BerandaBlog
Rekomendasi Desain Rooftop Rumah Idaman, Cek di Sini!

Rekomendasi Desain Rooftop Rumah Idaman, Cek di Sini!

Bagikan
Rekomendasi Desain Rooftop Rumah Idaman, Cek di Sini!
Jun 30, 2022

Kamu bosan dengan rooftop rumah yang itu-itu saja? Tapi bingung desain rooftop rumah seperti apa yang cocok untuk rumahmu?

Jika kamu ingin menghadirkan suasana baru di dalam rumah, mendesain rooftop rumah sesungguhnya bisa menjadi alternatif dalam memberikan kesegaran dari tampilan rumah.

Area rooftop yang biasanya hanya digunakan untuk menjemur pakaian atau menaruh barang-barang tak terpakai, bisa kamu maksimalkan dengan memberikan sentuhan lain seperti ornamen-ornamen atau dekorasi yang akan mempercantik hunian kamu.

Di bawah ini, ada beberapa contoh desain rooftop rumah unik yang mungkin bisa memberikan kamu ide, rooftop seperti apa yang cocok untuk hunianmu.

Desain Rooftop Rumah Garden

Manfaatkan luas area rooftop untuk bercocok tanam.
Manfaatkan luas area rooftop untuk bercocok tanam.

Bagi kamu yang gemar dengan tanaman, mempunyai sebuah taman di lingkungan rumah pasti menjadi harapan banyak orang. Selain asri, adanya taman juga membuat sirkulasi udara menjadi lebih segar.

Namun sayangnya, sebagian orang merasa kesulitan untuk memiliki taman di lingkungan rumah. Salah satu penyebabnya adalah tidak adanya lahan yang bisa digunakan.

Nah, solusi yang bisa kamu terapkan agar tetap memiliki taman di area rumah adalah dengan memanfaatkan rooftop sebagai area untuk menyimpan segala jenis tanaman yang kamu inginkan.

Gambar di atas merupakan salah satu bentuk desain rooftop rumah garden yang bisa kamu aplikasikan pada hunian kamu. Menarik ya?

Desain Rooftop Rumah Ala Korea

Rooftop ala Korea idaman semua orang.
Rooftop ala Korea idaman semua orang.

Kalau kamu sering menonton drama Korea, pasti tidak asing dengan adegan-adegan yang diambil di area rooftop. Lokasi ini sering dijadikan tempat berkumpul atau melakukan pesta barbeku.

Desain rooftop rumah ala Korea seringkali digambarkan sebagai pelengkap bangunan minimalis dengan kombinasi warna atau kayu. Jika diperhatikan, beberapa pemeran utama akan tidur di kamar yang kecil namun terlihat tidak berantakan.

Hal itu dikarenakan rumah-rumah di Korea sering menggunakan furnitur yang multifungsi untuk dapat memaksimalkan ruangan.

Nah, bagi kamu yang mempunyai hunian minimalis dan ingin membuat tempat untuk bercengkerama di area rooftop, mungkin desain rooftop ala Korea ini bisa menjadi pilihan.

Pemilihan dekorasi yang simpel namun unik akan mempercantik area rooftop dan membuat kamu betah berlama-lama di sana. Perhatikan juga furnitur yang akan kamu gunakan supaya tetap senada dengan tema besar di dalam rumah.

Desain Rooftop Rumah Sederhana

Pilih furnitur sederhana agar tidak membuat rooftop terasa lebih sempit.
Pilih furnitur sederhana agar tidak membuat rooftop terasa lebih sempit.

Mempunyai rooftop keren tentu jadi dambaan banyak orang. Mengubah atap menjadi rooftop juga dapat meningkatkan fungsi rumah itu sendiri.

Akan tetapi, bagaimana dengan rumah yang kecil? Kamu tidak perlu khawatir, ada banyak macam desain rooftop rumah sederhana yang bisa kamu manfaatkan untuk mengolah atap menjadi area bersantai yang lebih nyaman. Salah satu bentuknya adalah seperti pada gambar di atas.

Kamu bisa memanfaatkan furnitur yang tidak terlalu besar dan dekorasi untuk dapat memaksimalkan space yang ada di rooftop.

Pencahayaan yang cukup dan tanaman rambat yang menghiasi tentu dapat memperindah area rooftop ini.

Desain Rooftop Rumah 2 Lantai

Ubah rooftop kamu menjadi tempat berkumpul bersama keluarga tercinta.
Ubah rooftop kamu menjadi tempat berkumpul bersama keluarga tercinta.

Atap rumah dengan model rooftop memang kian banyak diminati. Tidak terbatas untuk hunian dengan space yang besar, namun ada pula desain rooftop rumah 2 lantai yang bisa kamu contoh untuk membuat rooftop versimu sendiri.

Penggunaan rooftop menjadi salah satu cara yang baik untuk memanfaatkan ruang dalam rumah secara maksimal.

Di sisi lain, kamu juga bisa mendapatkan tempat bersantai lain dengan suasana luar ruangan di rooftop ini.

Beberapa dekorasi yang akan diaplikasikan tentu sudah disesuaikan dengan kebutuhan pemiliknya. Misalnya saja untuk rooftop seperti pada gambar, furnitur yang digunakan tidak hanya satu pasang namun bisa lebih dari itu.

Kamu bisa mempertimbangkan jumlah keluarga di rumah atau keluarga lain yang biasanya datang berkunjung ke rumah.

Jadi, kamu bisa mendapatkan suasana baru untuk berkumpul bersama keluarga besarmu. Bahkan, kamu juga bisa bercengkerama sembari barbeku bersama orang-orang terkasih di rooftop ini. Menarik, bukan?

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Desain Rooftop Rumah Minimalis

Rooftop minimalis yang memberi kesan elegan.
Rooftop minimalis yang memberi kesan elegan.

Keterbatasan lahan bukan berarti kamu tidak bisa mempunyai area outdoor yang nyaman. Pasalnya, kamu bisa membuat membuat desain rooftop rumah minimalis yang dapat kamu aplikasikan untuk mempercantik hunianmu.

Kamu bisa memilih furnitur yang simpel seperti sofa panjang dengan bahan rotan untuk tempat bersantai. Beri tambahan ornamen atau tanaman dengan pot seperti pada gambar untuk memberi warna pada rooftop idamanmu.

Namun, kamu juga perlu mempertimbangkan cuaca, ya. Jangan sampai sofa yang sudah bagus-bagus kamu pasang malah basah kuyup karena kehujanan.

Desain Rooftop Rumah Kecil

Rumah kecil bukan alasan kamu tidak bisa mempunyai rooftop yang indah.
Rumah kecil bukan alasan kamu tidak bisa mempunyai rooftop yang indah.

Seringkali, atap rumah hanya digunakan sebagai area menjemur saja. Padahal, ada banyak cara lain untuk memanfaatkan rooftop yang meningkatkan daya tarik hunian yang kamu tempati.

Pemilihan beberapa furnitur yang simpel serta penempatannya yang disesuaikan dengan bentuk rooftop akan dapat memberi kesan nyaman dan tidak sempit. Tambahkan ornamen seperti lampu gantung yang sesuai dengan keinginan kamu.

Gambar di atas adalah salah satu desain rooftop rumah kecil yang bisa kamu aplikasikan di rumah.

Desain Rooftop Rumah dengan Kolam

Percantik kolam di rumahmu dengan dekorasi yang menarik.
Percantik kolam di rumahmu dengan dekorasi yang menarik.

Desain rooftop rumah dengan kolam bisa menjadi alternatif pilihan bagi kamu yang bosan dengan desain rooftop yang begitu-begitu saja. Penggunaan kolam pada rooftop bisa memberikan suasana baru untuk pengalaman berenang kamu.

Sirkulasi udara yang baik memberikan kesegaran tersendiri bagi penghuninya. Tidak hanya itu, kolam renang rooftop mampu menyajikan pemandangan yang lebih leluasa dan tubuh menjadi lebih rileks.

Tambahkan dekorasi dan tanaman di sekitar kolam agar kolam menjadi lebih sejuk dan rimbun.

Hadirnya kolam di rooftop rumah juga dapat meningkatkan nilai rumah itu sendiri. Sebab, kolam renang baik indoor maupun outdoor bisa dibilang sebagai fasilitas mewah yang tidak selalu bisa kita jumpai.

Apalagi jika kolam renang ini berada di rooftop yang dibangun dengan konsep yang menarik. Tentunya hal ini akan menaikkan nilai estetika rumah tersebut.

Desain Rooftop Rumah dengan Hammock

Hammock menjadi pilihan mudah dan murah untuk bersantai di atap rumah.
Hammock menjadi pilihan mudah dan murah untuk bersantai di atap rumah.

Kamu menyukai suasana alam? Jika ya, kamu juga bisa membawa tema tersebut ke atap rumah untuk kamu gunakan sebagai tempat bersantai, lho. Desain rooftop rumah seperti ini juga sangat mudah dibuat dan tidak membutuhkan banyak biaya.

Supaya desain rooftop makin nyaman, kamu bisa menambahkan hammock atau ayunan sebagai tempat untuk bermalas-malasan.

Agar sewaktu bersantai kamu tidak terpapar sinar matahari langsung, tambahkan atap minimalis yang akan melengkapi waktu me time kamu di rooftop.

Suasana yang rileks, santai, dan nyaman akan kamu dapatkan tanpa membutuhkan banyak biaya. Belum lagi jika pemandangan di sekitar rumah sangat yang hijau, rasanya seperti sedang tidak berada di rumah, kan!

Penutup

Beberapa gambar rooftop rumah di atas bisa kamu jadikan referensi untuk menyulap atap menjadi rooftop idaman yang sesuai dengan kondisi rumah serta kepribadianmu.

Beberapa desain rooftop rumah tersebut bahkan bisa membuat kita merasa sedang berada di lokasi liburan.

Nah, agar atap rumah bisa kamu maksimalkan dengan baik, kamu bisa memilih beberapa ornamen atau dekorasi yang bisa digunakan untuk memperindah hunian kamu.

Dekorasi yang digunakan pun tidak melulu harus barang yang mewah dan mahal. Tentu kamu bisa menyesuaikannya dengan budget yang sudah kamu persiapkan sebelumnya.

Untuk urusan perbaikan, renovasi, dan tugas pertukangan lainnya kamu bisa serahkan pekerjaan tersebut pada Kanggo.

Kanggo adalah aplikasi tukang bangunan yang akan memudahkan kamu untuk memenuhi kebutuhan tukang profesional dengan berbagai macam keahlian.

Mulai dari perbaikan atap & dek, pengecatan, perbaikan tembok, memasang plafon, instalasi listrik, perbaikan kamar mandi, hingga untuk memperbaiki komponen rumah lainnya, bisa dikerjakan oleh mereka.

Menariknya lagi, kini Kanggo sudah tersedia untuk berbagai jenis ponsel pintar berbasis iOS atau Android. Kamu bisa mengunduhnya melalui App Store maupun Google Play Store. Atau kamu juga bisa langsung menghubunginya melalui WhatsApp, di sini.

Bagaimana? Sudah siap untuk merenovasi atap rumah menjadi lebih bagus daripada sebelumnya? Kanggo siap membantu kamu kapan pun kamu membutuhkannya!

Kanggo #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami