BerandaBlog
7 Model Pintu Rumah Berbagai Material, Jangan Salah Pasang!

7 Model Pintu Rumah Berbagai Material, Jangan Salah Pasang!

Bagikan
7 Model Pintu Rumah Berbagai Material, Jangan Salah Pasang!
Okt 6, 2022

Beberapa tahun belakangan ini, tren arsitektur dan interior cenderung mengarah ke gaya minimalis. Namun, sebenarnya apa yang dimaksud dengan gaya minimalis?

Ketika membicarakan gaya minimalis, kebanyakan orang langsung berpikiran mengenai desain rumah, model perabotan, kombinasi warna cat rumah, atau bahkan gaya hidup. Padahal, terdapat satu hal yang seringkali terlupakan, terutama menyangkut elemen desain dan arsitektur suatu hunian yakni model pintu rumah.

Memang model pintu rumah menjadi salah satu elemen desain dan arsitektur rumah yang tidak kalah penting untuk kamu pikirkan, lho! Meski fungsi utamanya untuk menjaga rumah agar tetap aman dan sebagai penghubung antarruangan, pintu juga memiliki model serta bentuk tersendiri. Kamu juga bisa memilih model pintu ini sesuai dengan konsep hunian yang kamu usung.

Selain fungsi utama di atas, pada kenyataannya pemilihan pintu tidak boleh sembarangan karena model pintu rumah yang sesuai dengan konsep hunian akan menambah estetika rumah milikmu. Model pintu rumah juga bisa berasal dari berbagai jenis material. Jenis material ini tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Yuk, simak beberapa model pintu rumah dari berbagai material yang bisa kamu pilih!

Model Pintu dari Kaca

Model pintu rumah dari kaca terkesan elegan, modern, dan clean.
Model pintu rumah dari kaca terkesan elegan, modern, dan clean.

Sumber: www.static.coteverre.fr

Model pintu rumah cantik yang pertama terbuat dari material kaca. Model pintu ini sering digunakan sebagai pembatas antara ruang tengah dan bagian outdoor. Material kaca yang mudah ditembus cahaya ini, membuat pintu kaca cocok digunakan pada ruangan yang membutuhkan cahaya alami atau sinar matahari.

Penggunaan pintu rumah yang terbuat dari kaca memberikan kesan elegan, modern, dan clean. Namun, pintu kaca yang tembus pandang tentu memiliki tingkat privasi yang rendah, sehingga kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan jenis kaca sandblast (kaca buram).

Salah satu pilihan material pintu yang paling populer karena banyak memiliki keunggulan, terutama ketahanan 5 kali lipat daripada pintu kaca biasa yaitu pintu dari material kaca tempered. Apabila jenis material kaca ini pecah, butiran pecahannya akan berwujud butiran bola yang dapat meminimalisasi bahaya bagi seluruh anggota rumah. Model pintu rumah yang terbuat dari kaca memiliki kelebihan dan kekurangan, antara lain:

Kelebihan

  • Menciptakan kesan clean, lapang, dan terang pada suatu hunian.
  • Pintu mudah dibersihkan.
  • Kaca tempered memiliki berbagai macam jenis dimensi dan bentuk untuk dibuat berbagai model pintu rumah.
  • Material kaca tempered tidak mudah pecah dan memiliki daya tahan yang tinggi.

Kekurangan

  • Sinar matahari mampu masuk hingga 90%, sehingga menyebabkan ruangan menjadi panas. Apabila rumahmu menggunakan AC, tentu penggunaan listrik akan menjadi sangat boros.
  • Material kaca (bukan jenis tempered) mudah pecah, dan bila retak tidak bisa diperbaiki.
  • Penggunaan kaca pada pintu akan menambah pemanasan bumi, hal ini akibat dari pantulan sinar matahari ke pintu kaca.
  • Apabila pintu kaca sering terkena hujan, pintu akan sangat mudah mengalami oksidasi (buram berkerak), sehingga pintu perlu dibersihkan secara berkala.

Model Pintu dari Kayu

Tak jarang orang memilih kayu jati sebagai material pintu untuk hunian mereka.
Tak jarang orang memilih kayu jati sebagai material pintu untuk hunian mereka.

Sumber: www.stevewilliamskitchens.co.uk

Kayu adalah material yang paling umum digunakan untuk dibuat model pintu rumah. Model pintu minimalis dari kayu cocok untuk segala jenis bangunan atau hunian. Penggunaan material kayu juga tidak hanya pada bagian kusen, tapi juga daun pintunya. Dengan finishing yang baik, pintu kayu bisa terlihat natural.

Ada beberapa material kayu yang biasanya digunakan untuk membuat pintu, yaitu kayu solid dan kayu olahan. Kayu solid adalah hasil kayu alam yang langsung dipotong berdasarkan pemesanan, kemudian dibentuk menjadi aneka model pintu.

Kayu olahan adalah bahan dasar kayu solid yang melalui proses peleburan serbuk maupun proses penyusunan belahan-belahan kayu, kemudian dijadikan bahan jadi dengan ukuran tertentu, hasilnya nanti dikenal dengan nama tripleks, teakwood, blockboard atau papan Medium Density Fiberboard (MDF).

Selain dua jenis material kayu tadi, terdapat jenis kayu jati yang paling banyak diminati untuk dijadikan pintu rumah meskipun harganya cukup mahal. Kayu jati memiliki kualitas yang cukup tinggi, awet, dan tahan lama. Pintu dari material kayu juga memiliki kelebihan dan kekurangan, lho! Berikut ini kelebihan dan kekurangannya, yakni:

Kelebihan

  • Cocok digunakan untuk segala konsep rumah.
  • Mudah dibentuk menjadi pintu ukir.
  • Kayu solid tahan terhadap cuaca, tidak mudah tergores.
  • Penggunaan pintu dari material kayu mampu menciptakan kesan natural pada hunian.
  • Material kayu adalah bahan yang solid, bila ada kerusakan akan sangat mudah diperbaiki.

Kekurangan

  • Kayu solid cukup berat sehingga memerlukan kusen yang kokoh dan engsel yang kuat.
  • Kayu solid sulit didapat dengan kualitas baik, terkadang masa usia tebang kayu belum cukup umur.
  • Rentan terhadap proses pelapukan.
  • Untuk jenis kayu jati, harganya terhitung mahal.
  • Membutuhkan perawatan yang rutin, termasuk pengecatan dan pewarnaan secara berkala.

Baca juga: 7 Arsitektur atau Fasad Rumah Kekinian yang Lagi Trending

Model Pintu dari Baja

Salah satu keunggulan model pintu dari baja yaitu tahan api dan awet.
Salah satu keunggulan model pintu dari baja yaitu tahan api dan awet.

Sumber: www.estliving.com

Pintu baja (steel door) terbuat dari bahan plat baja yang dikenal tahan cuaca dan panas serta anti rayap. Baja merupakan material yang terbuat dari campuran besi dan karbon, sehingga mempunyai tingkat kekuatan dan kekokohan yang sangat tinggi. Walaupun banyak orang menganggap harga material ini mahal, pintu dari baja sangat diminati orang yang ingin membuat huniannya berkonsep industrial.

Pintu baja memiliki banyak fitur modern yang tidak dimiliki pintu biasa, lho! Kerangkanya bisa dipasang peredam suara berupa karton yang di-press untuk menahan pintu agar tidak mudah penyok. Selain itu, pada kusen juga bisa dipasang karet agar tidak menimbulkan bunyi saat pintu ditutup.

Penggunaan pintu dari material baja akan membuat hunian milikmu tampil beda. Kamu bisa memilih desain pintu baja sesuai dengan konsep hunian, misalnya single door dengan motif, double door dengan motif atau polos, garage door, hingaga stainless steel door atau emergency door. Pintu dari material baja juga memiliki kelebihan dan kekurangan, antara lain:

Kelebihan

  • Lebih mudah dibersihkan daripada pintu kayu.
  • Modelnya sangat bervariasi sehingga bisa meningkatkan tampilan hunian milikmu.
  • Tahan api, cuaca, dan rayap.
  • Tingkat keamanan tinggi.
  • Memiliki finishing yang bagus, karena ada beberapa model pintu baja yang menggunakan tekstur urat kayu alami, sehingga mirip pintu kayu.
  • Fitur modern sehingga membuat hunian tampil beda.
  • Model pintu rumah minimalis terbaru ini juga sangat populer digunakan pada berbagai konsep hunian terutama hunian berkonsep industrial dan harganya juga terjangkau.

Kekurangan

  • Meskipun pintu baja dapat diperindah dengan warna, catnya harus menggunakan cat khusus baja.
  • Mudah berkarat jika terlalu sering diterpa hujan.
  • Pintu baja rentan terhadap penyok dan goresan serta sangat sulit untuk diperbaiki bila mengalami kerusakan.

Model Pintu dari Fiberglass

Perawatan pintu rumah dari bahan fiberglass sangat mudah.
Perawatan pintu rumah dari bahan fiberglass sangat mudah.

Sumber: www.houzz.com

Dilihat dari sisi kebutuhan, bahan dasar pintu fiberglass dimunculkan untuk solusi dari bencana, misalnya bencana banjir.

Model pintu rumah minimalis elegan satu ini tampilannya tidak kalah dengan model pintu yang terbuat dari kayu, lho!

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami
Untuk menambah nilai estetika hunian milikmu, kamu bisa memadukan model pintu kayu dari bahan fiberglass dengan panel kayu. Kelebihan dan kekurangan model pintu dari fiberglass, yakni:

Kelebihan

  • Lebih praktis.
  • Fiberglass memiliki elemen dan perawatan yang lebih mudah.
  • Pintu jenis ini pun sangat mudah untuk dicat atau diwarnai ulang sehingga dapat mengubah tampilan hunian sesuai dengan kebutuhan.
  • Ringan, kuat, dan aman untuk digunakan.
  • Pintu dari fiberglass dapat menjaga keseimbangan suhu karena memiliki sifat hemat energi.

Kekurangan

  • Bahannya yang sintetis membuat pintu dari fiberglass rentan terhadap keretakan.
  • Tidak tahan terhadap cuaca ekstrim.

Baca Juga: 13+ Pagar Rumah Sederhana Tapi Cantik dan Bikin Iri Tetangga

Model Pintu Flush

Caption: Pintu flush cukup ringan karena memiliki bagian kosong di tengahnya.
Caption: Pintu flush cukup ringan karena memiliki bagian kosong di tengahnya.

Sumber: www.centuryply.com

Pintu flush terdiri dari kerangka kayu/MDF/particle board yang ditutup dengan tripleks dengan tebal 3 mm, kemudian diberi lapisan seperti veneer/HPL/cat duco. Pintu ini bobotnya cukup ringan karena memiliki bagian kosong di tengahnya. Terkadang di bagian tengah pintu diisi dengan kertas honeycomb atau gabus juga.

Pintu flush yang memiliki model dan desain polos biasanya dipasang untuk interior ruangan dengan sedikit penyesuaian finishing. Pintu jenis ini lebih menitikberatkan fungsi daripada gaya sehingga pintu ini cocok untuk desain ruangan yang menonjolkan unsur lain di dalam ruangan pada suatu hunian. Kelebihan dan kekurangan pintu flush, yakni:

Kelebihan

  • Banyak pilihan finishing, mulai dari veneer, cat duco, melamin, HDF, HPL, dan lain sebagainya.
  • Cocok digunakan untuk pintu interior rumah.
  • Tersedia dalam banyak varian warna dan motif.
  • Memiliki kesan modern dan minimalis.

Kekurangan

  • Tidak mampu meredam suara dengan baik.
  • Kurang tahan lama.
  • Kurang kokoh sehingga terkesan kurang elegan.
  • Tidak bisa dicat ulang seperti pintu dari kayu.

Model Pintu dari Aluminium

Model pintu dari aluminium cocok digunakan pada hunian minimalis.
Model pintu dari aluminium cocok digunakan pada hunian minimalis.

Sumber: www.rwhome.web.id

Model pintu satu ini dikenal ringan dan harganya ekonomis. Pintu aluminium sangat cocok digunakan pada bangunan kantor dan hunian minimalis. Kekuatannya terhadap air juga membuatnya cocok dipasang di area basah seperti kamar mandi. Jika ingin menggunakan model pintu dari material ini, pastikan memilih aluminium yang memiliki kualitas bermutu tinggi, ya! Kelebihan dan kekurangan pintu dari material aluminium adalah sebagai berikut.

Kelebihan

  • Ringan dan anti terhadap tegangan mekanik.
  • Tidak mudah rapuh.
  • Ramah lingkungan.
  • Tanpa menggunakan pewarnaan khusus, pintu ini memiliki warna modern seperti chrome.
  • Pemasangannya mudah.

Kekurangan

  • Mudah terkena proses oksidasi alam karena asam dari air hujan.
  • Mudah rusak atau penyok jika terkena benturan benda keras.

Baca Juga: 8 Inspirasi Model Rumah Sederhana Tapi Indah dan Minimalis

Model Pintu Plipit

Pintu plipit merupakan pintu berangka kayu yang disusun vertikal.
Pintu plipit merupakan pintu berangka kayu yang disusun vertikal.

Sumber: www.alibaba.com

Model pintu rumah minimalis terbaru seperti pintu plipit (barn door) kini mulai banyak digunakan di Indonesia. Barn door sering digunakan di Eropa pada hunian berkonsep farmhouse. Model pintu rumah 2 pintu ini merupakan pintu berangka kayu yang disusun vertikal.

Pintu plipit terdiri dari rangka horizontal pada bagian atas, tengah dan bawah. Sedangkan rangka vertikal sisi engsel berfungsi sebagai rangka penggantung dan rangka vertikal sisi seberangnya berfungsi sebagai rangka penutup.

Penggunaan model pintu minimalis mewah ini bisa menghadirkan daya tarik yang tidak ditawarkan jenis pintu lain, lho! Tentunya model pintu plipit mempunyai kelebihan dan kekurangan, antara lain:

Kelebihan

  • Cocok untuk hunian gaya klasik dan tradisional.
  • Harga material terbilang terjangkau.
  • Struktur pintu terbuka dan terlihat, sehingga cocok untuk penghubung ruang tamu dan ruang keluarga.

Kekurangan

  • Rentan terhadap proses pelapukan.
  • Jika diletakkan di kamar mandi, butuh lapisan seng agar pintu tahan terhadap air.

Itulah beberapa model pintu rumah dari berbagai material beserta kelebihan dan kekurangan masing-masing material.

Terlepas dari pilihan gaya desain seperti apa yang akan kamu gunakan untuk hunian milikmu, model pintu bisa memiliki pilihan gaya dan konsep desainnya tersendiri.

So, model pintu rumah seperti apa yang ingin kamu gunakan?

Apa pun variasi model pintu rumah yang kamu inginkan pasti selalu ada cara untuk mewujudkannya. Jika kamu ragu untuk memasang pintu rumah sendiri, serahkan tugas tersebut pada orang yang lebih berpengalaman.

Dengan menggunakan aplikasi Kanggo, kamu bisa menemukan tukang profesional dan terlatih yang dapat membantu segala kebutuhan perbaikan rumah. Termasuk untuk memasang model pintu rumah dari berbagai material.

Adanya aplikasi Kanggo, untuk mencari dan mendapatkan tukang menjadi mudah, tinggal klik, tukang besok pasti datang. Kanggo berkomitmen akan membantu segala kebutuhan pemasangan atau renovasi hunian milikmu.

Kalau kamu masih memerlukan aneka tips dan inspirasi seputar hunianmu, kamu bisa membacanya di sini.

Jadi tunggu apa lagi? Download Kanggo sekarang melalui Play Store dan App Store. Kanggo, #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami