BerandaBlog
Persiapkan 5 Hal Penting Ini untuk Rumah Aman Saat Musim Hujan

Persiapkan 5 Hal Penting Ini untuk Rumah Aman Saat Musim Hujan

Bagikan
Persiapkan 5 Hal Penting Ini untuk Rumah Aman Saat Musim Hujan
Nov 29, 2021

Musim hujan telah tiba. Memasuki musim ini, tentu banyak hal yang telah kita persiapkan seperti selalu membawa payung dan jas hujan, menyiapkan sepatu cadangan, hingga lebih rutin mengkonsumsi vitamin dan suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh. Lalu bagaimana dengan persiapan musim hujan untuk rumah Anda?

Ada beberapa hal yang perlu disiapkan agar rumah tetap aman dan nyaman selama musim hujan. Yuk cek beberapa hal penting berikut ini!

Baca Juga: Tips Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat, Simpel dan Mudah

1. Pastikan Talang & Pipa Air Berfungsi dengan Baik

Di luar musim hujan, mungkin Anda jarang memperhatikan talang dan pipa saluran air hujan. Padahal bagian ini sangat krusial selama musim hujan agar air hujan dapat tersalurkan dengan baik ke tanah dan tidak membebani atap.

Ada baiknya Anda memeriksa talang air rumah Anda dan membersihkannya dari sampah atau daun kering. Sumbatan talang air dapat mengakibatkan meluapnya saluran pembuangan air hingga pipa pecah karena tekanan.

2. Perhatikan Kelembapan Ruangan

Selama musim hujan, kelembapan di dalam rumah Anda biasanya meningkat. Kelembapan yang tinggi dapat merusak peralatan elektronik hingga material rumah Anda, seperti dinding dan besi. Untuk mempertahankan kelembapan ruangan selama musim hujan, Anda dapat menutup beberapa area yang terbuka dan menggunakan air dehumidifier.

3. Sedia Senter atau Lilin selama Musim Hujan

Musim hujan di Indonesia identik dengan pemadaman listrik. Persiapkan senter atau lilin sebagai cahaya bantuan jika terjadi pemadaman. Anda juga dapat menyiapkan kipas portable dan powerbank untuk berjaga-jaga jika durasi pemadaman lebih panjang.

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Jika Anda bekerja dari rumah dan sangat membutuhkan listrik, Anda dapat menyiapkan genset agar pekerjaan tidak tertunda meski listrik padam.

Baca Juga: Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Nggak Pakai Ribet

4. Membersihkan Halaman & Saluran Air

Sampah daun kering di halaman dapat tersapu air hujan dan masuk ke saluran air yang mengakibatkan sumbatan, hal ini akan menyebabkan banjir. Semakin lama dan semakin deras intensitas hujan, aliran air tersebut berpotensi masuk ke dalam rumah.

Selain itu, genangan air yang muncul akibat durasi hujan yang lama dan tidak adanya matahari bisa menjadi sarang nyamuk untuk bertelur. Tentu Anda sudah mengetahui berbagai penyakit yang bisa ditularkan melalui gigitan nyamuk. Itulah mengapa membersihkan halaman dan saluran air penting agar rumah aman saat musim hujan.

5. Perbaiki Atap Rumah untuk Persiapan Musim Hujan

Saat sedang tidak hujan, ada baiknya Anda mengecek kondisi melihat kondisi atap rumah untuk memastikan jika ada genting yang pecah, retak, atau bergeser. Ketiga masalah itu akan menyebabkan kebocoran di rumah.

Meski biasanya tanda kebocoran atap dapat langsung terlihat seperti air yang mengalir ke dalam rumah atau bekas basah di dinding, namun ada kebocoran kecil yang belum terlihat dan berpotensi menjadi kebocoran parah jika dibiarkan. 

Menemukan kebocoran atap? Jangan ditunda, perbaiki sekarang juga agar tidak mengganggu kenyamanan rumah Anda. Perbaikan atap bocor lebih mudah jika diserahkan pada ahlinya. Kanggo siap membantu Anda menemukan tukang perbaikan atap berpengalaman.

Dengan Kanggo, cari tukang untuk segala kebutuhan perbaikan rumah Anda, mulai dari perbaikan dinding, pengecatan, pasang keramik, instalasi listrik, hingga renovasi jadi lebih mudah. Download aplikasi Kanggo di Play Store dan App Store sekarang. Kanggo, #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami