BerandaBlog
Hunian Lebih Hidup Dengan Kolam Ikan Minimalis Depan Rumah

Hunian Lebih Hidup Dengan Kolam Ikan Minimalis Depan Rumah

Bagikan
Hunian Lebih Hidup Dengan Kolam Ikan Minimalis Depan Rumah
Jul 10, 2022

Mengamati ikan di kolam tentu menjadi kegiatan yang refreshing bagi kamu yang menyukai ikan. Karena itu, tak ada salahnya jika kamu membuat kolam ikan minimalis depan rumah.

Kolam ikan minimalis depan rumah yang dipadukan dengan taman akan membuat area tempat tinggalmu terasa sejuk dan asri. Tak hanya itu, keberadaan kolam ikan juga menjadikan hunian milikmu terkesan lebih hidup.

Baca juga: Tampilan Eksterior Cantik dengan Taman Minimalis Depan Rumah | Kanggo Apps – #TukangReadyToGo 

Menariknya lagi, kolam ikan juga dipercaya bisa membantu memperbaiki mood penghuni rumah. Konon, melihat ikan berenang ke sana kemari dan mendengar suara gemericik air kolam mampu menenangkan suasana hati.

Nah, kalau kamu sedang mencari inspirasi model kolam ikan minimalis depan rumah, pastikan kamu membaca artikel ini sampai selesai sebab kami telah menyiapkan beberapa ide yang bisa kamu jadikan referensi.

Namun, sebelum menilik model-model yang bisa kamu pilih, mari kita amati terlebih dahulu hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat menentukan desain kolam ikan minimalis depan rumah.

Perhatikan Hal Ini Saat Mendesain Kolam Ikan Minimalis Depan Rumah

Saat mendesain kolam ikan minimalis depan rumah, putuskan terlebih dahulu jenis ikan yang ingin kamu miliki.
Saat mendesain kolam ikan minimalis depan rumah, putuskan terlebih dahulu jenis ikan yang ingin kamu miliki.

Sumber: archidea.com.ua   

Seperti halnya dengan membangun setiap bagian rumah, membuat kolam ikan pun tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat membuat desain kolam ikan minimalis depan rumah. Simak poin-poinnya di bawah ini!

  • Tentukan jenis ikan yang akan kamu pelihara

    Menentukan jenis ikan yang ingin kamu pelihara merupakan tahap esensial sebelum membuat desain kolam ikan impianmu. Pasalnya, kolam yang berisi ikan koi membutuhkan penataan berbeda dengan yang berisi ikan mas.

    Sebagai contoh, kolam ikan koi tidak bisa diisi terlalu banyak tanaman sebab ikan koi memakan beberapa jenis tanaman. Sebaliknya, jika kolam berisi ikan mas, kamu bisa saja meletakkan aneka tanaman air di sana.

  • Memilih lokasi yang tepat

    Kamu bisa menikmati kolam ikan dengan lebih mudah bila kolam diposisikan dekat dengan rumah. Namun, kamu perlu cermat menentukan lokasi kolam.

    Pilihlah area halaman yang memungkinkan kolam tersebut tetap berada di sana bertahun-tahun mendatang. Terlebih jika rumahmu merupakan rumah tumbuh yang masih akan dibangun atau berkembang dalam beberapa waktu ke depan.

  • Tentukan ukuran kolam

    Setelah mengetahui area yang pas untuk membangun kolam, kamu perlu menentukan ukuran kolam sesuai dengan ikan yang akan kamu pelihara.

    Untuk memelihara ikan mas, minimal kamu membangun kolam dengan kedalaman 0,6 meter.

    Sementara itu, kamu perlu menggali kolam dengan kedalaman minimal 0,9 meter jika akan menempatkan ikan koi di kolam tersebut.

    Setelah menentukan poin-poin esensial di atas, kamu bisa menggali kolam dengan bentuk yang kamu inginkan dan tentunya saling melengkapi dengan bentuk keseluruhan bangunan rumahmu.

    Maka dari itu, kamu juga perlu cermat dalam memilih model kolam ikan minimalis depan rumah.

Baca juga: 13+ Pagar Rumah Sederhana Tapi Cantik dan Bikin Iri Tetangga | Kanggo Apps 

Model Kolam Ikan Minimalis Depan Rumah

Fitur utama yang perlu dipenuhi oleh kolam ikan minimalis ialah kemudahan pemilik rumah dalam menikmati pemandangan kolam.
Fitur utama yang perlu dipenuhi oleh kolam ikan minimalis ialah kemudahan pemilik rumah dalam menikmati pemandangan kolam.

Sumber: flickr.com  

Berbicara mengenai model kolam ikan minimalis depan rumah, fitur utama yang perlu menjadi perhatian adalah kemudian pemilik rumah untuk menikmati pemandangan kolam setiap harinya.

Untuk memenuhi hal tersebut, kamu bisa meletakkan gazebo kayu atau sekadar kursi taman di dekat kolam. Bahkan, kamu juga dapat mempertimbangkan untuk membuat kolam ikan kaca minimalis depan rumah agar lebih mudah melihat ikan-ikan di kolam tersebut dari kejauhan.

Mari intip beberapa model kolam di bawah ini dan pilih model kolam yang paling sesuai dengan preferensimu!

Model Kolam Ikan Koi Minimalis Depan Rumah

Kamu tidak bisa meletakkan banyak tanaman di kolam ikan koi.
Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami
Kamu tidak bisa meletakkan banyak tanaman di kolam ikan koi.

Sumber: flickr.com

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, ikan koi memakan beberapa jenis tanaman. Karena itu, kamu tidak dapat meletakkan banyak tanaman air di kolam ikan koi minimalis depan rumah.

Namun, bukan berarti kolam ikan milikmu menjadi polos tanpa dekorasi tanaman. Kamu tetap bisa meletakkan aneka tanaman hijau di tepi kolam. Jadi, kolam ikan koi milikmu tampak dibingkai oleh tanaman.

Hal lain yang perlu diingat, koi dapat tumbuh menjadi sangat besar sehingga kamu perlu menyiapkan kolam dengan ukuran yang juga cukup besar.

Berhubung ikan koi memiliki warna-warna mencolok, kamu dapat membuat kolam dengan bata atau tembok berwarna gelap seperti abu-abu agar terkesan kontras.

Taman Kolam Ikan Minimalis Depan Rumah

Taman kolam ikan merupakan pilihan menarik untuk kamu yang menyukai ikan sekaligus pencinta bunga.
Taman kolam ikan merupakan pilihan menarik untuk kamu yang menyukai ikan sekaligus pencinta bunga.

Sumber: pinterest.com 

Apakah kamu menyukai ikan sekaligus penggemar bunga-bungaan? Jika jawabannya adalah iya, memiliki taman kolam ikan minimalis depan rumah pasti akan sangat menyenangkan untukmu.

Di kolam ikan yang juga taman tersebut, kamu tentu tidak hanya bisa memelihara ikan, tetapi juga merawat aneka water plant. Salah satu tanaman air yang menjadi favorit banyak orang ialah bunga teratai.

Hal tersebut memang wajar sekali sebab bunga teratai memang seketika membuat taman kolam ikan minimalis depan rumah tampak cantik.

Baca juga: Ketahui 13 Cara Menata Taman Depan Rumah Sederhana! 

Kolam Ikan Kaca Minimalis Depan Rumah

Leluasa melihat pergerakan ikan layaknya di dalam akuarium berkat model kolam ikan kaca minimalis.
Leluasa melihat pergerakan ikan layaknya di dalam akuarium berkat model kolam ikan kaca minimalis.

Sumber: pinterest.com 

Bagi kamu yang ingin bisa melihat pergerakan ikan dengan jelas layaknya di dalam akuarium, pertimbangkanlah untuk membuat kolam ikan kaca minimalis depan rumah.

Kolam ikan ini sebetulnya hampir seperti kolam ikan biasa, perbedaanya seluruh bagian dinding kolam dibuat dari kaca. Jadi, kamu leluasa mengamati gerakan ikan berenang di dalam kolam.

Adapun bentuknya bisa disesuaikan dengan seleramu, misalnya berbentuk lingkaran, angka delapan, atau asimetris.

Tidak lupa, letakkan beberapa tanaman yang lebih tinggi dari kolam ikan tersebut untuk mempercantik area kolam ikan milikmu.

Contoh Kolam Ikan Minimalis Depan Rumah Bentuk L

Dengan bentuk L yang sudah terkesan dekoratif, kolam ikan ini akan tetap terlihat menarik meskipun ukurannya kecil.
Dengan bentuk L yang sudah terkesan dekoratif, kolam ikan ini akan tetap terlihat menarik meskipun ukurannya kecil.

Sumber: issuu.com

Selanjutnya, kolam berbentuk L merupakan contoh kolam ikan minimalis depan rumah yang dapat kamu buat di lahan terbatas. Dengan bentuk L yang sudah terkesan dekoratif, kolam ikan ini akan tetap terlihat menarik meskipun ukurannya kecil.

Apabila halaman depan rumahmu tergolong sangat sempit, manfaatkanlah warna gelap seperti hitam agar kolam makin tampak mungil. Tujuannya supaya kolam tidak terlihat mendominasi area halaman.

Untuk menghadirkan kesan dekoratif tanpa memenuhi lagi area yang terbatas, kamu dapat meletakkan batu di dasar kolam. Jadi, kolam terlihat cantik meskipun tidak ada elemen dekorasi di atasnya.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa membingkai kolam dengan tanaman yang tumbuh rendah atau tanaman semak. Area halaman depan rumahmu jadi makin segar dan terkesan hidup deh!

Di antara model kolam ikan minimalis depan rumah di atas, apakah kamu sudah menemukan yang sesuai dengan preferensimu? Di samping mencari model kolam yang sesuai selera, pastikan kamu juga telah memilih yang sesuai dengan bujetmu.

Sebagai contoh, membuat kolam ikan dengan dinding kaca mungkin akan lebih mahal daripada membuat kolam ikan tanam yang seluruh areanya terbuat dari beton. Pasalnya, tidak semua bahan kaca bisa digunakan untuk dinding kolam ikan, hanya bahan kaca tertentu saja yang dapat kamu pilih. Dan bahan kaca khusus tersebut sudah bisa dipastikan harganya lebih mahal daripada kaca biasa.

Kalau kamu sudah menemukan model yang cocok dengan selera dan bujetmu, kamu bisa langsung membuat kolam ikan impianmu!

Tidak perlu khawatir kamu akan kesulitan membuatnya karena kini ada tim Kanggo yang siap membantumu. Kanggo adalah platform solusi layanan perbaikan terbaik yang dapat membantumu menyelesaikan aneka proyek perbaikan rumah, termasuk menjadikannya lebih estetik dengan membuat kolam ikan minimalis depan rumah.

Didukung tim profesional, Kanggo siap memperbaiki atau merenovasi area tempat tinggalmu sehingga menjadi lebih nyaman dan estetik.

Sesuai tagline-nya, yaitu #tukangreadytogo, tim Kanggo benar-benar siap mewujudkan kolam ikan minimalis depan rumah yang kamu idamkan. Tidak perlu berlama-lama lagi, yuk, download aplikasi Kanggo sekarang juga di Android atau iOS!

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami