BerandaBlog
Cara Pasang Keramik pada Lantai yang Sudah Diplester

Cara Pasang Keramik pada Lantai yang Sudah Diplester

Bagikan
Cara Pasang Keramik pada Lantai yang Sudah Diplester
Mar 5, 2022

Penerapan cara pasang keramik yang tepat sangat penting agar hasil pemasangan rapi dan tidak mudah rusak. Memasang keramik sendiri tidak terlalu rumit, namun membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian dalam prosesnya.

Begitu juga jika Anda ingin memasang keramik pada lantai yang sudah diplester atau diaci. Pemasangan pada lantai yang sudah diplester sebenarnya bisa lebih cepat. Hal ini karena Anda tidak perlu membongkar lantai yang lama dan bisa langsung pasang keramik diatasnya.

Untuk lebih jelasnya, simak pembahasannya berikut ini.

Cara Pasang Keramik di Lantai yang Sudah Diplester

Pemasangan keramik pada lantai yang sudah diplester memiliki beberapa langkah. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan dalam memasang keramik:

Tahap Persiapan

Yang pertama adalah tahap persiapan. Ada dua hal yang harus Anda siapkan, yaitu lantai dan bahan-bahan. Untuk lantai, Anda menghancurkan sedikit plester atau aciannya. Hal ini untuk memudahkan pemasangan keramik dan tidak menempel seutuhnya pada plester lantai.

Untuk alat dan bahan, berikut yang perlu Anda siapkan:

  1. Keramik
  2. Semen keramik
  3. Nat keramik
  4. Papan aplikator
  5. Meteran dan pensil
  6. Tile spacer
  7. Benang
  8. Spons

Pengukuran Area Lantai

Begitu persiapan cara pemasangan keramik selesai, Anda bisa mulai mengukur area lantai yang akan dipasangi keramik. Gunakan meteran dan pensil untuk menandai area lantai tersebut. Anda juga bisa menggunakan benang sebagai penanda agar keramik terpasang dengan rapi dan sejajar.

Simulasi Pasang Keramik

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Setelah lantai selesai Anda ukur, selanjutnya adalah proses simulasi pemasangan keramik. Letakkan keramik pada area yang sudah diukur tanpa mengoleskan semen dibawahnya. Jangan lupa untuk menambahkan jarak antar keramik sebagai prediksi.

Proses simulasi ini bertujuan untuk mengetahui berapa banyak kebutuhan keramik untuk area lantai tersebut. Sebagai jaga-jaga, sebaiknya Anda menyediakan keramik lebih banyak dari yang dibutuhkan.

Perendaman Keramik

Sebelum menerapkan cara pasang keramik, Anda perlu melakukan perendaman dulu. Tujuannya agar keramik lebih lentur, tidak mudah lepas, dan bersih dari kotoran. Proses perendaman ini tidak perlu terlalu lama, hanya beberapa saat saja sampai pori-pori keramik menyerap air.

Pemasangan Keramik pada Lantai

Untuk memasang keramik, oleskan semen terlebih dahulu pada bagian belakangnya. Lalu pasang keramik pada area yang telah diukur dan ditandai dengan benang. Anda dapat menggunakan tile spacer sebagai pemberi jarak antar keramik.

Setelah itu, diamkan keramik sampai mengering. Begitu keramik sudah kering, Anda bisa mengoleskan nat keramik pada sela-sela jarak antar keramik. Kembali biarkan keramik sampai benar-benar mengering dan terpasang sempurna.

Lakukan Pemasangan Keramik dengan Tepat

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, cara pasang keramik harus dilakukan dengan tepat. Pemasangan keramik yang keliru bisa menyebabkan cepat rusak, atau bahkan pecah. Hal ini tentu akan membahayakan penghuni rumah, apalagi jika ada anak-anak.

Selain itu, proses pemasangan keramik juga memakan waktu yang tidak sebentar. Perlu ketelitian, kehati-hatian, dan teknik ekstra untuk menerapkan proses ini. Untuk itu, sebaiknya pemasangan keramik ini Anda serahkan kepada tenaga profesional.

Kanggo siap membantu Anda mendapatkan hasil pemasangan keramik yang rapi dan memuaskan. Di Kanggo, ada banyak tukang yang sudah berpengalaman dalam urusan perbaikan rumah. Termasuk pemasangan keramik yang Anda butuhkan.

Jadi, percayakan cara pasang keramik yang tepat pada tukang di Kanggo. Segera download aplikasinya melalui Play Store dan App Store. Kanggo, #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami