BerandaBlog
Ini Akibat Cara Menyemen Lantai Tanah yang Tidak Tepat

Ini Akibat Cara Menyemen Lantai Tanah yang Tidak Tepat

Bagikan
Ini Akibat Cara Menyemen Lantai Tanah yang Tidak Tepat
Feb 11, 2022

Cara menyemen lantai tanah sebenarnya sangat mudah. Namun, salah sedikit bisa menimbulkan dampak yang kurang baik. Bahkan lantai mudah rusak atau pecah ketika menerima beban yang cukup berat.

Dengan kata lain, lantai tidak kokoh dan tahan lama. Anda wajib memahami cara penyemenan yang benar agar kualitas lantai semakin maksimal.

Akibat Tidak Memperhatikan Cara Menyemen Lantai Tanah

Lantai merupakan komponen bangunan yang sangat penting sebagai alas. Kini banyak orang berlomba-lomba untuk menciptakan lantai terbaik dengan berbagai metode. Sebelum menjadi lantai yang bagus dan berkualitas tentu ada beberapa tahapan pengerjaan.

Pada dasarnya lantai yang tidak disemen dengan benar bisa menimbulkan berbagai masalah. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Memasang Keramik Lantai Rumah dengan Benar

Lantai Mudah Pecah

Perlu diketahui bahwa lantai tanah menjadi dasar bagi Anda untuk menciptakan lantai yang modern seperti saat ini. Proses penyemenan yang tidak maksimal menurunkan kualitas lantai. Ketika memasuk proses finishing lantai tersebut akan mudah pecah atau retak.

Terlebih jika ada beban berat di atasnya menjadikan lantai tidak kuat menahan. Hal ini mengakibatkan lapisan paling atas lantai akan pecah dan membuat ruangan kurang menarik hingga berbahaya jika terinjak.

Bisa Menimbulkan Permukaan yang Kasar

Jika tidak memperhatikan cara menyemen lantai tanah dengan benar, permukaan yang dihasilkan kasar. Tentu ini adalah kekurangan tersendiri yang memberikan rasa tidak nyaman pada bagian lantai. Hal ini juga dapat menghambat pemasangan keramik atau ubin.

Lantai Bergelombang

Kekurangan selanjutnya jika tidak menyemen lantai dengan benar adalah mengakibatkan permukaan tidak rata atau bergelombang. Akibatnya mulai dari lantai sulit untuk divariasikan dengan berbagai model hingga mengurangi kenyamanan rumah Anda. Kemungkinan besar Anda perlu melakukan penyemenan ulang yang tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Tidak Bisa Dipasangi Keramik dengan Maksimal

Pada dasarnya memahami cara menyemen lantai kamar adalah hal yang sangat penting. Lantai tanah adalah dasaran sebelum memasuki proses pemasangan keramik. Maka dari itu, harus dilakukan dengan baik agar hasilnya bisa dipasangi keramik.

Ketika Anda tidak melakukan penyemenan dengan benar, sulit untuk memasang keramik pada lantai tanah tersebut. Hasilnya keramik pun tidak rata dan bagian dalamnya berongga. Adanya rongga tersebut memungkinkan keramik mudah retak dan pecah.

Baca Juga: Cara Menyemen Tanpa Pasir, Lebih Praktis Menggunakan Semen Instan

Mudah Terkikis

Proses penyemenan lantai biasanya melewati tahapan finishing dengan pengacian. Nah, pengacian inilah yang memungkinkan lantai menjadi awet dan tahan lama. Apabila melewatkan proses tersebut biasanya lantai akan mudah terkikis dan bolong.

Terlebih jika lantai tersebut kerap teraliri air maka potensi mengikis jauh lebih besar. Dalam hal ini menerapkan cara menyemen lantai tanah dengan benar menjadi sangat penting. Sebelum melakukan penyemenan lakukan survey dan pengukuran lahan.

Pastikan kemiringan lantai sudah sesuai dengan baik dan benar. Kamu juga harus memastikan adonan semen dan pasir berimbang. Sebelum melakukan penyemenan sebaiknya membuat dasaran yang rata dengan tambahan pasir atau material lainnya.

Ingin solusi pembuatan lantai tanpa repot? Panggil tukang keramik Kanggo. Dengan aplikasi Kanggo Anda dapat menemukan tukang untuk segala kebutuhan perbaikan rumah dengan mudah, mulai dari perbaikan atap, toilet, pasang keramik, instalasi listrik, hingga renovasi.

Download aplikasi Kanggo di Play Store & App Store sekarang. Kanggo, #TukangReadyToGo

Baca Juga: Mengenal Kegunaan Semen Putih untuk Dinding Rumah

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami