BerandaBlog
9 Desain Taman Belakang Rumah Modern Anti Mainstream

9 Desain Taman Belakang Rumah Modern Anti Mainstream

Bagikan
9 Desain Taman Belakang Rumah Modern Anti Mainstream
Okt 30, 2022

Tak sedikit orang yang ingin memiliki taman belakang rumah yang sejuk. Ruang hijau ini bisa menjadi short escape bagi kamu atau anggota keluarga ketika sudah lelah beraktivitas seharian. Selain untuk menyejukkan udara di sekitar rumah, keberadaan taman juga dapat menghadirkan tampilan rumah yang menarik, lho! Kamu mempunyai lahan kosong di belakang rumah, tapi bingung bagaimana cara menatanya supaya terlihat cantik? Nah, jadikan saja taman yang bisa mempercantik tampilan rumah milikmu. Berikut ini ada beberapa inspirasi desain taman belakang rumah yang bisa kamu tiru. Simak, yuk!

Desain Taman Belakang Rumah Bergaya Rustic

Taman belakang rumah bisa didesain dengan gaya Bohemian.
Taman belakang rumah bisa didesain dengan gaya Bohemian.

Sumber: Greenville Journal

Dengan pendekatan pola dan warna, halaman belakang rumah bisa tampil lebih menawan dengan mengusung konsep rustic.

Dengan mengusung konsep rustic, kamu bisa membangun sebuah gazebo di tengah taman. Desain taman belakang rumah dengan gazebo bisa digunakan untuk melepas lelah setelah lelah seharian bekerja. Pilihlah warna natural untuk kayu pada gazebonya. Kemudian, tambahkan dekorasi warna senada, seperti cushion warna netral agar selaras dengan konsep taman belakang rumahmu.

Selain menempatkan gazebo di taman, kamu juga bisa menempatkan sofa L dan meja yang terbuat dari rotan seperti gambar di atas. Tambahkan pula dekorasi pendukung lainnya seperti vas bunga dan lilin untuk mempercantik taman belakang rumahmu.

Desain Taman Belakang Rumah dengan Playground

Desain taman belakang dengan playground bisa menjadi tempat wisata mini untuk anak-anak.

Sumber: Install It Direct

Memiliki lahan belakang rumah yang cukup luas memang ada keuntungan tersendiri. Apalagi jika sudah tertanam pohon dengan ukuran yang cukup besar sehingga bisa dijadikan taman bermain yang cukup menarik.

Pohon besar tersebut bisa dimanfaatkan menjadi rumah pohon dan area di bawahnya bisa dijadikan playground, lho! Taman belakang rumah dengan tema ini bisa menjadi tempat wisata mini untuk anak-anak.

Desain Konsep Outdoor

Taman berkonsep outdoor dapat disatukan dengan area lain, misalnya dapur atau ruang makan.

Sumber: Orami

Konsep alam bebas dan terbuka (outdoor) menjadi pilihan terbaik untuk menghadirkan desain taman belakang rumah yang sederhana. Kamu bahkan dapat menyatukan taman dengan area ruang makan, dapur atau laundry room.

Supaya area santaimu lebih nyaman, tambahkan furnitur set meja dan kursi. Sedangkan untuk menambah suasana sejuk dan desain taman belakang rumahmu semakin menarik, letakkan tanaman hijau atau beberapa tanaman bunga, ya.

Baca juga: Hunian Lebih Hidup Dengan Kolam Ikan Minimalis Depan Rumah

Desain Konsep Indoor

Sumber: Alacasa

Jika hunianmu tidak memiliki lahan yang cukup luas seperti rumah type 36, kamu bisa menerapkan desain taman belakang rumah dengan konsep indoor. Supaya mendapatkan suasa sejuk, kamu dapat meletakkan taman di samping dapur yang mendapat pencahayaan cukup, ya. Jika perlu, kamu dapat menggunakan atap transparan khusus pada desain taman belakang rumah type 36 agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam taman dan membuat proses fotosintesis tanaman bisa berlangsung.

Desain dengan Material yang Simple dan Minimalis

Sumber: Architizer

Apabila kamu menginginkan tampilan taman belakang rumah yang minimalis, jangan khawatir! Kamu bisa menciptakan taman belakang rumah minimalis modern dan simple, lho!

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Untuk memberi kesan alami, taman pada gambar di atas didekorasi dengan gaya minimalis melalui penggunaan warna dan material yang simple, seperti menggunakan semen, batu, dan keramik. Selain itu, furnitur seperti meja dan kursi yang digunakan di taman juga harus berdesain simple.

Jangan lupakan tanaman yang ditata dengan rapi di sekeliling taman, ya! Pilihlah tanaman yang mudah dirawat dan memiliki bentuk serasi sesuai tampilan taman belakang rumahmu.

Baca juga: Ketahui 13 Cara Menata Taman Depan Rumah Sederhana!

Desain Taman Belakang Rumah dengan Kolam Ikan

Kamu juga dapat mempercantik taman belakang rumahmu dengan paduan air dan batu koral. Kombinasi kedua elemen tersebut mampu memberikan kesan yang tidak monoton dan sejuk pada hunian. Selain itu, kamu juga dapat bersantai di taman belakang rumah sambil menikmati suara gemericik air yang terkesan menyatu dengan alam.

Tanamlah rumput dan beberapa pohon kecil di pojok taman agar desain taman tidak terlalu ramai. Untuk tanaman di sekitar kolam, gunakan tanaman yang tinggi dan ramping dengan sedikit cabang agar tidak mengotori kolam.

Desain Taman Belakang Rumah dengan Rumput Sintetis

Sumber: Decoist

Taman belakang rumah milikmu yang panjangnya hanya 2 meter bisa dihias dengan memasang rumput sintetis. Apabila kamu memasang rumput sintetis pada taman belakang rumahmu, jangan lupa untuk membuat saluran air untuk membuang air hujan, ya. Cara ini dilakukan agar air tidak menggenang dan tidak menumbuhkan jamur pada rumput sintetis di taman.

Supaya desain taman belakang rumah 2 meter milikmu lebih menarik, kamu bisa menambahkan bean bag dan meja kecil untuk kamu dan anggota keluarga bersantai.

Selain memasang rumput sintetis, kamu juga bisa memasang bingkai foto dinding belakang taman. Pilihlah beberapa gambar yang menarik atau quotes sebagai motivasi. Sesuaikan pula warna pigura dengan warna cat tembok taman belakang rumahmu. Apabila ingin dekorasi tambahan, kamu bisa memasang rangkaian lampion kecil di sekitar pigura, lho! Cahaya lampu kuning yang berasal dari lampion akan menciptakan suasana temaram yang menenangkan pada malam hari.

Desain Hemat Area

Sumber: Lifestyle Okezone

Area lahan di belakang rumah yang sempit bukan halangan untuk bisa dijadikan taman. Solusinya, gunakan model vertical garden untuk menghemat area di lahan yang terbatas ini, ya.

Seperti pada gambar di atas, kamu dapat menggunakan grid board di sepanjang sisi dinding. Selanjutnya, tinggal menggantungkan pot-pot tanaman di grid board tersebut. Gunakan pot minimalis agar penampilan taman belakang rumah tetap terlihat cantik dan menarik.

Untuk lantainya, kamu bisa menggunakan perpaduan paving dengan rumput agar terdapat variasi tekstur dan warna hijau dari rumput juga bisa menjadi aksen warna yang menyegarkan.

Baca juga: Trik Memilih Warna-Warna Cat Tembok Interior dan Eksterior

Desain Taman Belakang Rumah yang Romantis

Sumber: Architectural Digest

Area belakang rumah yang tidak terlalu luas bisa kamu buat menarik dengan mengusung konsep taman yang romantis.

Untuk pijakan kaki di taman, pasanglah balok tanah liat di tengah taman dan batu alam disekelilingnya. Buatlah tanaman hijau yang tersebar apik di sisi taman dan merambat di tembok.

Jika dirasa penempatan balok tanah liat cukup menguras tenaga, kamu bisa membangun pergola di tengah taman. Supaya taman belakangmu semakin terlihat romantis, gantungkan lampu tumblr pada pergola dan gantungkan kain putih sebagai aksen yang berbeda pada taman milikmu.

Tips Mendesain Taman Belakang Rumah

Seharusnya taman belakang rumah memberikan nuansa segar dan sejuk pada hunian. Ada beberapa tips yang bisa kamu pelajari sebelum mulai mendesain taman belakang rumah milikmu. Tipsnya antara lain seperti berikut ini.

  • Pilihlah desain taman yang sesuai dengan kepribadianmu. Taman belakang rumah harus mencerminkan bagian interior rumah juga, lho! Jangan sampai keduanya jadi bertabrakan dan tidak harmonis.
  • Rancanglah taman belakang rumah sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan kamu dan anggota keluarga, misalnya jika kamu mempunyai hewan peliharaan atau anak kecil, kamu bisa memanfaatkan taman belakang rumah minimalis sebagai playground.
  • Untuk menciptakan taman belakang rumah yang minimalis, pilihlah tanaman yang perawatannya tidak sulit dan bisa hidup sepanjang waktu dalam cuaca apa pun.

Nah, demikian 9 desain taman belakang rumah dan tips mendesainnya. Apakah kamu sudah menemukan desain taman belakang rumah yang cocok untuk hunianmu? Segeralah mulai berkreasi dan menciptakan taman belakang rumah yang sesuai dengan keinginanmu, ya!

Bagi kamu yang saat ini sudah memiliki hunian dan berkeinginan merenovasi taman belakang rumah, kamu tak perlu bingung lagi, nih! Kamu dapat mempercayakan kepada jasa tukang bangunan terlatih dan profesional dari aplikasi Kanggo. Kanggo memiliki berbagai layanan home improvement seperti jasa pasang keramik, jasa perbaikan kamar amandi, jasa pasang plafon, jasa instalasi listrik, hingga perbaikan atap tersedia di sini. Kamu bisa langsung pesan Tukang Jagoan lewat aplikasi Kanggo. Yuk, unduh aplikasi Kanggo sekarang melalui App Store atau PlayStore.

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami