BerandaBlog
Miliki Dapur yang Lebih Sleek dengan Rak Dapur Minimalis

Miliki Dapur yang Lebih Sleek dengan Rak Dapur Minimalis

Bagikan
Miliki Dapur yang Lebih Sleek dengan Rak Dapur Minimalis
Agt 13, 2022

Dapur adalah ruangan yang berisiko menjadi berantakan jika tidak ditata serta dirawat dengan baik. Untuk memudahkan perawatannya, kamu perlu memilih tempat penyimpanan yang juga mendukung. Kami merekomendasikan penggunaan rak dapur minimalis bila kamu menginginkan dapur lebih rapi.

Seperti yang sudah diketahui, gaya minimalis cenderung mengutamakan elemen esensial sehingga cenderung rapi dan simpel. Jadi, dari sisi bentuk, rak dapur minimalis tidak akan menyita tempat serta fokus yang menimbulkan kesan berantakan.

Selain itu, rak dapur bergaya minimalis umumnya hadir dalam dua tipe, yaitu tipe rak terbuka dan tertutup.

Rak minimalis yang tertutup atau lebih sering disebut kabinet akan membuat tampilan dapur selalu rapi sebab seluruh keperluan dapur tersimpan di balik pintu rak. Sementara itu, rak minimalis yang terbuka membuatmu mau selalu merapikannya karena perabotan terekspos secara langsung.

Jadi, model rak dapur minimalis tidak hanya menjadikan dapur terlihat rapi, tetapi juga bersih. Dengan demikian, pemasangan rak dapur minimalis merupakan keputusan tepat bagi kamu yang menginginkan dapur dengan kesan sleek. Apa saja model rak dapur minimalis yang bisa kamu pilih? Mari simak inspirasinya berikut ini!

Baca juga: 7 Ide Dapur Cantik yang Sesuai untuk Berbagai Desain Hunian

Rak Dapur Minimalis dari Besi

Kamu bisa memilih rak dapur minimalis yang seluruhnya terbuat dari besi atau yang dikombinasikan dengan material kayu.
Kamu bisa memilih rak dapur minimalis yang seluruhnya terbuat dari besi atau yang dikombinasikan dengan material kayu.

Sumber: https://id.pinterest.com/

Rak dapur minimalis dari besi banyak diminati sebab kemampuannya menopang banyak beban dan cenderung kokoh. Bukan rahasia lagi, perlengkapan dapur kebanyakan bobotnya memang agak berat.

Kalau kamu juga berniat menyimpan banyak perabotan dapur di rak, rak minimalis berbahan besi dapat menjadi andalan.

Di pasaran terdapat rak dapur minimalis yang sepenuhnya terbuat dari besi seperti rak yang lazim ada di gudang produksi. Apabila kamu merasa model rak tersebut kurang estetis, kamu bisa mempertimbangkan rak dapur dengan rangka besi yang dikombinasikan dengan kayu seperti pada gambar di atas.

Rak terbuka dengan rangka besi tersebut dapat kamu manfaatkan untuk menyimpan aneka bumbu serta bahan makanan. Meletakkan bahan-bahan makanan di dalam storage cantik dan memajangnya di rak besi pasti akan membuat dapurmu terlihat makin indah.

Baca juga: Tampilan Eksterior Cantik dengan Taman Minimalis Depan Rumah

Di samping itu, rak seperti ini juga merupakan pilihan tepat untuk menyimpan berbagai peralatan elektronik, misalnya rice cooker, oven, dan blender.

Saat memilih rak besi kombinasi kayu seperti di atas, kami sarankan kamu menyesuaikannya dengan gaya dan palet warna keseluruhan ruangan dapur. Sebagai contoh, bila dapurmu bergaya minimalis ala Scandinavia, lebih baik kamu memilih rak dengan bagian kayu berwarna natural daripada cokelat.

Rak Dapur Minimalis dari Kayu

Rak dapur minimalis dari kayu bisa tampil selaras dengan kabinet serta flooring lantai kayu.
Rak dapur minimalis dari kayu bisa tampil selaras dengan kabinet serta flooring lantai kayu.

Sumber: https://www.thespruce.com/

Kalau kamu mau menghadirkan dapur minimalis dengan sentuhan rustic, kabinet kayu berwarna putih yang langsung terhubung dengan rak terbuka seperti pada gambar dapat menjadi pertimbangan.

Rak dapur minimalis dari kayu seperti di atas bisa kamu fungsikan untuk menyimpan perlengkapan makan, seperti piring, mangkuk, dan gelas atau cangkir. Tampilannya makin cantik apabila perlengkapan makan tersebut berwarna putih polos, senada dengan kabinet bawah.

Tak hanya itu, rak dapur minimalis dari kayu ini juga sangat fungsional untuk meletakkan aneka bumbu, botol, serta jar yang sering kamu gunakan. Dengan disimpan secara terbuka, tentu lebih mudah bagimu menggunakannya saat sedang memasak.

Lebih dari itu, pilihan rak dapur dengan desain minimalis berbahan kayu ini tampil makin selaras dengan lantai kayu.

Baca juga: Unik dan Cantik, Inilah Ide Desain Rumah Kayu Minimalis

Rak Dapur Minimalis Tempel Dinding

Ambalan kayu merupakan opsi alternatif untuk kamu yang menginginkan rak dapur minimalis tempel dinding.
Ambalan kayu merupakan opsi alternatif untuk kamu yang menginginkan rak dapur minimalis tempel dinding.

Seperti yang sudah diketahui, desain minimalis menggunakan sedikit sekali ornamen dekorasi. Namun, beberapa dari kamu mungkin ingin memiliki dapur yang tampak simpel sekaligus tetap mempunyai hiasan.

Jika demikian, rak dapur minimalis tempel dinding bisa menjadi solusinya. Sebetulnya, ada cukup banyak model rak tempel dinding bergaya minimalis yang dapat kamu pilih. Akan tetapi, jika kamu menginginkan yang sangat simpel, pemasangan ambalan yang disusun layaknya rak bisa menjadi jawabannya.

Pada ambalan tersebut, kamu dapat meletakkan beberapa perlengkapan dapur yang sering digunakan. Kombinasikan perabotan yang disimpan di sana, mulai dari mangkuk hingga botol.

Dengan begitu, aspek dekoratif pun dapat kamu peroleh. Menariknya, ‘hiasan’ ini bisa kamu dapatkan tanpa harus keluar dari citra minimalis yang hanya fokus pada elemen esensial serta fungsional.

Baca juga:

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami
Inspirasi Model Dapur Minimalis untuk Segala Jenis Hunian

Rak Dapur Minimalis Modern

Padukan rak tertutup berwarna putih dengan handle metal untuk memperoleh rak dapur dengan kesan minimalis modern.
Interior of a modern kitchen with wooden details.

Selanjutnya, kami merekomendasikan rak dengan model tutup atau kabinet untuk kamu yang ingin model rak dapur minimalis modern. Tidak lupa, gunakan warna yang clean seperti putih atau krem untuk mempertegas kesan minimalis yang ingin kamu ciptakan.

Baca juga: Fresh dan Anggun dengan Kombinasi Cat Rumah Warna Putih

Kamu bisa menambahkan handle berbahan logam seperti besi atau stainless steel pada rak tersebut agar tampilannya terlihat elegan dan modern.

Untuk menghasilkan gaya yang modern, perhatikan juga pemilihan perlengkapan dapur lainnya, misalnya sink. Alih-alih memilih sink berbahan keramik, pilihlah sink yang terbuat dari stainless steel.

Set Rak Dapur Minimalis

Dengan twist sederhana pada bentuk rak atas, tampilan keseluruhan dapurmu seketika terasa unik
Dengan twist sederhana pada bentuk rak atas, tampilan keseluruhan dapurmu seketika terasa unik

Sumber: https://www.thespruce.com/

Dapur minimalis kebanyakan didominasi oleh penggunaan rak dapur yang tertutup atau kabinet. Maka dari itu, kamu juga bisa mempertimbangkan set rak dapur minimalis seperti pada gambar.

Rak di atas terlihat menarik sekali sebab benar-benar hanya menghadirkan penyimpanan esensial tanpa banyak ornamen. Meskipun begitu, sedikit twist pada rak bagian atas yang dibuat melengkung menjadikan tampilan rak yang satu ini sangat unik.

Belum lagi perpaduan rak berwarna gelap dengan countertop serta backsplash berwarna putih yang membuat komposisi set rak dapur ini terlihat simpel sekaligus elegan.

Model rak dapur minimalis seperti pada gambar merupakan pilihan tepat untuk kamu yang menyukai kejutan-kejutan kecil pada detail desain.

Baca juga: 7+ Ide Desain Kamar Mandi yang Nyaman dan Memikat

Model Rak Dapur Minimalis untuk Menggantung Gelas

Pertimbangkan untuk memasang model rak dapur minimalis.
Pertimbangkan untuk memasang model rak dapur minimalis.

Sumber: https://www.next.co.uk/

Apakah kamu termasuk yang gemar minum teh atau kopi? Jika jawabannya adalah iya, model rak dapur minimalis untuk menggantung cangkir seperti pada gambar perlu ada di dapurmu.

Dalam pendekatan arsitektur minimalis, ruangan dibuat sedemikian rupa agar dapat memenuhi kebutuhan penghuninya. Kehadiran elemen-elemen yang dianggap esensial tentu berbeda bagi satu orang dan orang lainnya.

Nah, bagi kamu yang gemar menghabiskan sore dengan meneguk secangkir teh hangat atau suka memulai pagi dengan segelas kopi panas, kehadiran model rak dapur minimalis untuk menggantung cangkir tentu menjadi esensial.

Bentuknya yang terbuka tidak hanya memudahkanmu meletakkan dan mengambil cangkir saat akan digunakan, tetapi juga bisa menjadi komponen dekorasi pada dinding.

Material kuningan yang menempel pada dinding berwarna krem, pasti mengukuhkan kesan minimalis pada dapur milikmu. Kamu juga bisa meletakkan poci dengan warna senada di rak ini.

Lagi-lagi penyimpanan poci di sana bukan hanya memudahkan saat kamu akan menggunakannya, melainkan berfungsi juga sebagai elemen dekoratif.

Baca juga: 10+ Pilihan Cat Rumah Warna Cream, Ciptakan Kesan Luas

Itulah beberapa inspirasi rak dapur minimalis yang mungkin sesuai dengan kebutuhan serta preferensi desainmu. Pertimbangkan material, model, serta warna rak dapur yang akan kamu pilih agar warna model rak dapur minimalis pilihan berpadu maksimal dengan seluruh bagian hunian lain.

Apabila kamu sudah menemukan model rak dapur yang sesuai dan akan melakukan perbaikan dapur secara menyeluruh, kamu bisa menghubungi tukang terlatih dan profesional dari Kanggo untuk membantu pengerjaan dan pemasangannya.

Kanggo adalah aplikasi tukang bangunan online yang hadir untuk menjawab berbagai kebutuhan terkait hunianmu, mulai dari pemasangan plafon, pemasangan dan perbaikan pintu, pemasangan keramik, hingga perbaikan dapur. Dengan adanya aplikasi Kanggo, mendapatkan tukang sekarang menjadi mudah, tinggal klik, besok tukang akan datang ke rumahmu.

Tukang Kanggo yang terlatih dan profesional telah dibekali berbagai keterampilan sehingga kualitas pengerjaan renovasi, termasuk mewujudkan dapur impianmu dijamin akan memberikan hasil maksimal.

Tidak perlu berlama-lama lagi, yuk segera instal aplikasi Kanggo di Google Play Store atau App Store dan konsultasikan kebutuhanmu dengan konsultan profesional dari Kanggo!

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami