BerandaBlog
Cara Membuat Dinding Bertekstur Berkesan Unik

Cara Membuat Dinding Bertekstur Berkesan Unik

Bagikan
Cara Membuat Dinding Bertekstur Berkesan Unik
Jan 27, 2022

Cara membuat dinding bertekstur saat ini sedang ramai dicari oleh orang-orang. Sebelumnya mayoritas orang lebih memilih dinding rumahnya dilapisi oleh cat karena dianggap dapat menutupi ketidaksempurnaan pada dinding. Pada dasarnya memang fungsi utama cat adalah untuk melapisi dan membuat dinding terlihat lebih rapi. 

Berkembangnya desain interior dan eksterior akhir-akhir ini membuat banyak orang mulai mempertimbangkan keindahan dinding polos tanpa cat. Apalagi ditambah tekstur yang menghiasi dinding tersebut yang membuat kesan dinding semakin unik.

Baca Juga: Cat Dinding Kedap Suara, Solusi Rumah Bebas Berisik

Cara Membuat Dinding Bertekstur dengan Mudah

Dinding bertekstur saat ini sedang ramai diminati oleh orang. Timbulnya tekstur dapat memberikan kesan unik atau beda dari yang lain. Selain itu, dinding juga akan terlihat lebih estetik karena keabstrakannya. Saat ini masih jarang rumah yang menggunakan desain dinding bertekstur.  

Ingin coba mengaplikasikan dinding bertekstur untuk rumah Anda. Simak langkah-langkah dibawah ini.

1. Menggunakan Teknik Sapuan Kuas

Cara pertama yang bisa menciptakan tekstur pada dinding adalah dengan menggunakan kuas. Pada saat dinding sudah selesai diplester menggunakan adonan semen dan pasir, langkah berikutnya adalah finishing dengan acian semen. Pada saat melakukan finishing sebaiknya gunakan kuas. Lalu aplikasikan secara abstrak saat menerapkan acian semen tersebut. Pastikan Anda mengoleskan ke dinding sampai plesteran awal tertutup semua agar terlihat rapi. 

2. Menggunakan Roll

Cara membuat dinding bertekstur berikutnya adalah dengan menggunakan roll. Cara ini hampir sama seperti menggunakan kuas, namun hasilnya akan terlihat sedikit berbeda. Saat ingin membuat dinding bertekstur menggunakan roll, pastikan adonan semen untuk finishing atau acian sedikit lebih encer. Hal ini bertujuan supaya semen dapat meresap ke permukaan roll. Setelah itu aplikasikan rol ke permukaan dinding secara rata. Cara ini akan membuat permukaan dinding rata namun bertekstur. Selain itu, teksturnya juga akan terlihat lebih rapi. 

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

3. Menggunakan Teknik Kamprot

Teknik ini terbilang cukup mudah dan efisien, sebab Anda hanya perlu mengaplikasikan campuran pasir halus dan semen ke dinding batu bata. Namun, Anda tidak perlu merapikan hasil pengaplikasian tersebut seperti menyemen dinding pada umumnya. Teknik ini biasa digunakan untuk menciptakan kesan dinding seperti bongkahan batu alami.

4. Tekstur Sulur atau Tali Air

Menggunakan tekstur berbentuk sulur atau tali air memang menarik, namun untuk pembuatannya cukup rumit.  Untuk menciptakan motif ini, Anda harus mencampurkan semen dan pasir menggunakan komposisi semen yang sedikit lebih banyak. Setelah itu aplikasikan ke dinding membentuk sulur dengan menggunakan garpu bangunan. Hal ini tentunya bertujuan supaya Anda tidak terlalu kesulitan untuk membentuk teksturnya.

Perlu diingat, sebelum mulai membentuk pastikan plester yang sudah Anda aplikasikan sebelumnya kering terlebih dahulu. Hal ini bertujuan mencegah plester tidak ikut rompal saat membentuk sulur atau tali air.

5. Sisik Ikan

Untuk membuat tekstur dinding motif sisik ikan, Anda perlu menggunakan kape untuk membentuk setengah lingkaran. Cara pengaplikasiannya juga mudah, Anda hanya perlu membentuknya sembari mengaplikasikan semen acian. Untuk membentuk sisik ikan, Anda bisa menggunakan kape dengan cara membuat garis setengah lingkaran seperti layaknya bentuk sisik ikan. Lakukan berkali-kali hingga dinding penuh dengan motif sisik ikan.

Membuat Dinding Bertekstur Menggunakan Jasa Tukang Profesional

Cara membuat dinding bertekstur tersebut dapat Anda terapkan di rumah Anda, supaya ruangan atau rumah Anda lebih terkesan estetik dan alami. Namun, keterbatasan yang mungkin Anda miliki membuat pengerjaan tersebut menjadi lebih lama bahkan terganggu karena banyak hal. Ada baiknya mempercayakan tembok rumah pada layanan jasa yang berkualitas serta berpengalaman. 

Jika Anda membutuhkan jasa tukang cat atau perbaikan rumah lainnya, tak perlu repot sendiri karena ada solusi yang lebih mudah, praktis, dan dapat menghemat tenaga Anda. Cari tukang yang sesuai dengan kebutuhan Anda lebih mudah dengan aplikasi Kanggo. Download aplikasi Kanggo di Play Store & App Store sekarang. Kanggo, #TukangReadyToGo

Baca Juga: 5 Keramik Dinding Teras Motif Bunga, Rumah Jadi Terlihat Asri

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami