BerandaBlog
Kelebihan dan Kekurangan Plafon GRC untuk Kamu Pertimbangkan

Kelebihan dan Kekurangan Plafon GRC untuk Kamu Pertimbangkan

Bagikan
Kelebihan dan Kekurangan Plafon GRC untuk Kamu Pertimbangkan
Okt 12, 2022

Plafon GRC atau Glass fiber Reinforced Cement Board merupakan salah satu jenis plafon yang diproduksi melalui teknologi dari Jepang yang canggih. Plafon ini dikembangkan sebagai salah satu alternatif dari beton, sehingga penggunaan bahan dasar pembuatannya pun terbilang mirip dengan beton.

Sesuai dengan namanya yakni glass fiber, ia merupakan campuran pasir halus, semen, polimer, dengan serat kaca yang membuat  sangat mudah untuk dibentuk sesuai keinginan.

Di sisi lain, dalam proses pemasangannya, kamu bisa mengaplikasikan rangka kayu atau metal galvanis sebagai material rangka plafon GRC yang akan sangat memudahkan.

Model-model Plafon GRC

Ada beberapa model plafon yang paling sering digunakan di ruang tamu rumah kamu. Umumnya, orang-orang akan memilih model minimalis, klasik, hingga yang memiliki motif.

Plafon GRC Motif Kayu

Model motif kayu bisa kamu jadikan pilihan untuk memasang plafon pada ruangan. Ini juga model yang cocok untuk dikombinasikan dengan konsep rumah yang minimalis.

GRC dengan motif kayu ini mengubah tampilan ruangan menjadi lebih hangat. Di sisi lain, motif ini juga memberi kesan luas pada ruangan, lho. Jadi, sangat pas jika kamu gunakan pada ruangan yang berukuran tidak terlalu besar.

Baca juga: Lengkapi Desain dengan Model Plafon PVC Kamar Tidur Terbaru

Plafon GRC Minimalis

Plafon GRC minimalis memang terlihat simpel setelah dipasang. Namun, jangan salah, kesederhanaan yang ditampilkan model plafon minimalis ini justru membawa daya tarik tersendiri bagi ruangan.

Biasanya, ini memiliki bentuk yang bisa menyesuaikan dengan ruangan, bisa juga berbentuk persegi panjang yang kemudian dihiasi ornamen lampu sesuai keinginan pemiliknya.

Pemasangan lampu ini juga dapat memengaruhi tampilan plafon dalam ruangan. Oleh sebab itu, pastikan kamu memilih lampu yang tepat sesuai dengan kebutuhan agar tampilan ruangan menjadi makin cantik.

Plafon GRC Industrial

Selanjutnya, model industrial juga menjadi salah satu model plafon yang banyak ditemui di beberapa konsep hunian. Agar ruangan dapat terlihat lebih menarik, coba padukan dengan material lain seperti kayu agar hunian terlihat lebih hangat dan nyaman.

Tidak hanya untuk konsep hunian minimalis saja, model plafon seperti ini juga bisa kamu gunakan pada konsep lain yang ingin kamu tampilkan di dalam hunian. Kamu juga bisa melengkapi keindahan pada ruangan dengan memanfaatkan model pencahayaan yang tepat.

Plafon GRC Klasik

plafon-grc

Sumber: Harga Depo

Selanjutnya yang paling sering dipakai adalah model klasik. Model plafon ini mampu menampilkan kesan yang nyaman tanpa mengurangi fungsi plafon untuk menutupi langit-langit pada ruangan.

Model plafon klasik ini bisa kamu padukan dengan lampu hias atau lampu gantung yang serasi dengan konsep hunian. Dengan aksen-aksen khas yang terdapat pada plafon klasik ini memberi daya tarik yang tidak ketinggalan zaman.

Kelebihan Plafon GRC

Sumber: Pin Home

Sebelum kamu menentukan jenis plafon yang akan kamu gunakan untuk hunian kamu, ada baiknya untuk mencari tahu kelebihan dan kekurangan dari jenis plafon tersebut. Berikut beberapa kelebihannya:

Tahan Air dan Api

Plafon GRC memiliki kelebihan dengan ketahanannya terhadap api dan air. Plafon ini tidak akan mudah rusak jika terkena air. Ia juga cenderung tidak mudah terbakar oleh api dibandingkan dengan model plafon tripleks.

Cocok untuk Ruangan dengan Kelembaban yang Tinggi

Dengan kemampuannya yang tahan terhadap air membuat jenis plafon ini sangat cocok diterapkan pada ruangan-ruangan yang memiliki kemungkinan terpapar kelembaban yang tinggi.

Salah satu contohnya adalah dengan menerapkan plafon GRC pada langit-langit dapur, kamar mandi, bahkan teras rumah karena kemungkinannya terkena cipratan air lebih besar daripada di ruangan lain di dalam rumah.

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Lebih Murah

Kelebihan lain yang pasti kamu jadikan pertimbangan adalah karena plafon GRC memiliki harga yang relatif terjangkau. Tentu saja hal ini dapat menjadi alasan mengapa plafon GRC menjadi lebih populer digunakan untuk melengkapi keindahan pada hunian kamu.

Tahan Lama

Plafon GRC menjadi salah satu plafon yang dikenal dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama. Hal ini berarti kamu bisa menghemat banyak anggaran yang mungkin perlu digunakan untuk merenovasi area langit-langit rumah jika menggunakan material lain.

Plafon ini disebut-sebut memiliki ketahanan hingga 25 tahun, lho. Kemampuan ini menjadi keunggulan plafon GRC dibandingkan dengan model plafon lain, seperti plafon gypsum.

Mudah Dipasang

Desainnya yang ringan dan sangat fleksibel membuat sangat mudah dipasang. Terutama pada plafon GRC dengan jenis lembaran atau board. Plafon ini juga tidak membutuhkan proses plamir pada tahap pengecatannya, sehingga memudahkan tukang untuk memasang plafon.

Dapat Dibentuk Sesuai Keinginan

Berbeda dengan jenis plafon lain, model plafon GRC ini mempunyai sifat yang fleksibel dan mudah sekali dibentuk. Campuran glassfiber yang membentuk plafon GRC ini membuat plafon menjadi tidak mudah pecah, sehingga akan lebih mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan atau keinginan kamu.

Langit-Langit yang Melengkung

Dengan sifat yang sangat luwes dan mudah dibentuk membuat plafon ini sangat mungkin untuk dibentuk menjadi langit-langit dengan bentuk melengkung.

Plafon GRC ini dapat dilengkungkan hingga pada titik kelengkungan tertentu, sehingga sangat mungkin untuk dibentuk sedemikian rupa menjadi bentuk-bentuk tertentu seperti kubah.

Bahan untuk Penyekat Ruang

Tidak hanya dapat digunakan untuk plafon rumah, bahan plafon GRC yang berbentuk lembaran ini juga bisa kamu manfaatkan sebagai penyekat antar ruangan. Dengan begitu, kamu bisa menghemat lebih banyak anggaran jika menggunakan material ini.

Baca juga: Cara Pasang Plafon PVC pada Rangka Kayu Rumah

Kekurangan Plafon GRC

plafon-grc

Sumber: Pin Home

Dengan banyaknya keunggulan yang diberikan oleh jenis plafon ini, ternyata juga memiliki beberapa kelemahan, yakni:

  • Kurang tahan terhadap benturan
  • Walaupun proses pemasangannya mudah, namun jika diperhitungkan dengan tepat membutuhkan alat dan waktu yang cukup lama
  • Jenis plafon ini belum banyak tersebar ke daerah-daerah pelosok
  • Harga per lembarnya memang cukup murah, akan tetapi jika kamu sesuaikan bentuknya dengan kebutuhan, maka harganya bisa cukup mahal

Perbedaan GRC dengan PVC

plafon-grc

Nah, untuk memudahkan kamu mempertimbangkan jenis plafon yang akan kamu pilih, coba cek perbandingan GRC vs PVC di sini.

Selain itu, berikut adalah beberapa harga dan ukuran yang bisa kamu jadikan pertimbangan.

Baca juga: Tips menghias Plafon Rumah, Bikin Tampilan Makin Menawan

Untuk kamu yang sudah menemukan jenis plafon mana yang akan kamu gunakan, kamu bisa menyerahkan pekerjaan pemasangan plafon ini kepada tukang Kanggo.

Tukang Kanggo sudah teruji dan dipercaya untuk mengerjakan banyak kebutuhan home improvement. Misalnya, perbaikan nat keramik yang berlubang, perbaikan talang air, pengecatan ruangan, hingga pemasangan dan perbaikan plafon bisa Kanggo kerjakan dengan baik.

Terutama bagi kamu yang tinggal di sekitar Jabodetabek, kamu bisa langsung memanggil tukang Kanggo melalui aplikasi yang sudah mereka sediakan untuk kamu. Tinggal klik, besok tukang pasti datang. Jadi, tunggu apa lagi?  Yuk, unduh di PlayStore atau App Store!

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami