BerandaBlog
Cara Instalasi Listrik Rumahan, Aman & Sesuai Standar

Cara Instalasi Listrik Rumahan, Aman & Sesuai Standar

Bagikan
Cara Instalasi Listrik Rumahan, Aman & Sesuai Standar
Mar 24, 2022

Mengetahui cara instalasi listrik rumahan yang tepat dan aman penting untuk menjaga keselamatan penghuni rumah. Instalasi listrik sendiri merupakan salah satu kebutuhan inti pada rumah tangga yang menggunakan listrik pada hampir seluruh aspeknya.

Pemasangan listrik yang tidak tepat bisa mengundang bahaya yang tidak diinginkan. Mulai dari korsleting sampai kebakaran. Untuk itu, instalasi listrik harus benar-benar dilakukan dengan tepat dan aman.

Pembahasan ini akan mengulas mengenai cara melakukan pemasangan listrik dengan aman dan sesuai standar. Simak selengkapnya dibawah ini, ya!

Baca Juga: Panggil Tukang Listrik Profesional untuk Instalasi Listrik Rumah, Ini Keuntungannya!

Cara Instalasi Listrik Rumahan dengan Aman

Berikut cara melakukan pemasangan atau instalasi listrik dengan aman dan sesuai standar:

Siapkan Material dan Peralatan Instalasi

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan material dan peralatan instalasi. Berikut beberapa material dan peralatan inti dalam instalasi listrik:

  1. Tespen
  2. Tang
  3. Multimeter digital
  4. Obeng listrik
  5. Isolasi listrik
  6. MCB (Miniature Circuit Breaker) dan boxnya
  7. ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) dan boxnya
  8. Sakelar
  9. Stop kontak
  10. Kabel listrik
  11. Pipa listrik
  12. Embodus (kotak sambungan) & tedus
  13. Sepatu safety

Ketahui Area dan Daya Listrik

Setelah mempersiapkan peralatan, instalasi listrik rumahan selanjutnya adalah mengetahui area ruangan atau rumah yang akan dipasangi listrik. Anda perlu mengetahui berapa luas bangunan dan jumlah ruangan dalam rumah. Hal ini akan berpengaruh pada jumlah kabel listrik yang digunakan.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui daya listrik pada rumah. Hal ini untuk menentukan kebutuhan pemasangan MCB, alat proteksi arus listrik dari resiko korsleting. Besaran daya listrik di rumah berpengaruh pada berapa banyak MCB yang harus dipasang.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Menghidupkan Listrik Jeglek dengan Aman

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Buat Rancangan Aliran Instalasi

Cara instalasi listrik rumahan yang selanjutnya adalah membuat rancangan alur aliran instalasi. Dalam membuat rancangan ini, Anda perlu mengetahui tata ruang pada area yang akan dialiri listrik. Jenis rangkaian instalasi yang sering digunakan adalah rangkaian seri dan rangakaian paralel.

Pasang Pipa dan Jalur Listrik

Langkah selanjutnya adalah pemasangan pipa listrik. Pemasangan pipa ini dilakukan dengan membobok dinding dan memasukkan pipa ke dalamnya. Sebaiknya Anda memasang pipa pada area yang tidak mudah dijangkau anak-anak.

Setelah pipa terpasang, Anda dapat memasang jalur listrik menggunakan kabel. Pasang kabel listrik dari kotak MCB sampai stop kontak yang terakhir. Masukkan juga kabel pada pipa yang sudah dipasang sebelumnya. Setelah itu, sambungkan dengan kabel saklar dan stop kontak.

Pasang Komponen Listrik

Cara instalasi listrik rumahan yang terakhir adalah memasang komponen listrik yang Anda butuhkan, misalnya saklar atau lampu. Pastikan pemasangan dilakukan secara aman dengan kabel dan pipa yang tertutup.

Untuk mengetes apakah instalasi sudah tersambung dengan baik atau tidak, Anda bisa menggunakan MCB. Nyalakan MCB dan cek apakah saklar atau lampu yang Anda pasang sudah berfungsi. Anda juga bisa mengetes instalasi listrik menggunakan multimeter.

Percayakan Instalasi Listrik pada Ahlinya

Melakukan instalasi listrik memang membutuhkan pengetahuan dan keahlian yang mumpuni. Jika tidak tepat atau tak sesuai standar, Anda beserta penghuni rumah lainnya bisa saja terancam bahaya.

Untuk urusan pemasangan listrik yang tepat, Anda bisa mempercayakannya pada Kanggo. Di Kanggo, ada banyak tukang berpengalaman dan terpercaya yang siap membantu berbagai kebutuhan perbaikan rumah Anda. Mulai dari instalasi listrik, pemasangan atap, pengecatan, sampai pemasangan keramik.

Jadi, serahkan saja cara instalasi listrik rumahan yang aman pada tukang di Kanggo. Miliki aplikasi Kanggo sekarang. Kanggo, #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami