BerandaBlog
7 Tips Cara Pasang Lampu Gantung yang Aman, Cek di Sini!

7 Tips Cara Pasang Lampu Gantung yang Aman, Cek di Sini!

Bagikan
Sep 12, 2022

Cara pasang lampu gantung yang benar pada rumah tidaklah sesulit kelihatannya. Hanya saja, kamu harus berhati-hati karena hal ini berhubungan dengan arus listrik yang bisa saja membahayakanmu.

Semakin banyaknya orang yang menggunakan lampu gantung untuk mempercantik hunian mereka, semakin penting juga informasi tentang cara pasang lampu gantung yang tepat dan aman ini untuk diketahui.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan informasi tentang cara pasang lampu gantung yang benar, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan saat ingin memasang lampu gantungmu sendiri.

Memasang Bagian Dasar Lampu

Pasangkan dasar lampu dengan kuat agar tidak mudah lepas.

Cara pasang lampu gantung yang pertama adalah dengan memasang bagian dasar lampu yang akan digunakan.

Tentukan lokasi yang akan kamu pasangkan lampu gantung ini. Kemudian, kencangkan seluruh bagian dasar lampu dengan sekrup dan pastikan seluruh bagian dasar sudah terpasang dengan kuat.

Untuk memudahkan proses pemasangan dasar lampu ini, ada baiknya kamu tidak memasang bagian lampu terlebih dahulu. Hal ini juga bertujuan untuk meminimalisir kerusakan pada bagian-bagian lampu yang akan dipasang.

Menyesuaikan Panjang Rantai Lampu

Sesuaikan tinggi lampu dengan ruangan agar terlihat estetis dan pastinya aman.

 

Langkah selanjutnya adalah kamu bisa menyesuaikan rantai lampu gantung yang kamu pasang. Biasanya di beberapa jenis lampu gantung terdapat rantai yang berfungsi untuk mengatur ketinggian lampu.

Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah untuk menyesuaikan jarak lampu dengan lantai rumah. Pastikan jaraknya ideal dengan tinggi ruangan dan orang-orang yang beraktivitas di bawahnya agar tidak terbentur lampu yang kamu pasang.

Penyesuaian ukuran tinggi lampu yang ideal juga akan menambah tampilan ruangan lebih menarik, lho. Jadi, pastikan kamu memasangkannya dengan tepat, ya!

Baca juga: 7 Jenis Alat Kelistrikan yang Harus Anda Miliki di Rumah

Memasang Soket Ekstensi

Selanjutnya, kamu perlu memasang soket ekstensi pada kotak pemasangan. Cara pasang saklar lampu gantung tidaklah sulit. Pada tahap ini, kamu harus mematikan aliran listrik di dalam rumah agar proses pemasangan soket ekstensi menjadi lebih aman.

Nah, untuk memudahkan kamu dalam proses pemasangannya, perhatikan cara pasang fitting lampu gantung berikut ini:

  • Ambillah kabel lalu potong sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan tang pemotong kabel. Kemudian, sambungkan ke fitting lampu menggunakan obeng.
  • Ambil kembali kabel dan potong sesuai dengan panjang yang dibutuhkan untuk menyambungkannya dengan saklar gantung. Tahapannya sama seperti tahap pertama.
  • Hubungkan salah satu ujung kabel ke jalur kabel netral PLN. Kemudian, sambungkan ujung kabel lainnya dengan kabel yang menuju ke saklar gantung. Lalu, hubungkan ujung kabel pada saklar gantung yang lain dengan jalur kabel phase PLN.
  • Pasangkan lampu pada fitting, lalu hidupkan kembali aliran listrik yang ada di dalam rumah. Kemudian, nyalakan lampu yang telah terhubung dengan saklar gantung tadi dan rangkaian pemasangan fitting lampu gantung telah selesai.

Hubungkan Seluruh Kabel untuk Pasang Lampu Gantung

cara-pasang-lampu-gantung

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Kabel lampu yang terpasang seharusnya memang terhubung pada link rantai lainnya untuk dapat mengalirkan daya pada lampu tersebut. Untuk itu, setelah soket ekstensi terpasang, kamu perlu memastikan seluruh kabel lampu sudah terpasang dan terhubung dengan baik.

Selain memastikan aliran daya sudah masuk, tindakan ini juga dilakukan untuk mengecek kembali keamanan dari setiap kabel yang terpasang agar dapat meminimalisir korsleting listrik yang mungkin terjadi selama proses pemasangan lampu.

Cara Pasang Lampu Gantung

Setelah seluruh rangka dan kabel pada lampu terpasang dan terhubung dengan aliran listrik di rumah, langkah selanjutnya kamu bisa memasangkan bohlam lampu pada wadah lampu gantung yang sudah kamu pasang.

Dengan banyaknya model dan ukuran pada bohlam lampu, pastikan terlebih dahulu bohlam lampu yang kamu beli sudah sesuai dengan ukuran rangka lampu dan model yang kamu inginkan.

Memilih bohlam lampu yang unik akan menambah nilai estetis pada lampu gantungmu. Jadi, pilih bohlam yang bisa menambah keindahan pada hunian, ya!

Baca juga: Ini Dia Posisi Pemasangan Lampu Agar Ruangan Nyaman

Memasang Tembaga pada Kabel

cara-pasang-lampu-gantung

Salah satu komponen yang penting dalam proses pemasangan lampu gantung adalah kabel arde tembaga. Kabel arde tembaga yang digunakan adalah yang tidak dilapisi atau terekspos.

Material ini berfungsi untuk menghantarkan arus listrik langsung ke tanah atau bumi apabila terjadi korsleting listrik.

Kabel arde yang terekspos bisa kamu lilitkan pada sekrup yang menempel di kotak persimpangan. Namun, apabila kamu tidak memiliki kabel arde yang terekspos, kamu bisa menggunakan pengupas kawat untuk membuatnya secara manual.

Pasang Semua Baut Lampu Gantung dan Coba Nyalakan

Setelah seluruh rangkaian listrik terpasang dengan baik dan dapat dipastikan tidak ada jalur kabel yang salah, tahap selanjutnya adalah finishing. Kamu bisa memasang sekrup pada kawat dan kunci mur agar seluruh kabel listrik yang tersambung pada lampu tertutupi.

Setelah terpasang dengan benar, kini saatnya untuk menyalakan lampu gantungmu. Apabila semua lampunya menyala dengan baik, berarti cara pasang lampu gantung minimalis yang kamu lakukan sudah benar.

Namun, lampu tidak akan menyala jika dalam proses pemasangan kabel listrik yang telah kamu lakukan salah.

Baca juga: Mau Desain Kamar Tidur Minimalis & Unik? Cari Idenya di Sini!

Itulah rangkaian cara pasang lampu gantung yang bisa kamu terapkan untuk memasang lampu gantungmu sendiri. Namun, apabila kamu tetap membutuhkan bantuan profesional untuk memasangkannya, kamu bisa panggil Tukang Jagoan melalui aplikasi Kanggo. Yuk unduh sekarang di App Store atau PlayStore.

 

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami