BerandaBlog
Tips Menemukan Ukuran Meja Makan yang Ideal. Cek di Sini!

Tips Menemukan Ukuran Meja Makan yang Ideal. Cek di Sini!

Bagikan
Tips Menemukan Ukuran Meja Makan yang Ideal. Cek di Sini!
Agt 31, 2022

Ukuran meja makan pada hunian mungkin terkesan mudah untuk ditentukan. Akan tetapi, jika kamu salah memperhitungkan, meja makan yang dibuat tidak akan memberikan kenyamanan yang kamu butuhkan.

Pada dasarnya, meja makan dibuat dengan menyesuaikan ukuran ruangan yang ada. Dengan begitu, keberadaan meja makan tidak akan mengganggu sirkulasi dan membuat ruangan terlihat lebih sempit.

Menentukan ukuran meja makan yang tepat juga harus mempertimbangkan faktor ergonomi. Ini penting dipertimbangkan dengan baik apabila kamu tidak ingin kenikmatan dalam menyantap makanan menjadi terganggu.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui ukuran meja makan ideal yang sesuai dengan kebutuhan kamu beserta anggota keluargamu.

Mengetahui Ukuran Ideal Meja Makan

ukuran-meja-makan

Kehadiran meja makan di rumah tidak hanya digunakan sebagai dekorasi ruangan saja. Meja makan juga bisa menjadi lokasi yang nyaman untuk berkumpul dan bercengkerama bersama anggota keluarga sembari menyantap hidangan yang telah kamu siapkan.

Akan tetapi, ukuran standar meja makan yang tersedia di toko furnitur tidak selalu sesuai dengan kebutuhan kamu. Padahal, ukuran meja dan kursi yang ideal akan memberi kenyamanan bagi penggunanya. Di sisi lain, penggunaan ukuran yang sesuai juga berfungsi agar orang yang sedang menyantap makanan mereka tidak saling bersinggungan dengan orang yang ada di sebelahnya.

Ukuran Standar Kursi Makan

Pada umumnya, kursi makan tidak akan dibuat terlalu dalam dan lebar agar orang yang duduk dapat duduk dengan sempurna untuk menyantap makanan yang disajikan.

Dihitung dari lantai, tinggi dudukan kursi ada di antara 44-50 cm. Namun, untuk ukuran anak-anak, tinggi kursi bisa jadi lebih rendah dari ukuran ini.

Sedangkan untuk dimensinya, kursi makan memiliki panjang kursi berkisar 50-60 cm, dan lebar antara 44-55 cm. Untuk bagian sandarannya, kursi makan biasanya tidak dibuat terlalu tinggi, yakni hanya ¾ bagian punggung yang dapat bersandar pada kursi tersebut. Rata-rata, tinggi sandaran kursi makan adalah 44-60 cm.

Ukuran Standar Meja Makan

Rata-rata, ukuran tinggi meja makan ada di antara 73-80 cm dari lantai, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tinggi kursi makan yang akan digunakan.

Ukuran ini akan memungkinkan kamu untuk dapat menempatkan kaki dan memposisikan tubuh dengan nyaman.

Pada beberapa penggunaan meja makan dengan fungsi tertentu, kamu bisa membuatnya dengan ukuran tinggi 70 cm supaya anak-anak juga merasa lebih nyaman.

Biasanya, meja makan mempunyai area terbuka pada kolong meja yang dapat dimanfaatkan sebagai area untuk memasukan kursi saat tidak dipakai. Ukuran tinggi kolong meja berkisar 68-70 cm dari lantai. Ukuran ini lebih rendah 10-12 cm dari tinggi meja.

Sementara itu, untuk lebar dan panjang meja makan bisa kamu sesuaikan dengan bentuk meja yang akan dibuat serta kapasitas pengguna meja makan tersebut.

Baca juga: 11+ Miliki Model Meja Makan Minimalis yang Space Saving

Ada beberapa bentuk dan jenis meja makan yang bisa kamu pilih dan gunakan untuk melengkapi hunian kamu. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Berbentuk Bulat

ukuran-meja-makan

Jenis meja yang pertama adalah meja makan berbentuk bulat. Meja berbentuk ini cukup sering ditemukan pada hunian-hunian sederhana yang ingin memiliki meja makan di dalam rumah.

Jenis meja bulat akan tampak elegan jika dibuat dengan ukuran meja makan 2 kursi. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan meja dengan bentuk bulat digunakan untuk menampung lebih banyak orang, misalnya untuk ukuran meja makan 4 kursi.

Meja berbentuk bulat ini memiliki ukuran rata-rata antara 100-130 cm dengan tinggi sekitar 71-80 cm yang bisa digunakan untuk 2 orang sampai 4 orang.

Sedangkan untuk ukuran bundar 6 kursi atau 8 kursi, ukuran yang bisa kamu gunakan adalah antara 150-180 cm, disesuaikan dengan konsep meja makan yang kamu inginkan.

Saat menentukan meja bulat sebagai meja makan yang akan kamu hadirkan dalam ruang makanmu, maka kamu juga perlu memperhatikan pemilihan kursi yang cocok untuk jenis meja seperti ini.

Kursi dengan desain ramping dan minimalis akan lebih cocok digunakan pada jenis meja yang berbentuk bulat. Misalnya kursi dengan material plastik, kayu, atau yang dikombinasikan dengan material besi. Ada baiknya untuk tidak memilih kursi dengan sandaran tangan yang terlihat berat.

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Berbentuk Persegi

ukuran-meja-makan

Jenis meja makan yang juga sering digunakan adalah meja makan dengan bentuk persegi. Meja makan ini merupakan salah satu bentuk meja standar yang mudah diaplikasikan pada berbagai konsep hunian.

Meja dengan bentuk persegi ini sering digunakan untuk ukuran meja makan 4 kursi. Rata-rata, ukuran bentuk persegi memiliki tinggi sekitar 78 cm. Sedangkan untuk lebar dan panjangnya berkisar 100 cm x 100 cm.

Bagi kamu yang ingin memiliki meja makan berbentuk persegi dengan konsep yang minimalis, kamu bisa memilih meja dengan ukuran 90 cm x 90 cm saja agar tidak memakan banyak space di dalam rumah.

Ketebalan rata-rata pada meja ini adalah berkisar 3 cm. Ukuran ini merupakan standar ketebalan meja yang banyak digunakan pada berbagai bentuk meja makan.

Baca juga: Inspirasi Model Dapur Minimalis untuk Segala Jenis Hunian

Berbentuk Oval

Apabila kamu ingin memberikan kesan lain pada ruang makan, memilih meja berbentuk oval dapat menjadi salah satu alternatifnya. Ukuran meja makan 6 kursi ini memiliki panjang sekitar 130 cm yang bisa kamu hitung tepat pada bagian tengah meja, serta lebar yang mencapai 90 cm. Sedangkan tinggi meja makan ini berkisar 71-75 cm.

Namun, perlu kamu perhatikan bahwa meja dengan bentuk oval membutuhkan ruang yang cukup besar sehingga kurang cocok untuk hunian yang memiliki keterbatasan ruang.

Nah, agar hunian makin terlihat berkelas, pilih material meja dari kayu, seperti kayu jati atau kayu mahoni, lalu gunakan cat finishing kayu agar menghasilkan kesan mengilap pada meja. Menarik, bukan?

Berbentuk Persegi Panjang

Selanjutnya adalah meja makan dengan bentuk persegi panjang. Jenis meja makan ini biasanya memiliki ukuran panjang 120 cm, dengan lebar 80 cm, dan tinggi 71 cm. Ketebalannya juga sama dengan ketebalan meja pada umumnya, yakni 3 cm.

Meja dengan bentuk persegi panjang seperti ini sangat cocok dijadikan ukuran meja makan 6-8 kursi, karena bentuknya yang mampu menampung lebih banyak orang daripada bentuk meja makan yang lain.

Pemilihan meja dengan bentuk persegi panjang menjadi pilihan tepat untuk mengisi ruang pada hunian. Di sisi lain, meja ini juga bisa menghemat pengeluaran, sebab dapat digunakan oleh banyak anggota keluarga yang ada di dalam rumah.

Bagi kamu yang memiliki anggota keluarga lebih dari 8 orang, memilih meja makan dengan bentuk persegi panjang ini akan sangat tepat untuk mengakomodir kebutuhan keluarga kamu.

Baca juga: 13+ Inspirasi Desain Dapur Mini Bar Stylish dan Aesthetic

Berdasarkan uraian di atas, ternyata untuk bisa membuat kursi dan meja makan yang ideal bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang mesti kamu pertimbangkan dan perhitungkan dengan baik untuk menghasilkan ruang makan yang sesuai dengan kebutuhan keluargamu.

Meskipun begitu, bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan ukuran meja makan yang tepat!

Nah, jika kamu membutuhkan tukang untuk membuat tampilan rumahmu lebih menarik, kamu bisa menghubungi Kanggo untuk melakukan perbaikan rumah. Unduh aplikasi Kanggo via App Store atau PlayStore. Nikmati dan rasakan kemudahannya bersama Kanggo. Dengan adanya aplikasi Kanggo, sekarang cari tukang yang terlatih dan profesional menjadi mudah, tinggal klik, besok tukang akan datang.

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami