BerandaBlog
Mau Bangun Rumah Minimalis 2 Kamar? Intip Ide Desainnya!

Mau Bangun Rumah Minimalis 2 Kamar? Intip Ide Desainnya!

Bagikan
Mau Bangun Rumah Minimalis 2 Kamar? Intip Ide Desainnya!
Nov 10, 2022

Rumah yang terasa sempurna untukmu dan keluarga mungkin berbeda dengan tipe rumah impian orang lain. Bila tetanggamu menganggap rumah ideal ialah rumah mewah dua lantai, kamu mungkin ingin model rumah minimalis 2 kamar yang lebih intimate. Preferensi tersebut tentu sah saja.

Rumah dua kamar memang dianggap menarik oleh banyak orang. Pasalnya, rumah minimalis 2 kamar tidur masih menyediakan ruang yang cukup untuk keluarga, tetapi luas hunian masih tidak terlalu besar sehingga perawatannya mudah serta harganya masih relatif terjangkau.

Model rumah minimalis dengan dua kamar tidur merupakan pilihan tepat untuk keluarga kecil atau kamu yang masih single. Denah rumah dua kamar terbilang berada di tengah, yaitu antara rumah besar dan rumah kecil yang hanya mempunyai satu kamar.

Apakah kamu tertarik membangun rumah minimalis yang memiliki dua kamar tidur? Kalau begitu, pastikan kamu menyimak inspirasi desainnya berikut ini!

Rumah Minimalis 2 Kamar Type 36

Dengan tata letak yang optimal, rumah type 36 pun tetap bisa memiliki ruangan khusus untuk setiap kebutuhan penghuninya.
Dengan tata letak yang optimal, rumah type 36 pun tetap bisa memiliki ruangan khusus untuk setiap kebutuhan penghuninya.

Sumber: http://www.home-designing.com/

Rumah type 36 adalah rumah yang luas bangunannya sebesar 36 m2. Biasanya, rumah tipe ini dibangun dalam dimensi 6×6 m atau 9×4 m. Jadi, kamu dapat menyesuaikan dimensi rumah dengan luas serta posisi tanah yang tersedia.

Kini, rumah type 36 sering kali dibuat dengan konsep minimalis. Dengan luas area yang cukup terbatas, konsep minimalis memang terasa tepat.

Nah, gambar denah di atas bisa menjadi inspirasi untuk membuat rumah minimalis 2 kamar type 36. Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, tata letak yang terorganisasi menjadikan rumah mempunyai ruangan khusus bagi setiap kebutuhan penghuninya, termasuk tersedia area terpisah untuk ruang tamu dan ruang makan.

Baca juga: Tips Menemukan Ukuran Meja Makan yang Ideal. Cek di Sini!

Rumah Minimalis 2 Kamar 6×8 m

Buatlah akses ke bagian outdoor di setiap ruangan agar rumah terasa lebih lapang.
Buatlah akses ke bagian outdoor di setiap ruangan agar rumah terasa lebih lapang.

Sumber: http://www.home-designing.com/

Salah satu alasan orang menginginkan rumah yang luas karena rumah mungil kerap terasa pengap sehingga kurang nyaman bagi penghuninya, baik saat berkegiatan maupun beristirahat di rumah.

Akan tetapi, hal ini dapat disiasati dengan membuat rumah minimalis yang dimensinya tak terlalu kecil, misalnya rumah minimalis 2 kamar 6×8 m.

Supaya rumah makin terasa lapang dan nyaman, kamu juga bisa membuat denah rumah yang memastikan setiap ruangan memiliki akses ke bagian luar rumah seperti pada gambar di atas.

Jika diperhatikan dengan saksama, setiap ruangan pada gambar denah di atas dilengkapi jendela atau pintu keluar. Akses ke halaman atau bagian outdoor membuat rumah yang luasnya terbatas pun terasa lebih lapang.

Rumah Minimalis 2 Kamar 1 Mushola

Pertimbangkan membuat ruangan multifungsi untuk menghemat bujet pembangunan rumah.
Pertimbangkan membuat ruangan multifungsi untuk menghemat bujet pembangunan rumah.

Sumber: http://www.home-designing.com/

Apabila kamu memiliki lahan yang luas dan bujet yang leluasa untuk membangun rumah, jumlah ruangan yang kamu bangun pun mungkin akan leluasa dan bisa benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan.

Sebagai contoh, kamu dapat membuat ruangan musala khusus untuk area beribadah. Namun, bila luas area atau bujetmu terbatas, kamu bisa mempertimbangkan rumah minimalis 2 kamar 1 mushola

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami
yang sifatnya multifungsi.

Baca juga: Memanfaatkan Ruang dengan Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana

Pada gambar di atas, ada ruangan wardrobe yang juga dapat difungsikan sebagai musala. Dengan begitu, kamu bisa menghemat bujet pembangunan, tetapi rumahmu tetap mempunyai ruangan khusus untuk kegiatan ibadah.

Rumah Minimalis 2 Kamar dengan Home Office

Kamar ekstra di rumah tak harus selalu dibuat menjadi kamar tidur, tetapi dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan penghuninya.
Kamar ekstra di rumah tak harus selalu dibuat menjadi kamar tidur, tetapi dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan penghuninya.

Sumber: http://www.home-designing.com/

Ketika mendengar ‘rumah minimalis 2 kamar’, kamu mungkin langsung membayangkan rumah dengan konsep minimalis yang memiliki dua kamar tidur. Hal tersebut tentu tidak keliru, tetapi tak harus selalu demikian.

Dua ruangan kamar yang tersedia di sebuah hunian dapat difungsikan sesuai kebutuhan penghuninya. Kamar ekstra tersebut tak harus selalu dijadikan kamar tidur, tetapi kamu bisa menjadikannya sebagai storage room, play room, dan lain-lain.

Apabila kamu masih single atau belum memiliki buah hati, kamu juga dapat memanfaatkan kamar ekstra di rumah untuk home office.

Denah di atas merupakan inspirasi pemanfaatan ekstra kamar sebagai home office, tetapi masih ada sisa ruang yang memadai untuk memasang kasur tambahan. Jadi, ruangan tersebut bisa sekaligus difungsikan sebagai kamar tamu.

Rumah Minimalis 2 Kamar Tampak Depan

Manfaatkan garis desain yang clean dan fungsional untuk menghadirkan hunian dengan konsep minimalis.
Manfaatkan garis desain yang clean dan fungsional untuk menghadirkan hunian dengan konsep minimalis.

Di poin-poin sebelumnya, kita telah membahas ide denah rumah minimalis 2 kamar, mulai dari type 36 hingga yang memiliki home office. Nah, beberapa dari kamu mungkin ada yang sudah terbayang denah atau tata letak ruangan, tetapi mungkin belum memiliki ide untuk eksterior, khususnya bagian depan rumah.

Seperti yang sudah diketahui, bagian depan rumah merupakan elemen desain yang akan dilihat pertama kali saat ada orang yang berkunjung. Maka dari itu, tentu kamu perlu mengoptimalkan penampakan bagian depan rumahmu.

Gambar di atas dapat menjadi inspirasi desain rumah minimalis 2 kamar tampak depan. Garis-garis desain yang clean mengukuhkan konsep minimalis dan modern. Dengan demikian, hunianmu tetap terlihat menarik walaupun ukurannya mungkin tidak terlalu besar.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan warna cat dinding untuk menghadirkan ilusi visual yang membuat rumah tampak luas. Agar hunianmu terlihat lebih luas, gunakanlah warna netral yang cenderung terang seperti putih, beige, atau cream.

Baca juga: 10+ Pilihan Cat Rumah Warna Cream, Ciptakan Kesan Luas

Setelah menyimak inspirasi rumah minimalis 2 kamar di atas, semoga kamu sudah menemukan desain yang tepat untuk hunianmu.

Jika kamu sudah memutuskan desainnya, kamu dapat menghubungi Kanggo untuk menyelesaikan pekerjaan renovasi kecil hunianmu.

Kanggo adalah aplikasi tukang bangunan online yang dapat menangani aneka pekerjaan perbaikan rumah, instalasi, dan renovasi kecil rumahmu. Tukang Kanggo yang terlatih dan profesional akan menyelesaikan berbagai kebutuhanmu terkait bangunan.

Bagaimana cara mengakses layanan Kanggo? Tidak perlu khawatir sebab caranya sangat mudah, kamu tinggal instal aplikasi Kanggo melalui App Store atau Google Play Store.

Melalui aplikasi tersebut, kamu tinggal memasukkan permasalahan yang kamu hadapi dan perlu diselesaikan oleh tukang Kanggo. Kanggo akan menghubungkanmu dengan tukang yang keahliannya dan pengalamannya sesuai dengan kebutuhanmu.

Tak hanya itu, kamu juga dapat menentukan waktu pengerjaan lengkap hingga jam pengerjaannya. Tukang Kanggo akan berupaya menyelesaikan pekerjaan bangunan sesuai dengan waktu yang kamu pesan. Praktis, bukan?

Tunggu apa lagi? Yuk, hubungi Kanggo sekarang juga!

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami