BerandaBlog
7+ Model Jendela Minimalis, Bikin Hunian Lebih Estetis!

7+ Model Jendela Minimalis, Bikin Hunian Lebih Estetis!

Bagikan
7+ Model Jendela Minimalis, Bikin Hunian Lebih Estetis!
Okt 10, 2022

Jendela rumah adalah salah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan dari keseluruhan suatu hunian atau bangunan. Ini karena jendela memiliki fungsi yang sangat penting, salah satunya adalah untuk memperlancar sirkulasi udara di dalam rumah milikmu. Oleh karena itu, jendela menjadi salah satu syarat wajib untuk membuat rumah yang sehat. Selain itu, pemasangan model jendela yang sesuai dengan konsep hunian juga akan menambah estetika hunian milikmu, lho!

Tenang, kini model jendela minimalis semakin beragam. Model jendela minimalis juga dapat kamu pilih, mulai dari berbentuk kotak hingga bulat.

Berikut ini terdapat tujuh inspirasi model jendela yang bisa kamu jadikan panduan dalam membangun hunian minimalis yang cantik dan tetap estetis. Yuk, kita simak selengkapnya di artikel ini!

Model Jendela Minimalis Awning Window

Model jendela minimalis awning window cocok dipasang di dapur.
Model jendela minimalis awning window cocok dipasang di dapur.

Sumber: www.architectureartdesigns.com

Model jendela minimalis modern satu ini konsepnya mirip kanopi. Dengan posisi engsel di atas, bukaan jendela akan mengarah ke depan dan ditopang oleh penyangga besi. Awning window banyak digemari karena posisi diagonal membuat air hujan tidak akan masuk ke dalam ruangan.

Selain itu, bukaan yang besar membuat jenis jendela ini cocok dipasang di dapur sehingga sirkulasi dapur menjadi lebih baik dan udara bisa masuk dengan mudah. Model jendela ini juga cocok kamu pasang pada dapur mini bar seperti gambar di atas.

Jika kamu memasang model jendela minimalis ini, sebaiknya kamu perlu rutin membersihkan kotoran pada bagian engsel dan bukaan jendela untuk mencegah tumbuhnya lumut akibat lembap.

Model Jendela Minimalis Double Hung

Model jendela double hung dapat menggunakan satu layer jendela saja.
Model jendela double hung dapat menggunakan satu layer jendela saja.

Sumber: www.paradigmwindows.com

Model jendela minimalis double hung adalah model jendela yang kini sudah banyak digunakan di perumahan masyarakat Indonesia. Model jendela minimalis kayu ini cenderung praktis karena menggabungkan dua buah kaca jendela di dalam sebuah frame sehingga memiliki kesan yang lebih dinamis.

Penggunaannya bisa digeser ke bawah atau ke atas dan terdapat sekat sehingga dapat meningkatkan efisiensi penggunaan energi di dalam rumah seperti mengunci hawa panas atau dingin.

Sebenarnya modern model jendela minimalis ini juga dapat menggunakan satu layer jendela saja. Biasanya diterapkan pada ruang tamu dengan konsep hunian bergaya minimalis sehingga tidak memerlukan dua kaca jendela untuk menghidupkan model jendela minimalis ini.

Baca Juga: 13+ Intip Desain Jendela Dapur, Minimalis Anti Pengap!

Model Jendela Minimalis Wood Shutter Blind

Memasang model jendela wood shutter blind membuat hunian terkesan minimalis dan klasik dalam waktu bersamaan.
Memasang model jendela wood shutter blind membuat hunian terkesan minimalis dan klasik dalam waktu bersamaan.

Sumber: www.aerodraperyandblind.com

Inspirasi model jendela minimalis yang membuat kesan hunian terkesan klasik dalam waktu bersamaan adalah jendela dengan model wood shutter blind. Kamu mungkin sudah sangat familier dengan desain jendela yang satu ini. Jendela ini banyak digunakan pada rumah di Indonesia dan berbahan dasar dari material kayu. Biasanya model jendela ini diaplikasikan pada ruang tamu.

Dalam pemasangannya, wood shutter blind window bisa dengan berbagai macam gaya sesuai keinginanmu, misalnya model geser, engsel, ataupun lipat.

Model jendela minimalis ruang tamu ini memang tidak memiliki kaca dan disusun secara horizontal seperti gambar di atas. Kamu bisa menjadikan model jendela minimalis elegan dan klasik ini sebagai salah satu pilihan dalam menentukan jendela pada hunianmu.

Model Jendela Minimalis Glass Block

Desain dari jendela minimalis glass block tebal dan tahan lama.
Desain dari jendela minimalis glass block tebal dan tahan lama.

Sumber: www.archdaily.com

Jendela minimalis glass block tidak hanya terlihat cantik, tapi juga memberikan keamanan serta dapat menjaga privasi. Desainnya yang tebal dan tahan lama, membuat jenis jendela ini menjadi salah satu yang paling populer dipasang di hunian.

Pemilihan jendela minimalis glass block akan semakin maksimal jika dipadukan dengan bahan transparan lainnya. Beda dengan material bata atau dinding padat, glass block akan terlihat lebih mewah pada hunian yang menitikberatkan pada variasi bahan kaca. Apalagi, kamu bisa memasang jendela ini pada kamar tidur karena akan membuat sisi reflektif dari kaca akan lebih menonjol. Pemasangan model jendela minimalis kamar tidur

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami
satu ini bisa kamu pakai pada kamar tidur mungilmu agar lebih terasa lega dan plong.

Baca Juga: Cek Model Pagar Rumah Tembok Simpel dan Elegan di Sini!

Model Jendela Minimalis Sliding

Untuk membuka jendela minimalis sliding cukup digeser ke kanan atau kiri.
Untuk membuka jendela minimalis sliding cukup digeser ke kanan atau kiri.

Sumber: www.plygem.com

Selain pintu, jendela geser (sliding window) banyak diminati karena menghemat ruang. Seperti namanya, kamu cukup menggeser ke kanan atau kiri untuk membuka jendela ini. Ada banyak model sliding window, mulai dari persegi kecil dengan teralis hingga ukuran besar yang dapat dimanfaatkan sebagai pemisah ruangan.

Untuk bagian frame, kamu dapat menggunakan aluminium atau kayu. Supaya lebih kokoh, kamu bisa menggunakan model jendela minimalis aluminium dan kayu sekaligus, agar jendela tidak mudah penyok ketika tak sengaja dibanting.

Model Jendela Minimalis Rounded

Model jendela rounded cocok digunakan untuk rumah di tengah kota.
Model jendela rounded cocok digunakan untuk rumah di tengah kota.

Sumber: www.escape.com.au

Model jendela rumah minimalis berikutnya adalah jendela rounded. Sesuai namanya, jendela ini berbentuk bulat dari material kayu dan kaca. Jendela ini memungkinkan kamu untuk melihat pemandangan di luar rumah seperti menggunakan kamera fish eye, lho!

Model jendela ini cocok digunakan untuk rumah di tengah kota. Dengan memasang model jendela rounded, rumahmu akan semakin estetik dan sekaligus untuk meng-highlight suasana di luar rumah.

Baca juga: Tampilan Eksterior Cantik dengan Taman Minimalis Depan Rumah

Model Jendela Minimalis Berbentuk L

Pemasangan model jendela berbentuk L cocok untuk hunian bergaya Japandi.
Pemasangan model jendela berbentuk L cocok untuk hunian bergaya Japandi.

Sumber: www.derplas.es

Inspirasi model jendela rumah minimalis yang satu ini bisa jadi pilihan menarik untuk menghiasi rumah dengan gaya Japandi. Bentuknya yang menyerupai huruf L, terhubung dengan sudut bangunan. Ukurannya memanjang dan posisinya ada di tengah dinding. Model jendela rumah seperti ini mampu menciptakan kesan ruangan yang lebih panjang dan luas.

Uniknya lagi, model jendela ini didesain memiliki area untuk meletakkan aneka dekorasi yang sangat space-saving untuk ruangan mungil milikmu. Kamu bisa menggunakan tirai roller blind untuk menghalau cahaya dan pandangan dari luar.

Tips Memilih Model Jendela Minimalis

Ternyata begitu banyak model jendela minimalis yang dapat diterapkan pada hunian, kan? Meskipun semua terlihat indah, kamu tetap perlu mempertimbangkan beberapa hal untuk menyesuaikan dengan konsep arsitektur hunian milikmu. Berikut beberapa tips dalam memilih jendela minimalis yang tepat, antara lain:

  • Sesuaikan model jendela dan ukuran dengan konsep arsitektur rumah. Untuk rumah minimalis sebaiknya gunakan jendela berukuran sedang dengan detail sederhana, misalnya menggunakan model hung atau sliding.
  • Tentukan fungsi jendela sesuai dengan kebutuhan, misalnya memilih suatu model jendela untuk sirkulasi udara, pembatas ruangan, atau hanya untuk menambah estetika ruangan saja.
  • Untuk model jendela bagian fasad suatu hunian, pilihlah jendela yang membuat tampilan hunian lebih pop up, seperti memilih jendela berukuran besar.
  • Pemasangan jendela harus diperhatikan dengan melihat arah datangnya sinar matahari agar jendela dapat memaksimalkan masuknya pencahayaan alami ke dalam ruangan.

Setelah melihat contoh model jendela minimalis di atas, kamu sudah tahu model jendela seperti apa yang ingin digunakan? Banyak hal yang sebaiknya kamu pertimbangkan sebelum memilih model jendela yang akan kamu butuhkan.

Sistem keselamatan dan kemudahan dalam penggunaannya bisa dijadikan alasan untuk kamu memilih jenis jendela yang akan dipasang di rumah. Di sisi lain, memilih jenis jendela yang unik dan menarik juga bisa meningkatkan nilai estetis dari hunian kamu, lho!

Nah, untuk proses pemasangannya, kamu bisa serahkan pekerjaan itu kepada Kanggo. Nantinya, Kanggo yang akan menghubungkan kebutuhan pembangunan rumah atau bangunan milikmu dengan para tukang profesional yang mereka miliki.

Kanggo menyediakan berbagai layanan kebutuhan pertukangan, seperti jasa pasang keramik, jasa perbaikan tembok, jasa pasang plafon, jasa pengecatan, hingga jasa pasang pintu dan jendela yang tersedia di sini.

Agar kamu lebih mudah mengaksesnya, Kanggo menyediakan aplikasi yang bisa kamu download via App Store dan Google Play Store. Yuk, download aplikasi Kanggo sekarang! #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami