BerandaBlog
9 Dekorasi Ruang TV, Berikan Visual Interior yang Ciamik!

9 Dekorasi Ruang TV, Berikan Visual Interior yang Ciamik!

Bagikan
9 Dekorasi Ruang TV, Berikan Visual Interior yang Ciamik!
Sep 5, 2022

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menata ruang TV agar nyaman digunakan ketika sedang menonton TV atau berkumpul bersama keluarga. Biasanya, ruang TV dijadikan tempat favorit untuk bersantai dan melepas lelah setelah seharian beraktivitas. Karena itu, ruang TV harus dibuat nyaman dan bikin betah semua anggota keluarga.

Pilihlah desain ruang TV yang sesuai dengan konsep hunianmu dan padukan desain ruang tersebut dengan furnitur atau dekorasi aesthetic. Ruang yang nyaman dan aesthetic bisa mengembalikan energi dan mood kamu, lho!

Nah, jika kamu masih bingung dalam menentukan dekorasi ruang TV, yuk simak inspirasi dekorasi ruang TV minimalis yang bikin nyaman dan betah!

Rak Gantung

Ruang TV akan terlihat modern dengan pengaplikasian dekorasi rak gantung.
Ruang TV akan terlihat modern dengan pengaplikasian dekorasi rak gantung.

Sumber: darkologyk.blogspot.com

Untuk menciptakan ruang TV yang memberikan kesan luas, kamu bisa memasang rak gantung yang keren seperti gambar di atas. Ruang TV kamu akan terlihat lebih modern dan tentunya tidak akan memakan banyak tempat. Untuk ruang TV seperti ini, kamu bisa menggunakan konsep ruang minimalis yang dipadukan dengan bean bag atau sofa bed sebagai tempat untuk duduk. Tentunya hal ini akan menambah kenyamanmu dan anggota keluarga di ruang tersebut.

Indirect Lighting

Dekorasi ruang TV dengan indirect lamp akan mempercantik ruangan. 
Dekorasi ruang TV dengan indirect lamp akan mempercantik ruangan.

Sumber: pinterest.co.uk

Dekorasi ruang TV tidak hanya fokus pada benda-benda yang bisa dipajang secara kasat mata saja, kamu bisa mempercantik ruang TV dengan memasang indirect lighting.

Jika kamu bosan dengan penempatan lampu tersembunyi ini di bawah rak dinding, buat saja sedikit ceruk di area backdrop TV atau plafon ruang TV, lalu tempelkan indirect lighting di sekelilingnya. Hasil dari lampu ini akan berpendar yang seakan-akan membingkai televisi dan plafon.

Bean Bag

Menempatkan bean bag pada ruang TV untuk menambah kenyamanan saat menonton TV. 
Menempatkan bean bag pada ruang TV untuk menambah kenyamanan saat menonton TV.

Sumber: home-designing.com

Apabila kamu tidak ingin menempatkan sofa di dalam ruang TV milikmu karena ingin menciptakan ruangan yang ­space-saving, kamu bisa mengganti dekorasi ruang TV aesthetic dengan bean bag. Dekorasi ini akan menambah kenyamanan serta intimate di dalam ruangan. Kamu juga bisa menambah alas bean bag dengan karpet bulu warna senada. Pilihlah bean bag dan karpet bulu warna netral sehingga kamu mudah dalam mengombinasikan dekorasi tersebut dengan furnitur yang ada di dalam ruangan.

Tanaman Hijau

Dekorasi ruang TV berupa tanaman hijau membuat suasana ruang TV lebih fresh. 
Dekorasi ruang TV berupa tanaman hijau membuat suasana ruang TV lebih fresh.

Sumber: archify.com

Hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan visual interior yang indah dengan penempatan tanaman hias di ruang TV. Selain akan memperindah ruangan, tanaman hijau juga dapat memberikan suasana fresh pada area dalam ruangan.

Ada beragam jenis tanaman khusus yang bisa ditempatkan di dalam ruangan, antara lain aloe vera, kaktus, philodendron maupun berbagai jenis tanaman lainnya. Kamu dapat meletakkan tanaman hias ini di sudut-sudut ruang TV sehingga tidak mengganggu aktivitasmu selama di area tersebut.

Faktor paling penting yang perlu kamu perhatikan adalah ukuran tanaman. Pilihlah tanaman hias yang tidak terlalu besar dan cocok di tempatkan di sudut ruangan. Untuk tanaman kecil, kamu bisa menempatkannya pada meja atau rak dinding.

Baca Juga: 5 Ide Ruang TV Minimalis, Dari Desain Lesehan Hingga Mewah

Meja Unik

Penambahan komponen meja unik membuat visual interior lebih ciamik. 
Penambahan komponen meja unik membuat visual interior lebih ciamik.

Sumber: aliexpress.com

Selain rak gantung, meja juga penting untuk dekorasi ruang TV keluarga, lho! Meja yang dimaksud bukan meja yang berada di tengah ruang TV melainkan meja yang ditempatkan di bawah TV gantung.

Kamu dapat memilih jenis meja dari material marmer seperti gambar diatas sehingga menghasilkan visual interior jadi lebih ciamik. Penggunaan meja dari material ini juga mudah dibersihkan dan desainnya sangat modern. Letakkan dekorasi lain di atas meja marmer ini, seperti tanaman kaktus atau buku.

Wallpaper

Hadirkan suasana ruang TV seperti nonton di bioskop dengan menggunakan dekorasi wallpaper warna gelap. 
Hadirkan suasana ruang TV seperti nonton di bioskop dengan menggunakan dekorasi wallpaper warna gelap.

Sumber: www.thewowstyle.com

Hadirkan pengalaman menonton TV seperti di sinema dengan home theater untuk menampilkan kualitas visual dan audio yang baik. Supaya suasana menonton TV ala bioskop di rumah semakin terasa, pasanglah wallpaper atau cat dinding warna gelap serta gunakan sofa dengan dudukan kaki sehingga aktivitas menonton lebih terasa menyenangkan.

Konsep TV Gantung

Konsep dekorasi TV gantung tidak akan memakan tempat di ruang TV milikmu.
Konsep dekorasi TV gantung tidak akan memakan tempat di ruang TV milikmu.

Sumber: www.bergerpaints.com

Dekorasi ruang TV LED dengan konsep gantung menggunakan bracket khusus sudah lama diadopsi oleh sebagian besar masyarakat. Alasan pengaplikasian konsep TV gantung ini adalah membuat ruangan terasa lebih luas dan nyaman.

Bagi kamu yang menginginkan ruangan dengan desain dekorasi yang simpel, pilihlah konsep TV gantung ini. Selain tidak memakan tempat, penggunaan konsep TV gantung akan menghemat budget pembelian perabotan lainya.

Sofa Bed

Dekorasi ruang TV dengan meletakkan sofa bed dari material kulit memberi kesan ruang TV yang lebih hangat. 
Dekorasi ruang TV dengan meletakkan sofa bed dari material kulit memberi kesan ruang TV yang lebih hangat.

Sumber: http://www.myfurnitureliquidation.com

Kombinasi sofa dan tempat tidur (sofa bed) cocok untuk desain ruang TV minimalis milikmu. Sofa bed juga memiliki berbagai pelapis yang bisa disesuaikan dengan interior hunian milikmu. Kamu bisa memilih sofa bed dari material kulit untuk ruangan yang lebih hangat dan mudah untuk dibersihkan atau material linen dan kanvas untuk desain ruang TV yang minimalis.

Kini, pilihan sofa bed sangat beragam desain, material, dan warna yang tentunya bisa kamu sesuaikan dengan konsep ruang TV milikmu.

Cushion

Penambahan dekorasi cushion pada sofa bed atau bean bag di ruang TV memberi kesan hangat dan nyaman. 
Penambahan dekorasi cushion pada sofa bed atau bean bag di ruang TV memberi kesan hangat dan nyaman.

Sumber: pinterest.com

Buatlah ruang TV semakin hangat dan nyaman dengan memilih cushion yang terbuat dari bahan wol, katun, atau suede. Supaya terlihat natural dan bersih, pilihlah furnitur seperti karpet dan sofa dengan warna-warna netral. Penempatan banyak cushion pada karpet atau sofa memberi kesan homey dan cozy pada ruang TV milikmu.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Dekorasi Kamar Tidur Minimalis dan Aesthetic

Tips Menata Desain Ruang TV yang Sering Dilupakan

Banyak orang menganggap bahwa desain ruang TV dapat terwujud hanya dengan meletakkan TV. Hal ini membuat penataan desain ruang TV menjadi kurang maksimal dan membuat ruangan menjadi kurang nyaman.

Mau tahu bagaimana cara menata ruang TV yang efisien dan baik? Yuk, perhatikan beberapa cara menata ruang TV yang sering dilupakan banyak orang!

Gunakan Cat Warna Terang

Ruang TV merupakan ruangan yang relatif kecil pada suatu hunian, sehingga kamu perlu membuatnya terkesan lebih lapang dan lega agar terasa nyaman.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan cat dinding dengan warna-warna terang. Sebaiknya pilihlah cat dinding warna netral seperti putih, abu-abu muda, dan cream agar mudah dikombinasikan dengan warna furnitur dan dekorasi lainnya.

Pemilihan Tempat Duduk yang Tepat

Tips rahasia mendekorasi ruang TV minimalis yang ideal tidak lepas dari furnitur utama berupa tempat duduk. Sebaiknya kamu memilih tempat duduk yang nyaman dan empuk, misalnya sofa bed atau bean bag. Tambahkan pula beberapa cushion untuk menambah kesan aesthetic.

Mengatur Pencahayaan dan Audio Pada Ruang TV

Ruang TV minimalis bisa semakin nyaman dengan memilih pencahayaan lampu yang tepat. Karena itu, perhatikan dengan saksama cara meletakkan dekorasi lampu hias agar tidak menghalangi jarak pandangmu terhadap televisi.

Untuk penerangan buatan, kamu bisa menggunakan indirect lighting yang dipasang di plafon atau standing lamp yang diletakkan di samping sofa. Jika kamu ingin menggunakan lampu gantung, perhatikan tinggi lampu gantung tersebut tidak membuat layar TV menjadi silau.

Dari sisi pemasangan audio di ruang TV, kamu bisa menyesuaikannya dengan budget yang kamu miliki. Perhatikan juga sistem audio yang sesuai dengan ukuran ruang TV. Pemasangan audio ini bisa diletakkan di sisi ruangan atau bersisian dengan televisi.

Menentukan Tata Letak Ketinggian TV

Ketinggian peletakan TV yang tidak sesuai juga akan membuat desain ruang TV menjadi tidak nyaman. Umumnya ketinggian peletakan TV pada ruang TV sekitar 100—110 cm dari lantai. Tentunya kamu dapat menyesuaikan ketinggian peletakan TV ini dengan tinggi anggota keluarga dan sofa yang kamu gunakan. Jika ukuran TV relatif besar, ketinggian peletakan TV ini bisa dikurangi, kok!

Perhatikan Detail Instalasi Listrik

Salah satu hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam menata ruang TV adalah memperhatikan instalasi listrik. Terlebih lagi jika desain ruang TV milikmu dilengkapi dengan berbagai perangkat seperti home theater, audio system, atau perangkat elektronik gaming.

Pastikan kamu telah menyediakan saklar yang cukup dan berada di posisi yang tepat dan tidak mengganggumu ketika beraktivitas di area tersebut. Kabel-kabel yang berserakan tentu akan merusak visual ruangan dan berisiko konsleting.

Ternyata mewujudkan desain ruang TV yang sempurna tidak sesederhana menambahkan TV pada sebuah ruang, bukan? Pemilihan dekorasi ruang TV yang tepat juga memegang peranan penting dalam memaksimalkan desain hunian impianmu.

Itulah beberapa variasi dekorasi yang dapat membuat ruang TV minimalis milikmu lebih aesthetic. Tips menata ruang TV minimalis dan nyaman di atas juga perlu kamu perhatikan, ya.

Renovasi ruang TV pun sekarang bisa lebih mudah karena adanya Kanggo #TukangReadyToGo yang siap menghubungkan kebutuhanmu dengan para tukang terlatih dan profesional dengan berbagai keahlian.

Kanggo mempunyai banyak layanan perbaikan bangunan yang bisa kamu pilih, seperti perbaikan keramik yang bolong di kamar mandi, perbaikan talang air menjelang musim hujan, pengecatan kamar atau ruangan, hingga renovasi dapur.

Yuk, segera download aplikasi Kanggo di App Store atau Google Play Store, ya! Dengan adanya aplikasi Kanggo, sekarang cari tukang yang terlatih dan profesional menjadi mudah, tinggal klik, besok tukang akan datang.

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami