BerandaBlog
Cara Ampuh Atasi Wastafel Dapur yang Mampet

Cara Ampuh Atasi Wastafel Dapur yang Mampet

Bagikan
Cara Ampuh Atasi Wastafel Dapur yang Mampet
Des 20, 2021

Air menggenang di wastafel setiap Anda mencuci bahan masakan atau alat dapur? Itu salah satu tanda wastafel dapur mampet. Saluran pembuangan wastafel mampet merupakan salah satu masalah paling umum dari di rumah. Ada banyak penyebab saluran pembuangan mampet dan membutuhkan solusi masing-masing. 

Jika Anda memiliki masalah wastafel mampet di rumah, berikut ini beberapa cara ampuh yang bisa Anda coba untuk mengatasinya.

Baca Juga: Tips Menata Dapur Minimalis Modern Ukuran Kecil, Tapi Cantik

1. Siram Wastafel Dapur dengan Air Mendidih

Ini adalah tips paling mudah untuk mengatasi wastafel yang mampet. Anda cukup mendidihkan air di panci atau ketel, lalu tuangkan secara perlahan ke saluran pembuangan wastafel secara bertahap. Air dan uap panas bekerja mengangkat kotoran yang melekat serta melarutkan sisa makanan atau lemak yang menebal di saluran pembuangan. Beri jeda beberapa detik setiap siraman agar air panas dapat bekerja. Ini biasanya jadi cara paling mudah dan cepat untuk mengatasi saluran mampet.

2. Manfaatkan Baking Soda

Tips berikutnya menggunakan baking soda sebagai zat aktif yang dapat membantu membersihkan bagian dalam pipa pembuangan. Campurkan 1⁄2 gelas garam dengan ½ gelas baking soda dan tuang ke dalam saluran pembuangan yang mampet. Diamkan selama 10 sampai 20 menit, lalu bilas dengan air mendidih. Reaksi kimia dari campuran garam dan baking soda yang ditambah air mendidih akan menghasilkan reaksi kimia untuk melarutkan sumbatan.

3. Gunakan Kawat

Untuk kasus sumbatan akibat rambut, sisa makanan, atau benda lain yang terjebak di dalam pipa, gunakan kawat untuk menarik keluar benda-benda tersebut. Luruskan kawat dan buat lengkungan di ujungnya, lalu dorong kawat pelahan ke dalam wastafel sampai ke posisi benda yang tersangkut. Berhati-hatilah saat mencari benda di dalam pipa, jangan sampai Anda justru mendorongnya lebih jauh.

4. Atasi Wastafel Dapur Mampet dengan Plunger

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Wastafel dapur yang tersumbat dapat diatasi dengan plunger atau alat penyedot. Alat ini biasa dapat Anda temukan di toko peralatan rumah atau berbagai online marketplace. Cara menggunakannya mudah, cukup dorong alat perlahan untuk menarik semua udara lalu tarik dengan cepat. Teknik ini memanfaatkan tarikan udara untuk mengatasi sumbatan.

Baca Juga: 8 Inspirasi Keramik Dinding Dapur Motif yang Menarik

5. Hubungi Tukang Profesional

Semua cara sudah dicoba namun belum berhasil? Tenang. Ada solusi yang lebih mudah, praktis, dan dapat menghemat tenaga Anda. Panggil tukang pipa profesional untuk mengatasi wastafel dapur yang mampet. Cari tukang yang sesuai dengan kebutuhan Anda lebih mudah dengan aplikasi Kanggo.

Jika wastafel dapur mampet, Anda tinggal buka aplikasi Kanggo lalu pilih layanan ‘Dapur’. Setelah itu di laman ‘Membuat Pesanan’ Anda dapat memilih perbaikan apa saja yang dibutuhkan, rekomendasi jenis tukang, dan membuat jadwal pengerjaan. Selain tukang, Anda juga dapat membeli bahan-bahan yang dibutuhkan untuk perbaikan lewat KanggoShop. 

Biar gampang cari tukang, download aplikasi Kanggo di Play Store & App Store sekarang. Kanggo, #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami