BerandaBlog
7 Ide Plafon PVC Minimalis untuk Hunianmu

7 Ide Plafon PVC Minimalis untuk Hunianmu

Bagikan
7 Ide Plafon PVC Minimalis untuk Hunianmu
Sep 20, 2022

Dahulu, penggunaan plafon PVC mungkin hanya bisa kita jumpai pada properti-properti mewah, seperti apartemen, hotel, dan restoran tertentu. Kini, banyak orang yang sudah menggunakan plafon PVC minimalis untuk huniannya.

PVC atau atau polivinil klorida adalah polimer plastik vinil klorida yang karakternya sangat durable dan tahan api. Bahan ini lazim digunakan untuk pembuatan pipa. Karena mudah dirangkai atau dibentuk, penggunaan PVC pun makin luas, salah satunya sebagai bahan plafon.

Plafon PVC mampu memberikan tampilan yang lebih menarik jika dibandingkan dengan tripleks atau gipsum. Tidak heran kalau sekarang material langit-langit yang satu ini sering dipilih.

Baca juga: Lengkapi Desain dengan Model Plafon PVC Kamar Tidur Terbaru

Ide Plafon PVC Minimalis Terbaru

Penggunaan <yoastmark class=

Seperti telah disebutkan sebelumnya, plafon PVC terbuat dari material polimer vinil klorida. Bahan tersebut membuat jenis plafon ini tidak mudah terurai atau lapuk, meskipun telah digunakan selama puluhan tahun.

Tak berhenti di sana, bahan PVC juga tergolong sangat lentur dan ringan. Karena itu, dengan material PVC, kamu bisa memperoleh plafon dalam berbagai model atau motif.

Sebut saja, motif garis geometri, kayu, bahkan lengkung. Walaupun demikian, tentu kamu juga dapat memasang plafon PVC yang polos dan memainkan aspek lain untuk memperoleh langit-langit yang unik, misalnya membuat variasi ketinggian.

Apakah kamu tertarik menggunakan material yang satu ini? Jika demikian, simak dahulu ide plafon PVC minimalis terbaru di bawah ini!

Model Plafon PVC Polos

<yoastmark class=

Berbicara langit-langit dengan konsep minimalis, plafon PVC polos tentu bisa jadi pertimbangan utama. Kebanyakan orang menggunakan plafon PVC minimalis polos berwarna putih.

Namun, kamu bisa menghadirkan kesan berbeda dengan memasang plafon yang berwarna senada dengan dinding. Triknya ialah gunakan tone lebih muda. Jika dinding hunianmu berwarna beige, kamu bisa mempertimbangkan warna cream untuk bagian plafon.

Kamu dapat menerapkan cara tersebut untuk aneka warna lainnya. Kabar baiknya, plafon PVC memang tersedia dalam berbagai varian warna. Jadi, kamu akan lebih mudah menemukan warna plafon yang kamu butuhkan.

Plafon PVC untuk Kamar Tidur

Drop ceiling semu merupakan model plafon yang unik, tetapi tidak berlebihan.
Drop ceiling semu merupakan model plafon yang unik, tetapi tidak berlebihan.

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa konsep minimalis sangat mungkin digabungkan dengan konsep desain lainnya.

Sebagai contoh, bila kamu sudah menerapkan desain yang mewah dan modern, kamu dapat tone down dengan menggunakan plafon PVC minimalis di kamar tidur. Dengan begitu, keseluruhan ruangan tak akan terasa berlebihan.

Tenang saja, langit-langit berkonsep minimalis tak berarti hanya flat saja, kok. Kamu bisa menerapkan model drop ceiling semu seperti gambar di atas.

Drop ceiling semu dibuat dengan menampilkan garis timbul supaya langit-langit terlihat bertingkat, padahal tidak alias semu. Untuk menciptakan kesan ini, bagian sisi plafon dibuat lebih maju daripada bagian tengahnya. Pada gambar di atas, garis timbul tersebut dipertegas dengan warna yang berbeda.

Baca juga: 10 Warna Cat Kamar Tidur yang Menenangkan dan Bikin Betah

Untuk Ruang Tamu

Kalau kamu mau menciptakan ambience ruangan yang hangat, pertimbangkan plafon dengan indirect light.

Bagi kamu yang sedang mencari ide plafon PVC minimalis untuk ruang tamu, pertimbangkan model plafon dengan indirect light.

Sesuai namanya, plafon model ini dibuat bertingkat dan dilengkapi dengan lampu tanam atau lampu tersembunyi. Dengan begitu, lampu yang ditempatkan di bagian lebih dalam akan tampak berpendar saat dinyalakan.

Di samping meminimalkan terbentuknya bayangan dan efek silau, model ini juga membuat suasana ruangan terasa lebih hangat.

Untuk Dapur

Dengan membedakan tinggi plafon, kamu bisa menciptakan ilusi penyekatan ruangan.

Sumber: Home Designing

Walaupun plafon PVC menawarkan aneka bentuk tampilan, kamu tidak harus menggunakannya bila ingin langit-langit dengan kesan simpel. Untuk memberikan kesan berbeda, kamu dapat mengatur tinggi langit-langit.

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Sebut saja, untuk dapur dan ruang makan, plafon PVC minimalis bisa kamu buat dengan tinggi berbeda sehingga ada ilusi penyekatan ruangan. Ruang makan dibuat dengan langit-langit lebih rendah dari bagian dapur, misalnya.

Baca juga: Tips Menata Dapur Minimalis Modern Ukuran Kecil, Tapi Cantik

Selain menciptakan ilusi ruangan berbeda, plafon dapur yang lebih tinggi juga membuatmu lebih leluasa ketika memasak. Tak ada kesan cramping atau pengap saat kamu sibuk menyiapkan makanan di dapur.

Untuk Kamar Mandi

Plafon PVC berdesain kayu dapat diandalkan untuk menghasilkan kesan hangat pada ruangan.

Sumber: Home Designing

Di pasaran tersedia plafon PVC dengan desain kayu. Nah, bila kamu menginginkan kamar mandi minimalis, tetapi terasa hangat, plafon PVC bermodel kayu tersebut dapat kamu pertimbangkan.

Plafon PVC berdesain kayu ini hadir dalam aneka warna kayu. Pastikan kamu memilih warna yang sesuai dengan warna dinding dan lantai kamar mandi.

Tidak lupa, sesuaikan juga warnanya dengan warna cabinet yang akan kamu pasang di kamar mandi. Dengan demikian, konsep keseluruhan ruangan kamar mandi milikmu akan terasa selaras.

Baca juga: 7+ Ide Desain Kamar Mandi yang Nyaman dan Memikat

Untuk Ruang Kerja

Sumber: Home Designing

Untuk kamu yang akan merenovasi atau menambah ruang kerja di rumah, pertimbangkan plafon PVC minimalis berwarna putih dengan model garis-garis.

Warna putih akan membuat ruangan terasa terang dan luas. Jadi, penghuni rumah dapat bekerja atau belajar dengan nyaman. Tak hanya itu, atap yang tidak terlalu berlebihan juga tentu membuat ruangan menjadi minim distraksi.

Meski begitu, ruangan tetap tidak terasa flat berkat motif garis-garis simpel yang dimilikinya.

Jangan lupa, upayakan keseluruhan ruangan juga didominasi oleh warna netral. Apabila jenis pekerjaanmu merupakan pekerjaan kreatif, kamu dapat meletakkan beberapa benda dengan warna mencolok sebagai focal point.

Di samping menjadi ornamen dekorasi, warna-warna mencolok juga dapat memicu kreativitas pada beberapa orang.

Baca juga: 7 Kombinasi Cat Rumah Warna Biru yang Sangat Menginspirasi

Untuk Teras

Plafon PVC motif kayu juga merupakan pilihan pas untuk langit-langit teras

Sumber: Pinterest

Plafon PVC minimalis untuk teras juga dapat mengambil motif kayu. Di samping mampu memberi kesan hangat di dalam ruangan, plafon PVC bermotif kayu terasa lebih berpadu dengan lingkungan luar, terlebih bila terasmu memiliki banyak tanaman dan pohon.

Di samping itu, plafon teras tentu lebih terpapar panas dan debu sehingga pemilihan material PVC sangat tepat. Adapun motif kayu merupakan pilihan pas agar plafon tak mudah kotor.

Ingat, pastikan kamu memilih plafon motif kayu yang berwarna gelap, ya. Pasalnya, jika warna yang kamu pilih adalah warna kayu natural, tentu kamu perlu lebih sering membersihkan plafon sebab debu yang menempel pada plafon akan cukup kentara.

Setelah memilih plafon PVC minimalis yang cocok untuk hunianmu, tahap selanjutnya adalah proses pemasangan plafon. Pastikan kamu melakukan proses pemasangan plafon dengan tepat dan sesuai kebutuhan.

Agar pemasangan plafon PVC berjalan dengan lancar dan tepat, kamu bisa memercayakannya pada tukang Kanggo.

Kanggo adalah aplikasi tukang bangungan online yang bekerja sama dengan banyak tukang berpengalaman, profesional, dan memiliki berbagai keahlian, termasuk membantu memasang plafon PVC di rumahmu.

Selain itu, kamu juga bisa mengandalkan Kanggo untuk berbagai kebutuhan perbaikan di rumah, mulai dari pemasangan keramik, pengecatan, perbaikan dinding, perbaikan atap yang bocor, perbaikan pipa yang mampet, hingga instalasi listrik.

Jadi, serahkan saja pemasangan plafon PVC atau kebutuhan terkait hunian lainnya pada tukang Kanggo. Untuk menggunakan jasa tukang Kanggo, kamu cukup unduh aplikasinya melalui App Store atau PlayStore.

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami