BerandaBlog
Cara Pasang Water Heater Listrik, Sedia Air Hangat Setiap Saat

Cara Pasang Water Heater Listrik, Sedia Air Hangat Setiap Saat

Bagikan
Cara Pasang Water Heater Listrik, Sedia Air Hangat Setiap Saat
Mar 7, 2022

Cara pasang water heater listrik yang tepat akan membantu Anda mendapatkan air hangat setiap saat. Air hangat memang banyak dibutuhkan dalam rumah tangga, apalagi untuk daerah yang dingin. Mandi dengan air hangat bisa menjadi pereda lelah setelah beraktivitas seharian.

Water heater listrik sendiri sering dipilih karena dapat memanaskan air tanpa batas. Selama ada arus listrik, Anda bisa mendapatkan air panas dengan mudah dan praktis. Selain itu, pemasangan water heater listrik cenderung lebih mudah dan tidak harus menjebol dinding.

Untuk lebih memahami proses pemasangan water heater listrik, simak pembahasan lengkapnya dibawah ini, ya!

Cara Pasang Water Heater Listrik di Rumah

Sebelum melakukan pemasangan, Anda harus memastikan terlebih dahulu jarak water heater listrik dengan lantai. Jarak aman yang perlu Anda jaga minimal 1,5 meter. Pengaturan jarak ini untuk memudahkan proses pemasangan dan menghindari mesin water heater terkena cipratan air.

Selain itu, Anda juga perlu mematikan arus listrik sebelum melakukan pemasangan. Hal ini untuk menghindari terjadinya korsleting dan masalah lain yang mungkin muncul. Utamakan keamanan dan keselamatan dalam proses pemasangan water heater ini.

Berikut cara pemasangan water heater listrik di kamar mandi rumah Anda:

Pasang Penahan Mesin pada Dinding

Langkah pertama dalam pemasangan water heater listrik adalah memasang penahan mesin atau sanggahan pada dinding. Sanggahan ini yang akan menahan mesin water heater, jadi pastikan terpasang dengan kokoh. Gunakan bor tembok untuk memasang sanggahan ini pada dinding.

Pasang Water Heater pada Penahan Mesin

Cara pasang water heater listrik yang selanjutnya adalah pemasangan water heater pada penahan mesin yang sudah dipasang. Sama seperti saat memasang penahan, Anda juga perlu memastikan water heater ini terpasang dengan kokoh dan kuat.

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Pastikan juga water heater yang Anda pasang tidak licin. Hal ini untuk menghindari resiko jatuh dan kerusakan pada water heater.

Pasang Saluran Air pada Water Heater

Langkah selanjutnya adalah memasang saluran air dingin dan air panas. Saluran air dingin berwarna biru, dan saluran air panas berwarna merah. Pasang saluran air dingin di sebelah kanan dan saluran air panas di sebelah kiri pada water heater.

Setelah kedua saluran air ini terpasang, pasang kran mixing atau pencampur. Sambungkan kran mixing ini dengan saluran air dingin dan saluran air panas yang telah Anda pasang sebelumnya.

Pastikan pemasangan dan penyambungan saluran air ini sudah kuat dan tidak bocor. Anda bisa menggunakan seal tape pada bagian-bagian yang rentan bocor. Tes aliran air pada kran dan gunakan seal tape pada bagian yang dibutuhkan.

Pasang Stop Kontak pada Water Heater

Cara pasang water heater listrik yang terakhir adalah pemasangan stop kontak. Stop kontak ini berfungsi menghubungkan water heater dengan arus listrik. Dengan begitu, Anda hanya perlu menekan stop kontak agar water heater bisa bekerja.

Lakukan Pemasangan Water Heater Listrik dengan Aman

Pemasangan water heater listrik harus dilakukan dengan aman. Apalagi Anda berurusan dengan instalasi pemasangan listrik yang memiliki resiko bahaya. Karena itu proses pemasangannya pun harus dijalankan dengan setepat dan seaman mungkin.

Jika Anda kesulitan memasang water heater sendiri, Anda bisa mempercayakan urusan tersebut pada Kanggo. Kanggo siap menyediakan tukang berpengalaman yang akan membantu pemasangan water heater dan instalasi listrik lainnya di rumah.

Jadi, serahkan saja urusan cara pasang water heater listrik yang aman pada tukang di Kanggo. Download aplikasi Kanggo sekarang di Play Store dan App Store. Kanggo, #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami