elegan fungsi ruangannya lebih optimal.

Jika kamu ingin mempunyai rumah di lahan yang cukup sempit, model rumah sederhana tapi indah lantai 2 elegan seperti di atas bisa kamu jadikan pilihan.

Keunggulan dari bentuk hunian 2 lantai ini adalah memberikan fungsi ruangan yang lebih optimal karena rumah terlihat lebih besar. Selain itu, model rumah ini pun menekankan bentuk rumah sederhana tapi elegan.

Biasanya, model rumah 2 lantai akan membuat halaman depan rumah terlihat lebih luas dan memberikan efek rumah lebih menarik.

Rumah dengan model ini cukup banyak ditemukan di Indonesia.

2. Model Rumah Indah Minimalis

Model rumah sederhana tapi indah minimalis memiliki cat tembok berwarna netral.
Model rumah sederhana tapi indah minimalis memiliki cat tembok berwarna netral.

Model rumah yang kerap digunakan dan menjadi favorit masyarakat Indonesia adalah model rumah sederhana tapi indah minimalis. Hunian minimalis ini biasanya memiliki cat tembok berwarna netral, seperti putih, abu-abu, beige, coklat atau warna earthy tone.

Agar ruangan tidak terlihat redup, kombinasikan warna interior hunianmu sesuai dengan cat tembok ruangan.

Kamu pun bisa menaruh tanaman hias di depan rumah untuk mempercantik eksterior rumahmu. Pastikan semua desain eksterior warnanya senada sehingga rumah terlihat lebih indah.

3. Model Rumah Indah di Kampung

Model rumah sederhana tapi indah di kampung biasanya memakai warna terang.
Model rumah sederhana tapi indah di kampung biasanya memakai warna terang.

Model rumah selanjutnya adalah model rumah sederhana tapi indah di kampung. Model rumah di kampung identik dengan rumah khas daerah setempat. Misalnya, kampungmu berada di daerah Yogyakarta, rumah khas daerah tersebut adalah rumah joglo yang biasanya memiliki pendopo.

Pada umumnya di depan pendopo rumah joglo terdapat taman yang ditanami berbagai bunga atau rumput teki. Kamu bisa memilih model hunian ini bila kamu menginginkan rumah yang teduh dan sangat menyukai budaya. Padukan interior rumahmu nanti dengan berbagai barang antik agar rumahmu mencerminkan dirimu yang unik.

4. Model Rumah Indah Industrial

Model rumah sederhana tapi indah industrial mengekspos material bangunan pada huniannya.
Model rumah sederhana tapi indah industrial mengekspos material bangunan pada huniannya.

Konsep desain rumah satu ini terinspirasi dari bangunan industri yang menggunakan bahan-bahan sederhana atau daur ulang. Model rumah industrial yang bergaya maskulin memang sedang populer dan cocok dengan desain rumah yang tidak begitu kompleks.

Ciri-ciri dari model hunian industrial adalah tidak perlu menggunakan finishing tembok dan cenderung mengekspos material bangunan seperti kayu dan besi.

Ada kabar baik, nih! Model rumah sederhana industrial ini bisa lebih hemat anggaran karena bisa memanfaatkan material daur ulang untuk material bangunan ataupun interior rumahmu. Oleh karena itu, saat kamu menghuni rumah dengan model ini, rumah terasa lebih hangat dan nyaman.

5. Model Rumah Indah dari Kayu

Model rumah sederhana tapi indah dari kayu memiliki kesan elegan.
Model rumah sederhana tapi indah dari kayu memiliki kesan elegan.

Siapa bilang pembuatan rumah dari kayu berwarna gelap tidak bisa tampil dengan penuh gaya?

Pada inspirasi model rumah sederhana tapi indah dari kayu ini menonjolkan perpaduan warna hitam dan coklat pada keseluruhan eksterior bangunan sehingga hunian ini sangat lebih modern, maskulin, dan elegan.

Model hunian dari kayu ini memiliki jendela berukuran besar sehingga cahaya matahari dapat masuk ke dalam ruangan dan membuat semua penghuni rumah selalu merasa nyaman saat beraktivitas.

Saat membuat rumah dari kayu yang bernuansa gelap, tentunya kamu harus merancang pencahayaan secara cermat, baik di bagian eksterior ataupun interior rumah. Hal ini agar menghasilkan tampilan rumah yang lebih indah dan elegan.

Nah, untuk bagian dalam rumah, kamu bisa menggunakan lampu gantung bergaya industrial dengan material besi dan kaca. Model lampu gantung seperti ini akan memancarkan kemewahan dan bisa menambahkan efek lebih dramatis pada hunianmu.

6. Model Rumah Indah Diagonal/Horizontal Flat Roof

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami
Model rumah sederhana tapi indah diagonal/horizontal flat roof terbuat dari material plat beton.
Model rumah sederhana tapi indah diagonal/horizontal flat roof terbuat dari material plat beton.

Kini banyak orang yang mulai menerapkan desain atap datar atau flat roof. Jenis atap ini terbagi ke dalam dua jenis yaitu berbentuk diagonal dan horizontal. Untuk material atapnya terbuat dari plat beton. Model rumah ini dapat kamu kombinasikan dengan cat tembok warna cerah agar rumah memiliki kesan hangat.

7. Model Rumah Indah Wide Window

Model rumah sederhana tapi indah wide window terkesan mewah dan modern.
Model rumah sederhana tapi indah wide window terkesan mewah dan modern.

Belakangan ini, model rumah sederhana menggunakan wide window yang terbuat dari kaca untuk mengganti sebagian dinding rumah. Selain bisa memberikan tampilan dalam rumah yang lebih luas, penggunaan partisi kaca sebagai pengganti dinding bata membuat hunian terkesan lebih mewah dan modern.

Keuntungan menggunakan wide window dari kaca ini adalah cahaya matahari dapat masuk ke dalam ruangan sehingga ruangan terasa lebih hangat dan nyaman. Padukanlah cat tembok warna hijau untuk interior ruangan agar ruangan terasa lebih fresh.

8. Model Rumah Indah Mungil Compact

Model rumah sederhana tapi indah mungil compact berbentuk kotak.
Model rumah sederhana tapi indah mungil compact berbentuk kotak.

Model rumah sederhana yang tak kalah populer adalah model rumah mungil compact. Bagi kamu yang hanya memiliki lahan sempit, model hunian ini cocok untuk kamu aplikasikan.

Tampilan rumah model satu ini menggunakan jendela kaca, warna eksterior yang minimalis, serta memiliki bentuk yang mungil compact (kotak). Untuk kamu yang masih single dan belum berkeluarga tapi ingin memiliki rumah, model rumah satu ini bisa kamu jadikan pilihan, lho!

Tips Membangun Hunian Sederhana yang Indah

Tentunya kamu menginginkan hunian sederhana yang indah dan nyaman untuk ditinggali, bukan? Berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika akan membangun sebuah rumah, antara lain:

1. Rencanakan Desain Rumah

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah merencanakan desain rumah sesuai dengan kebutuhan penghuni di dalamnya. Janganlah memilih desain rumah secara asal-asalan karena akan berkaitan dengan budget dan efektifitasnya.

Jika masih bingung untuk memilih model hunian yang tepat, kamu bisa berkonsultasi dengan arsitek, konsultan bangunan atau tukang bangunan yang akan membangun rumahmu.

2. Aturlah Tata Ruang dan Fungsinya

Setelah merencanakan desain rumah, langkah selanjutnya adalah memikirkan ruangan berdasarkan tata letak dan fungsinya agar rumah yang dibangun tidak kekurangan ruangan.

3. Survei Bahan Bangunan dan Tukang Bangunan

Hal yang tak kalah penting untuk mewujudkan hunian impianmu adalah menyeleksi tukang bangunan yang baik agar pembangunan rumahmu tidak memakan waktu yang lama dan biaya yang banyak.

Apabila kamu sudah memilih tukang bangunan yang tepat, kamu bisa berkonsultasi dengan mereka terkait bahan bangunan yang bagus dan sesuai dengan budget yang kamu miliki.

4. Pembangunan Hunian Secara Bertahap

Untuk menghemat budget spending, bangunlah rumah secara bertahap. Hal ini bertujuan agar budget yang telah disiapkan dapat terencana dengan baik.

5. Menyiapkan Budget

Tanpa budget yang cukup, pembangunan rumah pun mustahil terjadi. Oleh karena itu, tak sedikit orang mengambil pinjaman untuk membangun rumah impiannya. Pilihlah bank yang memiliki risiko paling aman dan menguntungkanmu juga pihak bank.

Dengan kepemilikan rumah ini, kamu pun dapat menaikkan aset pribadi serta rumahmu dapat dijadikan bahan investasi di masa depan.

Kesimpulan

Membangun rumah terbaik adalah impian banyak orang. Membangun hunian yang sesuai dengan kebutuhan tidaklah semudah yang dibayangkan, apalagi jika budget-nya terbatas. Oleh karena itu, solusi yang diambil adalah membangun rumah sederhana tapi terlihat cantik, elegan, dan minimalis.

Untuk kamu yang sudah memiliki rumah dan ingin memperbaiki bagian rumahmu, sekarang ada aplikasi tukang bangunan bernama Kanggo. Kanggo akan menghubungkan kebutuhan bangunanmu dengan para tukang profesional dengan berbagai keahlian, seperti pengecatan ruangan, renovasi dapur, perbaikan talang air, dan lain sebagainya.

Download aplikasi Kanggo sekarang juga melalui App Store dan Google Play Store.

#TukangReadyToGo segala kebutuhan perbaikan bangunan ada di ujung jarimu!

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami