BerandaBlog
7 Ide Motif Keramik Dinding Dapur, Unik Sekaligus Estetik

7 Ide Motif Keramik Dinding Dapur, Unik Sekaligus Estetik

Bagikan
7 Ide Motif Keramik Dinding Dapur, Unik Sekaligus Estetik
Agt 16, 2022

Keramik dinding dapur banyak digunakan untuk ekstensi countertop secara vertikal atau dikenal dengan sebutan backsplash. Memang kehadiran backsplash ini sebetulnya fungsional, yaitu mencegah dinding di baliknya rusak karena cipratan air atau minyak.

Namun, dengan pemilihan motif keramik dinding dapur yang tepat, backsplash juga dapat menjadi ornamen estetik.

Baca juga: Desain Kamar Mandi Minimalis: Nyaman Sekaligus Fungsional

Karena itu, pemilihannya perlu mempertimbangkan banyak aspek, mulai dari desain dapur secara keseluruhan hingga warna perabot. Kalau kamu sedang mencari keramik dinding dapur, ide motif-motif di bawah ini bisa kamu jadikan inspirasi. Silakan disimak!

Motif Keramik Dinding Dapur 3D

Jadikan backsplash sebagai focal point dengan menerapkan motif keramik 3D.
Jadikan backsplash sebagai focal point dengan menerapkan motif keramik 3D.

Sumber: https://backsplash.com/

Kalau kamu menginginkan dapur yang simpel sekaligus unik, motif keramik dinding dapur 3D dapat menjadi pilihan. Bentuk tiga dimensinya akan seketika menjadikan backsplash tersebut focal point di dapurmu.

Jadi, tak masalah bila kamu menerapkan warna monokrom di dapur. Kamu bisa menjatuhkan pilihan pada warna abu-abu atau putih.

Jika seluruh bagian kitchen cabinet dan countertop berwarna abu-abu, gunakanlah motif keramik dinding dapur 3D berwarna putih. Dapur yang identik dengan kegiatan memasak yang sibuk pasti seketika terasa lebih menenangkan sekaligus unik.

Keramik Dinding Dapur Motif Bunga

Temukan keramik dinding dapur motif bunga dengan warna netral untuk menciptakan kesan anggun.
Temukan keramik dinding dapur motif bunga dengan warna netral untuk menciptakan kesan anggun.

Sumber: https://backsplash.com/

Ketika mendengar keramik dinding dapur motif bunga, kesan apa yang terlintas pertama kali di pikiranmu? Meriah ataukah berwarna? Tentu saja dapur akan meriah dan berwarna bila kamu menerapkan keramik motif bunga warna-warni.

Bagaimana jika kamu ingin keramik dinding bermotif bunga, tetapi dapur tetap terlihat kalem? Tidak perlu khawatir sebab di pasaran ada keramik dinding dengan motif bunga yang simpel dan warna netral seperti pada gambar.

Perpaduan keramik dinding dapur motif bunga berwarna putih, abu muda, dan abu tua dengan countertop marmer putih sungguh membuat dapurmu terlihat anggun.

Baca juga: Fresh dan Anggun dengan Kombinasi Cat Rumah Warna Putih

Lebih dari itu, bunga juga dipercaya melambangkan hal-hal tertentu. Kalau kamu menyukai nilai-nilai sejarah dan ingin mengadopsinya ke dalam desain, bentuk bunga kawung seperti gambar di atas patut dijadikan pilihan.

Merunut dari sejarah motif batik, bunga kawung melambangkan kehidupan manusia. Tujuannya, agar manusia tidak lupa dengan asal-usulnya.

Bagaimana jika kamu ingin menunjukkan kesan atau menghadirkan makna lain? Sebut saja, motif keramik bunga tulip kuning bisa kamu pilih jika mau menampilkan kesan bersahabat serta kegembiraan. Dengan begitu, dapur dapat menjadi source of joy bagi para penghuninya.

Keramik Dinding Dapur Model Terbaru

Berasal dari tradisi seni Maroko, keramik zellige siap membuat dapurmu tampak trendi dan klasik.
Berasal dari tradisi seni Maroko, keramik zellige siap membuat dapurmu tampak trendi dan klasik.

Sumber: https://www.houzz.com/

Backsplash keramik zellige biru di dapur modern memberikan kesan kontemporer sekaligus klasik. Meskipun sudah lama hadir sebagai tradisi seni Maroko, belakangan ini zellige kembali menjadi salah satu tren model keramik dinding dapur. Permukaannya yang mengilap dan sedikit kasar memberikan tampilan keren.

Dapur yang terdiri dari lemari kayu sederhana pada gambar di atas pun jadi tampak berbeda dengan kehadiran backsplash zellige berwarna biru. Salah satu keramik dinding dapur model terbaru ini menciptakan suasana indah serta mampu menarik perhatian.

Keramik tersebut juga memberikan tampilan gaya dengan strukturnya yang cerah sekaligus menciptakan efek menyegarkan. Memandang backsplash yang satu ini terasa sedang melihat lautan lepas, ya?

Keramik Dinding Dapur Elegan

Keramik dinding dapur berwarna hitam dan putih dapat memberikan kesan elegan.
Keramik dinding dapur berwarna hitam dan putih dapat memberikan kesan elegan.

Sumber: https://www.houzz.com/

Dengan melihat sepintas saja, jelas sekali bahwa dapur yang satu ini menawarkan kesan modern. Terlihat dari perpaduan kabinet berwarna hitam dan peralatan dapur yang serba canggih.

Di dapur modern seperti ini, kamu lebih mudah menghadirkan kesan mewah atau elegan. Kalau kamu ingin memasang keramik dinding dapur elegan, gunakanlah keramik dengan kombinasi warna hitam dan putih dengan motif relatif unik, tetapi tidak terlalu rumit seperti pada gambar.

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Motif keramik backsplash yang simpel sekaligus elegan juga bisa menjadi ornamen, tanpa kamu harus memasang hiasan tertentu. Jadi, motif keramik dinding dapur elegan ini juga sesuai bagi kamu yang ingin membuat dapur minimalis.

Baca juga: Inspirasi Model Dapur Minimalis untuk Segala Jenis Hunian

Contoh Keramik Dinding Dapur Terrazo

Terrazzo dan keramik berwarna netral merupakan contoh keramik dinding dapur yang cocok dikombinasikan dengan kitchen cabinet berwarna.
Terrazzo dan keramik berwarna netral merupakan contoh keramik dinding dapur yang cocok dikombinasikan dengan kitchen cabinet berwarna.

Sumber: https://www.ruparupa.com/

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pemilihan keramik untuk backsplash perlu disesuaikan dengan desain serta warna perlengkapan dapur. Karena itu, kamu perlu cermat sekali memilih motif dan warna keramik, terlebih jika kamu ingin memasang kitchen cabinet warna-warni.

Apakah kamu ingin membuat dapur lebih colorful dengan lemari dapur berwarna terracota atau hijau pastel? Kalau begitu, pertimbangkanlah motif terrazo untuk bagian backsplash.

Terrazo adalah salah satu contoh keramik dinding dapur yang bisa membuatmu leluasa memasang perabot dalam aneka warna.

Bagaimana bila kamu ingin memberikan kesan fresh dari penggunaan warna tertentu, tetapi tak ingin terlalu banyak warna? Kamu selalu bisa memanfaatkan warna netral dan mengombinasikannya dengan kitchen cabinet berwarna.

Dengan begitu, dinding serta backsplash tidak terkesan meriah. Sebaliknya, lemari dapur dapat menjadi focal point.

Motif Keramik Dinding Dapur Hexagonal

Dapatkan kesan klasik dan kontemporer dengan pemasangan keramik dinding dapur berbentuk hexagonal.
Dapatkan kesan klasik dan kontemporer dengan pemasangan keramik dinding dapur berbentuk hexagonal.

Sumber: https://www.houzz.com/

Apakah kamu berencana untuk mengganti keramik dinding dapur dan bosan dengan motif keramik kebanyakan? Pertimbangkanlah, keramik dengan bentuk hexagonal yang lebar.

Meskipun keramik segi enam bukan tren terbaru, bentuk ini tetap fit dengan konsep dapur kontemporer berkat bentuk geometrinya. Salah satu kuncinya terletak pada pemilihan warna.

Untuk kamu yang akan renovasi dapur kontemporer, gunakanlah keramik segi enam berwarna abu-abu muda seperti pada gambar. Dapur ini menawarkan fitur dan aksen yang unik, yaitu bagian backsplash dan dinding seolah berpadu tanpa sekat.

Dominasi warna putih dan abu-abu tidak membuat dapur tersebut terasa flat dengan penambahan flooring kayu. Kesan hangat seketika terasa karena kehadiran warna kayu yang natural.

Baca juga: Unik dan Cantik, Inilah Ide Desain Rumah Kayu Minimalis

Wah, dapur milikmu jadi terkesan klasik sekaligus memiliki sentuhan modern pada saat bersamaan!

Selain itu, ukuran keramik yang dipasang juga relatif cukup besar dibandingkan dengan ukuran backsplash pada umumnya. Ukuran keramik dinding yang lebar ini akan membuat dapur terkesan lebih luas.

Jadi, pemasangan keramik berukuran lebar dengan bentuk segi enam ini juga dapat menjadi trik menciptakan kesan luas di dapur yang mungil.

Keramik Dinding Dapur Motif Buah

Untuk menciptakan kesan artsy dan segar, keramik dinding dapur motif buah bisa menjadi pertimbangan.
Untuk menciptakan kesan artsy dan segar, keramik dinding dapur motif buah bisa menjadi pertimbangan.

Sumber: https://www.dekoruma.com/

Keramik dinding dapur motif buah kami rekomendasikan untuk kamu yang menginginkan dapur terlihat artsy dan terkesan segar. Motif buah seperti pada gambar bisa dibuat dengan menggabungkan potongan-potongan keramik menggunakan teknik mosaik.

Untuk sebagian orang, mungkin menyusun keramik dinding motif buah dengan teknik mosaik terasa rumit. Solusinya ialah meminta bantuan tukang profesional. Namun, tentu tantangannya terletak pada menemukan tukang dengan keterampilan mumpuni.

Kabar baiknya, kini kamu sudah tidak perlu pusing lagi jika membutuhkan bantuan tukang profesional dan terampil sebab ada Kanggo.

Kanggo adalah aplikasi tukang bangunan online yang siap menjawab aneka kebutuhanmu, mulai dari pemasangan plafon, perbaikan dinding, pengecatan rumah, hingga pemasangan keramik.

Untuk kamu yang tinggal di Jabodetabek dan berencana ingin memasang backsplash di dapur, kamu bisa menyerahkannya kepada tukang Kanggo. Gunakan aplikasi Kanggo, dan tukang Kanggo siap membantu mewujudkan dapur impianmu. Dengan aplikasi Kanggo #TukangReadyToGo, pesan tukang menjadi sangat mudah, tinggal klik, besok tukang pasti datang.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera install aplikasi Kanggo sekarang melalui App Store atau Google Play dan keramik dinding dapur idamanmu bisa segera terpasang dengan cantik!

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami