BerandaBlog
7 Ide Tangga Minimalis agar Hunian Makin Elegan

7 Ide Tangga Minimalis agar Hunian Makin Elegan

Bagikan
7 Ide Tangga Minimalis agar Hunian Makin Elegan
Agt 25, 2022

Tangga minimalis merupakan salah satu aspek yang tidak boleh kamu abaikan sebelum membangun sebuah hunian dengan lahan yang terbatas. Tidak hanya berfungsi sebagai penghubung antarruang dan lantai, adanya tangga juga mampu menambah keindahan di dalam ruangan.

Beberapa hal yang mesti kamu pertimbangkan saat akan membangun sebuah tangga adalah material, warna, dan ukuran tangga yang akan digunakan. Ukuran ini sangat perlu diperhitungkan dengan baik agar tangga yang dibuat sesuai dengan besar ruangan yang ada.

Alhasil, tangganya pun akan ideal dengan ruangan dan tidak mengganggu aktivitas lain di dalam rumah.

Nah, agar kamu memiliki gambaran mengenai tangga minimalis yang cocok dengan hunian kamu, simak beberapa contohnya pada artikel ini.

Tangga dengan Rak Buku

Pilih tangga yang fungsional agar kamu bisa memanfaatkan ruang lebih maksimal.
Pilih tangga yang fungsional agar kamu bisa memanfaatkan ruang lebih maksimal.

Sumber: prospeku.com

Bagi kamu yang memiliki lahan terbatas, kamu bisa memilih tangga yang fungsional untuk memaksimalkan ruang pada hunian kamu. Salah satu caranya adalah dengan menjadikan area bawah tangga sebagai tempat penyimpanan pakaian, buku, dan lain sebagainya.

Keterbatasan ruang yang kamu miliki tetap bisa disiasati dengan memanfaatkan ruang pada bawah tangga seperti pada gambar. Area yang biasanya tidak terpakai, kini bisa kamu ubah menjadi tempat yang akan memberi manfaat lebih banyak.

Selain menghemat ruang, pemanfaatan tangga seperti ini juga bisa menambah nilai artistik pada hunian. Namun, kamu perlu memperhatikan pencahayaan yang ada pada area ini agar dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Tangga Rumah Minimalis Type 36

Pastikan tangga yang kamu pilih sesuai dengan kebutuhan rumah kamu.
Pastikan tangga yang kamu pilih sesuai dengan kebutuhan rumah kamu.

Memilih tangga rumah minimalis type 36 perlu disesuaikan dengan konsep hunian yang ingin ditampilkan. Ada banyak jenis tangga yang bisa kamu pilih untuk melengkapi hunian kamu, salah satunya dengan tangga kayu leter L atau tangga dengan railing tembok seperti pada gambar.

Tangga dengan railing tembok seperti ini mungkin akan terasa gelap, untuk itu kamu bisa menambahkan penerangan baik dari atap atau dinding tembok. Kamu juga bisa memodifikasi penerangan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu.

Railing tangga yang menyatu dengan tembok ini justru tidak membutuhkan biaya tambahan yang perlu kamu keluarkan. Namun, jika kamu merasa nyaman dengan adanya hand railing, kamu tetap bisa menambahkan hand railing yang simpel pada tembok agar memberi detail aksen yang menarik.

Baca juga: Inspirasi Tangga Rumah Minimalis Type 36

Tangga Kayu Letter U

Tangga letter U menjadi salah satu tangga minimalis yang paling umum digunakan.
Tangga letter U menjadi salah satu tangga minimalis yang paling umum digunakan.

Sumber: HelloShabby.com

Desain tangga rumah minimalis yang cukup sering ditemui pada hunian minimalis adalah tangga berbentuk huruf U. Bentuk tangga seperti ini tidak membutuhkan banyak ruang untuk mengaplikasikannya.

Kamu bisa mengatur arah tangga ke arah kanan atau kiri sesuai dengan kebutuhan kamu. Selain hemat ruang, tangga dengan bentuk ini juga memiliki daya tarik secara visual.

Material kayu yang digunakan menambah kesan hangat pada hunian. Agar tampilan tangga makin cantik, padukan dengan warna interior yang senada. Pemilihan warna putih pada interior menambah suasana ruang terasa luas.

Kamu juga bisa memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga untuk dijadikan ruang bersantai bersama anggota keluarga. Menarik bukan?

Tangga Beton Railing Kaca

Pilih railing kaca untuk menambah kesan luas pada hunian.
Pilih railing kaca untuk menambah kesan luas pada hunian.

Sumber: rumah.com

Jenis tangga minimalis yang satu ini memadukan material beton, kaca, dan juga logam. Kombinasi pada tangga dan railing tangga minimalis ini memberikan tampilan yang sederhana namun tetap kokoh. Tangga dengan material beton cocok digunakan pada hunian dengan konsep unfinished atau industrial.

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Kesan dingin yang ditimbulkan dari material ini bisa kamu padukan dengan pencahayaan atau dekorasi lain yang dapat menambah kehangatan pada hunian.

Pada beberapa hunian, material kaca dipilih sebagai railing karena mampu menampilkan kesan luas pada hunian tersebut. Pilihan ini tentu dapat membantu untuk menghasilkan kesan hunian yang luas, meskipun area yang digunakan tidak terlalu besar.

Baca juga: Memanfaatkan Ruang dengan Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana

Tangga Kayu dengan Railing Besi

Material besi dan kayu menjadi material tangga yang banyak digemari.
Material besi dan kayu menjadi material tangga yang banyak digemari.

Ada banyak cara memanfaatkan material kayu menjadi furnitur atau dekorasi ruang yang sangat menarik, salah satunya adalah mengaplikasikannya pada tangga rumah. Tangga ini memadukan unsur kayu dengan railing besi berwarna hitam agar terlihat kontras dengan warna ruangan.

Pemilihan material kayu juga dinilai mampu menonjolkan hunian yang estetis. Pada proses pemasangan tangga kayu ini pun jauh lebih mudah daripada material lainnya. Tekstur permukaan kayu yang kesat meski terkena air menjadi daya tarik yang membuat material kayu makin digemari.

Biasanya, selain faktor keamanan kamu juga perlu mempertimbangkan faktor kenyamanan dalam menggunakan material tertentu pada rumah. Itulah sebabnya kayu banyak diaplikasikan sebagai pelengkap yang akan membuat hunian semakin cantik.

Tangga Kayu Tanpa Railing

Buat hunian menjadi menarik dengan penggunaan tangga tanpa railing.
Buat hunian menjadi menarik dengan penggunaan tangga tanpa railing.

Tangga tanpa railing memang bukan tangga yang terbilang aman digunakan namun tangga dengan model ini masih tetap digemari oleh masyarakat. Keunikan yang dihasilkan dari tangga tanpa railing ini menambah kesan estetis pada ruangan.

Di sisi lain, dengan tidak adanya railing tangga akan terkesan luas sehingga akan memengaruhi tampilan ruangan. Pemilihan warna kayu pada tangga menambah keindahan di dalam ruangan.

Apalagi dengan perpaduan warna putih pada interior dan furnitur yang digunakan menjadikan tangga terlihat lebih kontras dan mampu menambah hunian makin menawan.

Tangga dengan Bentuk Spiral

Tangga spiral menghemat ruang dengan sangat maksimal.
Tangga spiral menghemat ruang dengan sangat maksimal.

Sumber: interiordesign.com

Penggunaan tangga spiral selalu mampu memberikan penghematan pada ruang. Tangga jenis ini efektif digunakan untuk kamu yang memiliki lahan tidak terlalu besar.

Namun, kamu perlu memperhatikan tingkat keamanan yang ada pada tangga jenis ini. Perlu perhitungan yang matang agar akses yang dibuat dapat dilalui dengan nyaman dan aman sehingga tangga yang dibuat dapat berfungsi dengan baik.

Memilih tangga dengan bentuk spiral juga dapat menambah nilai estetis pada hunian, lho. Selain itu, biaya yang perlu dikeluarkan untuk membuat tangga spiral ini juga tidak terlalu banyak. Cocok untuk kamu yang membutuhkan penggunaan tangga dengan anggaran yang tidak terlalu banyak.

Baca juga: Inspirasi Denah Rumah Minimalis 2 Lantai yang Nyaman

Beberapa gambar tangga minimalis di atas merupakan contoh tangga minimalis yang mungkin bisa kamu aplikasikan untuk hunian kamu. Jenis tangga yang disampaikan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Material yang digunakan juga akan memengaruhi tujuan dan hasil yang ditampilkan pada tangga.

Oleh sebab itu, kamu perlu merencanakan dan mempersiapkan anggaran yang sesuai dengan kebutuhan pada tempat tinggalmu. Ini perlu kamu pertimbangkan agar nantinya, dalam proses pembuatan tangga kamu sudah siap dengan segala kemungkinannya.

Misalnya jika material utama yang ingin digunakan sedang kosong, maka kamu perlu mencari alternatif material lain yang sesuai dengan anggaran yang telah kamu buat. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lain yang tidak sesuai karena seluruh anggaran sudah kamu perhitungkan dengan baik.

Jika kamu masih kesulitan untuk menemukan tukang terlatih dan profesional yang berpengalaman merenovasi bagian-bagian rumah. Serahkan saja pekerjaan itu pada Kanggo. Di aplikasi Kanggo ada beberapa jenis layanan yang kamu butuhkan untuk melakukan pekerjaan bangunan ini, seperti jasa perbaikan atap & dak, jasa perbaikan tembok, jasa pasang keramik, hingga jasa pasang pintu & jendela.

Kanggo akan menghubungkan kamu dengan para tukang terlatih dan profesional di bidang mereka masing-masing yang sesuai dengan kebutuhanmu. Agar kamu bisa lebih mudah menghubungi tukang Kanggo, kini Kanggo sudah menyediakan layanan komunikasi baik melalui Whatsapp maupun dalam bentuk aplikasi yang bisa kamu unduh melalui Android atau iOS. Tinggal klik, besok tukang pasti datang #TukangReadyToGo

Download aplikasi Kanggo sekarang dan nikmati kepuasan pelayanannya untuk hunian yang lebih menarik. Para tukang Kanggo akan siap membantu kamu mewujudkan tangga rumah minimalis yang kamu inginkan. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Kanggo sekarang!

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami