BerandaBlog
10 Warna Cat Kamar Tidur yang Menenangkan dan Bikin Betah

10 Warna Cat Kamar Tidur yang Menenangkan dan Bikin Betah

Bagikan
10 Warna Cat Kamar Tidur yang Menenangkan dan Bikin Betah
Agt 3, 2022

Pemilihan warna cat dinding memang sangat penting pada saat kamu ingin mendekorasi ruangan. Ini juga berlaku pada pemilihan warna cat kamar tidur agar memberikan nuansa yang menenangkan.

Kamar tidur berfungsi sebagai tempat beristirahat. Kualitas tidur yang baik tidak hanya dipengaruhi oleh lamanya kamu tidur, lho! Kondisi dan lingkungan kamar tidur juga berpengaruh dalam menentukan kualitas tidurmu.

Menurut penelitian Han Gao dari Department of Psychology di University of Richmond, Virginia, Amerika Serikat, warna kamar berdampak terhadap kualitas tidur seseorang. Dalam penelitian tersebut dijelaskan bahwa seseorang yang tidur di dalam kamar dengan nuansa yang lebih gelap akan memperoleh rasa tenang, puas, dan damai sehingga menghasilkan kualitas tidur yang lebih baik.

Sebagai tempat untuk beristirahat dan melepas lelah, sudah sewajarnya bila kamar tidur dipoles dengan warna cat dinding yang menenangkan, bukan? Terlebih lagi warna memiliki unsur psikologis yang berkaitan langsung dengan kondisi emosional seseorang sehingga pemilihan warna cat kamar tidur yang menenangkan harus mendapatkan perhatian ekstra.

Lantas, apa saja list warna cat kamar tidur yang menenangkan itu? Yuk, simak di artikel ini!

1. Coral Pink

Warna cat kamar tidur yang menenangkan coral pink memberi kesan elegan dan sejuk.
Warna cat kamar tidur yang menenangkan coral pink memberi kesan elegan dan sejuk.

Sumber: knbooksobsession.blogspot.com

Jika kamu menginginkan kamar yang memberi kesan elegan dan lebih sejuk, kamu bisa memilih warna coral pink. Tidak hanya membuat kamar tidurmu menjadi lebih menenangkan, pemilihan warna coral pink bisa menjadi warna dasar yang cukup fleksibel, lho! Supaya komposisi warna cat kamar tidurmu bisa lebih balance, pilihlah kombinasi warna seperti warna putih dan cokelat, ya.

Memadukan dua warna cat dinding pada kamar tidurmu ini bisa memberikan suasana yang berbeda dan menimbulkan kesan estetik. Tentunya akan membuatmu semakin betah untuk berlama-lama di dalam kamar.

2. Biru

Warna cat kamar tidur yang menenangkan biru dapat menstabilkan pikiran.
Warna cat kamar tidur yang menenangkan biru dapat menstabilkan pikiran.

Sumber: knbooksobsession.blogspot.com

Warna biru diyakini bisa menstabilkan pikiran dan membangun suasana tenang. Ini karena warna biru dianggap mewakili unsur langit dan air yang memberi efek menenangkan bagi pikiran seseorang.

Cobalah ganti warna cat kamar tidurmu dengan warna biru. Kamu bisa pilih warna biru muda dan turunannya, seperti sky blue, ice blue, dan air force blue. Hindari warna biru yang terlalu mencolok, seperti cobalt blue, moroccan blue, atau warna indigo yang terlalu gelap, ya.

3. Ungu

Warna cat kamar tidur yang menenangkan ungu dapat memancarkan aura positif.
Warna cat kamar tidur yang menenangkan ungu dapat memancarkan aura positif.

Sumber: designcorral.com

Apabila kamu pencinta warna ungu, kamu bisa hadirkan warna favoritmu ini ke dalam kamar tidur. Varian warna ungu yang cocok kamu pakai di dinding kamar tidurmu misalnya warna lavender yang tidak terlalu mencolok. Warna ini dianggap sebagai warna yang mampu memancarkan aura tenang dan positif.

Warna lavender sangat bagus untuk membuat rileks pikiran sekaligus baik untuk proses healing. Dari banyak spektrum warna lavender, pilihlah warna yang terang, ya.

4. Kuning

Warna kuning, selain merupakan warna cat kamar tidur yang menenangkan, juga dapat membuat ruangan terlihat lebih luas.
Warna kuning, selain merupakan warna cat kamar tidur yang menenangkan, juga dapat membuat ruangan terlihat lebih luas.

Sumber: intiland.com

Warna cat kamar tidur menenangkan selanjutnya adalah warna kuning yang mampu memantulkan cahaya matahari sehingga membuat ruangan terlihat lebih luas.

Warna kuning diyakini mendatangkan energi positif, ide baru, dan optimisme dalam hidup. Supaya lebih balance, kamu bisa memadukan warna kuning dengan berbagai perabot dan dekorasi interior berwarna putih dan cream.

Kamu bisa memilih warna kuning yang memberikan kesan segar, ceria, dan tidak mencolok, seperti warna lemon, kuning butter, dan kuning pineapple.

5. Abu-Abu

Warna cat kamar tidur menenangkan abu-abu memberi kesan klasik dan modern.
Warna cat kamar tidur menenangkan abu-abu memberi kesan klasik dan modern.

Sumber: pacificpaint.com

Apabila kamu memiliki kamar tidur yang sempit, kamu bisa mengaplikasikan warna abu-abu untuk dinding kamar tidurmu. Warna cat kamar tidur ini mampu memberikan kesan lembut dan menenangkan. Seperti warna kuning, warna abu-abu juga memantulkan cahaya di sekitar ruangan sehingga memberi kesan ruangan yang luas.

Padukan furnitur dengan warna senada yang akan membuat kamar tidurmu terkesan klasik dan modern. Sebagai pelengkap, tambahkan dekorasi berwarna cerah untuk mempertegas kesan luas di ruangan seperti bedcover atau karpet warna putih.

6. Cream

Warna kamar tidur yang menenangkan cream mudah untuk dipadukan dengan warna lain.
Warna kamar tidur yang menenangkan cream mudah untuk dipadukan dengan warna lain.

Sumber: dailysia.com

Warna cream bisa menjadi pilihan warna cat kamar tidur yang menenangkan sekaligus memberikan kesan luas pada ruangan. Jika kamu ingin memberikan kesan lebih estetik, tambahkan aneka dekorasi kamar, seperti tanaman hijau atau lukisan yang senada agar ruangan tidak monoton dan membosankan.

Padukanlah warna cream pada dinding kamar tidurmu dengan furnitur finishing kayu yang akan membuat ruangan kamar menjadi terasa hangat. Kombinasi yang tepat inilah yang akan membuatmu lebih betah berada di dalam kamar tidur.

7. Hijau

Warna cat kamar tidur yang menenangkan hijau membuat sejuk dan asri pada ruangan.
Warna cat kamar tidur yang menenangkan hijau membuat sejuk dan asri pada ruangan.

Sumber: kompas.com

Nuansa alam yang sejuk dan asri bisa kamu hadirkan dengan mengaplikasikan cat warna hijau pada dinding kamar tidurmu. Warna hijau dianggap baik untuk kesehatan mata, terutama bagi kamu yang bekerja di depan monitor komputer seharian.

Agar tak terlihat mencolok, kamu bisa memilih warna hijau sage

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami
atau olive dan kombinasikanlah warna cat kamar hijau tersebut dengan warna cream atau putih agar lebih serasi.

8. Putih

Warna cat kamar tidur yang menenangkan putih memberikan kesan hangat.
Warna cat kamar tidur yang menenangkan putih memberikan kesan hangat.

Sumber: desainrumahnya.com

Warna putih memang menggambarkan kesan polos dan sederhana. Warna ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada dinding kamar tidurmu untuk memberi kehangatan yang sempurna. Selain itu, warna putih juga dapat menciptakan ilusi ruangan tampak lebih luas. Pastikan kamu mengatur pencahayaan secara tepat, ya.

9. Warna Pastel

Warna cat kamar tidur yang menenangkan pastel membuat suasana ruangan lebih hidup.
Warna cat kamar tidur yang menenangkan pastel membuat suasana ruangan lebih hidup.

Sumber: hohonie.pl

Supaya dinding kamar tidurmu tidak terlalu mencolok, gunakanlah kombinasi aneka warna pastel seperti image di atas. Selain membuat kamar menenangkan, penggunaan warna cat pastel pada dinding kamar tidur membuat suasana ruangan menjadi lebih hidup, hangat, dan nyaman.

10. Cokelat

Warna cat kamar tidur yang menenangkan cokelat memberikan efek tefas dan dramatis pada ruangan.
Warna cat kamar tidur yang menenangkan cokelat memberikan efek tefas dan dramatis pada ruangan.

Sumber: mentessobredotadas.blogspot.com

Warna cokelat melambangkan ketenangan dan ketegasan, serta mampu memberikan efek dramatis pada ruangan, lho! Supaya tidak terlihat monoton, kamu bisa memberikan sentuhan cat warna orange atau putih pada salah satu sisi dinding kamar tidur.

Alternatif lainnya, kamu bisa mengombinasikan furnitur berwarna metalik, gold, atau hitam untuk memberikan kesan mewah pada kamar tidurmu.

Baca juga: Intip Cara Mengecat Tembok yang Benar di Sini!

Tips Simpel Membuat Kamar Lebih Nyaman dan Bikin Betah

Di luar fungsi utamanya sebagai tempat beristirahat, kamar tidur juga menjadi area untuk melakukan hobi hingga mengerjakan pekerjaan, bukan?

Tentunya kamu menginginkan kamar tidur yang nyaman setiap saat. Supaya kamu lebih betah berada di kamar, yuk, simak tips simple membuat kamar tidur lebih nyaman dan bikin betah!

1. Pilihlah Warna Cat Tembok yang Pas

Pilihlah warna cat yang pas seperti tone warna yang membuat nuansa ruangan menjadi relax. Jika kamu tak menginginkan ruangan yang terlalu terang, hindari warna putih karena dapat memantulkan banyak cahaya. Kamu bisa memilih warna cat dinding dengan tone yang hangat, seperti cream, light grey, atau biru pastel. Dengan begini, nuansa kamar tidurmu akan berubah menjadi calm dan membuatmu betah beristirahat di kamar.

2. Aturlah Pencahayaan Kamar Tidur

Pencahayaan sering kali dianggap sepele, padahal salah satu faktor yang akan memengaruhi kenyamanan dan ketenangan ruangan adalah pencahayaan ini, lho!

Kamu dapat membuat suasana kamar menjadi tenang, hangat, dan cerah dengan membuka tirai jendela kamarmu dan membiarkan cahaya matahari menyinari kamar saat siang hari.

Kamu juga bisa menggunakan lampu tidur atau lampu hias untuk meningkatkan nuansa hangat sekaligus aesthetic ketika malam hari.

3. Pilihlah Dekorasi Kamar yang Sesuai dengan Kepribadianmu

Setiap orang memiliki kepribadian yang unik, begitu juga kamu, bukan? Ekspresikanlah kepribadianmu dengan memilih dekorasi kamar tidur yang kamu sukai.

Pilihlah dekorasi dan furnitur yang sesuai dengan tema kamarmu, ya. Kamar tidur yang sesuai dengan kepribadianmu tentunya akan membuatmu nyaman dan betah di dalam kamar.

4. Hindari Meletakkan Barang Terlalu Banyak

Kamar tidur yang sehat akan berdampak pada kesehatan mentalmu. Terlalu banyak meletakkan barang yang tidak penting di dalam kamar tidur akan menambah beban pikiran dan meningkatkan stres. Tanpa kamu sadari, hal ini akan memengaruhi siklus tidurmu.

5. Buatlah Sudut Baca

Bagi kamu yang memiliki hobi membaca buku, buatlah sudut baca di dalam kamar tidurmu. Supaya semakin betah di kamar, tempatkanlah buku-buku favoritmu di sudut kamar yang nyaman untuk kamu membacanya. Kamu juga bisa letakkan bean bag atau karpet bulu agar kegiatan membacamu semakin nyaman.

Perlu diingat, pilihlah sudut baca yang dekat dengan pencahayaan, ya!

6. Letakkan Tanaman Hijau

Suasana kamar yang asri dan sejuk bisa kamu hadirkan dengan meletakkan tanaman hijau seperti kaktus atau lidah mertua. Pilihlah tanaman hijau yang mudah dirawat jika diletakkan di dalam ruangan, ya.

7. Lapisi Lantai dengan Karpet

Melapisi lantai kamar dengan karpet bisa mengubah atmosfer kamarmu menjadi lebih menarik dan tentunya membuat ruangan aesthetic. Pilihlah karpet dengan bahan lembut dan nyaman.

Coba, deh, kamu bayangin rebahan di karpet yang empuk dan halus sambil menonton film favorit. Wah, makin malas ke luar kamar pastinya!

8. Letakkan Aroma Terapi

Kamu bisa membuat kamarmu lebih harum dan relaxing dengan meletakkan aroma terapi seperti diffuser atau scented candle.

Nyalakanlah aroma terapi ini saat kamu ingin bersantai ataupun mengerjakan sesuatu di dalam kamar. Tentunya, aroma yang menenangkan itu akan membuatmu semakin rileks dan betah!

9. Singkirkan Tumpukan Baju Kotor

Kerapian kamar tentu saja memengaruhi kenyamananmu, bukan? Nuansa kamar yang nyaman bisa rusak begitu saja dengan adanya tumpukan pakaian yang berantakan, lho!

Hindari kebiasaan membiarkan pakaian kotor menumpuk di dalam kamar. Kamu bisa meletakkan keranjang baju kotor di luar kamarmu, kok! Tanpa adanya baju kotor yang menumpuk tadi akan membuatmu semakin betah di dalam kamar.

Kesimpulan

Demikianlah sejumlah list warna cat kamar tidur yang menenangkan, yang bisa membantumu untuk mendapatkan tidur berkualitas. Segera ubah interior kamar tidurmu dengan list warna cat kamar tidur menenangkan di atas, ya. Kira-kira, dari warna cat kamar tidur di atas, manakah warna yang akan kamu pilih?

Kamu ingin mengecat dinding kamarmu tapi tidak memiliki waktu untuk melakukannya? Tenang! Kini, ada Kanggo #TukangReadyToGo yang siap menghubungkan kebutuhanmu dengan para tukang terlatih dan profesional dengan berbagai keahlian. Dengan adanya aplikasi Kanggo, sekarang cari tukang yang terlatih dan profesional menjadi mudah, tinggal klik, besok tukang akan datang.

Kanggo mempunyai banyak layanan perbaikan bangunan yang bisa kamu pilih, seperti perbaikan keramik yang bolong di kamar mandi, perbaikan talang air menjelang musim hujan, pengecatan kamar atau ruangan, hingga renovasi dapur, dan banyak lainnya

Yuk, segera download aplikasi Kanggo di App Store atau Google Play Store, ya!

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami