BerandaBlog
7 Model Jendela Kamar Tidur Minimalis dan Manfaatnya

7 Model Jendela Kamar Tidur Minimalis dan Manfaatnya

Bagikan
7 Model Jendela Kamar Tidur Minimalis dan Manfaatnya
Nov 11, 2022

Jendela kamar tidur memegang peran penting untuk menjaga kesehatan dan hemat energi di dalam kamar. Dengan adanya jendela di dalam kamar, sirkulasi udara di akan jadi lebih lancar sehingga kamu dan anggota keluarga tidak merasa pengap.

Sinar matahari yang masuk ke dalam kamar juga mampu menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri, lho!

Jangan lupa juga kalau jendela kamar tidur memiliki aspek estetika sehingga modelnya harus dipertimbangkan dan disesuaikan dengan gaya desain interior hunian milikmu.

Lalu apa saja model jendela yang bisa kamu jadikan referensi? Supaya kamu bisa memutuskan model jendela yang akan kamu pasang, yuk, simak beberapa model jendela kamar tidur minimalis dan simple di bawah ini!

Venetian Blinds

Venetian blinds terbuat dari bahan dasar alumunium dan disusun secara horizontal untuk menutup kaca jendela.
Venetian blinds terbuat dari bahan dasar alumunium dan disusun secara horizontal untuk menutup kaca jendela.

Sumber: www.media.homeanddecor.com.sg

Venetian blinds merupakan jendela dengan kerai klasik yang pemakaiannya sudah digunakan sejak zaman dulu di kamar tidur. Kebanyakan jendela kamar tidur minimalis ini terbuat dari bahan dasar alumunium dan disusun secara horizontal untuk menutup kaca jendela.

Kamar tidur memang ruangan privasi yang bisa diatur sendiri tata letak dan bentuknya, termasuk jendelanya. Venetian blinds merupakan pilihan tepat bagi kamu yang sangat menyukai cahaya matahari dan pemandangan luar tetapi tidak ingin jendela kamarmu terlalu terbuka.

Beberapa kelebihan venetian blinds yakni harganya sangat terjangkau, dapat mengatur cahaya ruangan sesuai kebutuhan, modelnya elegan dan minimalis, banyak pilihan warna yang tersedia, perawatan dan pemasangannya tidak sulit, serta mudah dibersihkan.

Jendela Aksen Kayu

Jendela aksen kayu bisa ditempatkan di bagian atas dinding hampir menyentuh plafon kamar.
Jendela aksen kayu bisa ditempatkan di bagian atas dinding hampir menyentuh plafon kamar.

Sumber: www.alwindows.com.au

Seperti namanya, jendela model ini memiliki bingkai kayu besar sebagai penahannya. Jendela kamar tidur kayu ini walaupun bentuknya sederhana tapi bisa memberikan kesan minimalis. Selain itu, jendela aksen kayu juga bisa memberikan nuansa natural pada kamar. Jendela ini bisa ditempatkan di bagian atas dinding hampir menyentuh plafon kamar.

Bay Window

Bay window bentuk jendelanya menyerupai teluk.
Bay window bentuk jendelanya menyerupai teluk.

Sumber: www.elizakerndesign.com

Bay window adalah tipe jendela yang konstruksinya menjorok keluar sehingga pada bagian dalamnya membentuk area cekung menyerupai teluk. Maka dari itu, bay window sering disebut jendela model teluk. Model ini biasanya digunakan di jendela kamar tidur depan atau kamar tidur utama di lantai dua karena memerlukan ruang yang luas dan memuat setidaknya tiga set jendela.

Ruang di dalam lengkungannya bisa digunakan sebagai window seat untuk tempat membaca, bersantai, atau meletakkan tanaman.

Skylight Window

Jendela skylight adalah kaca yang dipasang di atap.
Jendela skylight adalah kaca yang dipasang di atap.

Sumber: www.absolutelofts.com

Untuk kamu yang memang mencari jendela kamar tidur modern sederhana, bisa menjadikan skylight window sebagai pilihan kamu, lho! Jendela skylight adalah kaca yang dipasang di atap sehingga bisa menambah cahaya alami ke dalam rumah.

Jadi, kamu tidak perlu menyalakan lampu saat menggunakan kamar tidur di siang hari. Jendela skylight juga membuat kamar tidur tidak sumpek dan terasa lebih dekat dengan alam. Pada saat malam tiba, kamu bisa memandang indahnya langit beserta bintang-bintang juga. Wah, menarik, ya?

Awning Window

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami
Awning window sering disebut jendela jungkit.
Awning window sering disebut jendela jungkit.

Sumber: www.weathershield.com

Model jendela kamar tidur utama modern yang bisa kamu pilih adalah awning window. Awning window sering disebut jendela jungkit. Jendela kamar tidur dalam ini bisa dibuka dengan cara dijungkitkan ke atas dan kamu bisa menghirup aroma hujan tanpa takut air hujan akan masuk ke kamar.

Bentuknya yang simple dengan warna netralnya bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memberikan kesan minimalis modern pada kamar tidur milikmu.

Sliding Window

Jendela model geser ini tidak menonjol keluar.
Jendela model geser ini tidak menonjol keluar.

Sumber: www.amexupvc.com

Jendela geser (sliding window) memiliki bagian kanan dan kiri dan digeser secara horizontal. Jendela ini memungkinkan terjadinya sirkulasi udara yang baik karena bisa dibuka lebar, tentunya sirkulasi udara di kamar lebih lancar.

Namun, pastikan dinding kamar kamu cukup lebar untuk dipasangi dua panel jendela, ya. Selain itu, jendela model geser ini tidak menonjol keluar, sehingga dinilai lebih cantik.

Casement Window

Terdapat dua jenis jendela tingkap yakni panel tunggal dan panel ganda.
Terdapat dua jenis jendela tingkap yakni panel tunggal dan panel ganda.

Sumber: www.paulhenryswindows.com

Casement window atau sering disebut jendela tingkap adalah model jendela yang populer digunakan pada kamar tidur. Terdapat dua jenis jendela tingkap yakni panel tunggal dan panel ganda.

Engsel yang digunakan pada sistem bukaan casement window berada dalam posisi tersembunyi, sehingga akan sangat sulit untuk dibongkar oleh pencuri. Jendela model tingkap ini memiliki bukaan yang tidak terlalu besar, maksimal hanya 90 derajat

Hunian modern saat ini lebih banyak menggunakan jendela tingkap kaca berbingkai aluminium atau kayu. Sedangkan hunian bergaya tradisional memiliki jendela tingkap berpanel ganda dengan daun jendela yang terbuat dari material kayu.

Manfaat Penggunaan Jendela Kamar Tidur

Jendela adalah salah satu komponen penting yang harus ada di setiap rumah. Ternyata menggunakan jendela khususnya jendela kamar tidur mempunyai banyak manfaat, lho! Berikut ini beberapa manfaat menggunakan jendela kamar tidur, antara lain:

1. Cahaya Alami Lebih Bebas Masuk

Jendela kamar tidur akan membuat sinar matahari mudah masuk ke dalam ruangan. Kehadiran cahaya alami ke dalam kamar tidur dapat menghadirkan nuansa hangat dan cerah pada kamar. Selain itu, sinar matahari yang masuk ke dalam kamar tidur dipercaya dapat meningkatkan mood dan membuatmu merasa bersemangat di pagi hari.

2. Hemat Anggaran

Saat kamu menggunakan jendela besar pada kamar tidurmu, cahaya matahari akan leluasa masuk ke dalam ruangan. Semakin besar jendela yang kamu gunakan, ruangan akan semakin terang. Karena itu, kamu tidak perlu lagi menyalakan lampu dari pagi hingga sore hari. Pencahayaan alami ini sudah cukup untuk membuat kamar tidur terlihat cerah sehingga biaya listrik akan berkurang dan kamu bisa menghemat pengeluaran rumah tangga.

3. Udara Lebih Sehat

Udara pagi merupakan udara yang paling segar dan sehat. Dengan membuka jendela di pagi hari, udara yang tidak sehat di dalam kamar tidur akan tersikulasi dengan baik dan membuat udara di dalam kamar tidur menjadi sehat.

Buat kamu yang malas keluar rumah di pagi hari, kamu tetap bisa menikmati dan menghirup udara segar dari kamar tidur dengan cara membuka jendela kamarmu.

4. Mengurangi Kelembapan di dalam Ruangan

Kehadiran jendela kamar tidur bisa membuat kelembapan di dalam kamar jadi berkurang. Jika diabaikan, kelembapan ini dapat menimbulkan masalah seperti tumbuhnya jamur dan bakteri. Ketika semua itu mulai menumpuk akan menyebabkan penyakit di rumahmu.

5. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat jendela kamar tidur selanjutnya adalah dapat meningkatkan kualitas tidur. Jendela yang terbuka bisa mengurangi kadar karbon dioksida dalam ruangan sehingga dapat membuat tidurmu lebih nyenyak.

Jendela kamar tidur bukan sekadar membuat udara tersirkulasi dengan baik, tapi penerapannya dapat sebagai aksen visual yang cantik untuk interior kamar. Keberadaan jendela kamar tidur memang sangat penting sehingga kamu perlu perencanaan dalam membuatnya Kamu juga bisa memilih salah satu contoh jendela kamar tidur di atas untuk kamu pasang di kamar milikmu, lho!

Kini, kamu tak perlu bingung jika ingin merenovasi rumahmu. Kamu bisa menghubungi tim profesional dari Kanggo untuk membantu pengerjaannya.

Kanggo adalah aplikasi tukang bangunan online yang hadir untuk menjawab berbagai kebutuhan home improvement, mulai dari renovasi rumah, pemasangan plafon, pemasangan dan perbaikan pintu, pemasangan keramik, instalasi listrik, hingga perbaikan dapur.

Jangan tanyakan soal kualitasnya. Tukang-tukang yang bekerja dengan Kanggo adalah tukang terlatih dan profesional dengan berbagai macam keahlian. Kamu juga bisa cek dari testimoni positif yang diberikan para pelanggan kepada tukang Kanggo.

Bahkan, Kanggo juga meluncurkan aplikasi yang memudahkan kamu berkomunikasi dan memesan tukang Kanggo. Aplikasi ini bisa kamu unduh melalui Google Play Store atau App Store dari smartphone kamu. Dengan aplikasi Kanggo, sekarang pesan tukang jadi mudah, tinggal klik, besok tukang pasti datang.

Bagi kamu yang lebih nyaman berkomunikasi lewat chat, Kanggo juga sudah menyediakan layanan WhatsApp yang bisa kamu gunakan untuk berdiskusi tentang kebutuhan-kebutuhan yang kamu perlukan untuk melakukan pekerjaan pertukangan.

Kanggo #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami