BerandaBlog
5 Cara Menghilangkan Coretan di Dinding

5 Cara Menghilangkan Coretan di Dinding

Bagikan
5 Cara Menghilangkan Coretan di Dinding
Okt 14, 2022

Bukan rahasia lagi bila anak-anak senang mencoret-coret dengan krayon mereka, terutama di dinding. Sebagian besar memang melewati fase ini dan tentu saja ini hanya berlangsung sementara. Untungnya, kamu bisa mencoba berbagai cara menghilangkan coretan di dinding dengan mudah.

Jadi, lain kali Picasso kecil kamu siap membuat mahakarya lain, singsingkan lengan baju dan coba salah satu trik di bawah ini. Metode di bawah ini juga efektif digunakan sebagai cara menjaga kebersihan rumah, lho.

Mengoleskan Baking Soda

cara menghilangkan coretan di dinding
(Shutterstock)

Salah satu cara ampuh menghilangkan coretan spidol di dinding adalah mengoleskan baking soda ke permukaan tersebut. Banyak orang yang memang menggunakan bahan kue ini ketika membersihkan rumah.

Caranya mudah, kok! Ambil lap basah dan celupkan ke dalam larutan air dan baking soda. Setelah itu, kamu bisa menggosok dinding yang terkena coretan dengan perlahan. Bila sudah, bersihkan dinding dengan lap basah.

Meski cukup lama, cara ini cukup aman untuk melindungi cat dinding dari kerusakan. Namun, disarankan untuk menggunakan sarung tangan untuk melindungi kulit dari larutan soda kue, ya.

Memakai Kaos dan Setrika

cara menghilangkan coretan di dinding
(Shutterstock)

Selain baking soda, kamu bisa memanfaatkan kaos dan setrika sebagai cara menghilangkan coretan pulpen di dinding, nih. Pertama, kamu perlu menyiapkan kaos yang sudah tidak terpakai dan setrika yang biasa dipakai.

Lalu, lipat kaos tersebut menjadi bantalan beberapa lapis dan letakkan di atas coretan di dinding. Bila sudah, nyalakan setrika dan atur panasnya ke suhu sedang, tunggu beberapa saat sampai setrika mencapai suhu tersebut.

Setelah itu, tempelkan setrika di atas bantalan kaos tadi. Nantinya, setrika akan menghasilkan hawa panas yang bisa melelehkan noda krayon atau pulpen.

Jika noda coretan masih sulit dihilangkan, kamu bisa memutar dan melipat kembali kaos dan ulangi cara di atas. Voila, kamu bisa melanjutkan bersih-bersih dinding dengan mengelap bagian yang meleleh tadi menggunakan kain lap.

Menggosok Dinding dengan Pasta Gigi

cara menghilangkan coretan di dinding
(Shutterstock)

Siapa bilang pasta gigi hanya berguna untuk membersihkan gigi? Faktanya, kamu bisa memanfaatkan barang ini untuk membersihkan noda dan coretan di dinding.

Cara menghilangkan coretan pena di dinding yang satu ini pun mudah dilakukan. Kamu hanya perlu mengambil pasta gigi non-gel dan oleskan pada bagian dinding yang bernoda.

Bila memungkinkan, kamu bisa menyemprotkan pasta gigi ke dinding dan gosok halus coretan pada dinding dengan sikat scrub. Sikat akan membantu mengikis krayon setiap saat. Lalu, bilas dinding dari sisa-sisa pasta menggunakan air sabun.

Jika ingin hasil yang maksimal, campurkan 1 cangkir baking soda dengan 1 cangkir air untuk membuat pasta. Oleskan pasta tersebut pada gambar krayon di dinding dan diamkan selama 2 menit.

Setelah itu, gosok pasta dengan spons basah dan bilas dinding dari sisa-sisa pasta menggunakan air sabun.

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Menyemprotkan Hair Spray

cara menghilangkan coretan di dinding
(Shutterstock)

Kamu juga bisa memanfaatkan barang lainnya sebagai cara menghilangkan coretan di dinding, lho. Salah satu barang yang mungkin tidak terpikirkan adalah hair spray.

Begini, kandungan alkohol pada hair spray ternyata mampu membersihkan coretan dinding. Namun, pastikan kamu memilih hair spray berjenis aerosol.

Langkah penggunaan alat kecantikan ini pun tak sulit. Pertama, kamu bisa menyemprotkan hair spray ke dinding yang kotor. Lalu, gosok bagian yang bernoda dengan sikat gig dan usap memakai lap yang dibasahi air.

Memanfaatkan Mayonnaise

cara menghilangkan coretan di dinding
(Shutterstock)

Dikenal sebagai bahan pelengkap untuk melezatkan makanan, mayonnaise atau mayones bisa kamu manfaatkan guna menghilangkan coretan di dinding.

Mayones merupakan bahan makanan berwarna putih yang terdiri dari kuning telur, minyak, garam, dan cuka. Meski bertekstur seperti krim, kamu bisa menggunakan mayones sebagai cara menghilangkan coretan krayon di dinding.

Caranya mudah, kok. Kamu bisa langsung mengoleskan mayones pada daerah yang bernoda. Kemudian, usap bagian tersebut secara perlahan dengan gerakan melingkar untuk mencegah kerusakan pada dinding.

Alternatif Lain Menghilangkan Coretan di di Dinding

Selain kelima cara menghilangkan coretan di dinding di atas, sebenarnya ada beragam cara lain yang bisa kamu terapkan. Sebagai contoh, kamu bisa memesan jasa kebersihan untuk membantu menghilangkan noda di dinding.

Kamu juga dapat mencoba cara lain dengan bahan-bahan alami, seperti:

  • Larutan sabun cuci piring dan cuka
  • Penghapus
  • Sikat besi
  • Cuka

Cara Menjaga Dinding agar Tetap Bersih

Nah, itu tadi sederet cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan coretan pulpen di dinding. Dinding kamu kini akan terlihat seperti baru dicat, deh.

Ada kemungkinan anak akan mencoret kembali seperti kanvas kosong. Namun, kamu sudah tahu apa yang harus diperbuat dengan trik-trik di atas tanpa perlu khawatir.

Walau begitu, tidak ada salahnya untuk menerapkan cara menjaga dinding agar tetap bersih dan enak dipandang, bukan? Berikut ini cara-cara yang bisa kamu terapkan di rumah.

  • Menghilangkan debu yang menempel di dinding dengan kain mikrofiber.
  • Menggosok dinding dapur dan kamar mandi dari sisa-sisa masakan dan uap.
  • Menutup cat berbahan timbal dengan dua lapis cat berkualitas.
  • Melapisi cat dinding yang sudah tergores dan terkelupas.

Bagaimana, mudah bukan cara menghilangkan coretan di dinding sekaligus menjaga kebersihannya? Jangan lupa untuk membersihkan rumah secara keseluruhan agar estetikanya tetap terjaga.

Jika tidak punya waktu luang, kamu bisa memesan jasa Home Cleaning dari Pinhome Home Service di aplikasi Pinhome. #CumadiPinhome bisa pesan jasa kebersihan rumah tangga.

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami