BerandaBlog
9+ Model Plafon Dapur Hunian Minimalis, Unik, dan Kekinian

9+ Model Plafon Dapur Hunian Minimalis, Unik, dan Kekinian

Bagikan
9+ Model Plafon Dapur Hunian Minimalis, Unik, dan Kekinian
Agt 20, 2022

Plafon merupakan bagian dari rumah yang bisa menyempurnakan tampilan interior hunian yang kamu tinggali. Umumnya, plafon yang dekoratif hanya dipasang untuk ruang tamu, kamar tidur, atau ruang makan dan ruang keluarga. Kebanyakan dari kita mengabaikan plafon area dapur. Padahal, plafon dapur cukup bervariasi untuk menghasilkan kesan ruangan yang menarik dan aesthetic. Yuk, intip model plafon dapur unik dan kekinian berikut ini!

Model Plafon Dapur dari Material Kayu

Plafon dapur dari elemen kayu kental akan nuansa hangat dan menenangkan.

Sumber: Bangun Rumah

Plafon dapur rumah minimalis yang menggunakan material kayu memang kental akan nuansa hangat dan menenangkan, misalnya saja plafon material kayu lajur yang dipasang tanpa banyak aksen seperti gambar di atas. Meskipun modelnya sangat simple, tapi cukup membuat dapurmu terlihat lebih dekoratif, kan?

Untuk memaksimalkan pencahayaan pada siang hari dan sirkulasi udara pada area dapur, kamu bisa menambahkan jendela rumah minimalis berukuran besar sehingga sinar matahari masuk ke dapur. Selain hemat listrik, semburat sinar matahari yang masuk akan membuat dapurmu lebih terasa hangat.

Model Plafon Dapur dengan Skylight

Sumber: Ruang Arsitek

Model plafon dapur minimalis terbaru dan unik selanjutnya adalah plafon skylight. Model ini bisa kamu pertimbangkan untuk diaplikasikan pada dapurmu, lho!

Keberadaan skylight pada bagian plafon dapat menambah pencahayaan alami ke area dapur. Kamu juga bisa menambahkan clerestory window di atas kabinet lemari untuk memberikan kesan tak biasa. Clerestory window merupakan kaca bening yang diletakkan secara vertikal dan ditempatkan di bagian jendela yang cukup tinggi (tepatnya berada di atas eye level) tapi masih berada di bawah langit-langit ruangan.

Model plafon minimalis yang terlihat unik ini terbuat dari material Glassfiber Reinforced Cement (GRC) yang berfungsi untuk menyerap panas di dalam ruangan. Kamu bisa menggunakan fiber ini di beberapa bagian plafon dapur agar sinar matahari yang masuk ke dalam dapur terlihat lebih natural.

Model Plafon Dapur Beton Ekspos

Sumber: Arsitag

Model plafon dapur dari beton ekspos berasal dari campuran semen, air, pasir, dan kerikil yang menghasilkan warna dan tekstur khas. Model ini menonjolkan tekstur yang mirip dengan marmer bergradasi warna abu-abu.

Kamu bisa mengombinasikan model plafon dapur beton ekspos dengan dinding dapur warna putih polos. Pengaplikasian plafon dapur beton ekspos ini memang simpel tapi membuat ruangan dapur terlihat unik dan elegan.

Model Plafon Dapur Bertingkat

Sumber: Quiet Minimal

Model plafon dapur two tier atau dua tingkat memang sangat unik dan terlihat menonjol karena adanya lapisan di area plafon.

Model plafon satu ini cocok untuk dapur kekinian, tapi tetap ingin menciptakan kesan unik dan elegan. Hal yang perlu kamu perhatikan ketika ingin mengaplikasikan model plafon ini pada dapurmu adalah memperhitungkan ketinggian plafon agar tidak memunculkan kesan sempit di area dapurmu.

Model Plafon Dapur dengan Aksen Lampu

Sumber: Kara Decora

Untuk memperindah plafon dapur minimalis modern milikmu, kamu dapat menambahkan lampu gantung. Kamu bisa meletakkan lampu yang memiliki ukuran lebih besar di tengah area dapur. Lampu ini dapat memperindah ruang dapurmu dengan pantulan cahaya ke setiap dinding dan ceiling dapur. Tentunya hal tersebut akan menambah suasana elegan dan modern di dapur minimalismu.

Model Plafon Dapur Material Triplek

Sumber: Ruang Arsitek

Selain menggunakan kayu, kamu dapat menggunakan bahan dasar triplek untuk mendesain plafon dapurmu. Triplek sendiri terbuat dari material kayu, baik kayu mahoni ataupun jati. Triplek dapat didesain dengan mudah menggunakan berbagai warna. Selain itu, warna cat yang diaplikasikan ke triplek juga sangat awet dan tidak mudah luntur.

Model Plafon Dapur Struktur Atraktif

model-plafon-dapur

Sumber: Leo Furniture

Bosan dengan model yang monoton? Tenang! Kamu bisa mencoba desain plafon dapur minimalis dengan struktur atraktif seperti gambar di atas. Ceiling dapur terlihat berdimensi dengan penataan balok kayu warna gelap yang ditata rapi.

Bagaimana, kamu tertarik menerapkan model plafon dapur seperti di atas? Jika iya, ada beberapa catatan yang perlu kamu perhatikan, ya.

Sebaiknya kamu tidak mendekorasi area dapur secara berlebihan ketika mengaplikasikan plafon model ini agar dapurmu tidak terlihat terlalu sumpek.

Model Plafon Dapur Minimalis

model-plafon-dapur

Sumber: Houzz

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Bagi kamu yang memiliki ruang dapur sempit, terapkanlah plafon dapur putih polos agar ruangan tampak lebih lega. Dengan model plafon ini, kamu akan lebih mudah mendesain ruangan dengan berbagai kombinasi furnitur maupun dekorasi yang tepat.

Model plafon dapur minimalis warna putih juga mampu memberikan kesan bersih dan menawan. Kamu juga bisa mendesain kitchen hood di tengah ruangan seperti gambar di atas. Cara ini diterapkan agar dapur terlihat menarik dan unik.

Model Plafon Dapur Coffered

model-plafon-dapur

Sumber: Quiet Minimal

Model plafon dapur coffered adalah model plafon dapur yang terdiri dari panel persegi yang terbuat dari dasar papan kayu, kaca, cermin, ataupun logam. Biasanya, pada panel persegi yang berada di tengah ruangan akan dipasang sumber pencahayaan utama, misalnya lampu gantung atau chandelier. Sementara pada bagian panel lainnya akan dipasang lampu yang lebih redup sebagai sumber pencahayaan pendukung.

Model plafon dekoratif satu ini bisa menarik perhatian karena memiliki banyak tekstur yang memunculkan efek 3D. Plafon ini cocok dipasang pada dapur yang memiliki dekorasi minimalis.

Baca Juga: Inspirasi Model Dapur Minimalis untuk Segala Jenis Hunian

Tips Memilih Plafon Dapur Minimalis

Dapur yang memiliki plafon menarik akan memberikan kepuasan pada dirimu dan anggota keluarga yang lain. Apalagi dapur menjadi salah satu tempat yang digunakan untuk memasak dan menyiapkan makanan sehari-hari. Karena itu, desainlah plafon yang membuat suasana area dapur menjadi lebih nyaman dan menyenangkan untuk beraktivitas. Berikut ini beberapa tips dalam memilih plafon dapur minimalis yang bisa kamu terapkan.

Melihat Tema Dapur

Sebelum menentukan model plafon dapur idaman, lihatlah tema keseluruhan dapurmu. Setelah mendapatkan tema dapur yang diinginkan, kamu dapat mulai memikirkan model, material, dan warna plafon dapur yang akan melengkapinya.

Memilih Model Plafon Dapur

Setelah memilih gaya dapur, langkah selanjutnya adalah memilih model plafon yang akan diterapkan pada dapurmu. Ada berbagai model yang bisa kamu pilih sesuai dengan gaya dapurmu. Jika kamu menginginkan plafon dapur minimalis sederhana, model plafon dapur datar dapat dijadikan pilihan.

Memilih Jenis Material Plafon

Terdapat beberapa jenis material yang digunakan dalam membuat plafon, yakni:

Gypsum

Plafon dari material gypsum cocok digunakan di rumah berkonsep minimalis. Model plafon gypsum dapur cenderung mudah ditemukan di pasaran dan dijual dengan harga yang cukup ekonomis. Sementara itu, kekurangannya terletak pada daya serapnya yang tinggi terhadap air sehingga beban akan bertambah dan plafon dapur akan mudah roboh bila terjadi kebocoran pada atap rumah.

Eternit

Plafon dapur yang terbuat dari material eternit terbuat dari campuran semen dan bahan kain perca. Plafon ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau, lho!

Kelebihan dari plafon dapur yang menggunakan material eternit, antara lain tahan terhadap api, tidak mudah lapuk meskipun terkena tetesan air, dan dapat memberikan kesan dingin pada ruangan di bawahnya. Namun, untuk pemasangan plafon berbahan eternit harus ekstra hati-hati sebab materialnya sangat rapuh dan mudah retak.

GRC

Glassfiber Reinforced Cement atau sering disebut GRC adalah material plafon yang terbuat dari campuran pasir halus, serat, semen, kaca dan polimer. Untuk pemasangan plafon GRC ini membutuhkan rangka besi kasau atau besi hollow berukuran 4 x 4 cm.

Kelebihan plafon yang menggunakan material GRC, antara lain dapat bertahan pada suhu lembab dan tahan terhadap api.

Apabila kamu berencana memasang plafon dapur dari material GRC, sebaiknya gunakanlah jasa pemasangan profesional untuk menghindari hasil pemasangan yang buruk, ya!

PVC

Satu lagi material plafon yang populer adalah papan Polyvinyl Chloride (PVC). Jenis plafon PVC dikenal tahan air dan rayap, sangat ringan, lentur, awet, serta tampilanya sangat kekinian. Selain itu, plafon dapur dari material PVC juga mudah dipasang karena dijual dalam keadaan tinggal pasang layaknya puzzle.

Kayu

Apabila kamu ingin mendapatkan ruangan yang terkesan rapi, hangat, dan nyaman, jenis plafon kayu bisa kamu pilih. Plafon dari material kayu memberi kesan natural yang tak lekang oleh waktu.

Ada berbagai pilihan kayu berkualitas yang bisa dijadikan plafon, antara lain kayu sungkai, merbau, sonokeling jati, meranti, nyatoh, dan lain sebagainya.

Dibandingkan dengan material plafon lainnya, harga plafon kayu jauh lebih tinggi serta pemasangan dan perawatannya juga rumit. Walaupun demikian, model plafon dapur yang menggunakan material kayu memiliki nilai estetis yang tidak dimiliki material plafon lainnya.

Triplek

Plafon triplek terbuat dari bahan kayu triplek memiliki ketebalan sekitar 3 mm hingga 6 mm. Dari segi harga, plafon triplek masih terbilang cukup ekonomis dan stoknya mudah ditemukan di pasaran. Kekurangan dari plafon dapur material triplek ini, antara lain kurang tahan air, sambungan antar triplek kelihatan, dan membutuhkan pengecatan ulang.

Perhatikan Ketinggian Plafon

Indonesia merupakan negara tropis sehingga hunian di Indonesia dianjurkan untuk dibuat ventilasi, memiliki banyak bukaan, dan membuat plafon yang tinggi.

Dengan membuat plafon yang tinggi, sirkulasi udara pun dapat lebih lancar sehingga dapat menurunkan suhu ruangan di dalam rumah. Tinggi plafon yang ideal di hunian Indonesia adalah sekitar tiga meter dari permukaan lantai. Ketinggian plafon tersebut dapat menjauhkan sumber radiasi panas dari kepala sehingga rasa panas yang diserap oleh tubuh pun dapat berkurang.

Memilih Warna Plafon

Warna putih masih menjadi pilihan untuk mewarnai plafon karena dianggap memberikan kesan lapang, terang, dan clean. Selain itu, warna terang seperti warna putih, biru muda, dan hijau muda sangat cocok diterapkan pada plafon rendah.

Hal yang perlu kamu ingat bahwa kamu harus pandai dalam memadukan warna dinding dan plafon agar rumah tidak terasa panas, ya, karena warna yang kontras dan bertabrakan akan membuat ruangan menjadi panas dan sumpek.

Nah, itulah beberapa inspirasi model plafon dapur dan tips memilihnya agar dapur terlihat lebih modern, cantik, dan nyaman. Pilihlah sesuai dengan tema dapurmu dan sesuaikan juga dengan dekorasi ruangannya, ya.

Untuk memasang plafon dapur minimalis pada hunianmu, kamu bisa menghubungi aplikasi Kanggo yang siap membantumu mewujudkan dapur impian melalui layanan perbaikan dapur dan dilakukan oleh tukang terlatih dan profesional yang mereka sediakan.

Tukang Kanggo menjadi solusi yang tepat untuk melakukan home improvement, tanpa perlu khawatir kamu akan kehilangan waktu untuk melakukan pekerjaan atau berkumpul bersama keluarga. Segera install aplikasi Kanggo sekarang melalui Google PlayStore dan App Store, dengan Kanggo cari tukang menjadi mudah, hanya dengan sekali klik, besok tukang pasti datang.

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami