BerandaBlog
Cara Mengepel Lantai Keramik Biar Tidak Mudah Rusak

Cara Mengepel Lantai Keramik Biar Tidak Mudah Rusak

Bagikan
Cara Mengepel Lantai Keramik Biar Tidak Mudah Rusak
Apr 4, 2022

Menerapkan cara mengepel lantai keramik yang tepat dan membersihkannya dari noda merupakan hal yang penting. Perawatan lantai perlu dilakukan agar tampilan tetap terjaga dan tidak mudah rusak.

Pembahasan kali ini akan mengulas bagaimana cara mengepel dan menghilangkan noda agar lantai tetap bersih. Simak selengkapnya dibawah ini, ya!

Cara Mengepel Lantai Keramik dan Membersihkan Noda

Untuk merawat dan menjaga agar lantai selalu bersih, Anda perlu menerapkan cara-cara khusus. Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan tertentu yang ampuh untuk menghilangkan noda pada lantai.

Berikut cara mengepel dan membersihkan noda pada lantai keramik:

Membersihkan Lantai dari Debu

Sebelum mengepel, pastikan permukaan lantai sudah bersih dari debu. Hal ini akan membuat proses mengepel lebih mudah dan hasilnya maksimal. Anda bisa menggunakan sapu atau vacuum cleaner untuk membersihkan lantai dari debu.

Baca Juga: Ketahui Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Rumah di Sini!

Mengepel Lantai Dua Kali

Agar lantai bersih dan tidak mudah rusak, Anda dapat mengepelnya sebanyak dua kali. Yang pertama adalah mengepel menggunakan pembersih lantai. Sebaiknya Anda memakai produk pembersih dengan kandungan asam rendah agar tidak merusak permukaan lantai.

Jika sudah mengepel dengan pembersih lantai, yang kedua adalah mengepelnya dengan air hangat. Air hangat berguna untuk menghilangkan sisa-sisa sabun pada produk pembersih lantai dan dapat membasmi kuman.

Menggunakan Cuka

Selain untuk memasak, Anda juga bisa menggunakan cuka untuk cara mengepel lantai keramik. Cuka dapat membersihkan kotoran menumpuk pada lantai dan membuatnya mengkilap. Anda dapat menggunakan cuka pada permukaan lantai yang kusam agar jadi berkilau.

Menggunakan Terigu

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Kalau permukaan lantai terkena noda minyak, biasanya pada lantai dapur, Anda bisa menggunakan terigu untuk membersihkannya. Caranya dengan menaburkan terigu pada noda minyak dan membiarkannya sampai dua jam. Setelah itu, Anda bisa membersihkan lantai dan mengepelnya agar kinclong.

Menggunakan Spons

Anda mungkin kerap mendapati kotoran pada bagian nat, yaitu sambungan antar keramik. Membersihkan kotoran pada nat keramik bisa Anda lakukan dengan menggunakan spons. Caranya adalah dengan menggosokkan spons pada kotoran yang menempel pada nat keramik.

Agar lebih bersih, Anda juga bisa mengaplikasikan campuran cuka dan baking soda. Pertama-tama, campurkan cuka dan baking soda dengan air hangat. Lalu aplikasikan campuran tersebut pada nat keramik dan gosok dengan spons.

Menggunakan Kain Microfiber

Cara mengepel lantai keramik yang terakhir adalah dengan menggunakan kain microfiber. Kain jenis ini cocok untuk mengepel karena tidak merusak permukaan lantai dan tidak menumpuk bakteri. Hal ini karena daya serap kain microfiber yang tinggi dan cepat kering.

Untuk lebih maksimal, Anda bisa membersihkan kain jenis ini menggunakan cairan cuka dan jeruk. Jangan lupa untuk membilas kain ketika Anda hendak berpindah mengepel dari satu area ke area yang lain.

Baca Juga: Cara Membersihkan Cat Minyak di Lantai dengan Mudah

Segera Lakukan Perbaikan Lantai Jika Dibutuhkan

Selain mengepel dan membersihkan lantai secara rutin, perawatan juga perlu Anda lakukan dengan memperbaiki bagian yang dibutuhkan. Begitu lantai rumah mengalami kerusakan dan perlu diperbaiki, segera lakukan perbaikan tersebut.

Anda bisa mempercayakan proses perbaikan lantai pada layanan profesional di Kanggo. Kanggo siap menghubungkan Anda dengan tukang berpengalaman dalam hal perbaikan lantai dan pemasangan keramik.

Tak hanya itu, Anda juga bisa mengandalkan Kanggo untuk kebutuhan perbaikan di rumah lainnya. Mulai dari pemasangan keramik, pengecatan, perbaikan atap bocor, pemasangan wastafel, sampai instalasi listrik.

Jadi selain menerapkan cara mengepel lantai keramik yang tepat, lakukan perawatan dengan perbaikan lantai oleh tukang di Kanggo. Segera miliki aplikasi Kanggo di perangkat kesayangan Anda. Kanggo, #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami