BerandaBlog
Kuda-Kuda Baja Ringan dan Pentingnya Konstruksi Atap

Kuda-Kuda Baja Ringan dan Pentingnya Konstruksi Atap

Bagikan
Kuda-Kuda Baja Ringan dan Pentingnya Konstruksi Atap
Feb 15, 2022

Konstruksi kuda-kuda baja ringan pada atap merupakan suatu rangka yang memiliki peran sebagai penopang beban atap sekaligus memberikan bentuk pada atap rumah. Atap merupakan salah satu bagian dari bangunan yang penting, sebab mempunyai fungsi untuk melindungi bangunan yang berada di bawah atap tersebut.

Pemasangan atap pada sebuah bangunan, harus dikerjakan sebaik mungkin supaya konstruksinya kokoh, kuat, dan awet. Sebelum melakukan pemasangan atap bangunan, cukup penting dalam menentukan dahulu mengenai jenis konstruksi atap yang akan dipakai.

Sekarang ini, pemakaian rangka atap dari kayu memang masih banyak dipergunakan oleh masyarakat Indonesia. Akan tetapi, menggunakan konstruksi atap baja ringan kini lebih banyak peminatnya. Hal ini disebabkan baja ringan mempunyai daya tahan yang cukup lama, kokoh, dan kuat.

Baca Juga: Keunggulan Rangka Baja Ringan untuk Atap Miring

Kuda-kuda Baja Ringan dan Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pemasangan

Pernahkah Anda mendengar rangka baja ringan bangunan roboh akibat tiupan angin kencang atau guncangan gempa? Tentunya, peristiwa semacam itu merugikan bagi banyak pihak. Baik dari sisi pemilik bangunan, penghuni, bahkan kontraktor pembangunan bangunan itu.

Oleh sebab itu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai cara pemasangan konstruksi atap baja ringan yang sesuai dengan standar keamanan pemasangan. Tujuannya adalah supaya bangunannya selalu kokoh.

Pemilihan Atap yang Tepat

Memakai konstruksi atap dari jenis material baja ringan mempunyai banyak keunggulan yang tak dimiliki oleh konstruksi atap besi maupun kayu. Konstruksi atap baja ringan setengah kuda-kuda dapat menyangga atap bangunan secara sempurna serta tidak gampang goyah dan berkarat. Sehingga keamanan bangunan akan lebih terjamin.

Nah, agar bangunan selalu kokoh dengan memakai kuda-kuda baja ringan ini, maka terdapat sejumlah hal yang penting untuk diperhatikan ketika memasangnya.

Baca Juga: Perbandingan Atap Genteng dan Cor, Mana yang Lebih Bagus?

Menentukan Bentuk Atap Rumah

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan yakni menentukan bentuk atap rumah Anda. Sebab, bentuk atap tak hanya memberikan estetika semata, akan tetapi tiap-tiap bentuk atap rumah juga mempunyai nilai fungsional berbeda. Teknik pemasangannya pun tidak sama.

Baca Juga: Cara Pasang Baja Ringan untuk Rangka Atap Rumah

Menentukan Material Atap Rumah

Jenis atap rumah berdasarkan material pun beragam. Dari yang ringan hingga berat. Apabila atap yang dipakai tergolong berat, maka beban pun harus ditopang dengan menggunakan baja ringan dan berat. Hal itu pun akan mempengaruhi ketebalan baja ringan yang dipakai dan juga jarak rangka baja ringan jadi semakin rapat.

Akan tetapi, bila terlalu ringan, maka atap menjadi cukup ringkih ketika tertiup angin kencang, hujan deras, terinjak, dan terbentur benda yang keras. Untuk atap jenis baja ringan, minimal ketebalannya yang disarankan oleh SNI untuk bangunan perumahan yaitu 0,25 mm.

Pemasangan oleh Ahlinya

Untuk mencegah kesalahan pada saat memasang rangka atap baja ringan yang bisa membahayakan keselamatan diri sendiri, maka pemasangan kuda-kuda baja ringan tersebut harus dikerjakan oleh ahlinya.

Jika Anda perlu tukang untuk melakukan pemasangan rangka atap baja ringan, Anda bisa mencari tukang atap di Kanggo.

Pastikan Material Baja Ringan Anda Bergaransi Resmi dan Berkualitas

Material dari baja ringan juga merupakan hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih baja ringan. Kualitas dari baja ringan adalah penentu dari kekuatan baja ringan itu sendiri. Oleh sebab itu, pastikan material baja ringan Anda mempunyai garansi resmi dan berkualitas.

Itu tadi sejumlah hal yang perlu diperhatikan ketika memasang kuda-kuda baja ringan untuk atap Anda. Anda perlu mengetahui apa saja yang harus dicermati dalam memasang baja ringan. Harus pandai memilih dan juga menentukan material baja ringan yang bagus dan aman untuk Anda, serta mencari tukang yang ahli di bidang tersebut.

Butuh pemasangan rangka atap dan perbaikan lainnya? Kanggo siap membantu Anda menemukan tukang profesional untuk segala kebutuhan perbaikan rumah Anda, mulai dari perbaikan atap, toilet, pasang keramik, instalasi listrik, hingga renovasi.

Download aplikasi Kanggo di Play Store & App Store sekarang. Kanggo, #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami