BerandaBlog
Cara Pasang Baja Ringan untuk Rangka Atap Rumah

Cara Pasang Baja Ringan untuk Rangka Atap Rumah

Bagikan
Cara Pasang Baja Ringan untuk Rangka Atap Rumah
Mar 6, 2022

Pasang baja ringan sering menjadi pilihan untuk rangka atap karena berbagai keunggulan yang dimilikinya. Beberapa diantaranya adalah material yang tipis namun kuat, mudah dibentuk, dan tahan lama. Tak hanya itu, baja ringan pun cukup terjangkau dari segi harga.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, pemasangan rangka atap baja ringan tetap harus dilakukan dengan tepat. Apalagi atap merupakan salah satu bagian penting pada rumah yang perlu diperhatikan detail pemasangannya. Jika ada kesalahan, bisa jadi muncul masalah pada atap rumah di kemudian hari.

Untuk menghindari hal tersebut, pastikan Anda mengetahui langkah-langkah dalam pemasangan baja ringan. Simak pembahasan lengkapnya berikut ini, ya!

Cara Pasang Baja Ringan yang Tepat

Sebelum melakukan pemasangan, pastikan Anda menggunakan alat pelindung keselamatan kerja. Siapkan juga desain rangka atap yang ingin Anda pasang pada rumah. Desain ini yang akan menjadi acuan dalam pemasangan baja ringan nantinya.

Persiapan Alat dan Bahan

Bahan paling utama yang perlu Anda siapkan adalah baja ringan. Sesuaikan jumlah baja ringan dengan kebutuhan pembuatan rangka atap rumah. Anda bisa mengukur atap terlebih dahulu agar tidak kekurangan material ketika pemasangan berlangsung.

Selain baja ringan, berikut beberapa alat yang juga perlu Anda siapkan:

  1. Bor
  2. Meteran
  3. Hexagonal socket
  4. Mesin pemotong dan gergaji
  5. Alat penyiku
  6. Palu
  7. Selang air
  8. Sekrup atau baut

Persiapan Dinding dan Area Atap

Sebelum pasang baja ringan, Anda perlu memastikan kalau bagian dinding sudah kuat dan tidak ada masalah. Jika Anda menemukan ada lubang, retak, atau kecacatan lain pada dinding, maka perbaiki dulu bagian tersebut. Begitu dinding tidak ada masalah lagi, baru proses pemasangan baja ringan bisa Anda lanjutkan.

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Selain itu, pastikan dinding bagian atas dan area atap yang akan dipasang sudah bersih. Anda bisa membersihkannya dengan kain secara hati-hati. Jika ada kotoran yang agak sulit dibersihkan, Anda bisa menggunakan kain basah.

Perakitan Rangka Baja Ringan

Langkah selanjutnya adalah perakitan rangka atap baja ringan sesuai dengan desain yang Anda miliki. Pada proses ini, Anda perlu merakitnya dengan hati-hati dan teliti. Terutama ukuran potongan baja ringan yang harus sesuai dengan rangka atap rumah Anda.

Untuk proses perakitan ini, Anda akan menggunakan alat-alat seperti bor, mesin pemotong atau gergaji, dan lain sebagainya. Pastikan posisi rangka baja ringan sesuai dengan desain, terutama posisi kiri dan kanan. Jangan sampai terbalik sehingga menjadi tidak pas ketika dipasang pada atap nanti.

Pemasangan Rangka Baja Ringan

Langkah terakhir adalah pasang baja ringan yang sudah dirakit pada atap. Pasang rangka baja ringan tersebut pada bagian atap rumah. Kencangkan dengan sekrup pada bagian-bagian yang longgar agar rangka atap semakin kuat.

Pastikan Baja Ringan Terpasang dengan Kokoh

Saat melakukan pemasangan rangka baja ringan, hal yang terpenting adalah memastikan hasilnya kokoh dan tahan lama. Pastikan rangka atap tidak mudah goyah, apalagi terbawa angin kencang. Untuk itu, Anda perlu mempraktekkan cara pemasangan yang tepat dan desain rangka atap sesuai kebutuhan.

Jika Anda kesulitan untuk memasang rangka atap sendiri, Anda bisa meminta bantuan jasa profesional pada Kanggo. Kanggo siap menyediakan tukang berpengalaman yang akan membantu urusan pemasangan atap rumah Anda.

Jadi serahkan saja urusan pasang baja ringan untuk rangka atap rumah Anda pada tukang di Kanggo. Segera download aplikasinya melalui Play Store atau App Store. Kanggo, #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami