BerandaBlog
Ide Kolam Koi Minimalis yang Fungsional dan Dekoratif

Ide Kolam Koi Minimalis yang Fungsional dan Dekoratif

Bagikan
Ide Kolam Koi Minimalis yang Fungsional dan Dekoratif
Des 6, 2022

Kolam koi minimalis mungkin menjadi elemen penting bagi kamu yang hobi memelihara ikan koi. Kolam koi ibarat kolam renang khusus untuk ikan koi atau sebuah akuarium besar.

Ada banyak model kolam yang bisa kamu pilih. Namun, salah satu hal yang perlu kamu perhatikan ialah bagian sisi kolam koi harus dibuat lurus ke bawah tanpa tangga. Tujuannya mencegah predator masuk ke kolam dan memangsa koi.

Struktur kolam koi bisa sepenuhnya dibangun di bawah tanah, jadi permukaannya sejajar tanah. Namun, kamu juga dapat membuat sebagian struktur di bawah tanah dan sebagian lainnya di atas tanah sehingga setengah bagian kolam terlihat jelas.

Kali ini, kami telah menyiapkan beberapa ide desain kolam koi minimalis. Bagi kamu yang akan membuat atau merenovasi kolam, simak inspirasi berikut ini!

Kolam Koi Minimalis Depan Rumah

Lapisi sebagian tepi kolam dengan keramik agar terlihat seperti aksen. 
Lapisi sebagian tepi kolam dengan keramik agar terlihat seperti aksen.

Sumber: https://www.houzz.com/

Dengan desain yang tepat, kolam koi minimalis depan rumah bisa kamu manfaatkan sebagai elemen dekorasi. Kolam dapat kamu buat sepenuhnya di dalam tanah sehingga batas atas kolam sejajar dengan permukaan tanah.

Bentuknya pun bisa kamu buat kotak simpel saja. Namun, kamu dapat bermain dengan detail-detail ornamen kolam yang akan membuatnya lebih menarik.

Sebagai contoh, bagian tepi kolam dapat kamu lapisi dengan keramik yang senada dengan keramik ruang tamu. Akan tetapi, tidak semua bagian kolam dilapisi oleh keramik sehingga lapisan keramik tersebut tampak seperti aksen.

Lalu, kamu juga dapat meletakkan kolam persis di depan pintu masuk dan memasang beberapa buah keramik sebagai pijakan. Jadi, keramik tersebut terlihat seolah-olah mengapung di atas kolam. Menarik, bukan?

Baca juga: Inspirasi Model Keramik Dinding Teras Depan Rumah Terbaru

Kolam Koi Minimalis Dalam Rumah

Kolam ikan berbentuk L dapat kamu letakkan di dalam rumah bila area yang tersedia memadai.
Kolam ikan berbentuk L dapat kamu letakkan di dalam rumah bila area yang tersedia memadai.

Sumber: https://www.houzz.com/

Salah satu ide menarik lainnya ialah membuat kolam koi minimalis dalam rumah. Tak perlu khawatir area dalam rumah akan terlihat berantakan sebab dengan bentuk dan penataan yang pas, kolam di dalam rumah justru akan mempercantik hunianmu.

Pada gambar di atas, kolam koi dibuat sepenuhnya di dalam tanah dan batas atas kolam sejajar dengan permukaan lantai. Agar area lain tidak mudah terkena cipratan air kolam, kamu dapat meniggikan bagian tepi kolam.

Adapun bentuknya dapat kamu sesuaikan dengan area yang tersedia. Jika area yang dapat dijadikan kolam cukup luas, kamu dapat membuat kolam berbentuk L seperti pada gambar di atas.

Supaya terlihat sebagai satu kesatuan yang utuh, pastikan material yang digunakan untuk tepi kolam sama dengan material lantai di ruangan tersebut.

Kolam Koi Minimalis Batu Alam

Batu alam merupakan pilihan material menarik bila kamu ingin kolam koi tampak berbeda dari area lainnya.
Batu alam merupakan pilihan material menarik bila kamu ingin kolam koi tampak berbeda dari area lainnya.

Sumber: https://www.houzz.com/

Sebelumnya kita telah membahas penggunaan material keramik yang sama dengan area sekitar tepi kolam koi agar kehadiran kolam tetap terasa selaras dengan area rumah lainnya.

Namun, kamu sebetulnya memiliki opsi untuk membuat kolam justru terlihat berbeda atau stand out. Batu alam bisa menjadi material andalan untuk mencapai tujuan tersebut.

Pasalnya, kolam koi minimalis batu alam tetap akan membuat area kolam terlihat cukup berbeda, tetapi tidak sampai terlalu mencolok. Jadi, kamu masih bisa mempertahankan konsep minimalis pada keseluruhan bangunan.

Baca juga: Hunian Lebih Hidup Dengan Kolam Ikan Minimalis Depan Rumah

Pada gambar di atas, terlihat ada pilar-pilar batu alam di kolam. Pilar tersebut dapat berfungsi sebagai pijakan bagi penghuni rumah atau pengunjung. Di samping itu, celah antara pilar dapat menjadi spot bagi koi untuk berlindung dari sinar matahari atau ancaman predator.

Kolam Koi Minimalis Modern

Kolam koi minimalis modern dapat diperoleh melalui penggunaan exposed concrete berwarna putih.
Kolam koi minimalis modern dapat diperoleh melalui penggunaan exposed concrete berwarna putih.
Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Sumber: https://www.houzz.com/

Material concrete putih patut dipertimbangkan bila kamu ingin membuat kolam koi minimalis modern. Dari sudut pandang estetika, exposed concrete putih dengan tekstur yang cukup raw sekaligus rapi terasa pas untuk menghasilkan desain minimalis.

Selain itu, material tersebut juga merupakan pilihan populer dalam menghadirkan desain modern.

Lalu, ditilik dari daya tahannya, concrete termasuk material yang awet dan tahan lama. Perawatannya pun tidak rumit. Salah satu keunggulan utamanya ialah tak mudah ditumbuhi lumut. Karakteristik tersebut tentu pas sekali untuk material kolam.

Untuk mengukuhkan kesan modern, kamu juga dapat menambahkan instalasi lampu di kolam yang akan menciptakan ambience menarik pada malam hari.

Kolam Koi Minimalis Natural

Manfaatkan batu-batu asli saat kamu ingin membuat kolam koi natural.
Manfaatkan batu-batu asli saat kamu ingin membuat kolam koi natural.

Sumber: https://www.houzz.com/

Kalau kamu menginginkan kolam koi minimalis natural, kamu dapat menggunakan material dan desain yang terlihat modern secara minimal. Sebaliknya, optimalkan pembangunan kolam dengan memanfaatkan material alami seperti batu asli.

Kamu bisa menyusun kolam dari batu-batu asli yang bahkan tak dibentuk terlebih dahulu. Kolam koi tersebut mungkin jadi terlihat asimetri karena benar-benar mengikuti bentuk batuan.

Akan tetapi, kamu akan memperoleh kolam koi yang sangat natural dan asri. Melihat koi di kolam yang terdiri dari batuan dan tanaman pasti akan menjadi momen bersantai yang menyenangkan.

Kolam Koi Minimalis dengan Air Mancur

Lengkapi kolam koi dengan air mancur agar tampilannya makin estetik. 
Lengkapi kolam koi dengan air mancur agar tampilannya makin estetik.

Sumber: https://www.houzz.com/

Terakhir, kamu bisa mempertimbangkan model kolam koi minimalis yang berbentuk simpel, misalnya persegi panjang, tetapi dilengkapi dengan air mancur.

Supaya tetap terkesan minimalis, kamu dapat memasang air mancur tipe bubbler. Air mancur tipe bubbler adalah air mancur bertekanan rendah yang menggelembungkan air ke permukaan.

Jadi, alih-alih menyemprotkan air seperti air mancur pada umumnya, tipe bubbler hanya akan membentuk buih, gelembung, atau semprotan kecil saja. Karena itu, cukup pas untuk kamu letakkan di tengah kolam ikan.

Kamu juga bisa melengkapi air mancur bubbler dengan instalasi lampu. Dengan begitu, kolam akan terlihat makin cantik dan tetap bisa dinikmati pada malam hari.

Nah, di antara model kolam koi minimalis di atas, apakah kamu sudah menemukan yang sesuai dengan preferensimu? Di samping mencari model kolam yang sesuai selera, pastikan kamu juga telah memilih yang sesuai dengan bujet, ya.

Sebagai contoh, membuat kolam ikan di dalam rumah dengan lapisan marmer mungkin akan lebih mahal daripada membuat kolam ikan yang seluruh areanya terbuat dari beton.

Kalau kamu sudah menemukan model yang cocok dengan selera dan bujetmu, kamu bisa langsung membuat kolam ikan impianmu!

Tidak perlu khawatir kamu akan kesulitan membuatnya karena kini ada tukang Kanggo yang siap membantumu. Kanggo adalah aplikasi tukang bangunan online yang dapat membantumu menyelesaikan aneka proyek perbaikan rumah, termasuk menjadikannya lebih estetik dengan membuat kolam koi minimalis.

Kamu tinggal menentukan kolam akan dibuat di depan rumah atau di dalam rumah. Kamu juga bisa memilih desain yang lebih modern atau sepenuhnya natural.

Dengan tukang yang terlatih dan profesional, Kanggo siap memperbaiki atau merenovasi area tempat tinggalmu agar lebih nyaman dan estetik.

Sesuai tagline-nya, yaitu #tukangreadytogo, tukang Kanggo siap mewujudkan kolam koi minimalis yang kamu idamkan. Tidak perlu berlama-lama lagi, yuk, download aplikasi Kanggo sekarang juga di Android atau iOS!

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami