BerandaBlog
7 Tips Menentukan Ukuran Anak Tangga yang Ideal untuk Hunian

7 Tips Menentukan Ukuran Anak Tangga yang Ideal untuk Hunian

Bagikan
7 Tips Menentukan Ukuran Anak Tangga yang Ideal untuk Hunian
Agt 28, 2022

Menentukan ukuran anak tangga rumah yang ideal memang tidak semudah kelihatannya. Ada beberapa hal yang dapat perlu kamu pertimbangkan sebelum melakukan proses pembangunan tangga pada rumah.

Tujuannya adalah agar tangga yang dibuat memberi keamanan dan kenyamanan bagi para penggunanya. Di sisi lain, tangga ini juga akan mampu membuat tampilan pada hunian makin menarik.

Nah, agar kamu bisa mengetahui ukuran anak tangga yang tepat untuk hunian kamu, berikut beberapa tips untuk menentukan ukuran tangga yang tepat yang bisa kamu sontek!

Cara Menentukan Ukuran Anak Tangga yang Tepat

Ada beberapa pertimbangan yang mesti kamu perhatikan saat akan membangun sebuah tangga.

Untuk membangun sebuah tangga yang ideal, kamu perlu menemukan perhitungan yang tepat agar tangga yang dibangun dapat digunakan dengan aman dan nyaman.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang mesti kamu perhatikan untuk membuat standar ukuran tangga rumah yang ideal, di antaranya:

Baca juga: Desain Rumah Minimalis 2 Lantai 6×12 dan Biayanya, Simak di Sini!

Luas dan Lebar Tangga

Perhatikan lebar tangga agar tidak kesulitan mengaksesnya.

Ada dua hal yang mesti kamu perhatikan saat akan menghitung luas dan lebar tangga, yakni pengguna dan peralatan yang mungkin akan melewati tangga.

Sebagai penghuni sekaligus pengguna tangga rumah, tentu saja kamu akan melewati tangga yang kamu bangun di dalam rumah untuk melakukan berbagai aktivitas.

Bisa saja kamu menggunakan tangga berbarengan dengan anggota keluarga lainnya pada waktu bersamaan. Nah, agar tangga yang akan digunakan dapat berfungsi sesuai dengan kebutuhan kamu, maka kamu perlu memperhitungkan ukurannya dengan tepat.

Umumnya, ukuran tangga yang dapat digunakan oleh satu orang memiliki ukuran lebar sekitar 70 cm sampai 90 cm.

Sedangkan untuk tangga yang dapat menampung lebih dari satu orang baik searah maupun berlawanan arah, kamu membutuhkan tangga dengan lebar minimal 120 cm sampai 180 cm. Lebar tangga ini digunakan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya.

Yang selanjutnya perlu kamu perhatikan adalah mobilitas barang yang mungkin akan melewati tangga untuk menuju ke lantai atas. Ini penting untuk kamu perhitungkan dengan baik agar kamu tidak kesulitan membawa barang-barang tersebut melalui tangga yang telah kamu bangun.

Sudut Kemiringan

Tangga yang terlalu miring dapat membahayakan para penggunanya.

Menentukan sudut kemiringan tangga bisa dilakukan dengan membandingkan tinggi tangga dengan panjang tangga. Tinggi tangga di sini dapat diartikan dengan tinggi lantai atas dengan lantai bawah. Sedangkan panjang tangga berarti besar ruang yang dibutuhkan untuk membangun tangga tersebut.

Secara umum, standar kemiringan tangga yang bisa digunakan pada hunian adalah 42 derajat hingga maksimal 45 derajat. Namun, ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan hunian kamu. Beberapa aspek seperti luas ruangan dan lain-lain bisa menjadi pertimbangan yang akan memengaruhi sudut kemiringan pada tangga.

Ukuran Anak Tangga

Mengukur anak tangga dengan tepat menghasilkan tangga yang ideal.

Setelah mendapatkan lebar tangga yang baik untuk hunian, kini kamu perlu memperhitungkan ukuran anak tangga yang ideal.

Tinggi anak tangga atau disebut juga optrade umumnya berukuran sekitar 15 cm hingga 19 cm. Ukuran ini diperkirakan mampu mengakomodir kenyamanan bagi penggunanya. Sedangkan ukuran lebar anak tangga yang sesuai berkisar 27 cm hingga 33 cm.

Nah, untuk tinggi anak tangga juga perlu dibuat senyaman mungkin. Biasanya, ukuran tinggi anak tangga adalah sekitar 15 cm hingga 22 cm. Ukuran ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu agar siapa pun yang menggunakan tangga ini tidak mudah merasa kelelahan.

Baca juga: Inspirasi Tangga Rumah Minimalis Type 36

Jumlah Anak Tangga

Banyaknya anak tangga yang kamu butuhkan disesuaikan dengan tinggi dan luas hunian.

Mengetahui jumlah anak tangga yang diperlukan dalam sebuah hunian juga menjadi salah satu hal yang penting untuk kamu perhitungkan. Berikut ini adalah cara yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan jumlah anak tangga yang ideal.

Sebelum bisa menghitung jumlah anak tangga yang dibutuhkan, kamu perlu mengetahui ukuran tangga ideal yang akan kamu gunakan. Setelah itu, kamu bisa menghitung jumlah anak tangga yang kamu butuhkan. Rumus menghitung jumlah anak tangga adalah:

(h/1) – 1 

Diketahui:

h : tinggi struktur bangunan tangga

t : tinggi anak tangga

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Misalnya, tinggi bangunan tangga yang kamu rencanakan adalah 350 cm, dan tinggi anak tangganya adalah 15 cm. Maka jumlah anak tangga yang kamu butuhkan sebanyak:

  • Jumlah anak tangga = (h/1) – 1
  • Jumlah anak tangga = (350/15) – 1
  • Jumlah anak tangga = 23,3 – 1 = 22,3

Jadi, jumlah anak tangga yang dibutuhkan jika dibulatkan menjadi 22 buah.

Jumlah ini juga perlu disesuaikan dengan bentuk tangga yang akan kamu gunakan. Beberapa faktor seperti penggunaan borders, lebar ruangan, dan tinggi bangunan juga menjadi faktor penting yang akan memengaruhi jumlah anak tangga yang dibuat.

Contohnya saja pada ukuran anak tangga besi atau ukuran anak tangga beton yang dapat berbeda karena material yang digunakan membutuhkan luas ruang yang lebih banyak.

Ukuran Bordes

ukuran-anak-tangga

Bordes merupakan bidang datar yang berukuran lebih lebar dari anak tangga yang berfungsi sebagai tempat beristirahat ketika kamu menaiki tangga. Umumnya, bordes dibuat untuk mengurangi risiko kecelakaan, seperti terjatuh atau terpelesetnya seseorang pada saat melewati anak tangga.

Bordes tangga bisa dibuat jika tangga yang disusun memiliki lebih dari 12 anak tangga dan luas minimal borges tangga bisa mencapai 1 meter. Adanya bordes pada tangga juga bisa mempercantik tampilan rumah, lho.

Handrail

ukuran-anak-tangga

Untuk melengkapi ukuran anak tangga minimalis yang ideal, kamu perlu memperhatikan elemen tambahan yang sama pentingnya, yakni handrail atau pegangan tangan.

Handrail berfungsi sebagai elemen penunjang stabilitas bagi pengguna saat akan melewati tangga. Dengan adanya handrail diharapkan dapat meminimalisir kecelakaan yang mungkin terjadi saat kamu menaiki atau menuruni tangga.

Pemasangan handrail harus disesuaikan dengan jangkauan tubuh manusia. Hal ini dilakukan agar penggunaannya bisa lebih nyaman. Umumnya, handrail yang digunakan mempunyai tinggi berkisar 80 cm sampai dengan 100 cm terhitung dari lantai tangga.

Balustrade

ukuran-anak-tangga

Balustrade merupakan susunan tiang yang ada pada ibu atau anak tangga. Tiang-tiang ini tidak hanya berfungsi sebagai pemanis pada tangga, namun ternyata balustrade memiliki fungsi yang lebih penting.

Contohnya seperti menjadi konstruksi pendukung pada railing tangga, memberi batasan pada area yang tertutupi oleh balustrade, hingga untuk meminimalisir seseorang terjatuh dari celah tangga.

Untuk itu, pemasangan balustrade membutuhkan perhitungan yang baik agar dapat memenuhi syarat keamanan untuk hunian. Umumnya, tinggi balustrade yang sering digunakan adalah berkisar 100 cm. Kamu juga bisa memasang balustrade dengan material yang cocok dengan konsep hunian kamu untuk meningkatkan nilai estetis pada hunian kamu, lho.

Baca juga: Inspirasi Denah Rumah Minimalis 2 Lantai yang Nyaman

Agar memudahkan kamu melakukan home improvement, kamu bisa memanggil tukang profesional dari Kanggo. Tukang Kanggo mempunyai keahlian di antaranya jasa pasang pintu dan jendela, jasa perbaikan tembok, hingga jasa perbaikan atap & dak. Untuk soal kualitas kamu tidak perlu khawatir. Sudah banyak testimoni positif yang mereka dapat berkat kinerja Tukang Jagoan yang profesional. Selain itu, Kanggo juga meluncurkan aplikasi yang dapat memudahkan kamu berkomunikasi dan memesan tukang Kanggo. Yuk coba download melalui PlayStore atau App Store sekarang!

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami