BerandaBlog
10+ Kombinasi Warna Cat Rumah Cantik Untuk Hunianmu

10+ Kombinasi Warna Cat Rumah Cantik Untuk Hunianmu

Bagikan
10+ Kombinasi Warna Cat Rumah Cantik Untuk Hunianmu
Jul 17, 2022

Kombinasi warna cat rumah yang kamu pilih dapat mengubah tampilan rumah, lho! Paduan warna yang serasi antara warna cat dinding dan pemilihan warna untuk dekorasi hunianmu juga berpengaruh besar terhadap vibes hunian. Tak jarang orang keliru dalam memadukan warna pada huniannya tapi di sini kamu dapat menemukan beberapa pilihan kombinasi warna cat rumah terbaik untuk hunianmu. Yuk, simak lebih lengkapnya di bawah ini!

1. Kombinasi Warna Cat Rumah Pink dan Biru

Kombinasi warna cat rumah pink dan biru cocok untuk hunian berdesain modern kontemporer.

Sumber: Home Designing

Umumnya orang akan memilih warna biru dan putih untuk warna cat di kamarnya karena warna tersebut memberikan kesan nyaman. Namun, ada kombinasi warna lain yang tidak kalah menarik dari kedua warna tersebut yaitu kombinasi warna cat rumah biru dan pink yang cocok untuk kamu yang ingin memiliki ruangan berdesain modern kontemporer. Kamu dapat mengaplikasikan kedua warna tersebut untuk ruang makan, ruang keluarga, ataupun ruang tamu.

Kombinasi cat warna rumah biru dan pink membuat hangat hunian karena nuansa warna biru yang dingin dengan nuansa pink yang menyenangkan memang paling serasi untuk dipadukan.

2. Kombinasi Warna Cat Rumah Hijau

Kombinasi warna cat rumah hijau dengan hiasan dinding warna terang untuk ruang keluarga yang hangat.

Sumber: Interior Design

Warna hijau memang identik dengan pepohonan atau dedaunan. Warna ini mampu menonjolkan kesan fresh dan harmonis sehingga warna cat rumah ini sangat tepat untuk diaplikasikan pada ruang yang menjadi tempat berkumpul anggota keluarga seperti ruang makan dan ruang keluarga. Bahkan, warna hijau ini pun cocok untuk kamar tidur anak-anak.

Kamu juga bisa memilih warna cat rumah warna hijau pastel atau hijau sage karena warna ini menenteramkan dan terasa homey. Warna cat rumah hijau membuat suasana di rumah lebih hidup dan memberikan semangat pada penghuninya. Padukan warna cat rumah hijau dengan warna cokelat muda, oranye muda, atau krem.

3. Kombinasi Warna Cat Rumah Abu-Abu dan Biru

Kombinasi warna cat rumah abu-abu dan biru memberikan kesan modern.

Sumber: Tidyawaytoday

Siapa bilang warna-warna netral dan gelap tidak bisa selaras? Hal ini tidak berlaku untuk kombinasi warna cat rumah abu-abu dan biru. Kedua warna ini merupakan kombinasi warna cat rumah minimalis yang bisa kamu pilih. Kamu bisa terapkan paduan warna ini di ruang tamu agar memberikan kesan modern dan tampak elegan.

4. Kombinasi Warna Cat Rumah Ungu

Sumber: Behr

Supaya suasana kamar tidur milikmu lebih intimate, cobalah untuk membuat kombinasi warna ungu lilac dengan warna terang seperti warna putih, kuning pastel, light grey, dan dusty pink. Kombinasi kedua warna ini sekilas mengingatkanmu pada warna permen yang manis. Semua gabungan warna tersebut membuat indah dipandang dan menenangkan.

5. Kombinasi Warna Cat Rumah Putih

Fasad rumah akan terlihat berbeda dengan kombinasi warna cat rumah putih.

Sumber: Barraebarra

Warna cream dan putih sering diaplikasikan untuk kombinasi warna cat luar rumah karena warna cream dan putih tergolong netral dan bisa dipadukan dengan warna lain. Sebagai contoh, fasad rumah cat warna putih dapat dipadukan dengan warna abu-abu gelap. Walaupun dipadukan dengan warna yang cenderung lebih gelap tapi rumah tetap memancarkan nuansa terang dan teduh.

6. Kombinasi Warna Cat Rumah Hijau Kuning

Kombinasi warna cat rumah warna hijau dan kuning memberi kesan homey.

Sumber: Art of Gardening Buffalo

Bagi sebagian orang, warna cat rumah kuning cenderung dihindari karena terkesan silau dan kurang menarik. Namun, sebaiknya cobalah memadukan warna cat rumah kuning pucat dengan sentuhan warna hijau agar hunianmu terlihat sejuk dan homey. Kamu bisa mengaplikasikan kombinasi kedua warna ini untuk eksterior ataupun interior hunianmu, lho!

Mengecat rumah dengan warna kuning akan memberikan kesan luas pada ruangan jika ruangan tersebut terkena cahaya lampu ataupun matahari. Tidak ada salahnya melengkapi hunianmu dengan dekorasi dan furnitur warna-warna lain yang masih senada, misalnya meja tamu berwarna cokelat tua atau tumbuhan hijau, seperti tanaman monstera.

7. Kombinasi Cat Rumah Warna Biru Muda

Sumber: Decorpad

Warna biru sangat identik dengan hal-hal yang berbau nature, seperti laut, pantai, langit, dan kebun. Rumah bernuansa biru akan membuat rumahmu lebih fresh karena mampu menampilkan kesan damai.

Warna cat rumah ini sangat cocok untuk diaplikasikan di kamar tidur dan ruang keluarga. Kamu dapat mengombinasikan warna cat rumah biru dengan warna cream, putih, ataupun turquoise. Dengan pemilihan warna cat rumah ini, kamu akan mendapatkan perasaan tenteram, nyaman, dan lebih hidup. Kesejukan dan kesegaran dari warna cat rumah biru bisa berpengaruh besar terhadap mood para penghuninya.

8. Kombinasi Warna Cat Rumah Hijau dan Peach

Sumber: Weirsofbaggost

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Hijau dan peach mungkin bisa menjadi salah satu kombinasi warna yang menarik untuk ruang tamumu. Cat rumah warna hijau dan peach yang kontras memberi nuansa hangat terhadap hunian.

Tak hanya memberi efek segar, cat warna hijau bisa memberikan efek luas pada ruangan.

Jika kamu ingin mencoba warna hijau untuk cat rumahmu, pilihlah warna hijau zaitun atau hijau emerald yang cocok dipadukan dengan warna peach. Dekorasi yang cocok untuk paduan warna ini adalah dekorasi bergaya vintage.

9. Kombinasi Warna Cat Rumah Oranye dan Putih

Sumber: My Design Dump

Kombinasi warna cat rumah oranye dan putih bisa diaplikasikan di ruang makan. Pilih warna oranye untuk cat dindingnya dan padukan dengan cat warna putih untuk plafon. Pengaplikasian di tembok ruang makan membuat suasana ketika makan bersama keluarga menjadi lebih hangat dan intim.

Agar warna dinding oranye tidak terlalu terang, kamu bisa meletakkan dekorasi atau furnitur dengan warna senada, seperti cabinet warna cream.

10. Kombinasi Warna Cat Rumah Hitam dan Putih

Sumber: Architectural Designs

Warna hitam dan putih memang kombinasi warna andalan yang tidak asing lagi. Pada umumnya orang memakai kombinasi warna cat rumah bagian luar untuk hunian minimalisnya yang bertema monokrom.

Inspirasi perpaduan kedua warna cat rumah ini sebenarnya bisa terlihat sangat klasik, artistik, dan elegan, apabila penataan ruangan dimaksimalkan dengan furnitur yang berkualitas. Dekorasi dan elemen interior yang selaras akan menambah kemewahan pada hunianmu.

Baca Juga: 8 Inspirasi Model Rumah Sederhana Tapi Indah dan Minimalis

Tips Memadukan Warna Cat Rumah Agar Hunian Terlihat Cantik dan Nyaman

Dalam menentukan warna cat rumah memang membutuhkan banyak pertimbangan yang matang. Pasalnya, setiap warna dan kombinasinya akan menghasilkan nuansa yang berbeda pada setiap ruangan.

Apabila kamu salah memadukan warna cat rumah, bisa saja ruang keluarga terkesan redup atau kamar tidur menjadi sangat mencolok dan menyilaukan mata. Adanya aneka pilihan warna yang tersedia justru membuatmu semakin ragu, bahkan merasa kebingungan untuk memilih warna yang tepat untuk diaplikasikan ke hunianmu. Berikut ini tips memadukan warna cat rumah agar hunian terlihat cantik dan nyaman.

1. Pilihlah Warna dari Cakram Warna

Di dalam cakram warna terdapat tiga macam warna dasar, yaitu merah, kuning, dan biru. Kamu bisa menemukan warna yang serasi untuk dipadukan pada huniamu dari tiga warna dasar tersebut. Misalnya, kamu memilih warna-warna yang bersebelahan dalam cakram warna atau bisa juga memilih warna-warna yang justru berseberangan dalam cakram warna. Hal ini bisa dilakukan jika kamu lebih menyukai warna yang kontras, tapi tetap serasi dan tidak norak.

Sebagai alternatif, kamu bisa pilih warna yang membentuk sudut 90 derajat dalam cakram warna. Warna-warna dalam sudut tersebut akan saling melengkapi dan berpadu dengan harmonis.

2. Memahami Rekomendasi Perpaduan Warna Cat

Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi perpaduan warna cat rumah yang bisa kamu terapkan pada hunianmu, antara lain:

  • Kuning dan oranye, memberikan nuansa cerah serta terkesan lebih menyenangkan;
  • Peach dan hitam, memberikan kesan feminim tapi tegas;
  • Merah dan abu-abu, saling menyeimbangkan untuk hunian minimalis;
  • Kombinasi warna-warna pastel dan putih, membuat ruangan terasa hangat dan fresh;
  • Hitam dan putih, menciptakan kesan modern serta minimalis;
  • Biru aqua dan ungu wine, menciptakan kesan ceria serta bersemangat;
  • Biru navy dan putih, meningkatkan kesan minimalis serta elegan;
  • Cokelat dan hijau, menciptakan nuansa alam yang segar.

3. Melakukan Uji Coba Warna

Sebelum mengaplikasikan warna cat rumah, cobalah untuk melakukan kombinasi warna. Kamu bisa membandingkan perpaduan beberapa warna yang cocok untuk hunianmu.

4. Memadukan Warna dengan Teknik Horizontal

Setelah menentukan dan uji coba warna-warna yang akan diterapkan pada dinding rumahmu, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah memadukan warna dengan teknik horizontal pada tembok.

Kamu bisa mengkombinasikan warna gelap pada bagian atas dan warna cerah pada bagian bawah atau sebaliknya, disesuaikan dengan seleramu. Memadukan warna dengan teknik horizontal akan membuat ruangan menjadi nyaman dan terkesan hangat.

5. Memadukan Warna dengan Teknik Vertikal

Selain teknik horizontal, yang bisa kamu gunakan dalam mengecat dinding ruangan rumahmu adalah teknik vertikal. Memadukan warna dengan teknik vertikal cocok untuk diterapkan di berbagai ruangan. Teknik vertikal ini akan memberi nuansa tegas, anggun, dan elegan pada ruangan.

6. Satu Tembok Satu Warna

Kamu bisa juga menggunakan teknik satu tembok untuk satu warna. Dengan pengaplikasian cara ini ruangan terkesan lebih ceria dan tidak membosankan.

Teknik seperti ini sebaiknya diterapkan di ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur. Tentukanlah kombinasi warna yang tepat sesuai seleramu dan anggota keluarga.

7. Teknik Gradasi Warna

Penggunaan teknik gradasi warna juga bisa kamu lakukan untuk memberikan kesan ruangan yang hidup dan menyenangkan. Teknik ini dapat diterapkan di ruang keluarga

Cara mengaplikasikan teknik ini sangat sederhana, kok! Pilihlah satu warna dasar yang kamu inginkan, lalu carilah warna turunannya dalam cakram warna. Misalnya warna navy blue sebagai warna dasar, turunannya adalah biru langit, biru muda atau turquoise muda.

8. Padupadankan dengan Warna Furnitur dan Dekorasi

Tips memilih kombinasi warna cat rumah agar hunian cantik selanjutnya adalah mencoba memadukan warna cat rumah dengan warna furnitur dan dekorasi. Paduan antara warna cat rumah, warna furnitur, dan dekorasi akan membuat keselarasan hunian.

9. Mengatur Pencahayaan Alami dan Cahaya Lampu

Hunian akan tampak selaras ketika kamu dapat mengatur cahaya alami dari matahari dan cahaya lampu dengan warna cat rumah yang sudah kamu aplikasikan. Untuk ruangan yang memiliki jendela besar, sebaiknya kamu memilih warna yang tidak terlalu kontras, ya. Hal ini karena cahaya matahari yang masuk ke ruangan tersebut akan semakin menyilaukan mata jika kamu menggunakan warna yang kontras. Untuk ruangan dalam, seperti ruang makan, kamu bisa menggunakan lampu gantung dengan lampu warna kuning, agar ruangan terkesan hangat intim.

 

Apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satu dari kombinasi warna cat rumah di atas? Memang memilih warna cat rumah bisa menjadi agak rumit, apalagi dengan shade warna yang beragam. Pastikan kamu mencoba untuk memilih beberapa warna favorit untuk dipadukan dan sesuaikan pula dengan furnitur rumah demi penampilan interior rumah yang menawan.

Apabila kamu merasa kesulitan dalam melakukan pengecatan hunianmu, sebaiknya kamu meminta bantuan tim profesional seperti Kanggo.

Kanggo adalah layanan tukang online yang akan menghubungkan kamu dengan tenaga profesional yang ahli di bidangnya masing-masing. Mitra Kanggo akan membantumu melakukan home improvement.

Dengan menghubungi Kanggo, kamu akan disambungkan dengan jasa konsultan profesional yang siap mengeksekusi pekerjaan home improvement dengan maksimal. Untuk layanan cat rumah, jasa tukang Kanggo akan membantumu dalam membuang cat lama, melakukan pengecatan cat dasar, dan finishing.

Jadi, proyek perbaikan rumahmu bisa selesai dan optimal sambil kamu tetap dapat produktif setiap harinya. Menarik, bukan? Kalau begitu, tidak perlu berlama-lama, yuk, hubungi Kanggo sekarang!

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami