BerandaBlog
5 Model Atap Rumah Minimalis, Modern, dan Fungsional

5 Model Atap Rumah Minimalis, Modern, dan Fungsional

Bagikan
5 Model Atap Rumah Minimalis, Modern, dan Fungsional
Sep 18, 2022

Apa pun bentuk dari sebuah rumah, pasti membutuhkan atap yang tepat untuk melindunginya. Terlebih lagi, atap rumah merupakan bagian yang menentukan fasad suatu hunian atau bangunan

Selain dapat menentukan fasad suatu hunian, atap rumah juga memiliki fungsi penting yaitu untuk melindungi bagian bawah atap yang merupakan penyokong bangunan. Karena itu, diperlukan pemilihan material yang tepat agar atap tetap kuat dan tidak mudah rusak.

Kini, sudah banyak model atap rumah yang bisa diaplikasikan pada hunian atau bangunan. Model atap juga menentukan keindahan suatu rumah, lho!

Nah, apa kamu sedang bingung mencari model atap rumah yang cocok untuk rumah minimalis milikmu? Tenang! Berikut ini beberapa model atap rumah minimalis yang bisa diterapkan pada hunianmu.

Atap Rumah Minimalis 2 Lantai Bentuk Atap Multigable

Bentuk atap rumah minimalis gable terdiri dari dua pelana.
Bentuk atap rumah minimalis gable terdiri dari dua pelana.

Sumber: Interiordesign.id

Model atap rumah minimalis yang umum digunakan saat ini adalah model multigable. Model atap rumah yang satu ini cukup instan dan pemasangannya mudah. Sesuai dengan namanya, desain atap rumah ini terdiri dari dua pelana. Dua pelana pada bangunan ini akan memayungi dua bangunan sekaligus dan sangat cocok untuk rumah minimalis 2 lantai.

Bentuk atapnya yang agak miring sangat cocok diaplikasikan pada hunian karena ketika hujan turun, air hujan akan lebih mudah mengalir ke bawah. Selain itu, model atap ini memiliki langit-langit yang tinggi sehingga dapat membantu mengurangi hawa panas di dalam rumah. Perpaduan antara atap multigable dan dinding rumah kayu juga bisa menambah nilai estetis pada hunianmu, lho!

Rumah Minimalis 1 Lantai dengan Atap Runcing Satu Sisi (Slanted Roof)

Slanted roof adalah atap rumah dengan aksen runcing satu sisi.
Slanted roof adalah atap rumah dengan aksen runcing satu sisi.

Sumber: www.metalparsp.com.br

Ingin memiliki desain rumah kreatif yang anti-mainstream? Kamu bisa memilih desain atap rumah minimalis terbaru dengan aksen atap runcing satu sisi atau sering disebut slanted roof.

Bentuk atap seperti ini sangatlah unik dan estetis. Terlebih lagi jika kamu mengombinasikan dengan permainan lampu, serta kombinasi dinding dari material kayu, batu, dan kaca. Perpaduan ini akan menambah fasad rumah menjadi lebih indah dan menawan.

Atap Rumah Minimalis 3 Trap

Pembangunan atap rumah minimalis 3 trap harus cermat dalam mengukur lebar trap-nya. 
Pembangunan atap rumah minimalis 3 trap harus cermat dalam mengukur lebar trap-nya.

Sumber: alacasa.id 

Hunian di Indonesia banyak yang memakai model atap rumah minimalis 3 trap atau sering disebut atap pelana bertumpuk. Pada desain atap pelana bertumpuk ini, kamu harus cermat dalam mengukur lebar trap-nya. Trap atap yang berukuran lebih kecil, akan terlihat indah ketika berada di atas trap atap yang berukuran lebih besar.

Struktur atap pelana akan membentuk ruang kosong di bawah atap lainnya yang fungsinya bisa kamu manfaatkan untuk ruang loteng atau ruang khusus multifungsi.

Keunggulan dari model atap 3 trap ini adalah mempunyai daya serap radiasi dan panas yang baik sehingga cocok diterapkan pada hunian di daerah tropis. Keunggulan lain dari atap pelana bertumpuk ini yaitu memudahkan kamu dalam mengecek kebocoran dan kerusakan atap.

Permainan warna juga diperlukan agar penumpukan atap pelana tidak terkesan terlalu berat sehingga menambah estetis hunian minimalis milikmu.

Atap Rumah Minimalis 3 Kamar Atap Datar

Atap rumah minimalis berbentuk datar bisa dimodifikasi sebagai rooftop.
Atap rumah minimalis berbentuk datar bisa dimodifikasi sebagai rooftop.

Sumber: www.roperroofingandsolar.com/

Salah satu ciri atap rumah berdesain minimalis adalah model atap rumah datar atau flat roof. Tak jarang atap rumah minimalis 3 kamar memakai model atap ini. Model atap rumah flat roof sangat disukai oleh banyak orang karena desainnya yang simple, “gak neko-neko”, dan terkesan clean.

Atap rumah minimalis model flat roof juga banyak diaplikasikan ke hunian karena sifatnya yang multifungsi.

Pada umumnya, alasan seseorang memilih flat roof karena orang tersebut menyukai rumah berbentuk simetris. Alasan lain dalam memilih model atap flat roof karena ingin menjadikan atap rumah sebagai rooftop untuk dapur terbuka atau taman untuk bersantai. Tak jarang, ada juga yang memilih model atap datar untuk dibuat kolam renang dan bar di samping kolam tersebut.

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Baca juga: Rekomendasi Desain Rooftop Rumah Idaman, Cek di Sini!

Atap Rumah Minimalis Modern Mewah Bentuk Miring

Atap rumah minimalis berbentuk miring dari kayu ini terkesan modern dan mewah.
Atap rumah minimalis berbentuk miring dari kayu ini terkesan modern dan mewah.

Sumber: www.ruanginspiratif.com

Desain atap rumah minimalis miring akan terlihat makin kece dengan sentuhan khas dari material tertentu, misalnya material kayu. Pada inspirasi yang satu ini, bentuk atap miringnya terkesan sangat modern dengan panel kayu yang tersusun rapi.

Apalagi, terdapat tambahan rangka kayu di bagian terasnya yang bisa dimanfaatkan untuk aneka tanaman gantung. Dengan demikian, ketika dilihat dari sudut mana pun, rumah minimalis milikmu ini akan tetap terlihat stylish dan lebih eksentrik.

Atap Rumah Minimalis Baja Ringan Bentuk Limasan

Atap limas mempertemukan empat bidang pada garis bubungan atap rumah.
Atap limas mempertemukan empat bidang pada garis bubungan atap rumah.

Sumber: www.stavby-sixta.cz

Model atap rumah limasan sering ditemukan pada rumah tradisional maupun modern di Indonesia. Model atap rumah minimalis satu ini merupakan bentuk penyempurnaan dari atap pelana.

Jika pada model pelana hanya ada dua bidang yang bertemu, pada atap limasan mempertemukan empat bidang pada garis bubungan atap rumah. Tidak heran rasanya bila atap ini terlihat seperti gabungan dari dua bentuk trapesium dan dua bentuk segitiga.

Berikut ini berbagai kelebihan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan atap rumah berbentuk limasan, antara lain:

  • Hampir semua dinding luar rumah akan terlindung dari terik matahari maupun air hujan, mengingat bentuk atapnya miring pada semua sisi.
  • Meminimalisasi risiko kebocoran pada atap karena atap ini memiliki sudut kemiringan yang pas sehingga angin yang menerpa atap rumahmu akan dibelokkan ke arah atas.
  • Bentuk atap limasan mampu melindungi struktur bangunan rumah dari kerusakan akibat cuaca ekstrem.

Walaupun model atap ini terbilang cocok untuk rumah bergaya minimalis, tetapi banyak orang beranggapan bahwa model atap rumah ini terkesan lebih konvensional dan kurang memberikan sentuhan khas minimalis. Supaya rumahmu terlihat minimalis dengan menggunakan model atap ini, kamu bisa mengecat atap rumahmu dengan memadukan warna cat yang sesuai dengan eksterior rumahmu sehingga rumahmu terlihat minimalis dan menawan.

Baca Juga: 9 Desain Teras Rumah Cantik Anti Mainstream!

Cara Merawat Atap Rumah Berdasarkan Materialnya

Salah satu rahasia merawat atap rumah adalah dengan menyesuaikan materialnya terlebih dahulu baru kemudian mengetahui cara perawatannya. Pasalnya, cara perawatan untuk masing-masing material dari atap akan sangat berbeda. Berikut ini cara merawat atap rumah sesuai dengan materialnya.

1. Cara Merawat Atap Baja Ringan

Baja ringan saat ini sering dimanfaatkan untuk atap rumah minimalis modern karena lebih cepat pemasangannya, kuat, dan hemat. Cara untuk merawatnya adalah melakukan pemeriksaan pada setiap rangkanya, termasuk sambungan baut yang berkarat atau mengelupas. Pemeriksaan ini sangat penting untuk mencegah terjadinya kerusakan yang terlalu parah pada atap rumah. Sebaiknya pemeriksaan ini dilakukan secara rutin agar kerusakan kecil dapat segera kamu perbaiki.

2. Cara Merawat Atap Baja Konvensional

Apabila kamu menggunakan atap dari material baja konvensional, perawatannya tidak terlalu sulit asalkan kamu memilih baja ringan yang berkualitas bagus. Perawatannya bisa dimulai dari pemasangan dengan memotong bagian rangka atap dengan benar. Jangan lupa menggunakan sekrup khusus untuk menyambungkan setiap batang baja ringan karena atap rumah ini akan dipakai dalam waktu jangka panjang.

Coba lakukan pemeriksaan bila ada sekrup yang terlepas, segera ganti dan pasang dengan sekrup baru. Jika ada beberapa bagian yang perlu di las, segera dilakukan dan tutup dengan cat.

Baca Juga: 10 Desain Pagar Tembok Minimalis, Unik, dan Kekinian

3. Cara Merawat Atap Kayu

Atap rumah yang terbuat dari material kayu memang membuat fasad rumah terkesan natural dan sejuk. Kamu bisa memilih material kayu berkualitas seperti kayu jati yang kuat, awet, dan anti rayap.

Cara perawatannya juga sangat sederhana yaitu dengan memeriksa bagian kayu yang sudah lapuk kemudian ganti dengan yang baru. Periksa juga bagian yang rusak dan mengakibatkan kebocoran pada atap. Segera perbaiki jika ada kebocoran atau rembesan air demi meminimalisasi kerusakan pada atap kayu.

4. Cara Merawat Atap Beton

Atap yang terbuat dari material beton tentu saja cara perawatannya juga berbeda karena perlu dilakukan dari awal pembuatan. Pada proses pembuatan atap dengan menggunakan material beton, ketika atap sudah agak mengering, siramlah bagian permukaan atap tersebut dengan air. Ini untuk mencegah terjadinya penguapan kandungan air di dalam beton yang nantinya membuat ikatan tidak merekat dengan sempurna. Permukaan atap juga harus dibuat sedikit miring agar air tidak menggenang.

Perawatan yang bisa kamu lakukan pada atap rumah dari material beton adalah dengan melapiskan waterproofing sebagai pelindung atap dari panas dan hujan. Untuk perawatan yang sederhana, kamu bisa mencabut rumput yang tumbuh serta melakukan pengecekan dan pembersihan jalur air.

Ingin punya rumah minimalis tapi bingung menentukan atap rumah yang tepat? Setelah membaca artikel ini, seharusnya kamu sudah mengetahui pemilihan atap yang tepat dapat mendukung segi keselarasan suatu hunian untuk dilihat.

Keberadaan atap rumah memang sangat krusial sehingga kamu perlu perencanaan yang matang dalam mengaplikasikannya.

Kini, kamu tak perlu bingung jika ingin merenovasi rumahmu, khususnya atap rumah minimalis milikmu. Kamu bisa menghubungi tukang terlatih dan profesional dari Kanggo untuk membantu pengerjaannya.

Kanggo adalah aplikasi tukang bangunan online yang hadir untuk menjawab berbagai kebutuhan terkait hunianmu, mulai dari renovasi rumah skala minimal, pemasangan plafon, pemasangan dan perbaikan pintu, pemasangan keramik, pengecatan rumah, hingga perbaikan dapur.

Tukang Kanggo yang terlatih dan profesional telah dibekali berbagai keterampilan sehingga kualitas pengerjaan renovasi, termasuk mewujudkan hunian impianmu dan dijamin akan memberikan hasil yang maksimal.

Jangan tanyakan soal kualitasnya. Orang-orang yang bekerja dengan tim Kanggo adalah tenaga profesional dan sudah terlatih dengan berbagai macam keahlian. Kamu juga bisa cek dari testimoni positif yang diberikan para pelanggan kepada tim Kanggo.

Tidak perlu berlama-lama lagi, yuk segera unduh aplikasi Kanggo di Google Play Store atau App Store dan konsultasikan kebutuhanmu dengan konsultan profesional dari Kanggo!

Bahkan, Kanggo juga meluncurkan aplikasi yang memudahkan kamu berkomunikasi dan memesan tukang Kanggo. Aplikasi ini bisa kamu unduh melalui Google Play Store atau App Store dari smartphone kamu. Dengan aplikasi Kanggo, sekarang pesan tukang jadi mudah, tinggal klik, besok tukang pasti datang.

Bagi kamu yang lebih nyaman berkomunikasi lewat chat, Kanggo juga sudah menyediakan layanan WhatsApp yang bisa kamu gunakan untuk berdiskusi tentang kebutuhan-kebutuhan yang kamu perlukan untuk melakukan pekerjaan pertukangan.

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami