BerandaBlog
Cara Mengecat Tembok Lama & Tips Agar Hasil Cat Optimal

Cara Mengecat Tembok Lama & Tips Agar Hasil Cat Optimal

Bagikan
Cara Mengecat Tembok Lama & Tips Agar Hasil Cat Optimal
Feb 15, 2022

Cara mengecat tembok dibutuhkan oleh orang-orang yang ingin mendapatkan kondisi serta nuansa ruangan lebih baru. Bagi tukang profesional mungkin tidak terdapat kendala dalam pengerjaan. Namun, jika Anda ingin mengganti warna cat ruangan tanpa bantuan ahli pasti memerlukan panduan yang benar untuk mengecat tembok lama. Berikut ini cara mengecat tembok lama yang benar dan tepat supaya hasilnya lebih optimal.

Simak Cara Mengecat Tembok Lama

Cat tembok mungkin kerap berubah seiring dengan usia bangunannya. Biasanya setelah kurang lebih lima tahun maka cat dinding perlu untuk Anda dandani kembali. Apalagi bagian eksterior yang terkena paparan sinar matahari serta hujan cukup lebat bisa membuat warna dari cat menjadi lebih cepat mengelupas serta kusam.

Begitu juga dengan cat tembok kamar yang dapat mengelupas atau timbul jamur akibat suhu kelembapan ruangan. Jika Anda ingin melakukan pengecatan tembok lama kembali, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

Baca Juga: Manfaat Cat Tembok Abu-abu, Bukan Sekadar Tren Lho!

Periksa Kondisi Cat Tembok Lama

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yakni memeriksa secara teliti kondisi cat tembok yang lama. Hal tersebut perlu untuk Anda perhatikan baik-baik. Apakah ada bagian cat tembok yang rusak, misalnya mengelupas, mengapur, serta terlihat aciannya.

Untuk mengetahui cat dinding yang mengapur atau tidak, Anda bisa tes dengan menggosok tangan ke dinding. Dinding yang mengapur biasanya meninggalkan bekas di tangan. Jika Anda menemukan kondisi seperti itu, maka lebih disarankan untuk mengupas cat yang lama dahulu sampai bersih.

Mempersiapkan Alat serta Bahan

Perlu dipastikan Anda sudah melengkapi semua alat serta bahan yang diperlukan supaya proses mengecat menjadi lebih mudah dilakukan. Pada umumnya, alat yang diperlukan seperti roller, ember, kuas, gayung, koran bekas, serta tangga. Sedangkan untuk bahannya seperti paint remover, deterjen, cat tembok, serta alat yang diperlukan sesudah mengecat.

Membersihkan Cat Dinding yang Lama

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Cara mengecat tembok lama yang berikutnya yakni memastikan bahwa permukaan pada dinding dalam keadaan bersih serta sudah rapi. Maka dari itu, Anda perlu untuk mengerok maupun mengelupas cat tembok lama jika terdapat bagian yang sudah rusak. Tapi kalau cat tembok rumah lama tidak mengalami masalah yang cukup serius, maka Anda hanya perlu membersihkannya dari kotoran serta debu saja.

Mengaplikasikan Cat Dasar

Setelah selesai membersihkan cat tembok lama, maka langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan cat dasar tembok atau plamir. Lapisan dasar itu fungsinya untuk meratakan kembali tembok yang tidak rata.

Selain itu, juga dapat meratakan kembali plamir yang berfungsi memperkuat ikatan lapisan cat dengan bidang dinding. Jika ingin solusi yang lebih mudah untuk mengecat rumah Anda bisa pesan tukang di Kanggo, karena tukang cat ahli dan berpengalaman tentu dapat memberikan hasil yang terbaik untuk mengecat tembok lama Anda menjadi seperti baru lagi.

Baca Juga: Cat Tembok Anti Jamur, Solusi Dinding Bersih dan Tidak Lembab

Lakukan Pengecatan

Setelah tembok rata dengan lapisan plamir, sekarang Anda bisa mulai mengecat tembok yang sudah lama. Ggunakan kuas cat tembok jika bidang yang akan dicat tidak terlalu luas, apalagi jika berada di bagian sudut.

Beda lagi jika tembok berukuran besar. Anda bisa menggunakan roller cat serta kuas dengan cara bersamaan. Awali pengecatan pada bagikan sudut tembok dahulu, perhatikan arah pengecatan secara teratur dari posisi yang atas menuju ke bawah. Saat mengecat tembok yang lama, jangan Anda melompat maupun berpindah tempat. Hal itu dapat membuat cat menjadi tidak rata.

Anda bisa mengaplikasi cat tembok sebanyak dua kali. Aplikasikan lapisan pertama lalu tunggu hingga kering. Setelah itu lanjutkan dengan lapisan kedua.

Itulah cara mengecat tembok lama dan menghasilkan tampilan baru untuk ruangan rumah Anda. Butuh tukang profesional untuk melakukan pengecatan rumah Anda? Kanggo siap mempertemukan Anda dengan tukang untuk segala kebutuhan perbaikan rumah, mulai dari perbaikan dinding, pengecatan, pasang keramik, instalasi listrik, hingga renovasi.

Download aplikasi Kanggo di Play Store & App Store sekarang. Kanggo, #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami