BerandaBlog
Tips Jitu Renovasi Dapur dengan Budget Minim

Tips Jitu Renovasi Dapur dengan Budget Minim

Bagikan
Tips Jitu Renovasi Dapur dengan Budget Minim
Des 13, 2021

Salah satu ruangan paling penting di rumah adalah dapur. Dapur perlu ditata sedemikian rupa agar aman dan nyaman beraktivitas di sana. Itulah pentingnya renovasi untuk mendapatkan dapur yang sesuai dengan fungsinya.

Namun, terkadang kita juga perlu menyesuaikan renovasi dengan budget yang ada. Ingin mengubah suasana di dapur dengan biaya minim? Cek berbagai tips jitu berikut ini.

Baca Juga: 

Pilihan Tipe Layout Dapur Rumah

Sebelum melakukan renovasi dapur ada banyak pilihan tipe layout dapur yang dapat Anda pilih. Tipe layout ini bisa disesuaikan dengan luas ruangan yang dimiliki. Berikut ini berbagai tipe dapur yang umumnya digunakan untuk rumah.

  1. Single line kitchen. Bentuk dapur yang paling umum digunakan dengan layout satu garis saja. Single line kitchen memusatkan setiap kegiatan memasak pada satu baris.
  2. Double line kitchen. Bentuk dapur ini memiliki layout dengan dua sisi yang saling berhadapan.
  3. Letter “U” Kitchen. Bentuk dapur ini memiliki tiga sisi yang menyerupai bentuk huruf “U”. Hal ini memberikan ruang lebih sehingga dapur menjadi lebih lega.
  4. Letter “L” Kitchen. Bentuk dapur ini juga memiliki tiga sisi, namun lebih menyerupai bentuk huruf “L”. Layout yang satu ini merupakan layout dapur dengan sirkulasi udara yang baik.
  5. Island kitchen. Bentuk ini paling banyak digunakan di Eropa dan Amerika Serikat. Dapur ini menggunakan keempat sisi dinding dapur dengan satu set meja di tengah.

Setiap pilihan tipe layout dapur tentu memiliki keunggulan dan nilai estetikanya sendiri. Anda dapat memilih salah satu dan mewujudkannya untuk dapur rumah Anda. Namun, bagaimana caranya mewujudkan dapur idaman dengan budget terbatas? Berikut beberapa tipsnya.

Baca Juga: Intip Model Dapur Minimalis Modern Terbaru di Sini!

Tips Renovasi Dapur dengan Biaya Terbatas

Memperbaiki dapur atau sekadar mengubah suasana memang memerlukan biaya. Namun, ada beberapa tips untuk renovasi dapur dengan biaya terbatas.

1. Memilih Desain Dapur yang Minimalis

Desain minimalis adalah desain yang hanya menampilkan elemen-elemen esensial dan lebih mengutamakan fungsi. Pilihan desain ini dapat menekan biaya karena tidak perlu membeli banyak perabotan, cukup peralatan dapur yang esensial saja.

Biasanya dapur minimalis juga didesain tanpa kitchen set, meskipun begitu desain dapur yang satu ini bisa tetap terlihat modern dan fungsional untuk memasak. Bisa dibilang desain dapur ini sangat cocok untuk Anda yang ingin renovasi dapur dengan anggaran sangat terbatas.

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

2. Memilih Jasa Desainer dengan Harga Terjangkau

Ingin mendapatkan desain dapur hasil karya desainer interior? Tentu boleh. Jasa desain interior memang menawarkan konsep yang tepat untuk ruangan Anda. Namun, jika ingin menghemat biaya Anda tentu perlu menyeleksi desainer interior yang biaya jasanya sesuai dengan budget Anda.

Semakin rumit desain dapur yang Anda inginkan, biaya yang dikeluarkan juga semakin besar. Jadi berpegang pada desain minimalis memang bisa jadi pilihan terbaik.

Baca Juga: 13+ Inspirasi Desain Dapur Mini Bar Stylish dan Aesthetic

3. Ganti Per Bagian untuk Suasana Baru

Jika merenovasi seluruh ruangan tidak memungkinkan, Anda bisa mengganti beberapa elemen kunci untuk menciptakan suasana dapur yang baru. Beberapa elemen tersebut seperti keramik, top table, cat, dan lampu.

Ganti keramik yang kusam dengan keramik baru dan pengecatan ulang dapat memberikan kesan yang lebih fresh. Selain itu, mengubah jenis lampu atau menambahkan beberapa lampu dinding juga bisa mengubah suasana dapur tanpa perlu merombak keseluruhan ruangan.

Beberapa tips di atas bisa mendapatkan dapur impian dengan biaya renovasi terjangkau. Mau coba mengubah suasana dengan mengganti beberapa bagian terlebih dahulu atau langsung renovasi keseluruhan, Kanggo punya solusinya.  Aplikasi Kanggo dapat membantu menemukan tukang sesuai kebutuhan perbaikan rumah Anda, mulai dari perbaikan dinding, pengecatan, pasang keramik, instalasi listrik, hingga renovasi. 

Jika Anda butuh bantuan untuk merencanakan bahan-bahan yang dibutuhkan, jumlah tukang, dan estimasi hari pengerjaan renovasi, Kanggo juga menyediakan layanan Konsultan. Layanan konsultan ini dapat membantu Anda menyelesaikan renovasi rumah lebih cepat dan efisien. Download aplikasi Kanggo di Play Store & App Store sekarang. Kanggo, #TukangReadyToGo

Baca Juga: 7 Ide Dapur Cantik yang Sesuai untuk Berbagai Desain Hunian

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami