BerandaBlog
13+ Pagar Rumah Sederhana Tapi Cantik dan Bikin Iri Tetangga

13+ Pagar Rumah Sederhana Tapi Cantik dan Bikin Iri Tetangga

Bagikan
13+ Pagar Rumah Sederhana Tapi Cantik dan Bikin Iri Tetangga
Jul 2, 2022

Di era modern seperti saat ini pagar rumah tidak hanya berfungsi sebagai pelindung, tetapi juga bisa membuat tampilan rumah menjadi lebih cantik, indah, dan terkesan mewah.

Bukan hanya sekadar eksterior atau desain interior rumah saja yang bisa membuat tetangga iri, pagar rumah sederhana tapi cantik pun bisa membuat tetanggamu terpukau. Oleh karena itu, tak heran jika pada akhirnya memilih pagar rumah cukup memakan waktu dan perlu banyak pertimbangan. Tidak hanya dari desain dan material saja, kecocokannya dengan desain rumah pun menjadi pertimbangan utama dalam memilih pagar rumah.

Untuk kamu yang memiliki rumah modern minimalis, desain pagar sederhana tapi cantik berikut ini bisa dijadikan pilihan, lho! Yuk, simak lebih lengkapnya di bawah ini!

1. Pagar Rumah Kombinasi Batu dan Logam

Pagar rumah dengan kombinasi batu dan logam terkesan trendy dan elegan.
Pagar rumah dengan kombinasi batu dan logam terkesan trendy dan elegan.

Memadukan material batu dan besi bisa menjadi alternatif desain pagar rumah minimalismu agar terlihat cantik. Kamu bisa memadukan warna logam besi untuk pagar ini dengan warna hitam atau warna netral sehingga memiliki transisi warna yang tidak terlalu berbeda dengan warna batu.

2. Pagar Rumah Warna Putih

Pagar rumah warna putih terlihat natural.
Pagar rumah warna putih terlihat natural.

Salah satu konsep rumah minimalis yang ideal adalah penggunaan warna-warna natural yang senada dengan keseluruhan model hunian sehingga tidak menimbulkan ketidakseimbangan antara warna pagar dan model rumah. Tidak hanya dalam desain interior rumah saja, konsep minimalis secara keseluruhan bisa kamu terapkan hingga ke bagian pagar rumah, lho!

Jika warna cat rumah minimalismu berwarna putih, pilihlah pagar rumah minimalis berwarna senada. Tidak hanya akan terlihat sederhana, warna pagar rumah minimalis yang senada dengan cat rumah justru memberikan kesan mewah.

3. Pagar Rumah Kayu Horizontal

Pagar rumah horizontal mudah dirawat.
Pagar rumah horizontal mudah dirawat.

Simpel adalah kesan yang pertama kali tampak ketika kamu melihat desain pagar rumah satu ini. Perpaduan material kayu yang dicat dengan warna abu-abu tua serta perpaduan beton warna cream akan melahirkan kesan yang khas. Pagar yang satu ini juga mudah dirawat dan kuat. Sebenarnya tak hanya pagar dengan desain horizontal saja, bentuk kayunya pun bisa didesain vertikal.

4. Pagar Rumah Warna Hitam Kontras

Warna kontras pada pagar rumah minimalis yang cocok adalah warna hitam.
Warna kontras pada pagar rumah minimalis yang cocok adalah warna hitam.

Konsep rumah dengan warna yang senada memang bagus, tapi pagar rumah minimalis yang mengusung warna kontras juga tak kalah keren, lho! Umumnya, cat rumah minimalis didominasi oleh warna putih atau abu-abu. Namun kamu bisa menggunakan warna kontras seperti warna hitam untuk pagar rumah sederhana tapi elegan. Warna hitam ini akan memberikan efek kontras yang membuat tampilan rumah lebih terlihat jelas.

5. Pagar Rumah Kayu dengan Hole

Fungsi hole pada pagar kayu ini sebagai sirkulasi udara.
Fungsi hole pada pagar kayu ini sebagai sirkulasi udara.

Pagar rumah sederhana tapi cantik ini berdesain cukup unik. Bermaterial kayu dan dikombinasikan dengan dinding batu. Apabila hunian milikmu memiliki lahan sempit, kamu bisa memadukannya dengan kanopi yang dipasang di depan rumah.

6. Pagar Rumah Desain Jaring

Pagar rumah sederhana jaring berdesain  kontemporer.
Pagar rumah sederhana jaring berdesain  kontemporer.

Pagar rumah dengan desain jaring menjadi pilihan banyak orang lantaran memiliki desain yang kontemporer. Pemilihan desain pagar rumah yang sedemikian rupa akan sangat cocok untuk memaksimalkan keamanan tanpa harus mengganggu akses pandang.

7. Pagar Rumah Beton

Pagar rumah beton memberi kesan kokoh.
Pagar rumah beton memberi kesan kokoh.

Desain pagar rumah yang satu ini memang terlihat kokoh dan monoton. Supaya tidak terkesan monoton, pagar dibuat tinggi ke atas dan ditambahi garis simetris atau asimetris. Kamu pun bisa mengombinasikannya dengan pintu kecil bermaterial besi dan kayu berwarna netral. Sesuaikan warna pintu ini dengan cat pagar hunianmu.

Garis simetris atau asimetris yang khas pada desain pagar rumah ini akan menghilangkan kesan kuno. Untuk mempercantik pagar beton padat ini, kamu bisa memberi lampu dengan desain unik. Selain itu, lampu ini dapat juga dimanfaatkan sebagai sumber cahaya ketika malam hari tiba.

8. Pagar Rumah Kaca Buram

Pagar rumah kaca buram memiliki kesan modern.
Pagar rumah kaca buram memiliki kesan modern.

Pagar yang satu ini memang sangat menjaga privasi dari pemilik rumahnya. Namun, bukan berarti hunianmu akan nampak suram dari luar, lho! Panel kaca khusus dipadukan dengan marmer membuat pagar terlihat elegan dan minimalis, malah jauh dari kesan suram kan? Kini, sudah tersedia banyak jenis kaca buram yang memiliki corak khusus, sehingga desain pagar rumahmu tidak terkesan kuno dan monoton.

9.
Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami
Pagar Rumah Laser Cut

Pagar rumah sederhana tapi cantik laser cut memberikan nilai estetika pada bagian depan rumah.
Pagar rumah sederhana tapi cantik laser cut memberikan nilai estetika pada bagian depan rumah.

Inspirasi pagar rumah selanjutnya yang memberikan kesan elegan dan memukau pada hunianmu yaitu pagar rumah dengan motif unik hasil laser cut. Apabila kalian menginginkan desain pagar rumah sederhana tapi mewah sekaligus anti mainstream, kamu bisa memilih desain pagar yang satu ini.

Pagar rumah laser cut akan memberikan nilai estetika pada bagian depan rumah lantaran motifnya yang unik. Dijamin kamu akan menyukai inspirasi pagar satu ini khususnya bagi yang memiliki jiwa seni yang tinggi. Iya, kan?

10. Pagar Rumah Batu Alam

Pagar rumah dengan material batu alam tangguh dan terjamin keamanannya.
Pagar rumah dengan material batu alam tangguh dan terjamin keamanannya.

Memanfaatkan material batu alam bisa juga menjadi salah satu pilihan untuk membangun pagar rumah sederhana tapi cantik. Agar tidak terkesan monoton, kamu bisa mengombinasikannya dengan besi yang memiliki bentuk unik. Selain tangguh dan terjamin keamanannya, pagar dengan material batu alam juga menjadi daya tarik tersendiri karena lebih menyatu dengan alam.

11. Pagar Rumah Rangka Logam Besi

Desain pagar rumah sederhana tapi cantik dengan rangka logam besi akan memberi kesan klasik dan minimalis.
Desain pagar rumah sederhana tapi cantik dengan rangka logam besi akan memberi kesan klasik dan minimalis.

Pada umumnya, penggunaan material kayu sebagai bahan dasar pembuatan pagar rumah akan lebih mudah lapuk dibandingkan dengan logam besi. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi kerusakan pagar rumah yang lebih cepat lapuk, kamu bisa memilih pagar rumah dengan material rangka logam besi. Selain awet, tentu pagar rumah dengan logam ini juga masih memberikan kesan klasik dan minimalis bagi hunianmu.

12. Pagar Rumah Logam Besi dan Bata

Kombinasi desain pagar rumah dari besi dan bata membuat hunian terkesan lebih hangat.
Kombinasi desain pagar rumah dari besi dan bata membuat hunian terkesan lebih hangat.

Perpaduan material logam dan bata membuat hunianmu terasa hangat karena penggunaan bata pada pagar kayu mengesankan rumah di pedesaan. Kamu bisa memadukan warna logam dengan warna netral seperti warna cokelat agar tidak terlalu kontras dengan warna bata.

13. Pagar Rumah Lipat

Pagar rumah lipat untuk mempermanis hunian.
Pagar rumah lipat untuk mempermanis hunian.

Pagar model lipat pada pagar rumah minimalis membuatmu lebih praktis untuk membuka dan menutup pintu pagar. Kesan modern pada pagar rumah model ini sangat cocok dengan konsep rumah minimalismu.

Tips Memilih Pagar Rumah Sederhana Tapi Cantik

Kegunaan pagar selain untuk melindungi rumah dari bahaya yang berasal dari luar, melindungi privasi penghuni rumah, juga sebagai elemen penghias eksterior rumah. Ada beragam jenis pagar yang dapat kamu pilih. Pemilihan pagar rumah ini sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan serta tema hunianmu, ya.

Untuk rumah berkonsep minimalis, pagar rumah yang digunakan sebaiknya juga minimalis dan modern. Hal ini perlu dilakukan untuk menciptakan keserasian antara eksterior rumah dan pagar. Nah, berikut beberapa tips yang dapat kamu coba untuk memilih pagar rumah agar terlihat cantik, elegan, dan awet.

1. Gunakanlah Material yang Tepat

Ada beberapa jenis material yang bisa kamu gunakan sebagai pagar, antara lain batu alam, kayu, kawat, besi tempa, bambu, bata, atau tanaman. Masing-masing material mempunyai karakteristik yang berbeda-beda.

Misalnya pagar dari besi tempa, memiliki pilihan model yang variatif dan daya tahan yang kuat. Untuk melindungi privasi, kamu bisa memilih pagar dengan material batu bata karena menutupi area rumah dari pandangan luar pagar.

Khusus untuk desain rumah minimalis, kamu dapat memilih pagar rumah yang efisien, seperti cutting laser atau besi tempa. Apabila kamu menggunakan tanaman sebagai pagar rumahmu, pilihlah jenis tanaman yang tidak terlalu rimbun, ya.

2. Perpaduan Warna yang Tepat

Warna yang cocok digunakan untuk desain rumah minimalis adalah warna-warna pastel dan netral. Kamu pun dapat mengaplikasikan konsep ini ketika memilih pagar rumah. Salah satu warna yang bisa dipilih adalah putih, abu-abu, cokelat, dan hitam. Tampilan yang polos bukan hanya menciptakan kesan sederhana, tetapi sekaligus mewah dan elegan.

Hanya saja, warna terang seperti warna pastel sangat mudah terpapar kotoran, baik debu, lumpur, dan sebagainya. Kondisi ini membuat tampilan pagar menjadi kusam dan tidak lagi menarik. Untuk menghindarinya, kamu harus melakukan perawatan secara rutin dan menyeluruh.

3. Manfaatkan Pencahayaan Lampu Sorot

Dengan menambahkan beberapa elemen dekoratif, kamu dapat membuat bagian depan rumah, termasuk pagar, tampak semakin cantik. Namun, untuk konsep rumah minimalis, penambahan cahaya lampu sorot pada malam hari sudah cukup membuatnya lebih hidup. Lampu sorot ini dapat membuat tampilan pagar rumah lebih eksklusif.

Kesan yang berbeda dapat ditampilkan dari lampu sorot, tergantung pada arah yang disorot serta warna lampu yang digunakan. Jadi, pastikan kamu telah berkonsultasi lebih dahulu kepada ahlinya sebelum membeli lampu untuk mendukung pencahayaan pagar rumahmu.

4. Gunakan Kombinasi Material

Tips lain yang dapat kamu terapkan dalam menciptakan pagar rumah elegan adalah  menggunakan kombinasi material yang berbeda. Sebagai contoh, pagar beton dapat dikombinasikan dengan material kayu. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kesan monoton dan kaku pada pagar. Pada dasarnya, material kayu akan menciptakan suasana yang hangat dan dinamis pada hunianmu.

5. Perhatikan Faktor Keamanan

Faktor keamanan dari pagar juga perlu diperhatikan. Sesuai fungsinya, pagar sebaiknya bermanfaat untuk melindungi rumah dari hal-hal yang tidak diinginkan yang berasal dari luar rumah. Selain material yang tepat, kamu juga dapat melindungi rumah dengan cara yang lain, misalnya memasang kunci atau memiliki asuransi property.

Kesimpulan

Dari ketiga belas inspirasi desain pagar rumah sederhana tapi cantik di atas, mana yang paling cocok dengan hunianmu?

Apabila kamu sedang mencari tukang untuk memperbaiki pagar rumahmu, kamu bisa menggunakan Kanggo. Kanggo adalah aplikasi tukang bangunan yang memiliki beragam layanan akan kebutuhan bangunan hunianmu. Kamu bisa download aplikasi Kanggo melalui App Store dan Google Play Store.

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami