BerandaBlog
7+ Ide Desain Kamar Mandi yang Nyaman dan Memikat

7+ Ide Desain Kamar Mandi yang Nyaman dan Memikat

Bagikan
7+ Ide Desain Kamar Mandi yang Nyaman dan Memikat
Jun 22, 2022

Kamar mandi merupakan ruangan esensial dan wajib ada di setiap rumah. Jika ditilik dari fungsi utamanya, kamar mandi memang digunakan untuk membersihkan diri. Namun, sebenarnya ruangan ini juga bisa menjadi tempat relaksasi sehingga desain kamar mandi perlu benar-benar diperhatikan.

Terlepas dari banyaknya gaya kamar mandi yang dapat dipilih, banyak orang menggemari desain kamar mandi modern minimalis. Mungkin karena karakter desainnya yang dominan menggunakan warna netral, gaya ini dianggap membuat kamar mandi terasa lapang, nyaman, serta menawan.

Kesan lega dan rapi yang ditimbulkan juga pasti menjadikan kamar mandi terasa pas untuk tempat menenangkan pikiran. Kalau kamu sedang membutuhkan inspirasi desain untuk kamar mandi, lihat idenya di bawah ini.

Desain Kamar Mandi Minimalis

Kamar mandi minimalis hampir tak pernah gagal membuat nyaman penghuni rumah yang menggunakannya.
Kamar mandi minimalis hampir tak pernah gagal membuat nyaman penghuni rumah yang menggunakannya.

Desain kamar mandi minimalis bukan hanya pilihan aman, melainkan pilihan nyaman. Jarang sekali orang yang tidak terpikat dengan desain interior minimalis untuk kamar mandi.

Pada saat yang sama, kamar mandi dengan konsep minimalis juga hampir selalu berhasil membuat penggunanya merasa nyaman. Dominasi warna netral dengan aksen dekorasi terbatas membuat kamar mandi terasa begitu lapang dan rapi.

Menutup hari dengan berendam di bathtub kamar mandi minimalis usai penat bekerja pasti akan terasa menyenangkan sekali.

Jika kamu khawatir kamar mandi akan terasa terlalu datar karena seluruhnya menggunakan warna netral, kamu bisa menambahkan aksen dekorasi fungsional. Dalam gambar di atas, bathroom counter dibuat dari kayu yang kontras dan membuat ruangan lebih hangat.

Baca juga: Desain Kamar Mandi Minimalis: Nyaman Sekaligus Fungsional

Desain Kamar Mandi Kecil

Area yang kecil bukanlah hambatan untuk menghasilkan kamar mandi yang nyaman.
Area yang kecil bukanlah hambatan untuk menghasilkan kamar mandi yang nyaman.

Apakah kamu berpikir kamar mandi yang nyaman dan cantik pasti harus luas? Bila jawabannya adalah iya, kamu keliru. Di area yang terbatas pun kamu tetap bisa membuat kamar mandi yang nyaman sekaligus estetik.

Tentu saja kamu perlu lebih cermat dalam menentukan desain kamar mandi kecil, mulai dari penentuan perlengkapan yang akan digunakan hingga elemen dekorasi yang akan kamu pasang.

Berhubung area kamar mandi terbatas, penggunaan bathtub mungkin bukanlah pilihan. Namun, kamu tetap bisa memperoleh kamar mandi nyaman dengan instalasi shower box seperti pada gambar.

Kombinasi warna putih di dinding luar shower box dan pencahayaan optimal menciptakan kesan lebih luas. Sementara itu, dinding shower box justru menggunakan keramik hitam. Tujuannya agar shower box terlihat lebih kecil dan tidak terasa mendominasi ruangan.

Kemudian, pemasangan ambalan, bathroom counter, dan frame cermin yang terbuat dari kayu berwarna natural memberikan kesan hangat dan hidup pada desain kamar mandi kecil ini. Selain itu, dekorasi kayu juga selaras dengan desain plafon yang diberi aksen kayu.

Baca juga: Rumah Makin Indah dan Nyaman dengan Plafon Minimalis

Desain Kamar Mandi Sederhana

Manfaatkan detail kecil untuk mempercantik desain kamar mandi sederhana.
Manfaatkan detail kecil untuk mempercantik desain kamar mandi sederhana.

Mau desain kamar mandi sederhana, tetapi tetap terlihat menarik? Tenang saja, hal tersebut bisa kok kamu dapatkan.

Di kamar mandi sederhana, pemilihan bathtub atau shower cukup dengan model standar. Begitu juga dengan wastafel atau bathroom sink cukup gunakan model standar.

Akan tetapi, kamu dapat memberikan dekorasi melalui detail-detail kecil, misalnya menggunakan kaca es untuk jendela. Bahkan, kamu bisa menggunakan handuk sebagai aksen dekorasi.

Caranya, simpanlah handuk berwarna kontras di kamar mandi. Pada gambar di atas, terdapat handuk berwarna putih dan sky blue. Kamu bisa bermain dengan warna lain seperti krem dan hijau olive.

Desain Kamar Mandi Natural

Desain kamar mandi natural akan membuat kamar mandi di rumahmu terasa lebih segar.
Desain kamar mandi natural akan membuat kamar mandi di rumahmu terasa lebih segar.

Untuk kamu yang menyukai jenis kamar mandi dengan desain alami, kamu dapat menambahkan beragam tanaman hias dengan konsep tropical. Bila dibandingkan dengan gaya kamar mandi lain, desain kamar mandi natural akan memberikan kesan menyenangkan dan lebih segar.

Kamu bisa meletakkan tanaman di ujung atau sudut kamar mandi dengan pot yang cantik. Pertimbangkanlah pot berwarna putih sebab akan membuat dekorasi tanaman tampak makin estetik.

Lantai marmer atau batu alam juga bisa menjadi pilihan aksen interior yang ciamik untuk desain kamar mandi natural. Apabila daerah rumahmu masih asri, tak ada salahnya membuat jendela besar di kamar mandi yang menampakkan area luar yang hijau.

Baca juga: 8 Jenis Cat Tembok Warna Hijau Menawan dan Kombinasinya

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Desain Kamar Mandi Pedesaan

Banyak orang menghadirkan ‘suasana desa’ di rumah mereka, termasuk membuat desain kamar mandi pedesaan.
Banyak orang menghadirkan ‘suasana desa’ di rumah mereka, termasuk membuat desain kamar mandi pedesaan.

Kini banyak orang yang hidup di perkotaan merasa rindu kehidupan desa yang asri dan tenang. Sebagai penawar, banyak orang menghadirkan ‘suasana desa’ di rumah mereka, termasuk membuat desain kamar mandi pedesaan.

Cara ini sebetulnya sangat menarik karena aktivitas mandi jadi lebih dari sekadar kebutuhan, tetapi juga memberikan hiburan.

Berbicara kamar mandi di desa, terdapat beberapa hak yang sangat khas. Pertama, sebagian besar orang di desa memanfaatkan bambu sebagai saluran air, bukan paralon layaknya di kota-kota besar.

Kemudian, rata-rata kamar mandi di desa terletak di luar rumah. Beberapa di antaranya berada di dekat sawah dan warga mandi dengan air yang mengalir melalui pancuran.

Mengadaptasi suasana tersebut ke rumahmu, kamu bisa mempertimbangkan kamar mandi outdoor yang diletakkan dekat taman belakang. Untuk makin menegaskan desain kamar mandi pedesaan, kamu bisa memanfaatkan bambu sebagai bahan dinding shower box serta lapisan luar saluran air shower.

Unik, bukan? Dengan kamar mandi seperti ini, aktivitas mandi pasti terasa lebih tenang dan meditatif.

Desain Kamar Mandi Hotel

Ingin setiap hari terasa bagai staycation? Desain kamar mandi hotel bisa menjadi andalan.
Ingin setiap hari terasa bagai staycation? Desain kamar mandi hotel bisa menjadi andalan.

Kombinasi keramik dan marmer merupakan kunci utama kalau kamu menyukai kamar mandi mewah, tetapi tetap terlihat minimalis seperti desain kamar mandi hotel.

Kamu bisa memakai lantai marmer dengan motif yang modern. Lalu, pilihlah warna-warna netral seperti putih, hitam, coklat, atau krem. Opsi lainnya, gunakanlah lantai keramik yang dikombinasikan dengan dinding keramik bermotif marble seperti marmer.

Untuk menambah kesan mewah, kamu juga bisa menggunakan frame logam berwarna emas untuk cermin. Tambahan interior berupa lampu hias di lantai atau dinding juga akan membuat desain kamar mandi hotel makin maksimal.

Wah, dengan kamar mandi seperti itu, setiap hari akan terasa seperti staycation, ya?

Desain Kamar Mandi Minimalis 2×2 Meter

Dalam batasan area tertentu, kamar mandi tetap bisa didesain optimal agar tampak apik.
Dalam batasan area tertentu, kamar mandi tetap bisa didesain optimal agar tampak apik.

Penentuan desain ruangan tidak bisa hanya mempertimbangkan selera desain, tetapi juga perlu memperhitungkan luas area yang tersedia. Karena itu, kami juga memberikan inspirasi desain kamar mandi berdasarkan ukuran.

Kali ini, kami akan membagikan ide desain kamar mandi minimalis 2×2 meter. Pertama, tentu kamu perlu menentukan terlebih dahulu item prioritas bagimu sebab area yang tersedia terbatas.

Apabila relaksasi esensial untukmu, kamu bisa memasang bathtub, tetapi tidak bisa sekaligus memasang shower room atau shower box.

Kemudian, pemilihan ukuran perabot kamar mandi pun tidak bisa yang terlalu besar. Sebagai contoh, kamu hanya bisa memang bathroom counter dan wastafel single.

Akan tetapi, hal tersebut tidak berarti membuat ruangan kamar mandi menjadi kurang cantik. Pilihlah perlengkapan kamar mandi berwarna putih dan kombinasikan dengan dinding yang berwarna kontras. Jika mau, kamu juga dapat memasang dinding dengan motif simetris.

Hal ini akan membuat kamar mandi tampak tidak monoton, tetapi tetap membuatnya terasa cukup lapang.

Desain Kamar Mandi Minimalis 2×3 Meter

Membedakan material lantai sebagai batasan area imajiner dapat membuat kamar mandi terasa lebih luas.
Membedakan material lantai sebagai batasan area imajiner dapat membuat kamar mandi terasa lebih luas.

Berbeda dengan ruangan kamar mandi 2×2 meter, desain kamar mandi 2×3 meter tentu memiliki ruang eksplorasi yang lebih besar.

Penataan kamar mandi jadi lebih leluasa. Bila perlu, kamu juga dapat memanfaatkan perlengkapan kamar mandi yang lebih besar. Bahkan, kamu masih mungkin menempatkan kabinet untuk menyimpan bathroom supply.

Supaya area kamar mandi terasa makin luas, kamu bisa membuat batasan imajiner di dalam kamar mandi. Cara paling mudah ialah dengan membedakan material lantai.

Kamu bisa membuat area lantai bathtub terbuat dari bambu atau material lainnya. Sementara itu, bagian lain dibuat dari keramik, marmer, atau material lain yang menjadi preferensimu.

Dengan begitu, desain kamar mandi 2×3 meter tak akan tampak lagi sebab kamar mandi di rumahmu terlihat makin luas.

Bagi orang yang sudah terbiasa menjalankan proyek DIY (Do It Yourself), utak-atik desain kamar mandi mungkin akan menjadi proyek yang mudah sekaligus menyenangkan.

Sayangnya, tidak semua orang demikian. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena sekarang ada Kanggo yang siap membantumu melakukan renovasi rumah.

Tim Kanggo akan menghubungkanmu dengan konsultan profesional yang bisa membantumu menentukan jumlah material yang dibutuhkan untuk renovasi tersebut. Tidak hanya itu, konsultan profesional juga akan memberikan informasi terkait jumlah tukang yang kamu butuhkan untuk mengerjakan proyek tersebut.

Selanjutnya, tim tukang profesional Kanggo sudah pasti siap membantumu mewujudkan desain kamar mandi impian. Kalau kamu sudah mengetahui desain yang diinginkan untuk kamar mandi yang kamu idamkan, langsung saja hubungi Kanggo sekarang!

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami