BerandaBlog
Mengenal Penangkal Petir, Pelindung Rumah dari Resiko Lonjakan Listrik

Mengenal Penangkal Petir, Pelindung Rumah dari Resiko Lonjakan Listrik

Bagikan
Mengenal Penangkal Petir, Pelindung Rumah dari Resiko Lonjakan Listrik
Mar 6, 2022

Penggunaan penangkal petir berperan penting dalam melindungi bangunan dari berbagai resiko dan bahaya. Namun masih banyak orang yang belum begitu mengenal alat penangkal dari petir ini. Termasuk bagaimana cara kerjanya dan apa saja fungsinya bagi hunian.

Pada pembahasan ini, Anda akan memahami lebih jauh mengenai alat pelindung dari bahaya petir tersebut. Langsung saja simak uraian lengkapnya berikut ini, ya!

Apa Itu Penangkal Petir?

Sesuai dengan namanya, alat ini bertujuan untuk menangkal petir agar tidak menyambar pada bangunan. Bukan hanya bangunan, namun juga semua yang ada di dalamnya. Mulai dari peralatan elektronik, instalasi listrik, sampai penghuni bangunan tersebut.

Petir sendiri pada dasarnya adalah arus listrik yang sangat besar dan bisa berbahaya jika terkena suatu objek. Karena itu perlu ada pengalihan arus listrik dari petir agar tidak menyambar dan membahayakan, terutama pada manusia.

Alat penangkal ini bekerja dengan menangkap arus listrik petir yang ada di udara. Arus listrik ini kemudian dialirkan ke dalam tanah agar teredam oleh volume bumi. Dengan begitu, petir tidak akan mengenai bangunan, benda, atau objek apapun yang ada di sekitarnya.

Fungsi Penangkal Petir untuk Hunian

Menggunakan alat penangkal dari petir bisa memberikan banyak manfaat bagi bangunan, terutama aspek keamanan dan keselamatan. Berikut beberapa fungsinya untuk hunian Anda:

Melindungi Perangkat Elektronik

Fungsi yang pertama adalah melindungi perangkat elektronik yang ada di dalam rumah. Karena petir sudah dialihkan, maka tidak ada arus listrik dari petir yang masuk ke rumah Anda. Dengan begitu, perangkat elektronik pun terlindungi dari resiko kelebihan muatan listrik.

Kelebihan muatan listrik ini dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat elektronik. Bahkan pada kasus yang lebih parah, bisa saja terjadi konsleting. Hal ini tentu bisa membahayakan seisi rumah Anda.

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Menghindari Resiko Kebakaran

Seperti yang telah diulas pada bagian sebelumnya, arus listrik yang terlalu besar bisa berbahaya. Jika petir tidak ditangkap dan dialihkan ke tanah, arus listriknya bisa mengenai bangunan.

Ketika arus yang begitu besar masuk ke dalam bangunan, bisa saja terjadi kebakaran karena listrik. Untuk itu, penggunaan penangkal petir berperan besar dalam menghindari resiko kebakaran.

Melindungi dari Lonjakan Listrik

Fungsi terakhir yang tak kalah pentingnya adalah melindungi hunian Anda dari lonjakan listrik. Jika arus listrik petir masuk ke dalam rumah, maka sistem kelistrikan bisa langsung padam. Hal ini karena adanya lonjakan listrik dari arus yang besar dari petir tersebut.

Lonjakan listrik ini bisa berakibat pada resiko yang lebih berbahaya. Seperti konsleting, atau bahkan kebakaran. Anda tentu tidak ingin hal-hal tersebut terjadi, bukan?

Karena itu, penggunaan alat penangkal ini bermanfaat untuk melindungi dari lonjakan listrik dan bahaya lainnya. Untuk bangunan yang lebih besar, Anda bisa menggunakan beberapa alat sekaligus.

Lakukan Pemasangan dengan Aman

Memasang alat penangkal dari petir memang penting, namun proses pemasangan yang aman juga tak kalah pentingnya. Alat ini berhubungan dengan sistem dan instalasi listrik, jadi Anda harus memastikan proses pemasangan berjalan dengan aman.

Jika Anda ingin memasang alat ini di rumah, sebaiknya Anda memanfaatkan jasa profesional melalui Kanggo. Kanggo siap membantu Anda dengan menyediakan tukang listrik yang berpengalaman dan terpercaya.

Jadi, serahkan saja urusan pemasangan penangkal petir pada Kanggo. Download aplikasinya di Play Store atau App Store sekarang. Kanggo, #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami