BerandaBlog
7 Ide Model Teras Rumah Panjang yang Cocok untuk Kamu

7 Ide Model Teras Rumah Panjang yang Cocok untuk Kamu

Bagikan
7 Ide Model Teras Rumah Panjang yang Cocok untuk Kamu
Okt 5, 2022

Mungkin beberapa di antara kalian masih ada yang kesulitan dalam menentukan model teras rumah panjang seperti apa yang cocok untuk hunian. Area teras yang memiliki fungsi sebagai area singgah sebelum memasuki rumah atau bahkan menjadi tempat untuk menerima tamu di rumah bisa dibuat nyaman sama seperti ketika berada di dalam rumah.

Agar kamu memiliki gambaran dalam membuat teras rumah yang nyaman sesuai gaya rumah kamu, coba cari tahu beberapa inspirasi model teras rumah panjang itu dalam artikel ini!

Model Teras Rumah Panjang ke Belakang

Lahan sempit bukan masalah untuk memiliki teras rumah panjang yang cantik.
Lahan sempit bukan masalah untuk memiliki teras rumah panjang yang cantik.

Konsep teras rumah pertama yang bisa kamu sontek adalah model teras rumah memanjang ke belakang seperti berikut ini. Memiliki teras rumah tidak selalu harus dengan lahan yang luas. Kamu tetap bisa memanfaatkan berapa pun besarnya untuk dijadikan teras rumah yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Apabila kamu membutuhkan area terbuka yang lebih privat, maka teras rumah yang memanjang ke belakang adalah pilihan yang tepat. Sebab, untuk bisa mengakses teras rumah ini, kamu perlu masuk ke dalam rumah terlebih dahulu agar dapat mencapai area ini.

Akses lain yang mungkin bisa kamu lewati adalah melalui samping rumah. Beberapa jenis hunian membuat akses untuk menuju area belakang melalui area samping rumah. Area ini juga bisa kamu manfaatkan sebagai teras rumah yang berbeda dari teras rumah pada umumnya.

Teras rumah seperti ini dapat menjaga rumah agar tidak mudah diakses oleh orang lain, tapi kamu tetap bisa menjamu orang yang datang ke rumah melalui area teras ini.

Model Teras Rumah Panjang ke Depan

Manfaatkan vertical garden untuk memberi sentuhan natural pada teras.
Manfaatkan vertical garden untuk memberi sentuhan natural pada teras.

Sumber: orami.co.id

Apabila kamu memiliki area teras yang luas sebelum masuk ke dalam rumah, coba manfaatkan area tersebut dengan model teras rumah memanjang ke depan yang menarik. Kamu bisa menempatkan set kursi yang cocok dengan konsep hunian kamu.

Untuk menambah kesan natural yang menyegarkan, manfaatkan vertical garden sebagai area hijau yang akan menambah keindahan pada hunian kamu. Apalagi jika space yang kamu punya terbatas, tapi tetap ingin memiliki area hijau di sekitar rumah.

Model teras terbuka seperti ini memang cukup menyulitkan ketika musim hujan tiba. Namun, kamu bisa meminimalisirnya dengan memasang kanopi pada set kursi yang sudah dipasang.

Baca juga: 9 Desain Teras Rumah Cantik Anti Mainstream!

Model Teras Rumah Panjang ke Samping

Teras terlihat nyaman dan segar dengan pilihan dekorasi yang alami.
Teras terlihat nyaman dan segar dengan pilihan dekorasi yang alami.

Untuk dapat membuat model teras rumah panjang ke samping yang nyaman, coba manfaatkan space yang ada dengan dekorasi seperti kursi atau meja yang sesuai dengan kebutuhan kamu di rumah.

Biasanya, selain digunakan sebagai area tunggu sebelum seseorang masuk ke dalam rumah, teras juga dapat berfungsi sebagai ruang untuk menerima tamu, sehingga mengubah area teras menjadi tempat yang nyaman akan membuat teras berfungsi secara optimal.

Konsep teras yang natural semakin diperkuat dengan pemilihan material kayu yang digunakan untuk membuat teras. Di sisi lain, area halaman yang hijau dilengkapi dengan pepohonan hijau yang tumbuh di sekitar rumah memperindah pemandangan yang dapat kamu saksikan langsung dari teras rumah.

Selain menyegarkan, hal ini juga tentu dapat menambah kedamaian bagi orang-orang yang akan mengakses area ini. Menarik, kan!

Model Teras Rumah Panjang Minimalis

Buat teras unik dan cantik dengan motif keramik yang menarik.
Buat teras unik dan cantik dengan motif keramik yang menarik.
Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Sumber: dekoruma.com

Selanjutnya, ada model teras rumah panjang minimalis terbuka yang memiliki motif dan warna keramik yang kalem. Pemilihan warna ini sangat tepat untuk membuat kesan teras yang nyaman dan damai. Ditambah lagi dengan dekorasi-dekorasi cantik yang senada dengan konsep pada hunian.

Kamu bisa memanfaatkan area teras ini sebagai tempat bercengkerama dengan para tamu atau keluarga di rumah. Selain itu, kamu juga bisa menyulapnya menjadi area untuk makan bersama di luar rumah, jika kamu bosan dengan suasana dalam rumah.

Kombinasi warna keramik yang kalem dengan dinding yang natural menjadikan area teras ini cocok untuk kamu yang menyukai hunian dengan konsep alami yang minimalis.

Baca juga: 7 Model Dak Teras Rumah Minimalis, Bikin Tampilan Jadi Modern

Model Teras Rumah Panjang 8 Meter

Konsep teras alami menambah kenyamanan teras rumah kamu.
Konsep teras alami menambah kenyamanan teras rumah kamu.

Sumber: icreate.id

Teras dengan konsep vintage seperti pada gambar sangat cocok untuk kamu yang senang dengan hunian dengan model-model klasik yang sederhana. Ada banyak elemen natural yang digunakan pada teras ini.

Penempatan meja dan kursi yang tersebar dan dekorasi cantik yang melengkapi area teras ini. Hal ini tentu membuat model teras rumah panjang 8 meter ini makin nyaman untuk digunakan sebagai tempat berkumpul bersama anggota keluarga ataupun tamu yang datang berkunjung.

Konsep teras seperti ini akan lebih mudah kamu temukan di daerah pedesaan yang masih memiliki lahan yang luas dan hijau. Oleh sebab itu, kesan hangat dari perpaduan ornamen, warna, dan lingkungan yang ditampilkan di sekitar teras ini juga menambah area teras terasa lebih natural.

Model Teras Rumah Panjang Semi Terbuka

Memanfaatkan teras rumah untuk melepas lelah dan berkumpul bersama keluarga.
Memanfaatkan teras rumah untuk melepas lelah dan berkumpul bersama keluarga.

Inspirasi model teras rumah panjang selanjutnya adalah membuat teras rumah dengan kolam. Salah satu keuntungan memiliki teras yang panjang adalah kamu bisa membuatnya menjadi berbagai model teras yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan keluarga.

Model teras seperti ini lebih cocok diterapkan pada bagian belakang rumah agar anggota keluarga yang akan beraktivitas di sini merasa lebih nyaman. Gunakan kayu sebagai material utama pembuatan pergola pada teras untuk menambah kesan hangat pada rumah.

Material kaca yang digunakan sebagai pembatas antara ruangan yang ada di dalam rumah dengan area teras semakin membuat hunian lebih menarik lagi. Sebab, kamu bisa dengan mudah untuk saling mengakses kedua bagian rumah ini tanpa terhalang tembok rumah. Hal tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri bagi hunian kamu, bukan?

Model Teras Rumah Panjang Atap Tertutup

Teras rumah dengan atap kaca menambah daya tarik pada teras rumah kamu.
Teras rumah dengan atap kaca menambah daya tarik pada teras rumah kamu.

Sumber: 99.co

Model teras rumah panjang yang terakhir adalah model teras rumah panjang dengan atap tertutup. Pada bagian atap teras bisa kamu tutup dengan berbagai material pembangun atap rumah, seperti kayu, galvalum, tanah liat, ataupun kaca.

Penggunaan atap seperti ini membuat teras rumah terlindungi dari cahaya matahari maupun hujan, sehingga kamu dan keluarga tetap bisa menikmati waktu bersama di tempat ini tanpa khawatir dengan kondisi cuaca yang ada.

Area teras juga dibuat nyaman dengan kursi santai yang ditempatkan di area teras ini. Dekorasi tambahan berupa tanaman hias juga semakin menambah kesegaran dan keindahan pada teras rumah kamu.

Baca juga: 7 Warna Cat Teras Rumah yang Bagus, Bikin Rumah Makin Oke

Agar pekerjaan membuat teras rumah ini tidak sulit, coba kamu gunakan tukang Kanggo yang memiliki beragam layanan seperti layanan pekerjaan atap & dak, pekerjaan pintu & jendela, pekerjaan dinding, pekerjaan plafon, dan lain sebagainya.

Kanggo akan menghubungkan kamu dengan para tukang terlatih dan profesional di bidang mereka masing-masing. Kamu hanya perlu memanggil mereka melalui aplikasi yang bisa kamu unduh via Google Play Store maupun App Store. #TukangReadyToGo

Jika kamu masih kesulitan untuk menggunakan aplikasi tersebut, Kanggo juga menyediakan layanan informasi yang bisa kamu akses melalui WhatsApp di sini!

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami