BerandaBlog
Fasad Rumah Lebih Keren dengan Model Garasi Minimalis Ini!

Fasad Rumah Lebih Keren dengan Model Garasi Minimalis Ini!

Bagikan
Fasad Rumah Lebih Keren dengan Model Garasi Minimalis Ini!
Jan 2, 2023

Salah satu bagian rumah yang dapat mewujudkan fasad yang aesthetic yaitu pintu garasi. Supaya garasi dapat melindungi kendaraan yang kamu simpan di dalamnya, tentu saja pintu garasi harus memiliki kekuatan yang prima. Salah satu caranya dengan memilih material yang bagus dan kokoh untuk pintu garasi minimalis rumahmu.

Seiring perkembangan teknologi material, material untuk membuat pagar garasi pun menjadi lebih beragam dan tentunya banyak model yang bisa kamu pilih, lho! Supaya kamu enggak salah pilih, inilah inspirasi model pintu garasi minimalis, bikin fasad rumah kamu makin keren!

Pintu Garasi Minimalis Perforated Metal

Material perforated metal bersifat netral dan modern dan kini banyak dimanfaatkan untuk membuat pintu garasi minimalis.
Material perforated metal bersifat netral dan modern dan kini banyak dimanfaatkan untuk membuat pintu garasi minimalis.

Sumber: www.louvreclad.com

Perforated metal atau lebih dikenal dengan lembar besi perforated merupakan lembaran besi yang dicetak dengan menggunakan mesin CNC punch. CNC (Computer Numerated Controlled) punch adalah mesin untuk melubangi material lembaran besi (punching) sesuai dengan bentuk dan ukuran yang diinginkan, misalnya bentuk lingkaran, kotak, dan lain sebagainya.

Material perforated metal bersifat netral dan modern sehingga saat ini banyak dimanfaatkan untuk membuat pintu garasi minimalis. Selain digunakan untuk pintu garasi, material ini juga bisa digunakan untuk komponen otomotif, dinding pengedap suara, ataupun dekorasi interior.

Diameter dan jarak antar lubang pada model pintu garasi perforated metal ini bisa diatur sesuai keinginan kamu sehingga menjadikan pintu garasimu tampak unik dan memiliki ciri khas.

Pintu Garasi Minimalis Rustic

Pintu garasi minimalis rustic bisa dikombinasikan dengan material kaca.
Pintu garasi minimalis rustic bisa dikombinasikan dengan material kaca.

Sumber: www.tjdoor.com

Apabila rumahmu berkonsep rustic, tidak ada salahnya memadukan material kayu dan kaca pada pintu garasi rumahmu, lho! Kamu bisa memasang kaca pada sebagian kecil material pintu garasi yang terbuat dari kayu. Usahakan bagian kaca ini diletakkan di tempat yang tinggi sehingga tidak mudah dijangkau apalagi pecah. Supaya konsep rustic tetap mendominasi, kombinasikan juga dengan corak material yang asli tanpa plester, ya.

Baca juga:7 Model Pintu Rumah Berbagai Material, Jangan Salah Pasang!

Pintu Garasi Minimalis Sliding

Pintu garasi minimalis sliding memiliki rel ganda dan roda.
Pintu garasi minimalis sliding memiliki rel ganda dan roda.

Sumber: www.rundummeir.com

Model pintu garasi yang tidak kalah menarik selanjutnya yakni pintu garasi sliding. Pintu garasi geser (sliding door) adalah salah satu jenis pintu garasi modern yang banyak diminati karena bentuk dan materialnya yang beragam. Pintu garasi sliding ini memiliki rel ganda dan roda sehingga kamu dapat membuat pintu dengan mudah tanpa membutuhkan banyak tenaga.

Model ini juga sangat cocok untuk hunian minimalis, karena daun pintunya cukup digeser lurus ke arah samping. Material untuk membuat pintu garasi minimalis sliding bisa terbuat dari material besi ataupun kayu. Dari segi pemeliharaannya juga cukup mudah yaitu dengan memberikan oli pelumas roda secara berkala.

Pintu Garasi Minimalis Rolling

Keunggulan dari model pintu garasi rolling yaitu dapat digunakan dalam waktu yang lama serta tahan terhadap rayap dan karat.
Keunggulan dari model pintu garasi rolling yaitu dapat digunakan dalam waktu yang lama serta tahan terhadap rayap dan karat.

Sumber: www.penninegaragedoors.co.uk

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Model pintu garasi satu ini mirip seperti pintu toko di pusat perbelanjaan. Model pintu ini sering disebut rolling door dan terbuat dari besi hollow yang tipis.

Ciri khas dari rolling door antara lain pintunya terbuka secara vertikal ke atas, besi yang digunakan cenderung lebih tipis, dan bisa terlipat secara otomatis. Pengoperasian pintu ini sangat mudah sehingga banyak orang menggunakannya.

Kelemahan dari model pintu garasi rolling cenderung mengeluarkan bunyi berisik ketika dibuka atau ditutup, sehingga tidak nyaman digunakan bila sering dibuka dan ditutup. Walaupun memiliki kelemahan, model pintu garasi rolling juga memiliki keunggulan yaitu dapat digunakan dalam waktu yang lama serta tahan terhadap rayap dan karat. Supaya tampilan rolling door garasi milikmu semakin cantik, kamu bisa mengecat rolling door atau mengilapkannya agar tidak terkesan kusam.

Baca juga:7 Model Pagar Rumah Terbaru yang Bisa Jadi Inspirasi

Pintu Garasi Minimalis Modern

Pintu garasi minimalis dari kayu solid terbuat dari kayu alam yang disusun dari beberapa elemen.
Pintu garasi minimalis dari kayu solid terbuat dari kayu alam yang disusun dari beberapa elemen.

Sumber: www.doddsdoors.com

Inspirasi model pintu garasi minimalis modern yang bisa kamu pilih untuk diaplikasikan yaitu pintu garasi dari kayu solid. Pintu garasi dari kayu solid terbuat dari kayu alam yang disusun dari beberapa elemen. Setelah itu, pintu akan melalui proses pemanggangan menggunakan oven khusus yang gunanya agar pintu menjadi lebih kokoh dan kuat. Ciri khas dari pintu kayu solid yaitu warna pintu lebih kecoklatan karena melalui proses pemanggangan.

Tenyata kayu solid mempunyai beberapa kelebihan, antara lain:

  • Cocok digunakan untuk interior dan eksterior rumah karena tahan terhadap perubahan cuaca dan suhu (pastikan membeli pintu garasi dari kayu solid yang sudah di oven).
  • Pintu garasi dari kayu solid mampu meredam suara dengan baik karena memiliki serat kayu yang rapat.
  • Material kayu solid juga kuat dan tahan lama, terutama kayu solid yang terbuat dari kayu jati, meranti, nyatoh, bengkira, dan kamper.

Pintu Garasi Minimalis Unik

Ukiran pada pintu garasi minimalis dari besi hollow ini dibuat dengan mesin laser sehingga hasilnya begitu rapi dan presisi.
Ukiran pada pintu garasi minimalis dari besi hollow ini dibuat dengan mesin laser sehingga hasilnya begitu rapi dan presisi.

Sumber: www.petercampbell.com.au

Pintu garasi minimalis unik ini terbuat dari besi hollow dan diciptakan dengan menggunakan teknologi laser cutting. Kamu dapat mengukir motif yang kamu sukai pada pintu garasi ini, lho! Ukiran pada pintu garasi besi ini dibuat dengan mesin laser sehingga hasilnya begitu rapi dan presisi. Tak hanya itu, kamu juga dapat memilih finishing warna yang kamu sukai. Jika kamu ingin memiliki model pintu garasi besi lipat laser cutting yang tampilannya unik, tentunya model pintu ini menjadi preferensi terbaik.

Baca juga: Pintu Rumah Minimalis Putih & Bahan Pintu yang Bisa Anda Pilih

Tips Membuat Pintu Garasi Minimalis

Bicara tentang membuat desain pintu garasi, berikut ini terdapat beberapa tips yang perlu kamu perhatikan dalam membuat desain pintu garasi yang kokoh dan aman.

Tentukan ukuran garasi yang akan dibuat

Cara pertama yang perlu kamu perhatikan yaitu menentukan terlebih dahulu ukuran garasi yang akan dibuat. Untuk ukuran garasi ini lebih menyesuaikan dengan jenis kendaraan milikmu. Apabila kamu memiliki mobil berjenis sedan dan beberapa kendaraan motor, alangkah baiknya kamu membuat garasi lebih luas agar dapat menampung semua kendaraan yang kamu miliki.

Menentukan desain dan model pintu garasi

Jika kamu sudah menentukan ukuran garasi, tips selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu desain dan model garasi. Membuat desain dan model pintu garasi minimalis merupakan hal penting yang harus dipikirkan secara matang. Pasalnya, kamu tidak boleh membuat desain dan model pintu garasi secara sembarangan karena menyebabkan fungsionalnya berkurang serta membuat fasad rumahmu tidak menarik. Desain dan model pintu garasi juga perlu disesuaikan dengan konsep hunianmu agar terlihat aesthetic.

Memilih material pintu

Tips terakhir yang perlu kamu perhatikan yaitu menentukan material untuk membuat pintu garasi minimalis. Ada beragam bahan material yang bisa kamu pilih untuk membuat pintu garasi, misalnya material kayu, besi, aluminium, kaca, dan uPVC. Pemilihan material ini bisa kamu sesuaikan juga dengan konsep hunianmu, misalnya hunianmu berkonsep industrial, kamu bisa menggunakan material besi untuk membuat pintu garasi.

Itulah beberapa model pintu garasi minimalis yang bisa kamu pilih untuk diaplikasikan di hunian milikmu. Pastikan untuk memadukan model pintu garasi dengan desain rumah kamu, ya!

So, model pintu garasi minimalis seperti apa yang ingin kamu gunakan?

Apa pun variasi model pintu garasi minimalis yang kamu inginkan pasti selalu ada cara untuk mewujudkannya. Jika kamu ragu untuk memasang pintu garasi sendiri, serahkan tugas tersebut pada orang yang lebih berpengalaman, terlatih, dan profesional.

Dengan menggunakan aplikasi Kanggo, kamu bisa menemukan tukang terlatih dan profesional yang dapat membantu segala kebutuhan perbaikan rumah. Termasuk untuk memasang model pintu garasi dari berbagai material.

Adanya aplikasi Kanggo, untuk mencari dan mendapatkan tukang menjadi mudah, tinggal klik, tukang besok pasti datang. Kanggo berkomitmen akan membantu segala kebutuhan pemasangan atau renovasi hunian milikmu.

Kalau kamu masih memerlukan aneka tips dan inspirasi seputar hunianmu, kamu bisa membacanya di sini.

Jadi tunggu apa lagi? Unduh Kanggo sekarang melalui Google Play Store dan App Store. Kanggo, #TukangJagoan.

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami