BerandaBlog
5 Desain Rumah 2 Lantai, Artistik dan Futuristik

5 Desain Rumah 2 Lantai, Artistik dan Futuristik

Bagikan
5 Desain Rumah 2 Lantai, Artistik dan Futuristik
Okt 27, 2022

Terdapat beragam desain rumah 2 lantai yang minimalis yang dapat dijadikan alternatif pilihan membangun rumah idaman. Luas dan interior bangunan dari rumah 2 lantai dapat ditentukan dengan menyesuaikan kebutuhan dan budget.

Rumah 2 lantai merupakan opsi hunian ideal bagi kamu yang sudah berkeluarga dengan jumlah anggota keluarga yang cukup banyak. Atau, bila kamu membutuhkan ruang ekstra untuk menjadikan rumah sebagai tempat bekerja, rumah minimalis 2 lantai adalah pilihan tepat, lho!

Konfigurasi ruang yang dikombinasikan secara apik dengan beragam pilihan material dalam desain rumah 2 lantai akan membuat hunian semakin nyaman untuk ditinggali.

Sebelum kamu membangun rumah idaman, simak 5 inspirasi desain rumah 2 lantai berikut ini!

Desain Rumah 2 Lantai Minimalis

Desain rumah 2 lantai minimalis tipe 36/60 dibuat seperti hunian eksklusif ala townhouse.
Desain rumah 2 lantai minimalis tipe 36/60 dibuat seperti hunian eksklusif ala townhouse.

Sumber: www.thegioisonnuoc.net

Desain pertama untuk rumah 2 lantai kali ini adalah rumah ukuran 6 x 10. Hunian ini mempunyai luas yang tidak terlalu besar dan bisa diatasi dengan menjadikannya bangunan 2 lantai. Salah satunya dengan desain rumah minimalis seperti gambar di atas.

Desain rumah 2 lantai 6 x 10 ini sengaja dibangun tinggi untuk memberikan kesan luas, lapang, dan lega seperti hunian eksklusif ala townhouse. Gunakan kaca besar sebagai jendela sehingga cahaya matahari waktu siang hari bisa masuk ke dalam rumah dan membuat refleksi ruangan terlihat lapang.

Supaya lebih maksimal, kamu juga bisa menambahkan mezzanine pada rumah agar memiliki lebih banyak ruang dan space penyimpanan. Padukan juga dengan cat dinding warna terang sehingga tidak menimbulkan kesan rumah yang sempit.

Salah satu kelebihan dari rumah ukuran 6 x 10 adalah seluruh ruangan yang ada bisa dimanfaatkan secara maksimal tanpa harus pusing untuk menyisakan tempat kosong terbuang begitu saja. Kamu juga bisa merancang desain rumah 2 lantai minimalis ini dengan konsep semi open plan yakni ruang tamu dan ruang keluarga terhubung tanpa adanya tembok yang membatasi. Selain itu, kamar tidur bisa diletakkan pada lantai 2 untuk menghemat ruang pada lantai dasar.

Baca juga: Rekomendasi Desain Rooftop Rumah Idaman, Cek di Sini!

Desain Rumah 2 Lantai Artistik

Rumah 2 lantai bisa didesain minimalis dan artistik dalam waktu bersamaan.
Rumah 2 lantai bisa didesain minimalis dan artistik dalam waktu bersamaan.

Sumber: www.threadgoldarchitecture.com

Dalam membangun hunian 2 lantai, kamu bisa mengusung dua konsep hunian sekaligus, misalnya minimalis dan artistik. Nuansa ini bisa kamu gunakan pada rumah minimalis 2 lantai bergaya kotak, dengan menambahkan elemen kreasi pada bagian atap. Supaya hunian tampil artistik dan tidak biasa, kamu bisa merancang atap rumah minimalis dengan atap miring atau atap sandar. Walaupun atap rumah ini memiliki rancang atap samping, tetap bisa melindungi sisi rumah dari tempias hujan.

Kamu juga bisa menggunakan kaca tebal sebagai pengganti dinding yang berdekatan dengan langit-langit atap sehingga cahaya dapat masuk dengan mudah ke dalam rumah. Desain rumah seperti di atas juga membuat ruangan tak sumpek karena langit-langitnya dibuat tinggi. Kamu juga perlu mengganti pintu sandblast karena dirasa dapat memberi cahaya pada lorong yang cukup gelap.

Desain Rumah 2 Lantai Modern dan Mewah

Salah satu cara agar hunian 2 lantai terlihat mewah dengan aksen lis pada dinding bangunan.
Salah satu cara agar hunian 2 lantai terlihat mewah dengan aksen lis pada dinding bangunan.

Sumber: www.californiahomedesign.com

Apabila kamu memiliki lahan yang luas dan budget berlebih, mengapa tidak membuat konsep rumah 2 lantai yang modern dan mewah? Kamu bisa menyontek idenya dari desain rumah ini, lho!

Tak perlu berlebihan dalam menata eksterior hunian agar fasad tampak mewah, kamu cukup mengecat dinding rumah dengan warna putih, memasang pagar yang terbuat dari material kaca, dan memasang panel kayu di beberapa tempat. Selain itu adanya jendela rumah minimalis dari material kaca berukuran besar akan menambah kesan minimalis sekaligus glamour pada hunian milikmu.

Untuk memperkuat kesan mewah, tambahkan pula aksen lis pada dinding bangunan. Gunakan juga aksen tumpuk pada plafon minimalis untuk memberi dimensi. Penggunaan lampu dinding berkualitas bagus juga dapat menambah kesan mewah pada hunian.

Baca juga:

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami
Jadikan Hunian Menawan dengan Perpaduan Warna Cat Rumah Ini!

Desain Rumah 2 Lantai Tradisional Elegan

Rumah limasan bisa dibuat elegan dan modern dengan mengganti material kayu dengan material batu hebel.
Rumah limasan bisa dibuat elegan dan modern dengan mengganti material kayu dengan material batu hebel.

Sumber: www.pinterest.com

Rumah tradisional limasan memiliki bentuk khas yang sangat terlihat dari penggunaan atap rumahnya. Nah, desain rumah limasan yang kini sering diusung oleh pada arsitek adalah memberikan sentuhan elegan dan modern pada rumah. Umumnya, mereka mengganti penggunaan kayu menjadi material bata atau batu hebel agar lebih kuat dan kokoh.

Desain rumah 2 lantai elegan bergaya tradisional ini dibuat terbuka dengan tujuan memberikan udara yang lebih sejuk ke dalam rumah. Untuk menambah kesan elegan, kamu bisa menambahkan furnitur dengan warna kayu muda dan dekorasi serat alam pada rumah 2 lantai milikmu.

Desain Rumah 2 Lantai Futuristik

Desain rumah 2 lantai yang futuristik dengan mengusung gaya industrial.
Desain rumah 2 lantai yang futuristik dengan mengusung gaya industrial.

Sumber: www.archdaily.com

Desain fasad rumah 2 lantai yang futuristik bisa dibuat sederhana dengan mengusung gaya industrial. Kamu bisa membuat dindingnya berwarna putih dipadukan dengan salah satu dinding semen. Untuk melindungi rumah, gunakan kombinasi pagar tembok dan besi yang cukup tinggi, sehingga mampu menjaga privasi semua anggota keluarga.

Meski sederhana, rumah tetap terlihat futuristik karena bentuk lantai duanya yang dibuat lebih maju dari dinding lainnya. Ingin rumah terlihat lebih estetik? Padukan beton dan kayu menjadi ventilasi udara dan penghalau terik matahari untuk desain fasad industrial 2 lantai milikmu.

Baca juga: 5 Tampilan Menawan Rumah Impian Sederhana dan Elegan

Keunggulan Rumah Minimalis 2 Lantai

Bagi kamu yang masih ragu memilih rumah 2 lantai sebagai tempat tinggal, berikut ini terdapat keunggulan yang akan kamu didapatkan jika memilih desain rumah 2 lantai ini, antara lain:

1. Fungsi Ruangan Lebih Optimal dan Efisien

Keunggulan pertama yang bisa kamu rasakan dari rumah 2 lantai adalah adanya ruangan yang lebih optimal dan efisien. Terlebih lagi jika kamu memiliki keluarga besar atau membutuhkan ruangan yang lebih banyak, rumah ini cocok untuk kamu pilih.

Akan tetapi ada hal yang perlu kamu ingat, membangun rumah 2 lantai tidak boleh sembarangan, lho! Ada peraturan perundang-undangan yang mengatur pembangunan gedung bertingkat, yakni luas lantai dua pada rumah 2 lantai tidak boleh melebihi luas dari lantai satu.

2. Desain yang Bagus

Desain rumah 2 lantai minimalis disukai banyak orang karena memiliki gaya timeless sehingga tetap indah dan tidak ketinggalan zaman. Rumah 2 lantai juga sangat cocok untuk kamu keluarga milenial karena bisa dibuat dengan selera yang kamu inginkan.

3. Bangunan Rumah Terlihat Besar

Dilihat dari fasad hunian, desain rumah 2 lantai terkesan lebih luas dan besar, meskipun bangunan rumah ini didirikan di atas lahan yang sempit. Apabila kamu ingin memiliki rumah besar tapi terkendala dengan ukuran lahan, membangun rumah 2 lantai merupakan pilihan yang tepat.

4. Privasi Lebih Terjaga

Membangun rumah 2 lantai memang memberi banyak keuntungan, salah satunya dari segi kenyamanan dan privasi setiap anggota keluarga.

Dengan desain rumah 2 lantai, kamu akan lebih mudah membagi zonasi dengan menempatkan area publik di lantai satu dan area pribadi di lantai dua. Dengan demikian, privasi setiap anggota keluarga bisa lebih terjaga karena orang asing atau tamu tidak akan memasuki area pribadi di lantai 2.

Demikian 5 desain rumah 2 lantai, baik yang berukuran besar dan mungil. Apa pun pilihanmu, sebaiknya desainlah hunian yang efisien dan fungsional supaya bisa memaksimalkan lahan yang ada tanpa mengurangi kenyamanan anggota keluarga saat beraktivitas di dalam rumah. Nggak perlu bingung, kamu bisa, lho menemukan aneka furnitur multifungsi nan space-saving.

Jika kamu ingin mewujudkan desain rumah 2 lantai impianmu, kamu bisa mempercayakan kepada jasa tukang bangunan seperti Kanggo. Nantinya, Kanggo yang akan menghubungkan kebutuhan renovasi hunian atau bangunan milikmu dengan para tukang terlatih dan profesional.

Kanggo memiliki berbagai layanan kebutuhan pertukangan, seperti jasa pasang keramik, jasa perbaikan kamar mandi, jasa pasang plafon, jasa instalasi listrik, hingga perbaikan atap tersedia di sini.

Kamu pun bisa bertanya lebih lengkap terkait home improvement kepada customer service  Kanggo yang melayani setiap hari dari jam 08.00 – 20.00 WIB.

Untuk memudahkan aksesnya, Kanggo pun sudah menyediakan aplikasi yang bisa kamu download via App Store dan Google Play Store. Dengan adanya aplikasi Kanggo, mendapatkan tukang sekarang menjadi mudah, tinggal klik, besok tukang akan datang ke rumahmu.

Yuk, download aplikasi Kanggo sekarang dan nikmati kepuasan pelayanannya untuk hunian yang lebih menarik!

Kanggo #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami