BerandaBlog
8 Contoh Denah Rumah Minimalis yang Bisa Kamu Contek!

8 Contoh Denah Rumah Minimalis yang Bisa Kamu Contek!

Bagikan
8 Contoh Denah Rumah Minimalis yang Bisa Kamu Contek!
Jul 5, 2022

Desain rumah minimalis merupakan salah satu gaya desain rumah yang kini makin banyak peminatnya. Apakah kamu juga ingin membangun rumah dengan gaya minimalis ini? Langkah awal untuk mewujudkan rumah minimalis impianmu adalah dengan menentukan gambar denah rumah yang tepat — sesuai kebutuhan dan gaya minimalis rumah itu sendiri.

Kamu bisa membuat denah rumah minimalis yang lebih sempurna dengan melihat berbagai contoh denah rumah minimalis sederhana, tapi yang tetap memberikan kesan nyaman untuk kamu dan keluarga tinggali.

Frasa less is more adalah salah satu tipe arsitektur pada elemen-elemen rumah minimalis. Hunian minimalis mengusung beberapa konsep, seperti simplicity concept lewat bentuk geometris dasar yang simpel, elemen-elemen tanpa dekorasi, penggunaan material sederhana, dan repetisi struktur bangunan yang terlihat teratur tapi tidak kehilangan kualitas esensial dari desain itu sendiri.

Desain interior hunian minimalis bisa dikatakan desain yang mengusung fungsi akan suatu barang yang digunakan, misalnya penggunaan kaca besar tanpa dekorasi untuk memudahkan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan.

Bagi kamu yang ingin membangun rumah minimalis, tenang! Kamu enggak perlu bingung lagi, kok! Berikut ini ide denah rumah minimalis yang bisa kamu pilih!

Denah Rumah Minimalis Tipe 36

Rumah minimalis tipe 36 cocok untuk pasangan baru.

Sumber: 99

Denah rumah di atas merupakan denah rumah minimalis tipe 36 di lahan seluas 72 meter persegi dan sangat cocok untuk kamu yang baru saja menikah atau memiliki keluarga kecil sederhana.

Meskipun berukuran kecil dengan luas tiga puluh enam meter persegi, rumah ini dapat disulap menjadi rumah modern minimalis yang indah, lho!

Supaya rumah minimalismu nanti terlihat lebih hangat, kamu bisa menggunakan material kayu untuk lantai rumahmu. Namun, perlu kamu ingat bahwa perawatan lantai kayu harus maksimal agar lantai rumahmu tidak dimakan rayap atau cepat lapuk karena lembab.

Kamu bisa memanfaatkan ruang depan yang luas untuk menjadi ruang tamu dan sekaligus ruang keluarga yang nyaman. Ukuran kamar utama yang cukup luas, sehingga kamu bisa menambahkan walk-in closet kecil untuk menambah kesan mewah dari desain rumah minimalis satu ini. Halaman belakang rumah bisa kamu jadikan tempat bersantai dan juga laundry zone.

Denah Rumah Minimalis dengan Halaman Kecil

Taman pada desain rumah minimalis satu ini memberikan kesan asri dan sejuk.

Sumber: Sun Ebank

Denah rumah selanjutnya menawarkan sepetak halaman di depan rumah sebagai ruang hijau atau taman kecil. Walaupun tampak kecil, taman di depan dan belakang rumah tapi berhasil membuat hunian terlihat lebih asri dan sejuk, kan?

Desain ruman minimalis ini memiliki satu kamar tidur utama dan satu kamar tidur anak. Untuk ruang tamu, ruang makan, dan dapur tidak diberi sekat tembok. Untuk taman pada hunianmu bisa ditanami dengan tanaman hijau atau kamu kombinasikan dengan batuan alam.

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar

Desain rumah minimalis 2 kamar yang memiliki teras di belakang sehingga rumah terlihat luas.

Sumber: Lingkar Warna

Sebagaimana inspirasi pada gambar di atas, denah rumah minimalis yang memiliki dua kamar dan memiliki teras belakang sehingga memberikan tampilan rumah secara keseluruhan menjadi lebih luas dan rapi.

Selain itu, kamu dapat melihat penempatan taman di depan dan di belakang rumah yang dapat memberikan kesan asri dan lebih hidup pada hunian ini.

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar

Sumber: Rumahku Unik

Kamu tidak perlu khawatir soal privasi untuk desain rumah minimalis 3 kamar yang tepat. Inspirasi denah rumah ala Japandi ini ditata agar setiap kamar tersekat walaupun masih tersambung alias kohesif. Terutama untuk kamar tidur si kecil, letaknya sangat pas bersebelahan dengan kamar tidur utama pada desain rumah minimalis 3 kamar ini. Hunian desain minimalis seperti ini sebaiknya memiliki dua kamar mandi.

Pastinya hunian jadi lebih efisien tanpa harus mengorbankan ruangan. Untuk area dapur berada di depan yang terhubung dengan carport sehingga sirkulasi udaranya lebih bagus.

Denah Rumah Minimalis Dapur Terbuka

Konsep rumah dengan dapur terbuka memberikan kesan yang lebih rapi dan leluasa pada hunian.

Sumber: Desain Kanopi Top

Konsep rumah dengan dapur terbuka memberikan kesan yang lebih rapi dan leluasa pada hunian, seperti yang diaplikasikan pada desain rumah minimalis tipe satu ini.

Area dapurnya dibuat terbuka dan menyatu dengan area taman belakang. Desain rumah minimalis dengan dapur terbuka ini juga dilengkapi dengan dua kamar tidur dan area kosong yang bisa dijadikan tempat bersantai di halaman belakang. Kamu pun bisa menambahkan berbagai furnitur di halaman belakang, seperti meja kopi, kursi teras, atau beanbag.

Denah Rumah Minimalis 2 Lantai Modern

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Sumber: Rumah Pantura

Denah rumah satu ini terlihat lebih detail dan cocok bagi kamu yang menginginkan sebuah denah rumah yang memang jelas sejak awal dari segi pembagian maupun letaknya.

Meski pembagian ruang antara lantai dasar dan lantai atas sudah jelas, kamu masih bisa mengatur ruang yang hendak diletakkan di lantai dasar maupun atas, seperti pembagian kamar tamu, kamar utama, dan kamar anak.

Untuk lahan sisa yang tersedia, kamu dapat memanfaatkannya sebagai garasi yang cukup untuk satu kendaraan roda empat dan satu kendaraan roda dua.

Denah Rumah Minimalis 7×12

Sumber: Arsitur

Inspirasi membuat desain denah pertama ini untuk rumah berukuran 7×12 satu lantai. Denah rumahnya didesain minimalis dengan satu kamar tidur berukuran besar sebagai kamar utama dan dua kamar berukuran sedang. Selain itu, denah ini juga cukup ideal karena mampu memenuhi kebutuhan seluruh ruangan, seperti:

  • Taman depan rumah,
  • Carport minimalis,
  • Ruang tamu,
  • Dapur,
  • Ruang makan,
  • Ruang keluarga,
  • 3 Kamar tidur,
  • 1 Kamar mandi,
  • Taman belakang.

Denah Rumah Minimalis dengan Kolam Renang

Sumber: Deagam Design

Rumah yang memiliki kolam renang tentu menjadi sumber kebahagiaan tersendiri, khususnya untuk anak-anak, bukan?

Selain itu, adanya kolam renang dan taman kecil di belakang rumah juga dapat menjadi tempat relaksasi untuk kamu dan keluarga. Kamu dapat memaksimalkan lahan di belakang rumah, dengan membuat kolam renang dan juga taman kecil yang terhubung dengan dapur terbuka.

Untuk bagian kamar tidur, kamu dapat membuat kamar tidur bersebelahan antara kamar tidur utama, dengan kamar tidur anak. Bisa juga memisahkan kedua kamar tersebut dengan kamar mandi di tengahnya.

Ciri-Ciri Rumah Minimalis

Meski sangat populer, banyak yang belum tahu ciri-ciri dari arsitektur rumah minimalis. Berikut ciri-cirinya yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Didominasi Warna Putih, Hitam, dan Abu-Abu

Putih, hitam, dan abu-abu merupakan tiga warna yang sering mendominasi arsitektur rumah minimalis. Warna monokrom ini membuat rumah minimalis terlihat bersih, sederhana, tapi tetap terlihat elegan. Meskipun ada juga orang yang menggunakan warna selain tiga warna tadi, biasanya hanya sebagai aksen pemanis interior agar tidak terlihat monoton.

Warna putih, hitam, dan abu-abu ini biasanya diterapkan pada bagian dinding kamar, lantai, teras, furnitur, dekorasi, bahkan peralatan makan.

2. Minim Pembatas dan Sekat Ruangan

Rumah minimalis biasanya tidak memiliki dinding pembatas, misalnya tidak ada sekat antara dapur dan ruang makan atau antara ruang makan dan ruang keluarga. Namun, ruang-ruang yang sifatnya pribadi tetap memiliki dinding pembatas, misalnya kamar tidur dan kamar mandi.

Tanpa adanya dinding pembatas tersebut membuat bagian dalam rumah akan terlihat lebih luas dan nyaman.

Rumah minimalis juga terlihat terang berkat pencahayaan alami yang didapatkan dari matahari. Pemilihan jendela minimalis yang terbuat dari kaca berukuran besar membuat sinar matahari akan lebih mudah masuk ke dalam rumah.

3. Biasanya Berbentuk Geometris Tanpa Dekorasi

Arsitektur rumah minimalis terkesan sederhana jika dilihat dari keseluruhan bentuk bangunannya. Apabila dilihat dari luar, rumah minimalis memiliki bentuk geometris seperti persegi panjang atau kubus. Atapnya juga tidak berbentuk segitiga, melainkan datar atau miring (flat roof diagonal atau horizontal). Fasad (sisi luar bangunan) dari arsitektur rumah minimalis dibangun tanpa dekorasi. Hal ini tentu berbeda dengan fasad arsitektur pada desain rumah lainnya, seperti arsitektur rumah bergaya Eropa.

4. Interior Minimalis

Pada umumnya, arsitektur rumah minimalis memiliki tata letak yang efisien dan sangat sederhana. Furnitur yang digunakan pun sangat sederhana, misalnya ruang keluarga hanya terdapat sofa minimalis, meja kopi, dan mungkin sebuah rak pajangan.

Minimnya penggunaan furnitur ini membuat ruangan terlihat luas, meskipun luas dari lahan hunian ini tergolong sempit dan terbatas. Tidak heran jika arsitektur hunian minimalis sangat digemari di pusat kota-kota besar.

5. Dilengkapi dengan Taman yang Minimalis

Kebanyakan arsitektur rumah minimalis menempati lahan yang terbatas sehingga dibuatlah taman berukuran mini untuk membuat rumah terlihat seimbang.

Bagian tanah pada taman bisa kamu tutup menggunakan rumput atau batuan kecil agar terlihat rapi. Tanaman yang bisa digunakan adalah tanaman hijau berukuran sedang atau tanaman merambat ke dinding. Sebagai dekorasinya untuk mempercantik taman, biasanya ditambahkan model air mancur berukuran kecil.

6. Menggunakan Material Bangunan Sederhana dengan Hasil Maksimal

Material yang digunakan pada arsitektur rumah minimalis adalah material bangunan yang sederhana dan mudah ditemukan. Penggunaan batu bata bisa dijadikan pilihan untuk membangun dinding rumah. Material kayu atau keramik digunakan sebagai bahan untuk membuat lantai pada rumah. Opsi lain dari material untuk membangun rumah minimalis, seperti kaca, beton, dan baja.

Material bangunan yang sederhana inilah yang memberikan daya tarik tersendiri sekaligus menonjolkan sifat dari material bangunan tersebut.

7. Memaksimalkan Pencahayaan Alami

Agar rumah terlihat luas dan memberikan kesan hangat, kamu dapat memilih jendela berukuran besar dari material kaca. Adanya penggunaan material ini membuat sinar matahari dapat langsung masuk ke dalam rumah dan membuat rumah tidak lembab.

Nah, itu tadi sejumlah denah rumah minimalis beserta keterangannya yang bisa kamu jadikan inspirasi. Tentunya banyak sekali keuntungan yang akan kamu dapat ketika membangun hunian minimalis. Selain menghemat tempat, pembangunan landed house minimalis sederhana membutuhkan dana yang lebih rendah dibandingkan dengan hunian mewah.

Bagi kamu yang saat ini sudah memiliki hunian dan berkeinginan merenovasi rumah, kamu tak perlu bingung lagi, lho! Kanggo adalah aplikasi tukang bangunan yang memiliki beragam layanan akan kebutuhan bangunan hunianmu. Dengan adanya aplikasi Kanggo, untuk mencari dan mendapatkan tukang menjadi mudah, tinggal klik, tukang besok pasti datang. Yuk, unduh di PlayStore atau App Store sekarang!

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami