BerandaBlog
Cara Plester Tembok dan Manfaatnya Untuk Hunian Lebih Kuat

Cara Plester Tembok dan Manfaatnya Untuk Hunian Lebih Kuat

Bagikan
Cara Plester Tembok dan Manfaatnya Untuk Hunian Lebih Kuat
Feb 11, 2022

Plester tembok atau proses yang dilakukan sebelum pengecatan merupakan salah satu tahapan finishing guna membuat dinding hunian lebih kuat. Cara plester tembok adalah dengan menggunakan bahan tertentu sehingga hasilnya lebih rapi.

Cara Plester Tembok dan Manfaatnya untuk Hunian

Seluruh proses plester dinding dilakukan secara manual. Sudah pasti pengerjaannya membutuhkan ketelatenan dan kesabaran agar hasil akhirnya rapi. Berikut cara dan manfaat dari plester tembok.

Bangunan Lebih Kuat

Tembok hunian yang diplester menyumbang andil yang besar membuat pondasi bangunan semakin kokoh. Hal ini tidak terlepas dari cara dan tahapan dari proses plester itu sendiri.

Mengingat bahwa proses plester hingga pengacian merupakan indikator pondasi bangunan yang kokoh, sebaiknya Anda menggunakan bahan-bahan yang berkualitas baik mulai dari semen hingga pasir. Bukan hanya terletak pada bahan, proses plester juga akan membuahkan hasil yang maksimal dengan menggunakan jasa tukang plester yang handal.

Kanggo merupakan solusi bagi Anda  untuk memesan jasa tukang plester berpengalaman. Dengan aplikasi Kanggo, Anda diberi kemudahan memesan layanan tukang dinding.

Baca Juga: Cara Plester Lantai Supaya Tidak Retak, Simpel dan Mudah

Memudahkan Proses Pengecatan

Tahapan dan cara plester tembok memegang andil dalam menentukan kualitas akhir dari dinding sebelum menuju tahap pengecatan. Poin terpenting saat tahap pengacian yaitu dengan memperhatikan bidang yang hendak di cat. Hal ini akan mempengaruhi tingkat kehalusan permukaan dinding nantinya.

Membuat  Tampilan Dinding Lebih Indah

Proses plester yang benar  sudah pasti akan membuat tampilan dinding menjadi bernilai estetik, rapi, indah, dan bersih.

Rangkaian yang Tidak Dapat Dipisahkan

Hal yang tidak mungkin adalah melakukan proses pengecatan tanpa pengacian terlebih dahulu. Menjadi hal yang paling dasar sebelum mengecat dinding, maka tahapan demi tahapan dalam proses pengacian tidak boleh dilewatkan.

Bangunan Tahan Cuaca Panas dan Hujan

Secara tak langsung, dinding yang diplester akan tahan terhadap cuaca panas dan hujan. Meskipun terdapat beberapa bagian rumah yang masih berpotensi lembab dan menjadi tempat tumbuhnya jamur dan lumut.

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Timbulnya lumut dan jamur sudah pasti akan membuat tembok terlihat kotor dan usang. Solusi terbaiknya adalah berusaha memberikan pencahayaan matahari yang cukup di tiap-tiap ruangan rumah.

Baca Juga: Keunggulan Bata Hebel, Bobot Ringan Hingga Bentuk Seragam

Bahan Utama dan Teknik Pembuatan Plester Dinding

Pastinya bahan utama pada proses dan cara plester tembok mempunyai peran penting juga. Sebaiknya gunakan bahan-bahan yang berkualitas baik sehingga hasil akhirnya nanti juga optimal dan yang pasti tahan lama.

Bahan yang berkualitas saja tidak cukup menjadikan hasil plesteran baik pula tanpa tahapan plester yang tepat. Ada tiga tahapan dalam proses pengacian yaitu:

1. Mengaplikasikan Lapisan Dasar

Pada tahap awal proses plester ini adalah menggunakan semen dan pasir dengan perbandingan 2:5 atau 3:5. Waktu pengerjaannya juga relatif singkat. Pastikan bidang plesteran dalam kondisi lembab agar adonan kamprotan dapat merekat dengan baik.

2. Tahap meratakan bidang plesteran

Dengan bahan semen dan pasir, tahapan kedua pada proses plester tembok ini bertujuan agar memperoleh permukaan dinding yang rata. Namun, adonan yang dipasang lebih tebal dari lapisan dasar, yakni sekitar 6 sampai 10 mm.

Baca Juga: 5 Tips Mengecat Tembok yang Belum Diplester

3. Pengacian

Tahap terakhir dalam proses plester yaitu proses pengacian. Proses pengerjaannya butuh ekstra kehati-hatian agar hasil permukaan dinding benar-benar halus dan melekat sempurna. Ukuran ketebalannya disesuaikan dengan kebutuhan, yakni sekitar 2-3 mm saja. Bahan untuk membuat adonan acian adalah murni semen yang dicampur air saja.

Butuh tukang yang ahli dalam cara plester tembok? Anda mencari pelayanan jasa tukang plester di Kanggo. Dengan Kanggo Anda dapat menemukan tukang untuk segala kebutuhan perbaikan rumah Anda, mulai dari perbaikan atap, toilet, pasang keramik, instalasi listrik, hingga renovasi.

Selain tukang plester dinding, Anda juga bisa memesan tukang cat di Kanggo. Mudah bukan? Dua permasalahan dengan satu solusi. Download aplikasi Kanggo di Play Store & App Store sekarang. Kanggo, #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami