BerandaBlog
Kloset Jongkok atau Duduk, Mana yang Terbaik untuk Kamar Mandi Rumah?

Kloset Jongkok atau Duduk, Mana yang Terbaik untuk Kamar Mandi Rumah?

Bagikan
Kloset Jongkok atau Duduk, Mana yang Terbaik untuk Kamar Mandi Rumah?
Des 23, 2021

Saat membangun atau melakukan renovasi kamar mandi, Anda mungkin dihadapkan pada pilihan jenis kloset jongkok atau duduk. Sebagian besar kamar mandi di rumah modern saat ini menggunakan kloset duduk karena berbagai alasan. Salah satu alasannya adalah desain kloset duduk yang dianggap lebih menarik dan modern.

Padahal dari segi fungsional, kloset jongkok dan duduk memiliki kelebihannya masing-masing lho! Berikut ini beberapa kelebihan masing-masing jenis kloset yang bisa Anda pertimbangkan saat memilih yang terbaik untuk kamar mandi rumah.

Baca Juga: 7 Desain Kamar Mandi Minimalis, Nyaman dan Bikin Betah!

Kelebihan Jenis Kloset Jongkok 

  1. Sesuai dengan Posisi Ideal Buang Air

Berbagai penelitian ilmiah menunjukkan posisi jongkok adalah posisi yang ideal untuk buang air besar. Faktanya, hal ini memang berkaitan dengan postur tubuh dan kinerja otot saat jongkok.

Posisi jongkok mengharuskan seseorang menekuk pahanya ke arah perut, sehingga meningkatkan tekanan di perut.  sehingga pahanya ditekuk di atas perut. Hal tersebut sebenarnya meningkatkan tekanan di perut. Selain itu, posisi ini juga posisi jongkok membantu otot puborectalis, mengontrol ketegangan perut, menjadi rileks.

  1. Mengurangi Kontak Langsung dengan Kloset

Penggunaan kloset jongkok ternyata dianggap lebih higienis oleh sebagian orang. Hal ini dikarenakan posisi jongkok mengurangi kontak langsung kulit dengan permukaan kloset. 

Meski begitu, hal ini juga perlu mempertimbangkan kebersihan toilet secara umum. Toilet yang kurang bersih, tidak peduli jenis klosetnya, tentu tidak higienis dan rentan menjadi tempat penularan penyakit.

Kelebihan Kloset Duduk

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami
  1. Lebih Nyaman dan Mudah Digunakan Segala Usia

Kloset duduk mengurangi beban pada lutut dan ketegangan pada bagian tubuh lainnya dibandingkan dengan kloset jongkok. Posisi duduk juga memudahkan pengguna dari berbagai usia seperti anak-anak dan lansia.

Selain itu, kloset model duduk juga lebih nyaman dan aman untuk ibu hamil, orang dengan penyakit sendi, dan mereka yang baru saja menjalani operasi.

  1. Desain Lebih Menarik & Modern

Jika Anda memiliki desain kamar mandi modern, tentu kloset duduk menjadi pilihan pertama Anda. Hal ini dikarenakan kloset jenis ini memiliki model dan desain yang modern. Bahkan beberapa merek kloset duduk sudah dilengkapi fitur canggih mulai dari penyiram otomatis hingga penghangat dudukan kloset.

Baca Juga: Mau Kamar Mandi Sederhana Tapi Bersih? Ikuti Langkahnya Disini!

Pertimbangan Memilih Kloset Jongkok atau Duduk

Kloset jongkok maupun duduk memiliki kelebihannya masing-masing. Jenis kloset terbaik untuk kamar mandi rumah menjadi pilihan Anda sepenuhnya.

Untuk memilih kloset, Anda dapat mempertimbangkan beberapa hal seperti siapa saja yang akan menggunakannya. Setiap anggota keluarga tentu memiliki kebutuhan masing-masing yang perlu Anda pertimbangkan. Selain itu, perhatikan luas ruangan kamar mandi Anda sebelum memilih ukuran kloset.

Itulah pertimbangan memilih jenis kloset yang terbaik untuk kamar mandi rumah. Butuh jasa bongkar-pasang kloset atau perbaikan toilet lainnya? Kanggo siap membantu Anda menemukan tukang untuk segala kebutuhan perbaikan rumah Anda, mulai dari perbaikan toilet, dapur, pasang keramik, instalasi listrik, hingga renovasi.

Download aplikasi Kanggo di Play Store & App Store sekarang. Kanggo, #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami