BerandaBlog
Cara Menyemen Tembok yang Bolong dengan Tepat

Cara Menyemen Tembok yang Bolong dengan Tepat

Bagikan
Cara Menyemen Tembok yang Bolong dengan Tepat
Mar 24, 2022

Cara menyemen tembok yang bolong perlu dilakukan dengan tepat agar permukaan mulus kembali. Bagian tembok yang bolong memang dapat mengganggu tampilan rumah. Jadi sebaiknya Anda mengatasi dan memperbaikinya segera.

Pembahasan kali ini akan mengulas mengenai cara mengatasi tembok yang bolong dengan tepat dan rapi. Simak selengkapnya dibawah ini, ya!

Penyebab Tembok Bolong

Sebelum mengulas mengenai cara menyemen tembok yang bolong, kita akan membahas penyebabnya terlebih dahulu. Penyebab tembok bolong yang paling umum adalah bekas paku yang menancap pada dinding.

Bekas paku ini mungkin tampak sepele, namun lama-kelamaan bisa membesar dan terlihat jelas. Belum lagi jika semen dan pasir pada dinding ikut luruh, sehingga lubang terlihat makin besar.

Selain bekas paku, bekas pemasangan alat elektronik dan aksesoris dinding juga bisa menimbulkan lubang. Alat elektronik yang sering menimbulkan lubang pada tembok adalah AC.

Bolong pada tembok juga bisa diakibatkan karena adanya pekerjaan tambahan yang mengharuskan melubangi dinding. Misalnya Anda perlu membuat saluran pipa dalam tembok sehingga harus melubanginya.

Baca Juga: Ide Variasi Pagar Tembok agar Tampilan Rumah Makin Menarik

Cara Menyemen Tembok yang Bolong di Rumah

Untuk dapat menambal tembok yang bolong dengan baik, ikuti langkah-langkah berikut:

Siapkan Alat dan Bahan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menyemen dinding. Berikut beberapa alat dan bahan utama untuk menyemen tembok bolong adalah:

  1. Semen
  2. Pasta dempul atau spackle
  3. Cetok atau sendok semen
  4. Ember

Setelah semua alat dan bahan siap, buatlah adonan tambalan dari semen dan spackle. Tambahkan air secukupnya, lalu aduk rata hingga membentuk pasta.

Bersihkan Area Tembok

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Cara menyemen semen yang selanjutnya adalah membersihkan tembok yang bolong dan area permukaan di sekitarnya. Tembok yang bolong mudah terkena kotoran atau runtuhan pasir dari dalam dinding.

Jadi pastikan untuk membersihkannya agar adonan tambalan bisa menempel dengan baik. Dengan begitu, penyemenan tembok yang bolong pun dapat memberi hasil yang maksimal.

Aplikasikan Adonan Tambalan

Setelah tembok sudah bersih dan siap disemen, Anda bisa mengaplikasikan adonan tambalan. Aplikasikan pasta tersebut pada bagian-bagian tembok yang bolong dengan merata.

Usahakan untuk tidak terlalu banyak mengaplikasikan adonan tambalan pada tembok yang bolong. Jika terlalu banyak, campuran semen akan menonjol dan tidak rata dengan permukaan tembok lainnya.

Ampelas Permukaan Tembok

Cara menyemen tembok yang bolong adalah mengampelas permukaannya. Proses ini dilakukan setelah seluruh lubang tertutup sempurna dan sudah benar-benar kering. Mengampelas tembok bertujuan untuk memperhalus permukaan agar mendapat finishing yang lebih rapi.

Aplikasikan Cat Dinding

Langkah terakhir adalah mengaplikasikan cat dinding pada permukaan tembok. Anda bisa menggunakan warna yang sama dengan warna cat sebelumnya. Atau bisa juga menggunakan warna cat baru untuk meningkatkan nuansa rumah yang lebih menarik.

Baca Juga: 8 Jenis Cat Tembok Warna Hijau Menawan dan Kombinasinya

Lakukan Perbaikan Tembok Bolong dengan Tepat

Mengatasi tembok yang bolong mungkin terlihat seperti proses yang sederhana, namun sebenarnya butuh keahlian dan ketelatenan dalam melakukannya. Kalau hanya mengaplikasikan semen secara asal, hasil akhirnya bisa saja sesuai dengan harapan.

Jika Anda kesulitan untuk memperbaiki dan menambal tembok yang bolong sendiri, Anda bisa menyerahkan tugas tersebut pada Kanggo. Di Kanggo, ada banyak tukang berpengalaman yang siap membantu perbaikan dinding yang bolong.

Tak hanya dinding, Anda juga bisa mengandalkan Kanggo untuk urusan perbaikan rumah lainnya. Mulai dari pemasangan keramik, pengecatan, pemasangan atap, sampai instalasi listrik di rumah.

Jadi serahkan saja cara menyemen tembok yang bolong pada tukang di Kanggo. Miliki aplikasi Kanggo sekarang. Kanggo, #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami