BerandaBlog
7 Inspirasi Desain Dapur Minimalis yang Super Sleek

7 Inspirasi Desain Dapur Minimalis yang Super Sleek

Bagikan
7 Inspirasi Desain Dapur Minimalis yang Super Sleek
Agt 19, 2022

Desain dapur minimalis sering dipilih karena konsep ini mampu memberikan kesan clean. Lebih dari itu, dapur minimalis juga dianggap lebih modern dan sesuai dengan lifestyle masa kini.

Baca juga: Inspirasi Model Dapur Minimalis untuk Segala Jenis Hunian

Bagi banyak keluarga, dapur memang menjadi pusat dari sebuah hunian. Orang tua mungkin sibuk memasak di dapur, anak-anak mungkin langsung menuju meja makan sepulang sekolah, atau menghabiskan quality time seusai bekerja di kitchen island.

Jadi, tidak heran bila desain dapur perlu dipertimbangkan dengan matang. Kalau kamu penyuka desain sleek, tak ada salahnya mempertimbangkan desain minimalis untuk dapurmu.

Tenang saja, kami sudah menyiapkan beberapa ide desain dapur minimalis yang bisa kamu jadikan referensi. Silakan intip inspirasinya di bawah ini!

Desain Dapur Minimalis 2×2 Meter

Gunakan warna putih pada hampir sebagian besar bagian dapur agar dapur yang mungil terkesan luas.
Gunakan warna putih pada hampir sebagian besar bagian dapur agar dapur yang mungil terkesan luas.

Sumber: http://www.home-designing.com/

Untuk rumah dengan luas area terbatas, konsep minimalis akan sangat pas. Dengan gaya desain yang mengutamakan fungsi dan bebas clutter, dapur mungil milikmu tak akan terlihat sempit.

Dengan kata lain, bukanlah hal mustahil membuat desain dapur minimalis 2×2 meter yang tetap terlihat cantik. Lebih dari itu, kamu juga bisa menyiasati dapur agar tetap terkesan luas.

Pertama, tentu dapurmu sebaiknya didominasi oleh warna putih. Bukan rahasia lagi, warna putih mampu menghadirkan kesan lega pada ruangan yang sebenarnya sempit.

Baca juga: Fresh dan Anggun dengan Kombinasi Cat Rumah Warna Putih

Kemudian, kamu mungkin tak bisa memiliki meja makan permanen untuk desain dapur minimalis 2×2 meter. Namun, tak perlu khawatir sebab selalu ada meja lipat yang bisa kamu jadikan opsi.

Meja tersebut baru kamu pasang saat akan digunakan untuk menyantap makanan. Selebihnya, kamu bisa melipatnya dengan posisi menempel ke dinding. Dengan begitu, area dapur masih memadai untuk kamu memasak atau menyiapkan makanan.

Desain Dapur Minimalis untuk Apartemen

Cermat dalam memilih warna dinding dan furnitur agar dapur masih terasa menyatu dengan area publik lain.
Cermat dalam memilih warna dinding dan furnitur agar dapur masih terasa menyatu dengan area publik lain.

Sumber: http://www.home-designing.com/

Selain di rumah dengan luas lahan terbatas, desain minimalis juga merupakan pilihan tepat untuk dapur apartemen dengan denah open floor.

Di ruang dengan penataan terbuka seperti pada gambar di atas, dapur tentu akan langsung terhubung dengan area publik lain, misalnya ruang tamu.

Karena itu, pastikan kamu memilih warna serta furnitur yang senada agar keseluruhan ruangan tetap menjadi sebuah kesatuan. Meskipun begitu, kamu bisa menciptakan ilusi ruang dengan memanfaatkan sekat imajiner melalui penataan furnitur.

Sebagai contoh, kamu bisa meletakkan karpet di area ruang tamu atau living room. Sementara itu, area dapur dibiarkan tanpa karpet. Dengan cara ini, ruangan terasa seperti terdiri dari dua ruangan berbeda, tetapi masih menyatu.

Desain Dapur Minimalis 3×2 Meter

Menambahkan kitchen cabinet berwarna kayu natural bisa memberikan kesan berbeda, tetapi tidak dominan.
Menambahkan kitchen cabinet berwarna kayu natural bisa memberikan kesan berbeda, tetapi tidak dominan.

Sumber: http://www.home-designing.com/

Ruangan seluas enam meter persegi tentu belum bisa dikatakan sangat luas. Maka dari itu, desain dapur minimalis 3×2 meter tetap perlu ditentukan secara cermat.

Untuk memperoleh kesan lapang, tentu kamu perlu menggunakan warna putih. Akan tetapi, bagaimana supaya tidak terkesan flat atau monoton?

Ada beberapa alternatif yang dapat kamu pertimbangkan. Kamu bisa mengombinasikan kitchen cabinet berwarna putih dengan kabinet berwarna kayu natural. Perpaduan ini memberikan sentuhan berbeda, tetapi tidak terlalu dominan berkat warna kayunya yang alami.

Agar tidak terkesan sumpek, kamu juga bisa meletakkan beberapa tanaman di sudut dapur. Jangan lupa, pilihlah pot berwarna putih supaya senada dengan seluruh bagian dapur lainnya.

Lalu, kamu dapat menggunakan kursi makan dengan kerangka kayu yang senada dengan kitchen cabinet. Untuk bagian cover kursi makan, jatuhkanlah pilihan pada warna-warna netral seperti krem atau abu-abu.

Baca juga: 10 Inspirasi Cat Rumah Warna Abu-Abu yang Menawan

Desain Dapur Minimalis dan Elegan

Dapur minimalis juga bisa menonjolkan aksesori unik, misalnya kerangka lampu berwarna emas.
Dapur minimalis juga bisa menonjolkan aksesori unik, misalnya kerangka lampu berwarna emas.

Sumber: http://www.home-designing.com/

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Banyak orang memasangkan istilah minimalis dengan sederhana. Padahal, desain dapur minimalis pun bisa dibuat elegan dan mewah.

Seperti yang sudah diketahui, desain minimalis menekankan pada fungsi serta minim ornamen. Dengan begitu, kamu akan memperoleh ruangan dengan tampilan yang sleek dan clean.

Meskipun begitu, dengan pemilihan material tertentu, kamu dapat menciptakan kesan elegan di dapur impianmu. Sebut saja, penggunaan marmer untuk lantai dapur serta bagian countertop.

Kemudian, kerangka kitchen stool dan lampu yang berwarna emas mengukuhkan kesan mewah sekaligus elegan yang ingin kamu hadirkan. Jadi, kuncinya terletak pada kecermatan memadukan gaya desain dengan material yang tepat.

Desain Dapur Minimalis 3×3 Meter

Meski banyak dapur berwarna monokrom, desain yang satu ini tetap terbilang jarang ditemukan.
Meski banyak dapur berwarna monokrom, desain yang satu ini tetap terbilang jarang ditemukan.

Sumber: http://www.home-designing.com/

Untuk kamu yang benar-benar menginginkan dapur yang sleek, desain dapur minimalis 3×3 meter seperti pada gambar bisa menjadi pertimbangan.

Dapur tersebut benar-benar mengusung konsep minimalis yang minim distraksi dan mengedepankan fungsi. Tarikan garis-garis desainnya pun sangat tajam serta bebas dari aneka ornamen.

Satu-satunya benda yang terlihat seperti ornamen di dapur ini adalah lampu. Ditata sedemikian rupa, lampu ini dapat menjalankan fungsi gandanya, yaitu sebagai sumber cahaya di dapur serta komponen estetis.

Hiasan lainnya disiasati dengan memainkan warna yang sangat berlawanan, antara lain menggunakan sink dan kitchen stool berwarna hitam di tengah seluruh ruangan dapur yang dicat putih.

Baca juga: 7 Kombinasi Cat Rumah Warna Biru yang Sangat Menginspirasi

Desain Dapur Minimalis Terbuka di Belakang Rumah

Miliki desain dapur yang fleksibel di belakang rumah dengan memasang jendela yang dapat dibuka lebar.
Miliki desain dapur yang fleksibel di belakang rumah dengan memasang jendela yang dapat dibuka lebar.

Sumber: https://www.houzz.com/

Bagi kamu yang senang menjamu tamu sambil mengamati udara segar, desain dapur minimalis terbuka di belakang rumah patut kamu pertimbangkan. Terutama, jika kamu memiliki kolam atau taman di belakang rumah.

Baca juga: Ketahui 13 Cara Menata Taman Depan Rumah Sederhana!

Tentu menyenangkan sekali santap siang atau sekadar menikmati camilan sore hari bersama orang terdekat sambil melihat rumput hijau dan menikmati angin sepoi-sepoi.

Beberapa orang menyukai dapur dengan konsep benar-benar outdoor. Apabila kamu tidak menginginkan dapur yang sepenuhnya outdoor, kamu bisa membuat jendela yang dapat dibuka lebar dengan meja serupa island seperti pada gambar.

Jadi, dapur milikmu lebih fleksibel. Kapan saja kamu ingin, dapur tersebut bisa seketika dijadikan dapur terbuka, sesederhana dengan membuka jendela.

Desain Dapur Minimalis Sekaligus Akses Jalan

Membagi area dapur dengan penataan berseberangan memungkinkan kamu mengoptimalkan seluruh area di rumah.
Membagi area dapur dengan penataan berseberangan memungkinkan kamu mengoptimalkan seluruh area di rumah.

Sumber: https://www.livingloving.net/

Apabila kamu tak ingin memiliki rumah terlalu luas dan mau mengoptimalkan seluruh area yang tersedia, desain dapur minimalis yang sekaligus dijadikan akses jalan merupakan ide yang layak kamu pertimbangkan.

Terlihat pada gambar, dapur cantik di atas berada di antara living room dan akses pintu. Siapa sangka, area yang terlihat ‘hanya’ bisa untuk akses jalan tersebut dapat dioptimalkan menjadi dapur?

Triknya ialah memisahkan perlengkapan dapur dalam posisi berseberangan. Anggap saja kamu membaginya menjadi dua kategori, yaitu area ‘panas’ dan ‘dingin’. Di area ‘panas’, kamu dapat meletakkan kitchen cabinet dengan kompor tanam serta oven.

Berbagai perlengkapan makan juga disimpan di area tersebut agar memudahkanmu dalam menata makanan seusai memasak.

Sementara itu, di area lainnya, kamu bisa menempatkan kitchen sink dan lemari pendingin. Dengan cara ini, dapur tetap terasa practical walaupun penataan perlengkapannya berseberangan.

Itulah beberapa ide desain dapur minimalis yang akan membuat dapurmu seketika terlihat bersih dan rapi. Di antara ide desain tersebut, manakah yang menarik perhatianmu?

Jika kamu sudah menemukan desain yang cocok, pastikan kamu segera menghubungi tukang yang dapat mewujudkan dapur impianmu. Kabar baiknya, kini kamu sudah tidak perlu pusing lagi jika membutuhkan bantuan tukang profesional dan terampil sebab ada tukang Kanggo.

Kanggo adalah aplikasi tukang bangunan online yang siap menjawab aneka kebutuhanmu, mulai dari pemasangan plafon, perbaikan dinding, pengecatan rumah, pemasangan keramik. Tak ketinggalan, tukang Kanggo juga bisa mengerjakan perbaikan dapur menyeluruh.

Untuk kamu yang tinggal di Jabodetabek dan berencana ingin merenovasi dapur, kamu bisa menghubungi tukang Kanggo. Tukang Kanggo siap memberikan solusi terkait kebutuhan renovasi rumahmu. Hanya dengan sekali klik, besok tukang pasti datang.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera install aplikasi Kanggo sekarang melalui App Store atau Google Play dan wujudkan desain dapur minimalis idamanmu!

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami